Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Yang Harus Dipersiapkan Jika Mengalami Lockdown

Banyak yang harus kamu siapkan jika kebijakan lockdown diterapkan. Apa saja? Simak tips dan trik dari Bob, yuk.

Wabah virus corona yang semakin meluas di Indonesia tidak hanya membuat masyarakat panik namun juga pemerintah cukup kelimpungan. Bagaimana tidak, wabah virus corona ini berhasil mengubah pola hidup paling dasar manusia, yaitu bersosialisasi.

Pemerintah telah menghimbau masyarakat untuk melakukan social atau physical distancing. Masyarakat diminta untuk mengurangi interaksi langsung dan sebisa mungkin tetap diam di rumah. Hal ini karena virus corona yang cepat sekali menular dari satu individu ke individu lainnya.

Sebagai makhluk sosial terlebih tinggal di masyarakat yang sangat menjunjung kolektivitas, social distancing dan physical distancing bagi warga Indonesia jadi gampang-gampang sulit.

Belum lagi melihat kondisi dan situasi yang semakin tidak tertebak membuat opsi lockdown atau karantina wilayah semakin gencar terdengar dimana-mana. Namun, jangan dulu panik mendengar kata lockdown. Kali ini Bob akan memberikan tips dan trik untuk berjaga-jaga jika lockdown diberlakukan.

Siapkan Suplai Makanan yang Cukup

Lockdown

Kebijakan lockdown di setiap negara berbeda-beda namun intinya lockdown berarti pembatasan. Biasanya ketika sedang terjadi wabah yang sangat menular seperti corona, lockdown berarti membatasi suatu area atau wilayah sehingga tidak mudah orang keluar masuk sembarangan di wilayah tersebut.

Selain itu, di negara lain ketika lockdown berlangsung, masyarakat akan diminta untuk tetap tinggal dalam rumah kecuali ada keperluan yang mendesak, itupun harus dengan seizin aparat setempat. Nah, meskipun belum ada keputusan di Indonesia akan lockdown  atau tidak, ada baiknya kamu bersiap-siap.

Mempersiapkan suplai makanan yang cukup sudah wajib hukumnya. Kamu harus jeli memilah makanan mana yang bisa bertahan lama dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Jangan lupa untuk mempersiapkan stok sayuran dan buah-buahan juga ya,

Makanan-makanan yang kamu pilih pun ada baiknya jika makanan-makanan tersebut mudah dicerna. Perhitungkan sedetail mungkin berapa banyak kira-kira suplai makanan yang kamu butuhkan jika terjadi lockdown. Jangan sampai kamu panic buying dan makanan-makan tersebut terbuang sia-sia.

Siapkan Suplai Obat-Obatan yang Cukup

Selain makanan, yang kamu harus persiapkan selama lockdown tentu saja obat-obatan pribadimu. Apalagi situasi wabah corona yang semakin merebak ini, akan sangat beresiko jika kamu terus keluar rumah hanya untuk membeli obat-obatan.

Idealnya apakah mau lockdown atau tidak, kamu sudah harus siap menyiapkan obat-obatan pribadi. Oh ya sekali lagi jangan sampai panic buying ya. Beli saja obat-obatan yang menurutmu cukup untuk satu bulan. Jangan beli berlebihan. Oke, guys?

Siapkan Juga Kebutuhan Sehari-hari Di Luar Makanan dan Obat-Obatan

Keperluan sehari-harimu juga harus diperhatikan loh, seperti peralatan mandi, pembalut, peralatan untuk bersih-bersih, dan sekarang yang harus kamu punyai adalah masker dan hand sanitizer atau alkohol.

Berhubung alat-alat seperti masker, hand sanitizer, dan alkohol agak sulit dicari akhir-akhir ini, kamu tidak perlu panik untuk membeli banyak ya. Beli saja seperlunya. Apalagi saat lockdown kamu akan lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah.

Membersihkan Rumah

lockdown

Sebelum lockdown ada baiknya kamu membersihkan rumah atau kamarmu terlebih dahulu. Sebetulnya, dalam situasi wabah virus corona yang sedang merebak ini, kamu memang harus lebih rajin lagi membersihkan rumah dan kamarmu.

Mungkin tadinya kamu biasa membersihkan rumah dan kamar seminggu sekali, sekarang harus lebih rajin lagi. Dua kali seminggu atau dua hari sekali juga bisa tergantung kebutuhan dan seberapa sering kamu keluar rumah atau kontak dengan orang lain.

Membersihkan rumah kali ini pun, kamu harus lebih detail lagi. Benda-benda yang sering luput kamu bersihkan sekarang harus kamu bersihkan juga. Terutama benda-benda yang sering kamu sentuh, harus selalu dibersihkan oleh disinfektan seperti pegangan pintu atau meja dan kursi.

Selalu Sedia Dana Simpanan

Diam di rumah berarti kamu pun akan terbatas untuk pergi kemana-mana termasuk ke ATM. Karena itu kamu harus memiliki dana simpanan di rumah. Dana ini dipergunakan untuk keadaan darurat atau belanja kebutuhan-kebutuhan dasar.

Dengan memiliki dana simpanan, intensitas untuk pergi ke ATM pun akan semakin berkurang. Kamu hanya perlu untuk membeli keperluan tertentu lalu setelah itu bisa pulang lagi deh. Meminimalisir pergi ke banyak tempat saat wabah corona ini memang sangat dianjurkan loh.

Selalu Simpan Nomor Darurat

lockdown

Penyebaran virus corona yang cepat memaksa setiap orang untuk diam di rumah. Hal ini tentu membatasi aktivitas setiap orang. Pada saat lockdown, kamu benar-benar harus di rumah tanpa pengecualian.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Jika keadaan darurat terjadi, kamu harus selalu siap apapun kondisinya. Saat lockdown, kamu harus sudah menyimpan nomor-nomor darurat, seperti nomor rumah sakit, nomor polisi, pemadam kebakaran, atau nomor 117 yang menjadi nomor rujukan darurat COVID-19 oleh Kominfo.

Intinya, selalu siap sedia dan waspada dimanapun dan kapanpun. Meskipun lockdown belum tentu terjadi, kamu harus sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Karena di tengah ketidakpastian wabah COVID-19, kamu diminta untuk super hati-hati.

Siapkan Hiburan Dari Rumah

Diam di rumah memang tidak mudah bagi sebagian orang, apalagi jika kamu memiliki kepribadian ekstrovert dimana kamu butuh banyak interaksi untuk menambah energimu. Maka dari itu, yang paling penting dan utama yang harus dipersiapkan olehmu ketika lockdown tiba adalah kesehatan mentalmu.

Hanya kamu yang tahu hiburan apa yang bisa membuatmu senang. Kamu juga harus siap-siap nih, kalau hiburan-hiburan yang dulu bisa membuatmu senang sekarang sudah tidak lagi akibat diam di rumah berkepanjangan. Kamu pun mau tidak mau harus mencari hobi baru yang bisa dilakukan di rumah.

Menonton film, membaca buku, dan bermain game mungkin bisa menjadi solusi untuk sebagian orang. Atau kamu pun bisa mencoba hal-hal baru yang tidak pernah kamu lakukan di rumah seperti memasak bagi yang jarang memasak atau berkebun akan menjadi sangat menyenangkan saat lockdown.

Persiapkan Kebutuhan Bekerja dan Belajar di Rumah

Lockdown tidak berarti kamu libur bekerja atau sekolah. Nah untuk menghadapi lockdown kamu juga harus mempersiapkan kebutuhan untuk bekerja atau belajar di rumah.

Pastikan kebutuhan untuk bekerja dan belajar di rumah sudah siap sehingga kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk belanja kebutuhan-kebutuhan tersebut. Saat ini yang paling dibutuhkan adalah kuota internet yang selalu aktif.

Selamat belajar dan bekerja di rumah, kakak-kakak.

Karantina Seru Di Bobobox

lockdown

Kata siapa karantina harus selalu di rumah. Bagi kamu yang suntuk dan mencari suasana baru, kamu bisa karantina diri di Bobobox loh. Bobobox sudah berkomitmen untuk memastikan kebersihan hotel kapsul kami terjaga sesuai dengan protokol penanganan dan pencegahan COVID-19.

Saat ini, bagi yang ingin menginap di Bobobox akan di tes terlebih dahulu suhu tubuhnya. Bobobox juga menyediakan hand sanitizer di ruang bersama. Selain itu, setiap hari akan selalu ada pembersihan yang dilakukan oleh cleaner-cleaner hebat kami.

Tunggu apalagi, cek terus info Bobobox disini.

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.