Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pesawat Tak Boleh Melintas! Ini Dia 10 Zona Larangan Terbang di Dunia

Dilatarbelakangi berbagai alasan

Bobobox.co.id — Tak semua area boleh dilintasi sebuah pesawat terbang. Nyatanya, ada beberapa tempat atau area di dunia yang termasuk zona larangan terbang di mana pesawat tak boleh melintas.

Beberapa faktor memengaruhi alasan di balik penerapan zona larangan terbang bagi beberapa tempat di dunia tersebut. Alasan geografi, politik, dan sejarah menjadi alasan yang melatarbelakangi pelarangan tersebut.

Penasaran tempat mana saja yang masuk ke dalam zona larangan terbang? Simak ulasan Bob di bawah ini.

Berikut adalah Zona Larangan Terbang di Dunia

1. Ka’bah, Arab Saudi

Zona larangan terbang di dunia pertama adalah Ka’bah, Mekkah, Arab Saudi. Pemerintah Arab Saudi sendiri yang memang melarang adanya pesawat yang terbang melintas di Mekkah khususnya Ka’bah.

Pelarangan tersebut memunculkan berbagai teori terkait alasan di baliknya. Ada yang menyebutkan bahwa anomali magnet di atas Ka’bah yang memungkinkan untuk mengacaukan sistem navigasi pesawat.

Namun, hal tersebut dibantah langsung oleh pihak Arab Saudi. Pmerintah Arab Saudi mengeluarkan regulasi soal zona larangan terbang semata-mata untuk kenyamanan jemaah agar tidak terganggu suara bising pesawat.

Ka'bah zona larangan terbang
Ka’bah via unsplash.com/@hydngallery

2. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu merupakan kawasan wisata Peru yang terkenal akan arsitekturnya yang begitu mengagumkan. Nah, salah satu peninggalan Suku Inca di Pegunungan Andes ini termasuk zona larangan terbang lainnya.

Larangan untuk pesawat terbang di atas situs tersebut dikeluarkan oleh pemerintah Peru sejak tahun 2006. Alasannya adalah bahwa Machu Picchu merupakan salah satu situs sejarah penting yang ada di dunia.

Sebagai situs sejarah penting, tempat wisata ini memang menghadapi masalah di mana beberapa puing mengalami kerusakan. Tak pelak larangan tersebut ditujukan agar destinasi wisata ini tak hilang di masa depan.

Machu Picchu zona larangan terbang
Machu Picchu via pexels.com/@banananardini

3. Taj Mahal, India

Liburan ke India sepertinya tidak afdal jika tidak mengunjungi Taj Mahal. Tempat wisata terkenal sekaligus ikonik di India ini merupakan Bangunan sebagai tanda bukti cinta Raja Shah Jahan terhadap istrinya.

Atas kemegahan dan melindungi situs bersejarah tersebut, Badan keamanan nasional India menetapkan zona larangan terbang. Peraturan tersebut membuat larangan untuk pesawat melintasi kawasan tersebut.

Zona larangan terbang di atas Taj Mahal diatur guna melindungi bangunannya apabila terjadi kecelakaan pesawat. Tak hanya itu, larangan tersebut untuk bertujuan untuk melindungi wisatawan agar tetap aman.

Taj Mahal zona larangan terbang
Taj Mahal via pexels.com/@sudipta

Baca Juga: Menjadi Saksi Bisu Sejarah, Inilah 8 Bandara Tertua Di Dunia Yang Masih Beroperasi Hingga Kini


4. Buckingham Palace, Inggris

Berbicara soal Inggris, Buckingham Palace adalah salah tempat terpenting di Inggris. Selain menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris, tempat tersebut pun merupakan pusat administrasi kerajaan.

Atas dasar itulah, Buckingham Palace termasuk salah satu zona larangan terbang untuk sebuah pesawat. Hal tersebut diberlakukan demi alasan keamanan bagi anggota keluarga kerajaan yang tinggal di dalamnya.

Sebenarnya, tak hanya Buckingham Palace saja, Kastil Windsor pun termasuk zona larangan terbang di Inggris. Sama seperti halnya Buckingham Palace, kastil tersebut merupakan kediaman keluarga kerajaan.

Buckingham Palace zona larangan terbang
Buckingham Palace via unsplash.com/@mikemarrah

5. Tibet

Tibet merupakan sebuah provinsi dari Republik Rakyat Tingkok yang terletak di perbatasan Asia Timur dan Asia Selatan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi menjadikannya dijuluki sebagai ‘Negeri beratap langit’.

Dengan lokasi yang dikenal sebagai dataran tinggi di dunia, Tibet pun termasuk salah satu zona larangan terbang. Faktor keamanan menjadikan provinsi yang masuk daerah perbatasan ini masuk zona larangan.

Tak hanya itu, ada juga Pegunungan Himalaya pun tidak boleh dilintasi oleh pesawat. Kemungkinan turbulensi udara, manuver yang sulit, dan kurangnya permukaan untuk pendaratan jadi alasan lainnya.

Tibet zona larangan terbang
Tibet via pexels.com/@michelle-76107752

6. Rumah Lionel Messi, Spanyol

Dengan gaji fantastis, Lionel Messi memiliki berbagai aset properti mewah. Salah satu aset mewahnya adalah rumah yang dibangun oleh arsitek asal Spanyol, Luis de Garrido yang diberi nama “One-Zero Eco House”.

Salah satu keunikan dari rumah yang berada di kawasan termahal ini tak hanya datang dari desain arsitektur rumahnya yang berbentuk bola. Rumah mega bintang asal Argentina masuk ke dalam zona larangan terbang.

Alasan di balik larangan tersebut adalah rumah La Pulga yang berlokasi dekat Bandara El Prat. Dengan kawasan tersebut bisa dilewati pesawatan dari Spanyol, Portugal, dan Maroko, larangan tersebut diberlakukan.

Rumah Lionel Messi zona larangan terbang
Rumah Lionel Messi via sportingnews.com

Baca Juga: 10 Bandara Paling Bahaya Menurut Para Pilot Di Dunia


7. Walt Disney World dan Disneyland

Walt Disney World dan Disneyland merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama anak selama liburan. Namun, ada aturan yang membuatnya tak bisa terlihat dari atas sebuah pesawat.

Pasalnya, pihak dari Disney Corporation memberlakukan zona larangan terbang pada tempat rekreasi tersebut. Namun, aturan tersebut hanya berlaku pada Disneyland California dan Walt Disney World Florida.

Zona larangan terbang di atas 3.000 kaki tersebut dibuat setelah peristiwa penyerangan 11 September 2011. Demi memastikan keamanan para pengunjung, aturan larangan tersebut kemudian diberlakukan.

Disneyland zona larangan terbang
Disneyland via pexels.com/@thatguycraig000

8. Kennedy Space Center, Amerika Serikat

Merri Island merupakan salah satu kawasan di Florida yang memiliki luas I119,6 kilometer persergi. Pada pulau tersebut, markas Kennedy Space Center milik NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat) berada.

Sebagai lokasi markas untuk NASA, tak mengherankan jika banyak aktivitas yang berkaitan dengan NASA dilakukan di sini. Salah satunya adalah peluncuran roket yang biasa dilakukan di Merrit Island.

Hal tersebut membuat Kennedy Space Center ini menjadi zona larangan terbang. Pesawat tidak boleh terbang hingga 5.000 kaki di atas markas NASA tersebut. Pesawat hanya diperbolehkan secara terbatas.

Kennedy Space Center zona larangan terbang
Kennedy Space Center via unsplash.com/@nasa

9. Area 51, Amerika Serikat

Area 51 merupakan salah satu tempat misterius di dunia. Tak pelak banyak spekulasi beredar terkait kemungkinan bahwa tempat yang berada di Nevada tersebut meneliti soal keberadaan benda-benda asing di luar bumi.

Hal tersebut semakin menguat bahwa faktanya Area 51 adalah salah satu zona larangan terbang. Orang-orang yang percaya akan konspirasi semakin yakin bahwa sesuatu yang dirahasiakan di tempat tersebut.

Keyakinan orang-orang tersebut semakin meninggi di mana tidak ada alasan jelas terkait zona larangan terbang tersebut. Pemerintah AS hanya memberlakukan larnagan terbang pada Area 51 untuk pesawat umum dan militer.

Area 51 zona larangan terbang
Area 51 via popularmechanics.com

Baca Juga: Sudah Beroperasi Ratusan Tahun, Inilah 10 Pasar Tertua Di Dunia


10. Antartika

Zona larangan terbang terakhir adalah Antartika. Antartika sendiri merupakan sebuah benua yang berada di wilayah kutub selatan dan memiliki pemandangan pegunungan yang diselimuti oleh salju dan angin kencang.

Oleh sebab itu, Antartika termasuk salah satu zona larangan terbang. Kondisi yang tadi disebutkan dapat menurunkan jarak pandang pilot yang tentunya sangat berbahaya bagi pilot dan juga penumpang pesawat.

Tak hanya itu, medan Antartika yang begitu berat untuk melakukan pendaratan darurat jadi alasan lain. Bahkan, untuk penumpang, medan yang terjal membuat penumpang bakal kesulitan saat menunggu bantuan datang.

Antartika zona larangan terbang
Antartika via pexels.com/@josy-mol-113472341

Menginap dengan Nyaman di Bobobox

Menginap nyaman dan aman tak perlu merogoh kocek dalam-dalam kok. Kamu bisa menginap dengan kenyamanan dan keamanan terjamin di Bobobox yang menawarkan fasilitas mumpuni bagi para pengunjung.

Dengan fasilitas mumpuni tersebut, momen menginapmu jauh lebih aman dan nyaman. Oleh karenanya, kamu pun akan terbangun dengan kondisi yang fresh dengan tenaga yang 100 persen terisi kembali.

Untuk informasi dan pemesanan, unduh aplikasi Bobobox di sini ya!

bobobox kebayoran baru

You might also like