paket wali songo

Wisata Religius dengan Berkunjung ke Makam Wali Songo

Apakah kamu pernah wisata religi dengan berkunjung ke tempat wali songo? Jika pernah, apakah kamu sudah mengunjungi semuanya?

Wali songo ini memang tokoh pelopor penyebaran Islam pada abad ke-14 yang pusatnya di Pulau Jawa. Kemudian wali songo tersebut dianggap sebagai guru yang bisa memberikan ajaran agama Islam yang damai.

Oleh karena itu, ada banyak cara yang sangat ingin menghormati para wali dengan mendoakannya secara langsung di makam para wali.

tempat wali songo

Tahukah kamu, bahwa wisata religi dengan berkunjung ke tempat wali songo bukan hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia saja. Akan tetapi, orang-orang luar negeri juga kerap berziarah ke wali songo.

Nah, Jika kamu ada rencana untuk ziarah ke wali songo, maka sebaiknya kamu urutkan terlebih dahulu dari arah Barat ke Timur atau bahkan sebaliknya.

Misalnya saat kamu akan melakukan ziarah Walisongo dan kamu rumahnya berada di Jawa Timur, maka sebaiknya kamu selesaikan dahulu dari daerah Jawa Timur lalu menuju ke barat.

Tujuan yang harus kamu tempuh dari Jawa Timur yaitu mulai dari makam Sunan Ampel Surabaya, Sunan Gresik, Sunan giri, Sunan Drajat, terakhir adalah Sunan Bonang di Tuban.

Selanjutnya masuk ke provinsi Jawa Tengah yang dimulai dari Sunan Kudus, Sunan Muria serta Sunan Kalijaga. Dan yang terakhir masuk ke provinsi Jawa Barat yaitu makam Sunan Gunung Jati.

Jadi, apabila wali songo diurutkan dari Jawa Timur ke Jawa Barat, maka urutannya dimulai dari Surabaya, Gresik, Tuban, Lamongan, Kudus, Demak dan terakhir daerah Cirebon. Nah, supaya lebih jelas lagi, maka simak ulasannya di bawah ini.

Ziarah Makam Wali Songo di Jawa Timur

makam wali songo jawa timur

Photo: wajibbaca.com

Jumlah makam wali songo yang ada di provinsi Jawa Timur sebanyak 5 makam. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar menyiapkan energi untuk bisa sampai ke makam wali songo tersebut.

Kamu tidak harus menyelesaikannya dalam satu hari saja, jadi kamu bisa beristirahat terlebih dahulu melanjutkan perjalanan ziarah ke daerah lainnya.

Makam wali songo yang pertama kali akan kamu kunjungi yaitu makam Raden Rahmat atau terkenal dengan sebutan Sunan Ampel yang berada di Surabaya.

Apabila kamu lihat sepintas, maka makam sunan Ampel tersebut terlihat sangat menawan sebab pada pintu gerbangnya memiliki gaya Eropa.

Letak dari makam Sunan Ampel sendiri dipisahkan dengan makam-makam yang lainnya. Pemisah tersebut berupa teralis besi dengan tinggi sekitar 1 meter.

Selanjutnya menuju makam Sunan Gresik atau Syekh Maulana Malik Ibrahim atau juga Syaikh Makhdum Ibrahim As-Samaraqandy. Sunan Gresik adalah keturunan dari cucu Nabi Muhammad yaitu dari Husain bin Ali bin Abi Thalib.

Lokasi dari makam Sunan Gresik sendiri ternyata jaraknya tidak jauh dari pusat kota, oleh karena itu, kamu bisa dengan mudah menempuhnya hanya dengan kendaraan pribadi.

Wisata Sejarah Penuh Makna

Berikutnya adalah makam Raden paku atau terkenal dengan sebutan Sunan giri dan merupakan salah satu keturunan ke 12 dari cucu nabi Muhammad yaitu Hussain bin Ali bin Abi Tholib.

Sunan giri sendiri merupakan murid dari Sunan Ampel dan pernah bersama-sama belajar pada Sunan Bonang.

Jika kamu ingin ziarah ke makam Sunan Giri, kamu harus benar-benar menyiapkan stamina karena tempatnya yang berada di sebuah bukit yaitu di desa Giri gajah, kecamatan Kebomas Gresik.

Tujuan makam Walisongo yang berikutnya adalah makam Raden makdum Ibrahim atau Sunan Bonang yang berada di Tuban, Jawa Timur. Lokasi makam Sunan Bonang ini lumayan dekat dengan Masjid Agung Tuban serta alun-alun Tuban.

Posisi makam Sunan Bonang juga mudah dijangkau dari berbagai arah. Saat kamu masuk ke area pemakaman, maka disana kamu akan mendapati kompleks makam yang dikelilingi oleh 4 tiang untuk digunakan akses masuknya.

Makam wali songo yang terakhir di daerah Jawa Timur yaitu makam Raden Qosim atau disebut juga dengan Sunan Drajat.

Makam Sunan Drajat berada di Lamongan dan area pemakamannya juga lumayan luas dan dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang.

Di makam Sunan Drajat ada fasilitas tambahan yaitu museum Sunan Drajat yang bisa dikunjungi secara gratis.

Ziarah Makam Wali Songo di Jawa Tengah

makam wali songo jawa tengah

Photo: republika.co.id

Untuk tujuan wisata religi dengan berkunjung ke tempat wali songo berikutnya yaitu ke provinsi Jawa Tengah. Tujuan pertama yang kamu kunjungi yaitu makam Sunan Muria yang merupakan anak dari Sunan Kalijaga.

Makam Sunan Muria ini lokasinya sekitar 30 km ditempuh dari kompleks Masjid menara Kudus. Saat kamu akan mengunjungi makam Sunan Muria, sebaiknya siapkan stamina yang prima karena lokasinya yang berada di perbukitan.

Di Kudus sendiri, kamu bisa melanjutkan perjalanan ziarah wali songo setelah makam Sunan Muria yaitu makam Sunan Kudus.

Nama asli dari Sunan Kudus sendiri yaitu Jafar Shodiq yang merupakan putra dari Raden Usman haji atau juga Sunan Ngudung.

Area makam Sunan Kudus ini banyak sekali didatangi oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Ramainya makam Sunan Kudus bukan pada saat hari besar Islam saja, melainkan juga pada hari-hari biasa.

Makam Sunan Kudus berada di tengah sebuah bangunan yang mirip dengan Rumah Adat Jawa atau Joglo.

Makam terakhir Wali Songo di provinsi Jawa Tengah yaitu makam Raden Said atau Sunan Kalijaga. Sunan Kalijaga sendiri adalah putra dari Tumenggung Wilatikta yakni Adipati Tuban di Kota Demak.

Jika ditempuh dari Masjid Agung Demak, maka makam Sunan Kalijaga ini jaraknya sekitar 3 km. Jadi, kamu hanya memerlukan waktu beberapa menit saja untuk sampai ke makam Sunan Kalijaga.

Ziarah Makam Wali Songo di Jawa Barat

makam wali songo jabar

Photo: republika.co.id

Apakah kamu tahu bahwa ternyata di provinsi Jawa Barat hanya ada satu makam wali songo? Makam wali songo tersebut adalah makam Sunan Gunung Jati. Lokasi makam Sunan Gunung Jati ada di Desa Astana, Kecamatan Cirebon Utara, Jawa Barat.

Jika ditempuh dari Kota Cirebon, maka jaraknya sekitar 6 km. Karena makam Sunan Gunung Jati tersebut adalah satu-satunya makam wali songo yang ada di Jawa Barat, maka tidak heran jika makam Sunan Gunung Jati selalu ramai oleh peziarah, baik itu dari Cirebon maupun dari daerah lainnya.

Sunan Gunung Jati memiliki nama asli yaitu Syarif Hidayatullah. Nama tersebut juga telah dijadikan nama sebuah universitas di Jakarta.

Apabila ditelusuri lebih mendalam, maka Sunan Gunung Jati memiliki darah keturunan dengan Prabu Siliwangi dari ibunya. Sedangkan dari jalur ayahnya punya keturunan Nabi Muhammad SAW. Ayahnya Sunan Gunung Jati sendiri asalnya dari Gujarat, India.

Di kompleks pemakaman Sunan Gunung Jati ini kamu bisa melihat-lihat ornamen serta hiasan-hiasan dinding yang cantik dari Cina.

Hal tersebut menjadi maklum karena menurut sejarah, memang Sunan Gunung Jati ini pernah memperistri Putri Ong Tien yang mana ia adalah orang Cina. Maka dari itu, asimilasi budaya Jawa Barat dengan Cina sangat tergambar jelas

Kesimpulan

Nah, itulah tadi ulasan terkait wisata religi dengan berkunjung ke tempat wali songo. Semoga artikel ini bisa bermanfaat terutama bagi kamu yang hendak ziarah wali songo.

Butuh penginapan saat ingin berkunjung ke makam Wali Songo? Jangan lupa cek Bobobox! Bobobox pertama kali dibuka di bandung, dan kini segera membuka cabang di Jakarta, Semarang, Jogja, Medan dan Bali. Penasaran? kunjungi websitenya bobobox.co.id!

Book now bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles