Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata Religi Maha Vihara Mojopahit dan Patung Buddha Tidur yang Fenomenal

Mojokerto Punya Patung Buddha Terbesar di Indonesia!

Mojokerto adalah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki beragam jenis wisata mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah, hingga wisata religi.

Bicara soal wisata religi, Mojokerto memiliki satu tempat yang terkenal sejak lama. Tempat ini adalah Maha Vihara Mojopahit. Penasaran ada apa aja di wihara yang satu ini? Jangan ke mana-mana ya.

Sejarah tempat wisata religi Maha Vihara Mojopahit

wisata religi
Foto: buddhazine.com

Maha Vihara Mojopahit didirikan pada tahun 1987 oleh Bhante Viryanadi. Sebelum menjadi seorang biksu, Bhante Viryanadi adalah seorang penganut kebatinan yang sering pergi ke berbagai daerah untuk bertapa.

Setelah beberapa lama bertapa di Mojokerto, Bhante Viryanadi menemukan tanah yang menjadi cikal bakal Maha Vihara Mojopahit. Kemudian Bhante Viryanadi mencari pemilik tanah yang ternyata juga adalah penganut Buddha.

Setelah memberitahu bahwa tanah itu ingin dibeli dan dijadikan wihara, sang pemilik membebaskan Bhante Viryanadi untuk membangunnya.

Tempat Wisata Lokasi Film Laskar Pelangi; Pantai Tanjung Tinggi!

Patung Buddha Tidur

wisata religi
Foto: news.detik.com

Daya tarik utama dari tempat wisata religi ini adalah patung Buddha tidur. Patung ini adalah yang terbsesar di Indoensia dan terbesar ketiga di dunia setelah Thailand yang memiliki patung Buddha terbesar di dunia.

Patung Buddha tidur ini dibangun pada tahun 2011, tak lama setelah Maha Vihara Mojopahit dibangun oleh Bhante Viryanadi pada tahun 1989. Patung ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter.

Rekor MURI pun mencatat patung ini sebagai patung terbesar di Indonesia pada Desember 2001. Tak hanya sebagai tempat wisata religi, dibangunnya patung Buddha tidur ini membawa pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Di samping itu, wisata religi di Maha Vihara Mojopahit di Mojokerto ini juga merupakan tempat wisata edukasi. Kamu bisa mendapatkan pengetahuan terkait sejarah agama Budha.

Bocoran Biaya Wisata Menuju Raja Ampat, Segini Nih!

Tiket masuk wisata religi

Sebelumnya, tempat wisata religi ini tidak memungut biaya apapun alias gratis. Akan tetapi, karena pengunjung yang semakin banyak tiket masuk pun diberlakukan guna menjaga dan melestarikan wihara.

Biaya yang dikenakan adalah Rp3.000 untuk dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk biaya parkir, kamu harus membayar Rp2.000 untuk kendaran roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Tiket per harinya bisa terjual hingga seribu tiket. Kalau sedang musim libur seperti tahun baru dan Waisak, tiket bisa terjual hingga sepuluh ribu buah.

Fasilitas

wisata religi
Foto: buddhazine.com

Selain patung Buddha tidur, Maha Vihara Mojopahit juga memiliki tempat menarik lain. Ada kolam yang berisi ratusan ikan koi dan tumbuhan teratai yang menyejukkan pikiran kamu. Terus, ada juga macam-macam patung dan miniatur Candi Borobudur di tempat wisata religi yang satu ini.

Puas mengelilingi tempat wisata religi dan ingin beristirahat? Tenang, di wihara ini juga terdapat penjual makanan yang bisa kamu cicipi. Saat pulang, ada toko suvenir yang bisa kamu jelajahi untuk membeli buah tangan.

Alamat

Jl. Raya Trowulan, Siti Inggil, Bejijong, Kec. Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur

Menginap di Bobobox

Bobobox; Penginapan Murah Dan Berkualitas Di Bandung!

Bobobox adalah hotel kapsul dengan konsep yang modern. Desainnya futuristik dan memanfaatkan teknologi kekinian. Pesan kamarnya aja bisa lewat situs atau aplikasi Bobobox. Mudah kan?

Nah, aplikasi ini bukan hanya berfungsi sebagai media pemesanan saja lho. Aplikasi Bobobox juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar berbasis QR code yang akan kamu dapatkan saat pemesanan. Selain itu, kamu juga bisa mengatur lampu led dan pengeras seuara dari sana. Canggih deh pokoknya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like