Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jalan-jalan ke Tempat Wisata Semarang, Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata Semarang yang satu ini menawarkan pengalaman seru mempelajari kereta!

Wisata Semarang berupa kunjungan ke museum bisa jadi salah satu alternatif agenda liburan kamu saat kamu sedang berada di Semarang. Semarang memang dikenal banyak memiliki bangunan-bangunan bernilai sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Salah satu tempat wisata Semarang yang bersejarah adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini ramai dikunjungi masyarakat untuk belajar sejarah perkeretaapian Indonesia..

Bagi kamu yang menyukai moda transportasi kereta api pasti kunjungan kamu ke tempat wisata Semarang ini akan terasa menyenangkan. Untungnya, masih ada lokomotif yang bisa terselamatkan dan dapat dipamerkan di tempat wisata Semarang ini mengingat pada tahun1970 sebagian lokomotif uap dan tua di Jawa Tengah dihancurkan. Sebagian lokomotif uap lainnya dipindahtangankan dan sisanya dijadikan barang rongsokan.

Pada tahun 1972 terjadi banjir lahar pascaerupsi Gunung Merapi dan hal ini berdampak pada penutupan akses ke arah Magelang. Tertutupnya akses ke Magelang mengakibatkan penutupan jalur kereta api Yogyakarta-Magelang-Secang. Peristiwa penutupan jalur tersebutlah yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya penutupan Stasiun Willen I atau dikenal dengan Stasiun Ambarawa.

Gubernur Jawa Tengah yang pada masa itu menjabat bernama Soepardjo Rustam dan Kepala PJKA Eksploitasi Tengah bernama Soeharso mengemukakan ide pembangunan museum. Akhirnya pada tanggal 8 April 1976 dibangunlah sebuah museum kereta api di Stasiun Ambarawa. Museum Kereta Api Ambarawa dibuka secara resmi pada tanggal 21 April 1978 dan menarik banyak minat wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata Semarang ini.

Sejarah Tempat Wisata Semarang Kereta Api Ambarawa

St Ambarawa rev
@KITLV

Pada awal pengoperasiannya, Stasiun Ambarawa sempat dimanfaatkan sebagai sarana pengangkutan komoditas ekspor dan transportasi militer di sekitar Jawa Tengah. Setelah stasiun in dinonaktifkan pada tahun 1976, Stasiun Ambarawa kemudian dijadikan Museum Kereta Api dengan tujuan menyelamatkan peninggalan lokomotif-lokomotif uap yang tersisa. Museum Kereta Api Ambarawa ini kini menjadi salah satu daya tarik tempat wisata Semarang.

Stasiun Ambarawa dipilih karena memiliki latar belakang historis yang kuat. Di balik stasiun ini terdapat kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu pertempuran Ambarawa. Stasiun Ambarawa merupakan salah satu stasiun kereta api yang menyimpan teknologi kuno yang masih bisa dioperasikan

Wisata Semarang yang Menawarkan Edukasi Kereta Api

Tentu saja memanfaatkan waktu berlibur kamu dengan mengunjungi tempat wisata Semarang yang memiliki nilai sejarah tinggi seperti Museum Kereta Api Ambarawa akan menambah pengetahuan. Kamu akan mengenal lebih dekat mengenai sejarah perkeretaapian di Indonesia. Hal-hal mengenai kereta api seperti jalur dan replika kereta api bisa kamu pelajari dengan baik di tempat wisata Semarang ini.

Selain lokomotif-lokomotif uap, Museum Kereta Api Ambarawa ini pun memamerkan alat pemutar gerbong kereta. Di sana kamu bisa melihat langsung beberapa halte kereta api yang sengaja didatangkan dari beberapa daerah. Hal ini tentu menjadi kabar baik karena halte-halte yang usianya sudah tua tersebut dapat tetap terjaga kelestariannya karena dirawat oleh pihak Museum Kereta Api Ambarawa.

Tempat wisata Semarang ini lekat dengan nilai sejarah yang tentu akan sayang jika tidak diabadikan dalam sebuah buku. Di museum ini kamu pun bisa mengunjungi perpustakaan bernama Kereta Api Pustaka. Perpustakaan ini didesain sedemikian rupa agar terasa nyaman untuk kamu dan pengunjung lainnya singgahi saat ingin membaca buku.

Kereta Api Pustaka dipenuhi dengan beragam macam jenis buku yang menarik untuk kamu baca sambil beristirahat setelah lelah memutari tiap sudut Museum Kereta Api Ambarawa. Sepulang dari museum ini Bob jamin pengetahuan kamu akan bertambah banyak!

Lokomotif Kereta Uap
@Setyo Nugroho

Wisata Semarang yang Menampilkan Benda Antik Perkeretaapian

Di tempat wisata Semarang ini pun kamu bisa menyaksikan langsung mesin pembuat tiket penumpang zaman dahulu dengan ukurannya yang besar sekali. Mesin pencetak tiket ini diciptakan oleh Thomas Edmunson dan digunakan sejak tahun 1840. Di Indonesia, mesin ini digunakan untuk mencetak tiket kereta api ekonomi sampai dengan tahun 2009. Museum Kereta Api Ambarawa ini pun memiliki mesin penghitung yang biasa digunakan pada zaman dahulu untuk mengetahui jumlah kentungan kereta api.

Kamu bisa melihat beberapa jenis telepon dari berbagai masa, telegraf, lonceng kereta, juga peluit yang biasa digunakan petugas rel. Peninggalan Stasiun Ambarawa zaman dahulu selain lokomotof uapnya adalah roda kereta bergigi. Roda bergigi ini merupakan salah satu dari tiga roda bergigi yang tersisa di dunia. Dua roda bergigi lainnya berada di Swiss dan India. Rel bergigi ini terbilang unik karena merupakan satu-satunya yang masih aktif di Indonesia dan sampai sekarang masih dapat dilewati kereta api dari Museum Kereta Api Ambarawa.

Wisata Semarang Tour Ambarawa-Bendono

wisata semarang
@wijayanto sh

Tentu saja akan terasa kurang lengkap bagi kamu jika mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa tanpa mencoba menaiki salah satu lokomotif uapnya. Kamu bisa mencoba Ambarawa Railway Mountain Tour yang merupakan paket perjalanan wisata yang ditawarkan kepada pengunjung untuk bisa mencoba menaiki kereta api uap.

Rute kereta api uap ini melingkupi Ambarawa-Bedono (pulang-pergi) dengan jarak tempuh kurang lebih 35 kilometer dan Ambarawa-Tuntang (pulang-pergi) dengan jarak tempuh sejauh 7 kilometer. Selama perjalanan tur kereta api ini kamu tidak akan dibuat bosan karena kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di sepanjang perjalanan. Kamu bisa melihat pemandangan gunung Merbabu, Ungaran, dan Telomoyo.

Fasilitas Wisata Semarang Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat wisata Semarang ini pun disertai dengan fasilitas yang cukup lengkap yang menambah kenyamanan para pengunjung. Jika kamu merasa lapar saat menjelajahi tiap sudut menarik Museum kereta Api Ambarawa, kamu bisa makan sekaligus beristirahat di restoran yang tersedia di museum.

Tempat wisata Semarang ini pun memiliki lahan parkir yang cukup luas sehingga kamu dapat membawa dan memarkirkan kendaraan kamu tanpa khawatir. Museum Kereta Api Ambarawa ini pun difasilitasi dengan area mushola juga toilet untuk kamu dan para pengunjung yang hendak beribadah. Nyaman banget deh pokoknya!

Lokasi dan Kontak Wisata Semarang Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambawarawa terletak di Jalan Stasiun, Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah 50614. Jika kamu memiliki pertanyaan atau informasi lebih lanjut kamu bisa langsung menghubungi pihak Museum Kereta Api Ambarawa di nomor telepon 081229346070 atau (0298) 591035.

Siapa sangka jika mengunjungi wisata Semarang Museum Kereta Api Ambarawa bisa semenyenangkan ini! Kamu bisa jelajahi tiap sudut museum ini bersama sahabat dan keluarga. Bob jamin museum ini tak akan henti-hentinya membuat kamu terpukau! Tunggu apalagi? Ayo segera agendakan liburan kamu untuk mengunjungi tempat wisata Semarang ini dan pesan segera kamar kapsul kamu di Bobobox.

Bobobox kini hadir di Kota Semarang dan dapat memfasilitasi agenda liburan kamu dengan penginapan yang nyaman. Unduh aplikasi Bobobox di smartphone kamu untuk informasi lebih lanjut dan info promo menarik yang bisa kamu dapatkan. Bob tunggu kamu di Semarang ya!

You might also like