wisata terbaru

Wisata Terbaru di Semarang: Saloka Theme Park

Jika kamu berencana liburan ke Semarang, kini ada tempat wisata terbaru yang sayang sekali untuk kamu lewatkan. Saloka Theme Park-lah tempatnya.

Saloka Theme Park merupakan tempat wisata terbaru di Semarang pertama dan terbesar di Jawa Tengah. Taman rekreasi tematik keluarga ini bahkan masuk salah satu destinasi wisata Pesona Indonesia karena mengusung konsep kearifan lokal.

Nama Saloka sendiri diambil dari tokoh legenda rakyat Rawa Pening, Ki Hajar Salokantara. Kisah mengenai Ki Hajar Salokantara inilah kemudian yang mendasari filosofi dari Saloka Theme Park, yaitu menyajikan keceriaan tiada habisnya.

Di tempat wisata terbaru Semarang ini, kamu bisa mengajak keluarga dan teman karena tempat wisata terbaru ini memiliki wahana yang cocok untuk dimainkan segala kalangan usia.

Total ada 25 wahana yang terbagi ke dalam 5 zona di tempat wisata terbaru yang berdiri di atas tanah seluas 12 hektare ini. Ada zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Zona Pesisir

wisata terbaru

salokapark.com

Kamu akan disambut oleh zona pesisir saat pertama kali masuk ke tempat wisata terbaru ini. Di zona ini, semuanya didesain seperti di pantai, mulai dari bangunan, desain interior, dan pernak-perniknya semua bernuansa pantai.

Di zona ini, kamu bisa mengunjungi Lumbung Ilmu Galileo. Wahana ini merupakan pusat sains dari tempat wisata terbaru ini. Kamu bisa belajar banyak hal seperti mengenal tokoh-tokoh dunia, belajar sejarah, astronomi, dan masih banyak lagi. Media yang digunakan pun interaktif sehingg belajar semakin menyenangkan.

Keluar dari Lumbung Ilmu Galileo, kamu bisa melihat arena Jejogedan. Tempat wisata terbaru ini menyuguhkan pemandangan air mancur yang dipadukan dengan sinar lampu warna-warni. Kapal Jenju yang menjadi latar belakang semakin memperindah area ini.

Selain itu, di zona Pesisir juga ada kafe Jenju jika kamu kamu lapar, lalu ada Cakrawala, yaitu kincir raksasa setinggi 33 meter yang dilengkapi 22 gondola.

Zona Balalantar

wisata terbaru

salokapark.com

Setelah puas merasakan suasana pantai, sekarang saatnya kamu menjelajahi hutan di zona Balalantar. Tempat wisata terbaru ini didesain seperti hutan belantara dan salah satu wahananya adalah Angon Ingon.

Angon Ingon adalah kebun binatang yang ada di tempat wisata terbaru ini. Di kebun binatang seluas 1.240 meter persegi ini kamu bisa melihat beragam jenis hewan seperti burung, unggas, kura-kura, kelinci, dan lain-lain.

Jika sudah puas melihat aneka satwa, kamu bisa beralih ke Kumbang Layang. Di wahana ini kamu bisa melihat pemandangan sekeliling di atas air bike. Sepeda udara ini bisa diputar 360 derajat sehingga kamu bisa menikmati pemandangan dengan puas.

Selain itu, di tempat wisata terbaru ini juga ada Agrowisata Ijo Royo di mana kamu bisa mengenal jenis buah-buahan dan bunga di lahan seluas 5.262 meter persegi. Wahana lain seperti Jamur Apung, Safari Bocah, Adu Tangkas, dan Adu Nyali juga siap menunggu untuk kamu coba.

Zona Kamayayi

wisata terbaru

salokapark.com

Zona Kamayayi dibuat khusus untuk anak-anak sebagai tempat wisata terbaru untuk bermain dan belajar. Total ada 7 wahana permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

Salah satunya adalah wahana Polah Bocah. Wahana ini didesain seperti taman bermain di mana anak-anak bisa bereksplorasi dengan bebas. Mereka bisa seru-seruan di kolam bola, bermain trampoline, atau perosotan.

Bagi anak-anak yang suka mobil-mobilan, ada wahana Tata-Titi. Di wahana ini, mereka harus menyelesaikan tantangan dan mengumpulkan skor sebanyak mungkin. Sebagai hadiah, anak-anak akan diberikan SIM yang dengan foto wajah mereka. Wahan lainnya adalah Kupu-Kupu, Pinguin, Semprat-Semprot, Komidi Kuda Laut, dan Teka Teko.

Zona Ararya

wisata terbaru

salokapark.com

Tenang, tempat wisata terbaru ini juga memiliki wahana untuk kamu penyuka tantangan. Di zona Ararya ada permainan-permainan yang bisa memacu adrenalin seperti Paku Bumi, Bengak Bengok, Lika Liku, dan Obat Abit.

Tapi, kalau kamu hanya ingin santai atau menunggu teman kamu yang sedang asyik memacu adrenalin, kamu bisa berisitrahat di Kolam Bebek atau makan di Rimba Café.

Zona Segara Prada

wisata terbaru

salokapark.com

Zona Segara Prada menggabungkan wahana bermain dan tempat kuliner yang dibungkus dalam tema industri pertambangan.

Di sini ada wahana Gonjang Ganjing, yaitu permainan arung jeram siap membuat kamu berbasah-basahan. Sambil menyusuri sungai sepanjang 360 meter, kamu bisa melihat pemandangan area industrial pertambangan.

Setelah puas bermain, kamu bisa nongkrong di Kedai Daimami. Kedai di tempat wisata terbaru ini juga memiliki desain industrial yang sesuai dengan konsep zona.

Fasilitas tempat wisata terbaru Saloka Theme Park

wisata terbaru

salokapark.com

Fasilitas yang ada di tempat wisata terbaru ini terbilang lengkap. Di samping lima wahana tadi, ada juga empat foodtruck, tiga restoran, dan dua kedai eskrim. Selain itu, toilet dan musola juga tersebar di seluruh area. Jadi kamu nggak perlu khawatir ketinggaln waktu solat.

Kalau kamu lelah berjalan, tempat wisata terbaru ini juga menyediakan shuttle bus yang bisa kamu gunakan dengan gratis. Bus tersebut akan mengantarkan kamu dari area parkir menuju lokasi.

Setelah selesai seru-seruan di tempat wisata terbaru Semarang ini, tentunya nggak lengkap kalau nggak beli oleh-oleh. Saloka Theme Park menjual oleh-oleh khas seperti gantungan kunci, guling, bantal, topi, dan kaus. Semuanya bertemakan Saloka.

Oleh-oleh makanan juga ada lho. Kamu bisa membeli macam-macam keripik dan berbagai makanan khas Semarang lainnya.

Bagaimana caranya ke Saloka?

Saloka Theme Park mudah diakses karena terletak di jalan utama jalur Solo-Semarang. Tempat wisata terbaru ini hanya berjarak 10 menit dari pintu keluar tol dan terminal Bawen dan 15 menit dari pintu keluar tol Salatiga. Jika kamu datang dari bandara, Saloka Theme Park hanya berjarak 45 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Tempat wisata terbaru ini pun mudah dijangkau sepeda motor atau mobil. Dari arah Solo, kamu bisa melewati dua jalur. Yang pertama adalah Salatiga dan yang kedua adalah Jalan Lingkar.

Jika kamu datang dari arah Semarang, kamu bisa mengambil jalan tol atau jalur utama. Dari pintu keluar tol Bawen, belok kiri. Kamu akan sampai di Saloka kurang lebih 5 kilometer.

Alamat

Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773

Harga tiket

Rp120.000 (Senin-Jumat)

Rp150.000 (Sabtu-Minggu dan hari libur nasional)

Tiket gratis untuk anak berusia di bawah 2 tahun

Jam operasional

10.00—18.00 (Senin-Jumat)

10.00—20.00 (Sabtu-Minggu)

Menginap di Kota Lama Semarang

bobobox

Seru banget ya tempat wisata terbaru Saloka Theme Park yang ada di Semarang. Keren dan edukatif! Kalau kamu ke Semarang jangan lupa mampir ya. Nah, untuk tempat menginapnya, cobain deh hotel kapsul yang unik dan kekinian. Yap, di mana lagi kalau bukan di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang canggih dan modern. Desainnya futuristik begitu pula teknologi yang digunakan, canggih! Kamarnya terintegrasi dengan aplikasi di mana dari sana, kamu bisa memesan kamar, mengatur lampu led, dan juga mengunci kamar. Semuanya lengkap dalam satu genggaman.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles