Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ragam Wisata Ramah Anak yang Menghibur dan Bernilai Edukasi

Memilih tempat wisata untuk keluarga, tentunya tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, terutama jika mengajak serta anak-anak. Tentunya, selain menghibur kamu juga menginginkan tempat wisata yang dipilih dapat menjadi sarana si kecil untuk belajar tentang hal-hal yang baru.

Saat ini, sudah banyak objek wisata ramah anak yang mengkombinasikan unsur hiburan dengan pendidikan. Nah, jika kamu bingung libur akhir pekan ini mau mengajak si kecil ke mana, barangkali rekomendasi tempat wisata dari Bob di bawah ini bisa membantu. Cek yuk artikelnya!

Mengenal Ragam Profesi di KidZania

Pacific Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53, Jakarta

Kisaran harga tiket Rp50.000 – 275.000

Kidzania adalah sebuah theme park yang dibangun menyerupai replika sebuah kota untuk anak-anak lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, teater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi. Nah, di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan, dan lebih dari 100 profesi lainnya yang bisa dieksplorasi sesuai dengan minat anak-anak dengan rentang usia 2-16 tahun.

KidZania merupakan wisata anak pertama di Asia Tenggara yang mengedepankan unsur edukasi dan entertainment (edutainment). Saat ini Kidzania telah beroperasi di 18 negara, salah satunya di Indonesia, atau tepatnya di Jakarta. KidZania Jakarta berlokasi di Pacific Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu, Jalan Jenderal Sudirman Kav 52-53. Menempati ruang seluas 7,500 m2, KidZania dapat menampung sekitar 18.000 pengunjung per hari.

Meneropong bintang di Observatorium Bosscha

Jl. Peneropongan Bintang No. 45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Kisaran harga tiket Rp15.000/orang

Jika si kecil telah menunjukan ketertarikannya pada dunia astronomi, atau bercita-cita menjadi astronaut, ajaklah dia ke Observatorium Bosscha. Tempat ini telah menjadi alternatif wisata ramah anak populer di Jawa Barat. Di sini, si kecil bisa belajar tentang sejarah Bosscha, mengenal bintang dan rasi bintang, hingga melakukan pengamatan berbagai objek astronomi menggunakan teropong bintang raksasa yang bernama teleskop ganda Zeiss.

Observatorium Bosscha terletak di Jalan Peneropongan Bintang No. 45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 15.000 per orang, kamu sudah bisa memberikan suguhan wisata yang berbeda untuk si kecil. Belajar mengenali sains dan astronomi menjadi lebih mudah dan seru sebab mereka dapat melihat benda-benda dan fenomena luar angkasa secara langsung. Menarik, bukan?

Melihat penangkaran hiu dan penyu sisik di Pulau Pramuka

Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Kisaran harga tiket masuk Rp5.000 (belum termasuk fasilitas)

Kepulauan Seribu adalah tempat yang paling pas untuk lepas sejenak dari hiruk pikuknya kota Jakarta. Seperti namanya, kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Teluk Jakarta yang masing-masing mewarkan keindahan alam dan pesona yang berbeda-beda. Salah satu pulau di kepulauan Seribu yang selalu banyak wajib dikunjungi saat liburan keluarga adalah Pulau Pramuka. Bagaimana tidak, selain menyuguhkan keelokan alamnya, Pulau Pramuka juga menyuguhkan ragam wisata ramah anak bertemakan laut.

Kamu dapat mengajak si kecil untuk berenang, bermain di laut, menyelam, memancing, dan menikmati sunset atau sunrise di dermaga. Tak hanya itu, Pulau Pramuka ternyata punya daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan, lho. Pasalnya, di Pulau ini, si kecil juga bisa melihat secara langsung penangkaran Penyu Sisik mulai dari penetasan hingga dilepas ke laut, serta bisa snorkeling dan berinteraksi secara langsung dengan Hiu di penangkaran Hiu. Wah, memang wisata ramah anak yang cukup komlplit, ya!

Mengenal wawasan nusantara di Taman Mini Indonesia Indah

Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Kisaran harga tiket masuk mulai dari Rp10.000

Setelah berdiri hampir setengah abad, Taman Mini Indonesia Indah nampaknya masih menjadi destinasi wisata ramah anak terfavorit di Jakarta. Tidak hanya sekadar menjadi tempat rekreasi, pengunjung juga bisa mengenalkan wawasan nusantara mulai dari adat istiadat, budaya, flora dan fauna khas Indonesia kepada si kecil. Selain itu, dari ketinggian kamu bisa melihat miniatur gugusan pulau-pulau di Indonesia yang mengesankan.

Tempat ini juga punya 36 anjungan rumah adat dari seluruh wilayah Indonesia, bangunan-bangunan keagamaan, 10 taman yang berisi flora dan fauna khas Indonesia, dan 16 museum yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menambah wawasan nusantara. Oiya, jangan lupa untuk menikmati film edukasi 4D di Teater IMAX Keong Mas-nya yang terkenal ya!

Berkenalan dengan biota laut di Seaworld Indonesia

Jalan Lodan Timur No. 7, RW 10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jakarta Utara

Kisaran harga tiket Rp85.000 (weekday)

Seaworld merupakan tempat wisata ramah anak unggulan di Ancol yang cocok untuk dikunjungi saat menghabiskan akhir pekan. Seaworld Indonesia memadukan konsep pendidikan, konservasi dan hiburan. Berbentuk akuarium-akuarium besar, Seaworld siap menyuguhkan pemandangan sekitar 7.300 ekor biota air tawar, reptil, dan vertebrata. Semua biota laut yang ada di SeaWorld ini dibagi ke dalam 28 display, yaitu 9 akuarium air tawar, 19 akuarium air laut, dan 4 kolam terbuka.

Antasena Tunnel atau terowongan akurium raksasa adalah wahana yang paling digandrungi oleh pengunjung. Melalui wahana ini, pengunjung diajak untuk menyusuri terowongan sambil menyaksikan pemandangan ragam hewan laut di atas kepala. Kalau kesini, jangan lupa untuk mengajak si kecil menikmati wahana Touchpool Sea Turtle dan Feeding Sea Turtle di mana mereka bisa menyelam, berinteraksi dan memberi makan penyu laut secara langsung. Nggak perlu khawatir, dijamin aman kok karena dibarengi instrukturnya!

Belajar tertib berlalu lintas di Taman Lalu Lintas Ade Irma

Jl. Belitung No 1, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung,

Kisaran harga tiket Rp7.000

Taman lalu lintas Ade Irma adalah sebuah taman rekreasi yang ada di jantung kota Bandung. Selain berfungsi sebagai taman wisata ramah anak, tempat ini juga dijadikan sebagai pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran keselamatan lalu lintas sejak dini. Fasilitas yang diberikan untuk memperkenalkan dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dari tata tertib lalu lintas dan terus terbawa sampai dewasa dan menularkan kedisiplinan kepada orang dewasa.

Taman lalu lintas selalu ramai pada saat akhir pekan. Banyak orang tua yang menjadikan tempat ini sebagai sarana wisata edukasi yang efektif untuk mengenalkan si kecil terhadap wawasan yang berkaitan dengan lalu lintas. Jangan khawatir, tiket masuk ke tempat ini sangat terjangkau, lho! kamu hanya perlu menyisihkan Rp. 7.000 per-orang untuk memasuki taman serbaguna yang satu ini. Selain menjadi wisata ramah anak, Taman Lalu Lintas juga ramah di kantong ya.

Mengenal alat musik khas Jawa Barat di Saung Angklung Udjo

Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat

Kisaran harga tiket Rp55.000 – 75.000

Ingin mengenalkan si kecil pada budaya Indonesia? Bawalah dia ke Saung Angklung Udjo. Tempatnya berada di Jalan Padasuka. Saung Angklung Mang Udjo merupakan sebuah objek wisata ramah anak bertema budaya sekaligus bernilai edukasi. Sebab, selain bisa menikmati dan menyelami kesenian Sunda, tempat wisata ramah anak ini dijadikan sebagai pusat pelatihan dan pelestarian Angklung, lho. Sehingga tak heran, jika banyak yang datang ke sini bertujuan untuk mendalami alat musik khas Jawa Barat ini, termasuk anak-anak.

Di Saung Angklung Mang Udjo terdapat satu panggung besar dengan tata suara dan tata cahaya yang apik untuk menampilkan pertunjukan Angklung. Selain itu, tempat ini juga dilengkapi dengan pusat kerajinan dan souvernir, tempat bagi pengunjung belajar membuat kerajinan bambu dan membeli cenderamata. Nah, agar anak melek budaya Indonesia, kenalkanlah mereka dengan kegiatan seperti ini sejak dari kecil, ya!

Melihat berbagai jenis satwa di Ragunan

Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu

Tiket masuk Rp4.000

Nah, jika kamu merasa kebingungan untuk memilih tempat wisata ramah anak yang menghibur sekaligus mengedukasi, kebun binatang Ragunan adalah jawabannya. Letaknya tak jauh dari pusat Ibu Kota. Terletak di Jalan Harsono, Kecamatan Pasar Minggu, Ragunan merupakan pilihan wisata ramah anak terbaik bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Ragunan merupakan kebun binatang yang dibangun pertama kali di Indonesia pada tahun 1864. Kebun binatang ini dibangun diatas lahan seluas 140 hektar, memiliki lebih dari 2.000 ekor fauna dan 50.000 flora. Jika kamu merasa lelah berkeliling, banyak spot yang bisa kamu jadikan tempat istirahat yang sejuk di bawah pohon yang rindang.

Belajar sejarah di Museum Geologi

Jalan Diponegoro No. 57, Bandung

Kisaran harga tiket masuk Rp3.000 – 7.000

Apabila kamu berencana untuk berlibur ke kota Bandung, maka kamu perlu memasukan Museum Geologi ke dalam daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi. Museum yang terletak di Jalan Diponegoro No. 57, Bandung ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Setelah mengalami renovasi, museum ini kembali dibuka untuk umum pada tanggal 23 Agustus 2000.

Museum ini merupakan tempat wisata ramah anak yang edukatif. Terbukti, beberapa sekolah menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan study tour. Alasannya, karena koleksi yang berada di Museum Geologi Bandung ini sangat lengkap dan berguna bagi pendidikan. Di museum ini kamu dapat melihat berbagai macam koleksi, seperti batuan, mineral, meteroit, fosil dan artefak.

Selain itu, museum ini menjelaskan tentang kapan dan bagaimana bumi terbentuk, sejarah kehidupan dari masa ke masa, fenomena geologi Indonesia serta hubungan geologi dengan kehidupan manusia. Daya tarik yang mengundang wisatawan untuk datang ke museum ini adalah fosil manusia purba Homo erectus, fosil gajah purba Stegodon Trigonocephalus dan replika fosil dinosaurus karnivora terbesar dan terganas, Tyrannosaurus rex yang hidup pada zaman kapur.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mengajak si kecil mengeksplorasi tempat-tempat wisata ramah anak yang edukatif pilihan Bob di atas? Pokoknya, apapun pilihannya, sesuaikanlah tempat wisata dengan ketertarikan dan minat si kecil ya, jangan sampai si kecil malah terbebani dan tidak fun karena tidak suka dengan tema tempat wisatanya.

You might also like
Comments
Loading...