Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

6 Tempat Wisata Semarang di Dekat Kota Lama Ini Wajib Kamu Sambangi!

Salah satu objek wisata Semarang ini jadi lokasi shooting film juga, lho!

Bicara soal Semarang, mungkin yang terbayang lebih dulu adalah Lawang Sewu. Ya, gedung ikonik ini memang menjadi salah satu landmark ibukota Provinsi Jawa Tengah. Lawang Sewu terkenal dengan kecantikan arsitekturnya, serta beragam cerita horor yang bikin berinding. Namun, selain Lawang Sewu ada juga beberapa kawasan wisata Semarang yang sayang dilewatkan. Salah satunya adalah kawasan Kota Lama Semarang.

Dilansir dari Travelgad, sejarah Kota Lama Semarang bisa ditelusuri balik ke tahun 1678 ketika kekuasaan Semarang jatuh ke tangan VOC. Setelah itu, pemerintah Hindia-Belanda membangun bentang Vijhoek untuk melindungi kota baru yang dibangun. Kawasan kota baru ini sendiri berpusat di jalan utama, Heeren Straat atau yang sekarang dikenal sebagai Jalan Letjen Suprapto. Di tahun 1824, benteng yang sebelumnya dibangun dihancurkan demi pengembangan kota. Dalam artikel ilmiahnya, Krisprantono menjelaskan bahwa lokasi eks-benteng bahkan digunakan sebagai tempat tinggal saat Jawa jatuh ke kekuasaan Inggris.

Wisata Semarang Kota Lama
Credit: Siska Maria Eviline

Meskipun sisa-sisa benteng Vijhoek sudah tidak terlihat, kawasan Kota Lama Semarang masih menyimpan bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda. Dilansir dari Idea, ada sekitar 50 bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri di area seluas 31 hektare. Salah satu bangunan yang paling terkenal adalah Gereja Blenduk. Dikutip dari arsip artikel di Jakarta Post, gereja ini dibangun pada tahun 1753 dan merupakan gereja tertua di Jawa Tengah. Keunikan gereja ini adalah bangunannya yang berbentuk oktagon dan atap kubahnya.

Selain Gereja Blenduk, masih ada banyak tempat wisata Semarang yang berlokasi di sekitar kawasan Kota Lama. Bahkan, ada tempat yang juga digunakan sebagai lokasi shooting sebuah film, lho! Hmm… Ingin tahu apa saja destinasinya? Kuy simak rekomendasi dari Bob!

1. Semarang Contemporary Art Gallery

Jl. Taman Srigunting No. 5-6, Tanjung Mas, Semarang

Wisata Semarang Contemporary Art Gallery
Sumber foto: ceritaliana.com

Untuk kalian yang artsy dan penyuka seni, objek wisata Semarang yang satu ini bisa disambangi. Berada di kawasan Kota Lama, Semarang Contemporary Art Gallery adalah ruang bagi para seniman kontemporer Asia, terutama Indonesia untuk memamerkan karya-karyanya. Dilansir dari situs resminya, galeri ini pertama kali dibuka pada tahun 2001 di pusat kota Semarang. Namun, di tahun 2008 galeri dipindahkan ke bangunan yang sekarang ini berdiri di kawasan Kota Lama Semarang.

Wisata Semarang Contemporary Art Gallery
Sumber foto: Galeri Semarang

Bangunan galeri ini sendiri tampil cantik dengan fasad bergaya kolonial Spanyol. Duh! Bob jadi ingat film Desperado dan The Mask of Zorro yang sama-sama dibintangi Antonio Banderas. Karya-karya yang bisa dilihat di galeri ini tidak hanya lukisan, tetapi juga patung dan instalasi seni lainnya. Tak jauh dari galeri, terdapat Galeri Industri Kreatif yang menjual beragam produk UMKM. Cocok buat oleh-oleh, lho!

2. Rumah Akar

Persimpangan Jl. Kepodang-Roda II, Kota Lama, Semarang

Wisata Semarang Rumah Akar
Sumber foto: Travel Kompas

Tempat yang satu ini mungkin sudah sering kamu lihat di Instagram atau platform media sosial yang lain. Di kawasan Kota Lama, ada sebuah bangunan yang dikenal dengan nama Rumah Akar. Sesuai namanya, bangunan ini terkenal dengan akar-akar pohon yang merambat dan memenuhi dinding bangunan. Sebenarnya, tempat wisata Semarang ini lebih cocok dijadikan spot berfoto karena memang tidak bisa dimasuki.

Wisata Semarang Rumah Akar
Credit: Nita N. Ramadhita

Meskipun sepintas tampak angker, bangunan ini tampil cantik dengan pintu dan jendela tinggi, serta dinding bata ekspos. Akar rambat “raksasa” yang menempel di samping sebuah jendela menjadi latar belakang foto yang cukup Instagrammable. Rumah Akar ini cocok untuk kamu yang ingin pesta selfie atau foto pre-wedding bersama pasangan. Namun, siapa sangka kawasan di dekat Rumah Akar ini pernah dijadikan arena sabung ayam, seperti dilansir dari Metro Semarang. Untungnya, sekarang kegiatan itu sudah dihentikan.

3. Spiegel Bar & Bistro

Jl. Letjen Suprapto No. 59, Tanjung Mas, Semarang

Wisata Semarang Spiegel
Sumber foto: Mata Lelaki

Untuk kamu penyuka kuliner, tempat wisata Semarang yang satu ini cocok banget untuk dikunjungi. Berdiri megah di Jalan Letjen Suprapto, Spiegel Bar & Bistro bisa jadi hangout spot yang pas saat kamu berlibur di Semarang. Dilansir dari Seputar Semarang, bangunan ini dulunya merupakan sebuah toko keperluan rumah tangga dan kantor. Hmm… Mungkin semacam IKEA “tempo doeloe” kali, ya? Sempat terbengkalai selama bertahun-tahun, pada tahun 2015 bangunan ini direstorasi menjadi sebuah bar yang cantik.

Wisata Semarang Spiegel
Sumber foto: Richo Traveling

Tampil megah dalam fasad berwarna putih dan jendela-jendela tinggi, Spiegel Bar & Bistro sayang untuk kamu lewatkan saat menikmati wisata Semarang. Di sini, kamu dan teman-teman bisa ngobrol sambil menikmati beragam sajian cocktail yang menyegarkan. Ada juga area rootfop yang menyajikan pemandangan Semarang yang romantis. Oh, ya! Bar ini juga jadi salah satu lokasi shooting film yang dibintangi Maudy Koesnaedi dan Chicco Jerikho, Ave Maryam.

4. Kampung Batik Gedong Semarang

Jl. Batik, Rejomulyo, Semarang Timur

Wisata Semarang Kampung Batik
Sumber foto: Tribunnews Jateng

Tempat wisata Semarang yang satu ini cocok untuk kamu penyuka culture dan fashion. Berada di kawasan Rejomulyo, Kampung Batik Gedong Semarang akan mengajakmu melihat dan mempelajari batik. Lokasinya juga tidak jauh dari kawasan Kota Lama. Jadi, kamu bisa berkunjung ke Kampung Batik ini setelah puas melihat bangunan-bangunan antik di Kota Lama. Dilansir dari Phinemo, Kampung Batik Godeng Semarang sudah menjadi kampung tematik sejak tahun 2016, lho!

Wisata Semarang Kampung Batik
Sumber foto: Phinemo

Oh, ya! Di kampung ini juga terdapat Kampoeng Djadhoel. Sebetulnya, Kampoeng Djadhoel ini merupakan bagian dari Kampung Batik. Siap-siap matamu akan dimanjakan dengan beragam mural warna-warni yang cantik dan pastinya Insta-worthy! Selain berfoto, kamu tentunya bisa melihat dan membeli beragam batik khas Semarangan. Kamu juga bisa belajar mencanting di sini. Jadi, selain bersenang-senang, kamu juga bisa belajar hal baru. Seru, ‘kan?

5. Dream Museum Zone Semarang

Jl. Branjangan No. 3-9, Kota Lama, Tanjung Mas, Semarang

Wisata Semarang DMZ 3D
Sumber foto: DMZ Semarang

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan museum tiga dimensi. Nah, saat menikmati wisata Semarang, kamu juga bisa berkunjung ke museum ini. Terletak tak jauh dari Gereja Blenduk, Dream Museum Zone Semarang atau DMZ 3D akan mengajakmu berpesta selfie. Dilansir dari situs resminya, DMZ adalah museum 3D trick art asal negara gingseng, Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, ada dua cabang DMZ yang bisa dikunjungi, yaitu DMZ Bali dan DMZ Semarang.

Wisata Semarang DMZ 3D
Sumber foto: DMZ Semarang

Di Dream Museum Zone Semarang, ada 14 zona tematik yang bisa kamu temukan. Secara keseluruhan, museum tiga dimensi ini punya 120 lukisan yang unik. Tema-tema seperti Mesir, Jurassic, Safari, Rumah Miring, dan Seaworld akan mempercantik foto-foto di feed Instagram-mu! Di sini juga ada zona upside down kalau kamu ingin foto-foto yang unik.

6. Polder Tawang

Jl. Tawang, Tanjung Mas, Semarang

Wisata Semarang Polder
Sumber foto: Jatmika Jati (Flickr)

Berada tepat di depan Stasiun KA Semarang Tawang, Polder Tawang adalah tempat nongkrong murah meriah. Untuk kamu yang berencana berlibur ke Semarang dengan kereta api, tempat wisata Semarang yang satu ini bisa jadi destinasi pertamamu. Polder sendiri merupakan sistem yang melindungi kawasan Kota Lama dari limpahan air di luar bendungan. Dilansir dari noem3d, polder ini berbentuk kolam dengan luas kurang lebih 1 hektare. Cukup besar, ‘kan?

Wisata Semarang Polder
Sumber foto: noem3d

Selain berfungsi mengatur debit air, Polder Tawang juga ternyata menjadi salah satu objek wisata Semarang yang cukup seru. Area sekeliling kolam dikelilingi trotoar dan pepohonan. Deretan bangunan-bangunan bergaya kolonial Belanda menjadi latar salah satu sisi kolam. Wah! Pemandangan ini seperti di Belanda, lho! Selain itu, kolam ini juga sering didatangi warga untuk memancing ikan.

Kesimpulan

Itulah 6 tempat wisata Semarang di sekitar kawasan Kota Lama yang bisa kamu sambangi. Beragam destinasi yang unik akan melengkapi liburanmu di Kota Lumpia. Dari kecantikan arsitekturnya hingga aktivitas unik yang ditawarkan, tempat-tempat tersebut akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Kalau kamu berencana berlibur ke Semarang, tidak ada salahnya menjajal 6 rekomendasi dari Bob.

Bicara soal liburan, salah satu hal yang jangan sampai kamu lupakan adalah akomodasi. On budget? No problem! Semarang punya beragam pilihan akomodasi yang ramah di dompet. Nah, kalau kamu ingin mencari akomodasi ekonomis dengan fasilitas super mantul di kawasan Kota Lama, Bobobox bisa jadi pilihan yang tepat!

bobobox hotel kapsul indonesia

Berlokasi di Jalan Letjen Suprapto, Bobobox Kota Lama adalah properti terbaru dari Bobobox. Meskipun demikian, fasilitas dan ciri khasnya tetap sama dengan para seniornya di Bandung dan Jakarta. Di sini, kamu bisa beristirahat dan bersantai di pod bergaya futuristik yang nyaman. Teknologi di dalam pod terintegrasi dengan aplikasi seluler. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan mengunci pintu pod lewat ponselmu. Setiap pod juga dilengkapi panel kendali dan Bluetooth speaker. Beuh! Mantul!

Bobobox Pods Kota Lama juga punya beberapa fasilitas umum, seperti communal space, shared bathroom, dan pantry. Oh, ya! Aplikasi Bobobox bisa kamu download dari App Store dan Google Play Store. Gratis? Of course! Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan reservasi pod dan mendapatkan beragam promo menarik. Unduh aplikasi Bobobox sekarang dan pesan pod-mu di Bobobox Pods Kota Lama. Ayo, rek! Mlaku-mlaku nang Semarang!

You might also like