Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Wisata Solo yang Wajib Kamu Kunjungi di Tahun 2020

Tidak kalah dengan wisata kota lainnya di Jawa Tengah

Bobobox.co.id — Memilih destinasi wisata yang kamu tuju untuk liburan atau sekadar traveling seringkali membuatmu bingung. Apalagi di Indonesia sendiri, banyak kota yang menawarkan beragam destinasi wisata yang memiliki daya tarik masing-masing. Tak terkecuali destinasi wisata Solo.

Berbicara soal Kota Solo seringkali tidak lepas dengan kotanya yang menjadi destinasi mudik di hari lebaran. Semakin menjadi perbincangan juga tak kala, Solo merupakan titik awal karir politik dari president Indonesia saat ini, Joko Widodo. Namun, tidak hanya terkenal dengan kedua hal tersebut, tak sedikit juga destinasi wisata Solo yang bisa kamu kunjungi.

Nah, di sini, Bob sudah merangkum 7 wisata Solo yang wajib kamu kunjungi di tahun 2020 ini. Penasaran destinasi wisata mana saja yang masuk daftar Bob kali ini? Yuk, langsung aja simak ketujuh destinasi wisata berikut ini dari kota yang tidak jauh dari Kebumen.

Museum Batik Danarhadi

Alamat: Jalan Brigjen Slamet Riyadi No.261, Kecamatan Laweyan, Kota Solo

Destinasi wisata solo pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Museum Batik Danarhadi. Memiliki nama lain House of Danar Hadi atau HDH, selama di tempat ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi batik yang mempunyai motif dan pola yang beragam dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Tak hanya motik batik kontemporer, kamu pun bisa melihat secara langsung batik-batik klasik selama mengitari museum ini. Bahkan, tidak hanya sekadar melihat batik-batik jadi saja, kamu pun bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan batik juga.

Museum Batik Danarhadi sendiri memiliki setidaknya kurang lebih 10 ribu koleksi batik. Tak heran jika destinasi wisata Solo ini dinobatkan sebagai pemilikmkoleksi kain batik terbanyak dari Museum Rekor Dunia Indonesia. Untuk masuk ke museum ini, kamu hanya 35 ribu untuk umum dan 15 ribu untuk pelajar.

via piknikdong.com

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Alamat: Desa Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo

Destinasi wisata Solo yang satu ini sepertinya tidak boleh terlewatkan dan bahkan harus masuk ke bucket listmu saat liburan di kota batik. Tempat yang dimaksud adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau seringkali disebut Keraton Surakarta saja.

Keraton Surakarta merupakan salah satu saksi sejarah yang masih bisa dikunjungi. Didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744, destinasi wisata Solo ini dibangun sebagai pengganti Keraton Kartasura yang hancur pada saat itu.

Saat ini, Keraton Sukarta masih difungsikan sebagai tempat tingal Sri Sunan sekaligus menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi bagi para pengunjung Kota Solo. Soal tiket masuk, harga yang dipatok pun beragam. Untuk perseorangan dibanderol dengan harga 10 ribu, sedangkan rombongan dan turis asing sebesar 8 ribu dan 15 ribu. Kamu yang ingin memotret bagian dalamnya, dikenakan tarif sebesar 3.500.

via cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Galabo

Alamat: Jalan Mayor Sunaryo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo

Layaknya ke kota-kota lainnya, tidak lengkap rasanya jika berkunjungi ke tempat wisata Solo namun tidak singgah untuk menyantap kuliner khas dari kota batik ini. Nah, tempat yang pas untuk menikmati kuliner khas Solo ini adalah Galabo. Galabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan.

Mulai dibuka pada tahun 2008, kurang lebih 28 kios di sini siap memanjakan perutmu yang sudah keroncong sehabis berkeliling destinasi wisata Solo. Beberapa menu yang bisa kamu pesan selama di sini di antaranya ada gudeg cakar Margoyudan, tahu kupat, wedang ronde, sate buntel, dan masik banyak lainnya.

Soal harga, tidak usah khawatir. Pasalnya, walaupun terbilang lebih mahal dibandingkan pedagang dengan menu yang sama, namun kenyamanan tempat dan rasanya tentu sesuai dengan harga yang ditawarkan dan masih tetap terjangkau kok.

via surakarta.go.id

Kampung Batik Kauman

Alamat: Dikelilingi oleh Jalan Rajiman, Jalan Nonongan, dan Jalan Slamet Riyadi

Jika tadi kamu hanya bisa melihat koleksi batik di Museum Batik Danarhadi, di destinasi wisata Solo ini, kamu bisa melihat langsung proses pembatikan dan juga membeli langsung batik khas Solo. Destinasi wisata tersebut sendiri sudah terkenal dan bahkan menjadi salah satu yang banyak dituju.

Apalagi kalau bukan Kampung Batik Kauman. Lokasinya tidak jauh dari Keraton Surakarta. Sehingga, setelah berkeliling Keraton Surakarta, kamu bisa langsung mampir ke sini. Di sini, kamu bisa membeli dengan beragam motif dan corak yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Harga batik di sini bervariasi mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

via ksmtour.com

Pura Mangkunegaran

Alamat: Jalan Ronggowarsito No.83, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo

Selain Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran menjadi destinasi wisata Solo selanjutnya yang wajib dikunjungi di tahun 2020. Istana yang terlihat megah dan indah ini merupakan tempat kediaman resmi pimpinan Kadipaten Praja Mangkunegaran.

Saat masuk ke area pura, kamu akan disambut dengan halamannya yang luas dengan bangunan bergaya arsitektur khas Eropa. Nah, sesampainya di dalam, pendopo bergaya arsitektur kombinasi Eropa dan Jawa terlihat kentara. Jika memang memungkinkan, datanglah ke Pura Mangkunegaran pada hari Rabu.

Pasalnya, di tiap hari Rabunya, kamu bisa melihat secara langsung gelaran gamelan yang rutin diadakan di hari tersebut. Ataupun jika tidak, kamu bisa melihat para penari tradisional dan modern berlatih di sanggar tari tiap harinya pada jam 3 sore. Untuk harga tiket masuk, kamu hanya perlu membayar 10 ribu saja.

via pesona.travel

Museum Radya Pustaka

Alamat: Jalan Slamet Riyadi No.275, Kecamatan Laweyan, Kota Solo

Tak hanya Museum Batik Danarhadi saja yang wajib dikunjungi, ada juga Museum Radya Pustaka yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Destinasi wisata Solo ini telah dibangun pada tanggal 28 Oktober 1890 dan menjadi museum paling tua di Indonesia.

Di museum ini, tersimpan berbagai koleksi benda-benda kuno peninggalan sejarah Keraton Mataram dan yang memiliki kaitan erat dengan Kota Solo seperti gamelan, wayang kulit, koleksi keramik, senjata tradisional, dan masih banyak lainnya. Buka dari hari Selasa hingga Minggu, kamu bisa melihat langsung koleksi tersebut dengan membayar 35 ribu untuk umum dan 15 ribu untuk pelajar.

via travelingyuk.com

Pasar Antik Triwindu

Alamat: Jalan Diponegoro, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo

Destinasi wisata Solo yang terakhir ini sebagai tempatmu membeli oleh-oleh bagi sanak famili khususnya yang senang dengan barang-barang antik. Di Pasar Antik Triwindu, kamu bisa dengan mudah menemukan para pedagang yang menjual barang-barang jaman dulu (jadul) dan vintage.

Barang-barang yang dijual di sini di antaranya adalah pajangan, hiasan rumah, dan berbagai macam koleksi barang-barang lawas yang memiliki nilai seni tinggi. Harga yang ditawarkan untuk tiap barangnya sendiri bervariasi. Tinggal keluarkan jurus tawar-menawar, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika ingin, kamu pun bisa membayar barang yang kamu inginkan dengan cara barter dengan barang antik yang kamu bawa.

wisata solo pasar triwindu
via pesona.travel

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Ya di Bobobox

Nah, setelah memutuskan untuk liburan, tentu kamu membutuhkan tempat menginap yang cocok untuk kamu inapi selama liburan nantinya. Salah satu yang recommended adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul dengan konsep futuristik yang menawarkan fasilitas-fasilitas keren bagi para pengunjung yang datang. Walaupun menawarkan fasilitas-fasilitas keren, bukan berarti harga inap per malamnya mahal. Malah, di sini, kamu bisa menginap dengan harga terjangkau.

Pemesanan pod di Bobobox cukup mudah kok. Tinggal unduh aplikasi Bobobox di sini dan podnya bisa dipesan lewat smartphonemu di manapun dan kapanpun kamu mau.

kamar bobobox