Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tujuan Wisata Semarang bisa Dikunjungi di Era New Normal

Jangan lupa protokol kesehatan ya!

Bobobox.co.id — Pandemi virus corona menyebabkan banyak sektor harus berhenti beroperasi. Salah satunya adalah tempat wisata. Hampir semua tempiat wisata di seluruh dunia ditutup untuk menghentikan penyebaran.

Indonesia pun melakukan hal yang sama. Banyak tempat wisata ditutup sementara saat datang pandemi virus corona. Tempat wisata Semarang menjadi saksi bisu dari virus yang masih belum diketahui asal muasalnya.

Namun, sekarang ini, dengan adanya imbauan new normal, beberapa tempat mulai kembali dibuka. Tempat wisata Semarang pun menjadi salah satu di antara dari beberapa tempat wisata yang akan kembali beroperasi.

Nah, bagi kamu yang sudah penasaran ingin berlibur ke tempat wisata Semarang, berikut ini merupakan 10 destinasi yang sudah kembali di era new normal ini. Walaupun begitu, jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya!

Museum Kereta Api Ambarawa

Alamat: Jalam Panjang Kidul No.1, Kec. Ambarawa, Semarang

Destinasi wisata Semarang pertama adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Bangunan peninggalan Belanda pertama ini dibangun sejak 21 Mei 1973 dan dulunya lebih sering disebut dengan nama Stasiun Willem I.

Pemberian nama tersebut memiliki sejarah sendiri. Pada saat itu, stasiun kereta api ini adalah Raja Willem I. Sekarang, bangunan ini sendiri tidak lagi digunakan sebagai perberhentian barang maupun penumpang.

Namun, telah dialihfungsikan sebagai museum. Salah satu yang terkenal dari tempat wisata ini adalah kereta api uap tua buatan Maschinenfabriek Esslingen yang masih mejeng dengan gagahnya di sini.

via heritage.kai.id

Lawang Sewu

Alamat: Jalan Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Semarang

Destinasi wisata Semarang selanjutnya yang kembali buka di era new normal adalah Lawang Sewu. Dulunya tempat ini adalah kantor perusahaan kereta api yang kini dialihfungsikan sebagai tempat wisata budaya.

Tempat destinasi ini memiliki pintu yang sangat banyak sehingga disebut dengan Lawang Sewu yang artinya pintu seribu. Kamu yang ingin jalan-jalan di Lawang Sewu, kamu bisa pergi ke Jalan Pemuda dan membeli tiketnya.

Selain memang cocok untuk dijadikan sebagai destinasi traveling yang murah meriah, hal yang membuat banyak orang tertarik datang ke tempat ini adalah banyaknya cerita mistis yang tersimpan dibalik gedung tua ini.

via merahputih.com

Klenteng Sam Poo Kong

Alamat: Jalan Simongan No.129, Kec. Semarang Barat, Semarang

Tempat wisata Semarang lainnya yang siap membuat liburanmu menyenangkan di era new normal adalah Klenteng Sam Poo Kong. Kentalnya budaya tionghoa pada bangunan ini membuat warna merah mendominasi.

Kamu yang ingin pergi ke klenteng yang memiliki nama lain Klenteng Gedong Batu, harga tiket yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu hanya 5 ribu rupiah saja. Worth it untuk liburan yang tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Nah, liburanmu ke tempat wisata Semarang akan semakin afdal jika kamu mengunjungi semua kelenteng yang ada di komplek ini. Ada empat kelenteng lainnya yang bisa kamu ekplorasi.

via flickr.com

Vihara Buddhagaya Watugong

Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan, Kec. Banyumanik, Semarang

Tidak hanya Klenteng Sam Poo Kong, tempat ibadah yang ada dalam daftar tempat wisata Semarang kali ini. Vihara Buddhagaya Watugong merupakan tempat ibadah untuk umat Budha yang berada di Venetië van Java.

Vihara Buddhagaya Watugong sendiri memiliki dua bangunan utama yang menjadi favorit pengunjung untuk berfoto saat berada di sini. Kedua bangunan tersebut adalah Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

Untuk tiket masuknya, pengurus tidak menentukan tarif tertentu untuk pengunjung yang datang. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah sebisa mungkin memakai pakaian yang relatif sopan mengingat tempat ini merupakan tempat ibadah.

via ohayo.co.id

Kota Lama Semarang

Alamat: Jalan Letjen Suprapto, Kec. Semarang Tengah, Semarang

Ingin menikmati sepenggal sejarah selama berlibur di Semarang saat era new normal? Kota Lama menjadi jawaban yang tepat untukmu. Kamu akan dimanjakan dengan banyaknya bangunan bergaya arsitektur Eropa peninggalan Belanda.

Tak lengkap rasanya jika tidak berfoto di kawasan Kota Lama Semarang ini. Beberapa spot yang wajib kamu datangi di sini diantaranya Gereja Blendek, Gedung Marba, Spiegel Bistro, Taman Srigunting, dan masih banyak lainnya.

Setelah lelah seharian berkeliling beberapa bangunan di kawasan Kota Lama Semarang, kamu bisa mampir sejenak ke tempat nongkrong Semarang untuk mengisi perutmu dengan kuliner khas Semarang.

via pesona.travel

Ayanaz Gedongsongo

Alamat: Krajan, Kec. Bandungan, Semarang

Setelah berwisata di Semarang yang berada di daerah perkotaan, kita beralih menuju tempat wisata Semarang yang mengusung konsep alam. Destinasi tempat wisata kali ini yang dituju adalah Ayana Gedong Songo.

Terletak dekat Gunung Ungaran, tidak heran jika kamu bisa menikmati udara sejuk khas gunung saat berada di sini. Saran dari Bob sih datanglah relatif pagi untuk bisa merasakan udara sejuk khas pegunungan tersebut.

Banyaknya spot instagramable di tempat ini membuat kepopuleran destinasi wisata kekinian Semarang ini meningkat dratis sehingga tidak heran setiap harinya tempat ini penuh dengan wisatawan yang datang.

via backpackerjakarta.com

Taman Bunga Celosia

Alamat: Jalan Ke Candi Gedong Songo, Kec. Bandungan, Semarang

Jika kamu masih ingin berlibur ke tempat wisata Semarang tidak jauh dari Ayanaz Gedongsongo, kamu bisa menyempatkan diri untuk mampir ke Taman Bunga Celosia.

Taman Bunga Celosia akan menyuguhkan taman tematik yang menawan dan tentunya sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Apalagi kamu sedang berada tak jauh dari tempat wisata Semarang ini.

Tak hanya bisa menikmati keindahan Bunga Celosia, kamu pun bisa menikmati taman lainnya yang ada di sini seperti Taman Lampion dan Taman Lorong Tanpa Batas.

via liputan6.com

Cimory on the Valley

Alamat: Jalan Soekarno Hatta No.KM. 30, Kec. Bergas, Semarang

Rekomendasi tempat wisata Semarang lainnya adalah Cimory on the Valley. Mengusung konsep rekreasi dan edukasi, tempat wisata pastinya akan cocok untuk disambangi bersama keluarga.

Dengan konsep tersebut, kamu bisa menikmati beberapa aktivitas seru seperti menikmati susu segar, berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada, dan berfoto di Taman Mini Mania.

Tempat wisata ini sendiri pun menjadi tempat yang pas untuk dikunjungi jika kamu menginginkan liburan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

via kompasiana.com

Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani

Alamat: Jalan Ke Candi Gedong Songo No.16, Kec. Bandungan, Semarang

Selain Taman Bunga Celosia, kamu bisa sekalian mampir ke Vanaprastha Gedong Songo Park Perhutani. Berada tidak jauh dari Ayanaz Gedongsongo, maksimalkan liburanmu di sini selama satu hari penuh.

Pasalnya, tempat ini menyediakan beberapa vila yang bisa kamu sewa untuk semalam. Ditemani dengan pohon-pohon menjulang, liburanmu dijamin akan terasa begitu menyenangkan.

Tidak hanya asyik untuk menginap, kamu pun bisa memaksimalkan beberapa spot cantik yang instagramable untuk kamu abadikan melalui smartphonemu.

via phinemo.com

Gunung Telomoyo

Alamat: Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Tempat wisata Semarang yang sudah mulai dibuka di era new normal adalah Gunung Telomoyo. Bagi kamu pencinta naik gunung, dibukanya Gunung Telomoyo untuk umum tentu menjadi kabar baik.

Kamu yang sudah kangen dengan naik gunung tentu sudah tidak asing dengan bagaimana menyenangkannya bisa sampai puncak gunung dan menikmati panorama alam yang menakjubkan.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa sampai di puncak Gunung Telomoyo. Kamu bisa melakukannya dengan berjalan kaki atau juga dengan menggunakan sepeda motor.

via netz.id

Menginap sehabis Wisata Semarang? Ya di Bobobox Kota Lama

Lelah sehabis berkeliling kawasan Kota Lama Semarang, kamu tentu membutuhkan penginapan yang juga beroperasi di era new normal. Salah satu penginapan yang akan buka di era new normal adalah Bobobox Kota Lama.

Kamu tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra karena tempat yang mudah untuk ditemukan. Informasi lebih lanjut bisa kamu dapat melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.