Pulau komodo

Pulau Komodo: Destinasi yang Harus Dikunjungi Setidaknya Sekali Seumur Hidup!

Pulau Komodo adalah salah satu tempat eksotis yang berbeda dari tempat eksotis lainnya. Sesuai namanya, pulau ini  dihuni komodo yang dilindungi. Komodo adalah hewan yang dilindungi karena komodo merupakan spesies purbakala yang masih bertahan hidup sampai sekarang loh! Komodo sudah ada sejak 40 juta tahun yang lalu. Hal inilah yang menjadikan komodo merupakan kerabat dekat dari Dinosaurus,

Pembangunan infrastruktur dan fasilitas wisata Pulau Komodo yang semakin membaik dari tahun ke tahun membuat kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo tidak pernah sepi. Bahkan kabarnya tempat wisata Pulau Komodo akan di desain sedemikian rupa agar menyerupai nuansa Jurrasic park, makin keren gak tuh! Setidaknya sekali dalm seumur hidup kamu harus mengunjungi Pulau Komodo!

Fakta Menarik Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola langsung oleh Pemerintah Pusat. Pada tahun 2009 tercatat 1300 ekor komodo berkembang biak di pulau ini. Selain komodo, kamu juga bisa menyaksikan eksotisme flora yang beragam seperti kayu sepang yang biasa digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian.

Kerennya lagi pada tahun 1986 Pulau Komodo dan pulau-pulau lain di kawasan Taman Nasional Komodo seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, dan Gili Motang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Salah satu alasannya adalah karena keberadaan komodo hanya bisa ditemui di kawasan ini dan tidak ditemukan di tempat lain di dunia!

Pulu Komodo pun pernah meraih penghargaan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Penentuan pemenang penghargaan ini ditentukan dari hasil voting dan penelitian para ahli loh. Bangga banget! Setelah menjadi pemenang New Seven Wonders of Nature Pulau Komodo menjadi salah satu dari destinasi wisata alam terbaik di dunia yang patut kamu kunjungi setidaknya satu kali dalam seumur hidup!

Transportasi Menuju Pulau Komodo

Kamu bisa berkunjung ke Pulau Komodo dengan menggunakan pesawat rute Bali-Labuan Bajo dengan ketersedian jadwal pesawat dua hingga tiga kali penerbangan setiap harinya.Perjalanan pesawat ini akan menghabiskan  waktu 1,5 jam. Selain rute Bali-Labuan Bajo kamu juga bisa menggunakan pesawat dengan rute Kupang-Labuan Bajo yang memiliki jadwal penerbangan dua kali dalam satu minggu.

Selain jalur udara kamu juga bisa mencapai pulau ini melalui jalur laut. Terdapat perahu motor yang bisa kamu gunakan dan beroperasi setiap hari apabila cuaca memungkinkan. Kamu juga bisa menaiki kapal Pelni dari Bali dan juga Lombok yang berhenti di Pulau Komodo. Kapal Pelni memiliki jadwal keberangkatan setiap dua minggu sekali.

Iklim dan Bahasa

Kamu mungkin bertanya-tanya iklim di Pulau Komodo itu seperti apa sih? Jangan sampai kamu salah kostum saat berangkat ke sana. Pulau Komodo dipengaruhi oleh iklim yang dihasilkan dari musim kemarau panjang dengan curah hujan rendah.sehingga menghasilkan suhu udara tinggi. Jadi Bob saranin kamu untuk menggunakan pakaian yang tidak tebal dan pilihlah pakaian seperti kaos katun yang akan mempermudah ruang gerak kamu dan membuatmu terasa nyaman,

Penghuni asli Pulau Komodo adalah orang-orang yang berasal suku Ata Modo yang masih ada di pulau ini. Saat ini mayoritas penghuni Pulau Komodo berasal dari Bima, Manggara, Flores Selatan dan Sulawesi Selatan yang bersuku Bajau Bugis. Oleh karena itu bahasa yang sering digunakan di sini adalah bahasa bugis.

Mengunjungi Pink Beach

pink beach pulau komodo

@ourtasteforlife.com

Selain mengunjungi tempat penangkaran komodo, di sini kamu juga bisa mengunjung pantai yang sangat unik! Pantai ini unik karena warna pasirnya berwarna merah muda sehingga dikenal dengan nama Pink Beach! Pantai ini menjadi incaran wisatawan dalam dan luar negeri karena airnya yang jernih berwarna kebiruan beradu manis dengan warna pasir merah muda. Selain wisatawan para fotografer dan film maker pun sering mengunjungi pantai ini loh.

Selain warna pantainya yang cantik, Pink Beach menjadi tempat yang pas untuk snorkeling dan diving untuk melihat kecantikan alam bawah lautnya. Kamu pasti akan dibuat terpesona oleh keunikan satwa dan keanekaragaman hayati bawah lautnya. Kamu juga akan melihat keunikan warna terumbu karang yang masih terjaga dan terawat dengan baik.Gak ada lagi alasan untuk kamu ragu mengunjungi tempat ini!

Mengikuti Open Trip

@pixabay.com

Open trip baru-baru ini menjadi sebuah tren wisata bagi banyak orang khususnya generasi milenial. Selain sangat praktis karena destinasi wisata, jadwal, dan rutenya sudah diatur oleh agen perjalanan berwisata dengan bentuk open trip juga hemat biaya loh! Hal ini dikarenakan agen perjalanan menawarkan beberapa orang lainnya untuk bergabung dalam satu grup. Perjalanan pasti makin menyenangkan karena semakin ramai. Selain murah dapat teman baru pula, liburan pun jadi tambah menyenangkan!

Tips Berwisata ke Pulau Komodo

Ada beberapa tips yang Bob sudah rangkum untuk kamu yang akan berkunjung ke Pulau Komodo. Saat kamu bertemu dengan komodo kamu harus ingat untuk tidak membuat gerakan tiba-tiba atau suara gaduh saat trekking di sekitar kawasan komodo karena komodo sangat peka terhadap gerakan dan suara. Gerakan komodo memang terlihat lambat dan malas tetapi siapa kira jika komodo bisa tiba-tiba agresif dan bergerak dengan cepat saat diberi makan. Bob sangat menyarankan kamu untuk berpegian mengeksplor kawasan komodo dengan didampingi pemandu wisata atau petugas taman.

Memilih Akomodasi di Pulau Komodo

Saat kamu berkunjung ke kawan Taman nasional Komodo kamu bisa memilih 2 jenis akomodasi yang tersedia di sana. Pertama kamu bisa memilih untuk menginap di hotel yang berada di sekitaran Labuan Bajo.

Kedua, kamu bisa memilih untuk menginap di dalam kapal yang dikenal dengan istilah LoB atau Live on Board. Keduanya memilki keunggulan masing-masing dilihat dari segi biaya maupun waktu.

Dari segi efisiensi waktu LoB memang cenderung lebih unggul karena pihan kapal yang beragam. Kamu bisa memilih kapal yang terdiri dari satu kabin, dua kabin, bahkan kamu pun bisa menemukan kapal mewah yang setara hotel bintang lima seperti pinisi!

Bisa dibilang kapal Lob adalah jenis akomodasi terapung yang merangkap fungsi menjadi transportasi antar pulau bagi kamu yang berkunjung di kawasan Taman Nasional Komodo.

Gimana tertarik untuk mengunjungi Pulau Komodo sebagai salah satu bucket list tempat wisata yang harus banget kamu kunjungi sekali dalam seumur hidup?

Mau Liburan ke Mana Lagi?

Keindahan alam Indonesia memang selalu mampu membuat pengunjungnya terkagum kagum. Jangan berhenti menjelajahi keindahan Nusantara dengan mengunjungi wisatanya. Ke mana pun kamu berlibur pasti ingin dong menginap di tempat yang nyaman juga terjangkau.

Sudah pernah mencoba menginap di kapsul hotel? Bobobox adalah salah satu kapsul hotel yang bisa dengan mudah kamu temukan di beberapa kota besar di Indonesia. Unduh aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lengkap mengenai kapsul hotel dan untuk mendapatkan berbagai promo menariknya!

Bobobox rules
Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles