Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Destinasi Wisata Sejarah yang Bisa Kamu Kunjungi

Tempat wisata sejarah ini sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi!

Wisata sejarah kali ini Bob akan mengantarkan kamu ke beberapa tempat unik yang kaya akan nilai histori di berbagai penjuru Indonesia. Beberapa tempat wisata sejarah ini merupakan tempat wisata sejarah yang cukup terkenal di Indonesia sehingga patut untuk kamu kunjungi. Kapan lagi bisa liburan menghilangkan penat sekaligus membawa pulang ilmu pengetahuan yang berharga!

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan keindahan dan kesuburan alamnya sekaligus kaya akan sejarah yang panjang hingga menjadi negara yang kita kenal saat ini. Sebelum menjadi negara Indonesia seperti saat ini, bangsa kita telah melalui masa kejayaan kerajaan-kerajaan di masa lampau. Selain itu bangsa kita pun telah melalui berbagai kejadian bersejarah saat berjuang merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Semua nilai sejarah tersebut tidak hanya kita dapatkan di bangku sekolah namun juga bisa kamu pelajari langsung di lokasi kejadian bersejarah tersebut terjadi. Tempat wisata sejarah di Indonesia memang keren dan unik! Tak mengherankan jika banyak wisatawan baik lokal maupun asing yang tertarik mengunjungi dan mempelajari sejarah Indonesia. Berikut adalah beberapa tempat wisata sejarah yang Bob rekomendasikan untuk kamu kunjungi!

via arsy.co.id

1. Wisata Sejarah di Fort Rotterdam

Fort Rotterdam | Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90171

Tempat wisata sejarah yang pertama Bob akan bahas adalah Benteng Fort Rotterdam yang berada di Sulawesi Selatan. Fort Rotterdam dibangun pada tahun 1667 di masa kerajaan Gowa-Tallo ke-9 dan terletak di pinggir pantai sebelah barat kota Makassar. Fort Rotterdam ini pada awalnya bernama Benteng Ujung Pandang dan menjadi saksi bisu pemerintahan kolonial  menjajah bangsa Indonesia. Saat itu Kerajaan Gowa jatuh kepada pihak penjajah dan benteng ini diserahkan kepada VOC.

2. Wisata Sejarah di Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus | Sumber gambar: Wikipedia

Lokasi: Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59315

Jika mengunjungi Jawa Tengah pastikan untuk mampir sejenak ke Kudus! Selain memiliki kuliner yang lezat, Kudus pun memiliki salah satu bangunan bersejarah yang unik untuk kamu singgahi. Bangunan bersejarah ini adalah Masjid Menara Kudus. Masjid bersejarah ini dibangun sekitar tahun 1549 dan memiliki gaya arsitektur perpaduan kebudayaan Hindu-Buddha dengan Islam. Pada zaman itu kepercayaan Hindu-Buddha masih kental.

Masjid ini menjadi saksi penyebaran agama Islam di Jawa Tengah oleh Sunan Kudus. Masjid ini memiliki ciri khas menara setinggi 18 meter dan menjadi salah satu masjid tertua di Indonesia. Kamu juga bisa sekaligus berziarah ke makam Sunan Kudus yang terletak di bagian barat masjid ini.

via tempatwisata.pro

3. Wisata Sejarah di Istana Maimun

Lokasi: Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66, A U R, Kec. Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

Sekarang Bob akan ajak kamu jalan-jalan ke Kota Medan yang terkenal dengan salah satu bangunan bersejarahnya bernama Istana Maimun. Sepertin namanya Istana Maimun ini terlihat megah dan merupakan bekas peninggalan Kesultanan Deli. Tempat wisata sejarah di Indonesia ini dibangun pada 26 Agustus 1888 dan selesai dibangun pada 18 Mei 1891. Meskipun telah berdiri lebih dari 120 tahun, Istana Maimun ini masih berdiri megah dan kokoh dan banyak dikunjungi wisatawan.

Istana Maimun ini identik dengan warna kuning keemasan cerah pada bagian luar bangunannya. Bangunan ini merupakan hasil karya arsitek asal Italia bernama Theo Van Erp yang berhasil menggabungkan konsep arsitektur tradisional bergaya melayu, timur tengah, sekaligus Eropa. Selain arsitekturnya yang megah dan unik, Istana Maimun pun dilengkapi dengan furnitur yang tak kalah mewahnya.

4. Wisata Sejarah di Tirta Gangga

Lokasi: Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852

Selain terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, Bali juga dikenal memiliki salah satu bangunan ersejarah bernama Tirta Gangga. Tempat wisata sejarah ini merupakan bekas istana kerajaan Karangasem yang terletak di bagian timur Pulau Bali. Jika kamu ingin mengunjungi Tirta Gangga kamu harus menyusuri jalan dengan arah menuju Gunung Agung karena lokasinya yang memang berdekatan. Tirta Gangga memiliki sebuah istana air yang menawan.

Di istana ini kamu akan menemukan kompleks taman dan bangunan seluas satu hektar yang dibangun pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem. Dahulu kala tepatnya pada tahun 1963, taman Tirta Gangga ini hampir hancur akibat letusan Gunung Agung. Beruntung setelah bencana tersebut usai taman itu dipulihkan dan dibangun kembali sehingga keberadaannya masih bisa dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

5. Wisata Sejarah di Masjid Baiturrahman

Lokasi: Jl. Moh. Jam No.1, Kp. Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh

Kamu pasti sudah familiar dengan masjid ini yang dikenal sebaai salah satu bangunan bersejarah sekaligus ikonik di Banda Aceh. Masjid Baiturrahman merupakan masjid yang berdiri megah dan memiliki arsitektur yang sangat memukau, objek wisata sejarah di Indonesia ini juga telah melalui berbagai peristiwa bersejarah di Indonesia. Masjid ini dibangun saat masa Kesultanan Aceh oleh Sultan Iskandar Muda.

Masjid ini menjadi bangunan bersejarah karena sempat menjadi markas dan benteng utama pertahanan rakyat Aceh saat masa perang kemerdekaan. Masjid Baiturrahman masih berdiri dengan kokoh sampai saat ini dan berhasil selamat dari bencana Tsunami yang menerjang Aceh pada tahun 2004 yang lalu.

pesona.travel

6. Wisata Sejarah di Kota Tua Jakarta

Lokasi: Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jakarta juga punya destinasi wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk kamu kunjungi, lho. Tempat wisata sejarah ini terletak di kawasan Kota Tua yang pada zaman dahulu merupakan pusat pemerintahan pada masa kolonialisasi Belanda. Saat mengunjungi Kota Tua Jakarta kamu bisa langsung merasakan atmosfer yang berbeda serasa berada di Eropa! Kamu juga bisa eksplor museum, cafe, restaurant, dan sebagainya di sekitar Kota Tua Jakarta ini.

7. Wisata Sejarah di Candi Borobudur

Lokasi: Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Siapa sih yang tak kenal Candi Borobudur? Candi Borobudur dibangun pada era Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra tahun 825 M. Wisata sejarah ini telah mendunia dan memiliki tinggi 42 meter yang terdiri dari 10 tingkat. Sang arsitek yang bernama Gunadharma berhasil membuat 2672 panel relief yang menghiasi seluruh permukaan candi Buddha terbesar di Indonesia.

Menikmati wisata sejarah memang merupakan kesenangan tersendiri bagi sebagian orang terutama yang hanya memiliki liburan singkat di akhir pekan. Nah, untuk menambah pengalaman dan suasana baru di liburan singkatmu, kamu bisa coba menginap di hotel kapsul paling hits, Bobobox.

Di Bobobox kamu akan dibuat kagum oleh fasilitas hotel kapsul yang tidak biasa, bahkan mungkin hanya satu-satunya di Indonesia. Kamu bisa menikmati akhir pekanmu hanya dengan staycation di Bobobox ditemani oleh wifi yang super kencang. Seru banget kan menginap di Bobobox. Jangan lupa selalu cek info tentang Bobobox disini ya.

Kenyamanan Bobobox alun-alun Malang

 

You might also like