Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Menjadi Wisatawan yang Ramah Lingkungan

Jadilah wisatawan ramah lingkungan dengan melakukan hal berikut ini.

Wisatawan menjadi salah satu penggerak perputaran ekonomi negara melalui kunjungan wisatanya. Wisata alam menjadi salah satu destinsi wisata populer dan terkenal di Indonesia. Dengan bertambahnya jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat wisata tak jarang ditemukan beberapa fasilitas umum yang menjadi rusak dan kondisi lingkungannya menjadi kotor. Apa kamu pernah mendaki gunung dan menemukan beberapa tumpukan sampah pastik yang dibiarkan begitu saja?

Tak hanya gunung, tempat wisata seperti pantai pun sering ditemukan tak terawat karena ulah wisatawan yang tak menjaga kebersihan. Pencemaran lingkungan ini jika dibiarkan begitu saja tentu akan merusak ekosistem dan bisa membahayakan wisatawan lainnya maupun satwa yang tinggal di sekitar tempat wisata tersebut. Oleh karena itu kelestarian dan kebersihan tempat wisata bukan hanya menjadi tanggung jawab pengelola dan warga setempat tapi juga kita semua sebagai wisatawan.

Tak hanya tempat wisata saja yang harus kamu jaga kelestarian dan kebersihannya tapi juga tempat lain yang kamu singgahi. Wisatawan pun tentu akan mengunjungi tempat-tempat seperti restoran, kafe, penginapan, dan masih banyak lagi. Terdapat banyak kebiasaan yang bisa kamu mulai lakukan agar menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan. Lalu seperti apa tips agar bisa menjadi wisatawan ramah lingkungan? Bob sudah rangkum beberapa tipsnya seperti berikut ini!

Daftar Harga Hotel Murah di Bandung dengan Fasilitas Berbintang

1. Periksa Listrik dan Alat Elektronik Sebelum Liburan

Saat kamu akan pergi liburan dalam waktu yang cukup lama jangan lupa untuk memeriksa barang-barang elektroik kamu di rumah. Matikan listrik yang tidak diperlukan dan beberapa alat elektronik seperti TV, dispenser, AC, dan lain-lain. Jika kamu memiliki kulkas coba cek makanan atau minuman apa saja yang ada di kulkas. Jika ada beberapa makanan atau minuman yang akan kadaluarsa dalam waktu dekat kamu bisa membawanya sebagai bekal selama di perjalanan.

2. Kemas Barang dengan Efisien

Selain membuat waktu liburan kamu lebih menyenangkan, membawa barang bawaan seperlunya juga membantu penggunaan energi tanpa kamu sadari. Barang bawaan yang lebih ringkas pun juga membantu meringkan biaya bagasi pesawat. Hal ini memang terkesan sederhana namun faktanya semakin berat beban pesawat maka semakin banyak pula bahan bakar yang dibutuhkan sehingga semakin banyak emisi gas yang terbuang.

3. Membeli Wadah Khusus Alat Mandi

Membeli produk toiletries travel size memang membuat barang bawaan kamu menjadi lebih ringkas dan tidak memakan banyak tempat dalam tas atau koper. Namun nyatanya hal ini justru berpotensi menyumbang sampah baru karena produk travel-size biasanya menggunakan wadah plastik.

Alangkah baik jika kamu menggunakan wadah kosong berukuran tidak lebih dari 100 ml kemudian mengisi botol tersebut dengan sabun, sampo, pasta gigi, dan produk lain yang ada di rumah kamu. Setelah liburan selesai, wadah-wadah tersebut bisa kamu cuci untuk kemudian digunakan kembali saat liburan berikutnya. Hemat dan ramah lingkungan!

4. Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Menjadi wisatawan ramah lingkungan dapat dimulai dengan menggunakan beberapa produk ramah lingkungan. Sebagai wisatawan tentu kamu perlu membawa serta beberapa produk atau alat yang kamu siapkan dari rumah seperti peralatan mandi. Daripada menggunakan peralatan mandi berbahan dasar plastik kamu bisa mulai mencoba menggunakan perlatan mandi dengan bahan ramah lingkungan seperti misalnya sikat gigi bambu.

Penggunaan kapas untuk membersihkan wajah kamu pun dapat kamu ganti dengan kain pembersih yang dapat digunakan berulang kali setelah dicuci. Tentunya selain menghemat uang, hal ini pun akan memberi kontribusi terhadap lingkungan dengan mengurangi jumlah produksi sampah yang sulit terurai. Sabun multifungsi ramah lingkungan pun kini banyak ditemukan dipasaran. Sabun ini dapat digunakan untuk badan sekaligus rambut, lho! Tentunya aman untuk tubuh, rambut, dan juga lingkungan. Hemat, awet, dan anti ribet!

wisatawan

5. Wisatawan Ramah Lingkungan Bawa Botol Minum dan Alat Makan Sendiri

Mengaku seorang wisatawan ramah lingkungan tapi menghabiskan banyak air dari botol minum kemasan plastik? Kamu bisa menjadi wisatawan ramah lingkungan sesederhana dengan mulai mengurangi konsumsi air kemasan plastik dan mulai beralih dengan membawa botol minum kamu sendiri.

Kini banyak ditemukan berbagai kemasan botol minum yang cantik dan unik dimulai dari warna, ukuran, juga bentuknya yang menarik. Kamu juga bisa menyayangi bumi dengan membawa alat makan kamu sendiri untuk mengurangi sampah wadah makan plastik maupun styrofoam. Alat makan yang bisa kamu siapkan beberapa diantaranya adalah sendok, garpu, sumpit, juga sedotan.

6. Wisatawan Ramah Lingkungan Bawa Tas Belanja Sendiri

Liburan tentu kurang lengkap tanpa mengunjungi beberapa tempat wisata belanja. Jangan lupa beli oleh-oleh khas destinasi liburan kamu untuk keluarga di rumah dan teman-teman kamu. Kamu juga bisa membantu perekonomian warga setempat di pasar lokal atau di tempat wisata dengan membeli produk yang mereka jual.

Biasanya barang yang kamu beli kemudian akan dibungkus dengan kantung plastik. Bayangkan jika kamu membeli cukup banyak barang tentu jumlah sampah kantong plastik pun semakin banyak.Untuk menghindari jumlah sampah plastik yang berlebih saat liburan ada baiknya kamu menyiapkan tas belanja kamu sendiri. Kamu bisa membawa tas belanja dengan bahan kain, kanvas, atau lainnya.

Membawa tas belanja dengan motif dan warna menarik pun akan membuat waktu berbelanja kamu menjadi makin menyenangkan karena membuat kamu tetap tampil stylish. Jangan sampai pakaian liburan kamu yang fashionable malah terganggu dengan beberapa kantung plastik yang kamu bawa. Yuk jaga lingkungan dengan menjadi wisatawan yang ramah lingkungan!

7. Jadi Tamu Hotel yang Bijak

Selain kebersihan, hal yang perlu diperhatikan wisatawan adalah mencoba untuk hidup hemat energi. Jangan sampai saat menginap di hotel kamu menghabiskan energi listrik dengan menyalakan TV semalaman dan kamu tinggal tidur. Saat menginap di penginapan kamu punya banyak kesempatan untuk menjadi wisatawan ramah lingkungan dengan cara menghemat energi.

Beberapa contoh diantaranya adalah dengan tidak meminta handuk baru setiap hari, mematikan televisi saat tidak ditonton, dan mematikan AC saat udara tidak terlalu panas atau dingin. Cara-cara tersebut akan sangat membantu untuk hemat listrik. Kenyamanan menginap di penginapan akan bertambah saat suasana menginap terasa menyenangkan dan lingkungan di sekitar penginapan yang bersih, rapi, dan asri.

Menjaga kebersihan tempat menginap pun menjadi salah satu tanggung jawab kita sebagai wisatawan yang akan menginap. Jangan sampai kamu berlaku seenaknya dengan membuang sampah sembarangan dan menggunakan berbagai peralatan elektronik semau kamu tanpa memikirkan jumlah energi yang harus digunakan. Jadilah wisatawan yang bertanggung jawab dan peduli lingkungan.

Bicara mengenai penginapan yang nyaman dan bersih kamu harus coba menginap di Bobobox. Bobobox merupakan salah satu pilihan akomodasi yang juga banyak diburu wisatawan karena tempatnya yang nyaman dan kekinian! Hotel yang memiliki konsep kapsul ini menjadi tempat beristirahat yang menarik karena keunikan kamar kapsulnya yang telah terintegrasi dengan teknologi. Penasaran mau menginap di Bobobox? Yuk unduh aplikasi Bobobox sekarang!