Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata Pantai Oetune, Timor Tengah Selatan – NTT

Bukan di Timur Tengah tapi di Indonesia! Berminat ke sini?

Wisata pantai tetap menjadi pilihan wisata favorit sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menghabiskan libur sekolah, akhir tahun, maupun bulan madu. Dari sekian banyak pilihan pantai yang ada, Bob kali ini ingin mengenalkan salah satu pantai yang unik banget! Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya karena mampu memberikan kesan berbeda kepada setiap penggunjungnya.

Pantai Oetune merupakan salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan tepatnya di Pulau Timor Indonesia. Kawasan ini diepenuhi oleh sebagian besar pegunungan dan juga pantai yang unik. Keadaan geografi dan topografinya yang unik memberikan nuansa yang berbeda jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia.

Pantai Oetune membuat kawasan Timur Tengah Selatan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi objek wisata pantai. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar dua jam setengah dari Kota Kupang untuk bisa sampai di Pantai Oetune. Kamu tidak perlu khawatir karena jalan menuju wisata pantai ini sudah dibangun dengan baik. Oleh karena itu kamu dapat menikmati perjalanan yang cukup panjang menuju Pantai Oetune dengan nyaman.

Berkunjung ke tempat-tempat yang cantik di Indonesia tentu akan membuat kamu semakin cinta dengan kekayaan alam Indonesia. Kita sebagai warga negara yang baik pun harus turut serta menjaga keasriannya saat mengunjungi Pantai Oetune untuk liburan. Uniknya Pantai Oetune adalah kamu bisa wisata pantai sekaligus wisata gurun pasir! Penasaran seperti apa tampilannya? Sini Bob jelasin!

Uniknya Hamparan Pasir yang Luas di Kawasan Pantai

Hamparan Pasir yang Luas di Oetune Beach
@reylumantouw

Pantai Oetune berada di Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tengara Timur. Saat kamu sampai di wisata Pantai Oetune kamu akan menemukan hamparan pasir yang luas di sini. Pasir pantai ini memanjang dari sisi wisata Pantai Oetune. Meskipun hamparan pasir ini tidak begitu luas, kamu akan dibuat terpukau dengan kombinasi hamparan pasir yang berwarna coklat dan air laut.

Di sekitar hamparan pasir coklat keemasan ini pun terdapat beberapa pohon cemara laut dan ketapang. Bisa kamu bayangkan bagaimana kombinasi warna coklat keemasan pasir pantai menyatu dengan birunya laut dan juga hijaunya pepohonan? Cantik banget deh! Pohon-pohon ini pas sekali untuk dimanfaatkan para pengunjung berteduh dari teriknya matahari.

Jangan lupa gunakan krim tabir surya saat berada di Pasir Oetune ya agar kulit tubuh dan wajah kamu tidak terbakar sinar matahari! Hamparan pasir ini terhitung cukup luas lho yaitu sekitar 100 meter persegi! Asik banget deh jika kamu dan keluarga berlibur ke tempat wisata Pantai Oetune! Kamu dan keluarga, atau teman-teman tentu bisa melakukan banyak aktivitas menarik di Pantai Oetune disamping sekedar bermain air dan berenang.

Kamu bisa adu cepat berlari di atas hamparan pasir pantai tanpa perlu basah-basahan! Asik banget deh pokoknya! Pastinya, hamparan pasir wisata Pantai Oetune ini lah yang menjadi daya tarik tempat wisata ini. Nikmati sensasi berlibur ke satu tempat dengan dua pengalaman berlibur sekaligus! Kamu bisa bermain air di pantai sekaligus bermain di hamparan pasir yang luas seperti di gurun pasir Timur Tengah!

Menikmati Sunrise dan Sunset

69083357_893928994322503_6001715934015354651_n_ZqV.jpg
@arrierichardus

Oetune juga merupakan salah satu wisata pantai yang menyuguhkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang anggun! Panorama matahari terbit dan matahari tenggelam menjadi terlihat kian eksotis berkat hamparan pasir berwarna coklat keemasannya. Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak wisatawan datang ke wisata Pantai Oetune sekedar untuk menyaksikan indahnya pemandangan mentari tenggelam.

Berhadapan dengan Perairan Perbatasan Australia

Liburan ke Pantai Oetune memang patut masuk ke daam list destinasi wisata yang harus banget kamu kunjungi! Lanskapnya yang unik dan hamparan pasirnya yang luas dan berwarna coklat keemasan menjadi kobinasi cantik yang tak boleh terlewat bidikkan kamera kamu. Hal menarik mengenai pantai ini adalah letaknya yang berhadapan langsung dengan wilayah perairan perbatasan Australia.

Objek Wisata Unggulan di Timur Tengah Selatan

Wisata pantai oetune
@ivon.ippi

Kecantikan objek wisata Pantai Oetune di Nusa Tenggara Timur tentu mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pihak pemerintah Timor Tengah Selatan kemudian berusaha untuk mengembangkan kawasan pantai yang unik ini sebagai potensi wisata unggulan.

Tentunya dengan campur tangan pemerintah, banyak warga lokal setempat yang berharap Pantai Oetune dapat semakin dikenali oleh wisatawan lokal dan mancanegara secara luas. Dengan begini maka kecantikan pantai ini tidak hanya diakui oleh wisatawan domestik namun juga semakin diperhitungkan oleh para wisatawan dunia.

Di pantai juga terdapat pohon lontar yang ikut menghiasi lanskap Pantai Oetune menjadi lebih menarik. Kamu akan menemukan anak-anak warga lokal yang menawarkan dan menjual buah lontar kepada kamu dan pengunjung lainnya di sekitar pantai. Kamu cukup mengeluarkan uang sekitar Rp3000 hingga Rp5000 per buah untuk bisa menikmati kesegaran air dan daging buah lontar.

Pengembangan Wisata Pantai Oetune oleh Pemerintah

Kawasan wisata Pantai Oetune kemudian dikembangkan oleh pemerintah khusunya Dinas Pariwisata dengan mengalokasikan sejumlah dana. Dana yang ada kemudian digunakan untuk pengadaan beberapa fasilitas penjunjang kawasan wisata Pantai Oetune. Hal ini dilakukan agar kamu dan wisatawan lainnya yang berkunjung ke tempat wisata Pantai Oetune dapat berlibur dengan nyaman dengan lengkapnya fasilitas umum yang tersedia.

Selain fasilitas-fasilitas umum di sekitar tempat wisata Pantai Oetune, pemerintah pun memperhatikan kondisi jalan dari kota menuju wisata Pantai Oetune agar nyaman dilalui pengendara. Kamu akan menemukan beberapa fasilitas umum seperti kios-kios, toilet, dan juga lopo atau tempat beristirahat berupa rumah khas warga Pulau Timur. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 115 km dari pusat kota Kupang untuk bsia sampai di tempat wisata Pantai Oetune.

Menjadi Perhatian Dinas Pariwisata NTT
@mahfudryanto

Akses Menuju Lokasi Wisata

Sesampainya di Kota Kupang kamu bisa menyewa kendaraan untuk bisa sampai di tempat wisata pantai Oetune. Selanjutnya kamu akan berkendara dari Kota Kupang melalui jalur lintas selatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada awal tahun 1990-an.

Kamu akan menemukan kondisi jalan yang bervariatif, mulai dari jalanan yang berkelok-kelok sampai dengan jalanan yang sesekali naik dan turun bukit dan lembah. Kamu akan dikenakan tarif masuk yang dibanderol 3000 rupiah per orang dan 1000 rupiah untuk biaya parkir kendaraan. Murah meriah!

Kini gak ada lagi alasan untuk kamu tidak menyiapkan agenda berlibur kamu. Muau itu liburan dengan bujet tinggi ke luar egeri ataupun bujet pas-pasan di kota-kota di Indonesia keduanya tak ada salahnya. Sesuaikan kemampuan bujet kamu dengan rencana liburan kamu agar liburan pun terasa memuaskan!

Liburan di bbeberapa pilihan kota di Indonesia juga tak kalah asyiknya kok! Kabar baiknya Bob dengan hotel kapsul Bobobox ini sudah hadir di beberapa kota di Indonesia dan bisa menemani kamu saat berlibur! Ayo segera unduh aplikasi Bobobox untuk mendapatkan promo menariknya!

You might also like