Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata Kuliner Legendaris di Semarang yang Wajib Kamu Coba

Wisata kuliner Semarang yang lezat berikut ini dijamin bikin perut kamu kenyang!

Wisata kuliner ini merupakan salah satu destinasi kuliner unggulan Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata pada tahun 2015 lalu. Hal ini menjadi tanda bahwa Semarang memang memiliki beragam macam makanan dan minuman khas yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Kekayaan cita rasanya yang tak perlu diragukan lagi membuat banyak orang sengaja datang ke Semarang hanya untuk melakukan wisata kuliner..

Rasanya akan kurang lengkap jika kamu berlibur ke Semarang tanpa mencicipi kuliner khasnya yang menggoda. Terdapat beragam jenis kuliner yang bisa kamu temukan dan cicipi di Semarang. Kamu bisa mencoba kuliner Semarang seperti camilan pisang goreng, kue leker, soto, hingga nasi bebek. Konsep, harga, serta cita rasanya yang beragam membuat kamu tidak akan kehabisan pilihan. Berikut adalah beberapa destinasi wisata kuliner Semarang yang patut kamu singgahi.

Soto Bangkong

@iNews.id

Menu wisata kuliner khas Semarang yang bisa kamu coba cicipi adalah menu bernama soto bangkong. Indonesia memang terkenal memiliki beragam menu soto khas tiap daerah seperti soto lamongan, soto madura, hingga coto makassar. Semarang pun tak kalah dari segi cita rasa sotonya yang khas bernama soto bangkong. Nama “bangkong” sendiri bukan berasal dari nama katak namun berasal dari lokasi kedai yang berada di Jalan Bangkong.

Saat ini nama Jalan Bangkong tersebut sudah berubah menjadi nama Jalan Brigjen Katamso. Ciri khas soto bangkong ini terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecokelatan. Soto ini dilengkapi dengan topping daging ayam suwir, bihun, potongan tomat, toge, dan bawang goreng. Menu soto bangkong ini bisa kamu temukan salah satunya di kawasan Ruko Bangkong Plaza Blok A/1, Jalan Brigjen Katamso.

Mie Siang Kie

@laurentiadewi.com

Buat kamu yang senang wisata kuliner berupa mi, kamu bisa coba menu andalan Mie Siang Kie yaitu semangkuk mi pangsit yang gurih. Namun perlu kamu ketahui mie pangsit di sini menggunakan daging babi. Oleh karena itu bagi kamu yang Muslim menu ini mungkin tidak cocok untuk kamu. Dalam satu mangkuk hidangan mie pangsit ini terdiri dari mi kenyal, daging ayam suwir, kuah kaldu, sawi rebus, dan kerupuk pangsit daging babi.

Hidangan babi biasanya dikenal cukup mahal, namun ternyata harga satu porsi mi pangsit ini dibanderol dengan harga sekitar 15.000 hingga 17.000 rupiah saja! Cukup terjangkau, bukan? Bagi kamu yang ingin mencicipi wisata kuliner ini kamu bisa langsung datang saja ke rumah makan Mie Siang Kie yang berlokasi di Gang Lombok No 10, Kauman. Rumah makan Mie Siang Kie biasanya dibuka mulai dari pukul 08:30 hingga 15:30.

Destinasi Wisata Kuliner Semarang; Bebek Goreng Pak Thori

Wsata kuliner selanjutnya adalah kuliner yang cocok buat kamu para penggemar hidangan bebek. Bebek Goreng Pak Thori wajib masuk daftar kuliner yang patut kamu coba selama kamu berada di Semarang. Lokasi tempat makan bebek Goreng Pak Thori terletak di Desa Wisata Kandri, Gunungpati, tepatnya sebelah selatan SMA Semesta. Kamu tidak hanya akan menemukan menu bebek saja karena di sini kamu juga bisa memesan ayam goreng, ayam bakar, lele, burung dara, juga gongso atau tumis babat.

Hal yang membuat Bebek Goreng Pak Thori ini terasa istimewa dari bebek goreng lainnya adalah tekstur daging bebeknya yang sangat lembut dan empuk. Walaupun dagingnya lembut dan empuk rumah makan ini berhasil membuat bagian kulitnya tetap terasa renyah. Kamu cukup membayar sekitar 24.000 rupiah saja untuk bisa menyantap nasi putih hangat, bebek goreng atau bakar, sambal, dan lalap segar. Wisata kuliner di Semarang memang bikin perut kenyang dan kantong tenang!

Kue Leker Paimo

Bosen dengan wisata kuliner menu berat seperti di atas? Kamu juga jangan lewatkan wisata kuliner berupa camilan khas Semarang yang populer satu ini! Camilan ini bernama Kue Leker Paimo yang terletak di depan SMA Kolese Loyola, tepatnya di Jalan Karang Anyar No 37, Brumbungan. Wisata kuliner khas Semarang ini bisa kamu temukan dijajakan di sebuah gerobak dengan tenda kaki lima dan bangku-bangku. Saking terkenalnya, kamu harus antre cukup panjang untuk mendapatkan jajanan yang nikmat ini.

Menu yang ditawarkan di Kue Leker Paimo ini cukup beragam,lho. Tidak hanya topping yang manis, kamu juga bisa memilih pilihan menu leker dengan topping asin bagi kamu yang idak begitu menyukai jajanan manis. Menu andalan Kue Leker Paimo yang sekaligus menu favorit para pembeli adalah telur sosis keju seharga 20.000 rupiah, jagung cokelat keju seharga 8.000 rupiah, dan pisang cokelat keju seharga 4.000 rupiah. Benar-benar jajanan murah yang nikmat yang sayang untuk dilewatkan!

Destinasi Wisata Kuliner Semarang; Rumah Makan Asem-asem Koh Liem

@ksmtour.com

Buat kamu yang menyukai hidangan dengan cita rasa asam yang menyegarkan kamu harus coba wisata kuliner ke Rumah Makan Asem-asem Koh Liem. Rumah makan ini menyediakan masakan asem-asem sebagai menu utama. Di rumah makan ini, asem-asem terbuat dari daging sapi yang dipotong berbentuk kotak yang kemudian disiram kuah bercita rasa segar dan asam. Selain itu Rumah Makan Asem-asem Koh Liem juga menyediakan lontong cap go meh, kikil lombok ijo, dan bandeng sarden. Untuk kamu yang tertarik mencoba hidangan ini kamu bisa langsung kunjungi rumah makan ini di Jalan Karang Anyar.

Destinasi Wisata Kuliner Semarang; Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

wisata kuliner
@wowkeren.com

Destinasi wisata kuliner di Semarang berikutnya adalah Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Temat makan ini merupakan salah satu pilihan wisata kuliner yang terkenal lezat di Semarang. Keunggulan Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar terletak pada dagingnya yang terasa empuk dan tidak terasa amis sama sekali. Cara memasak gulai ini pun terhitung unik dan berbeda. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar tidak menggunakan santan, meski juga memakai kelapa.

Cara memasaknya adalah kelapa parut digoreng lalu ditumbuk halus dan dicampur dengan rempah-rempah seperti cengkih dan kayu manis. Bagi kamu yang penasaran dengan kelezatan rasanya kamu bisa cicipi dan buktikan sendiri Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar di belakang Gereja Blenduk Kota Lama. Tempat makan ini dibuka setiap harinya pukul 08:00 hingga 15:00. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar akan tutup lebih cepat jika hidangan sudah habis. Jangan sampai kehabisan ya!

Sekian rekomendasi destinasi wisata kuliner di Semarang yang menggugah selera. Pastikan untuk tidak melewatkan wisata kuliner di Semarang saat berkunjung ke sana. Kabar baiknya saat ini Bobobox sudah di buka di Kota Semarang, lho! Jadi gak ada alasan bagi kamu untuk tidak melakukan wisata kuliner di Semarang karena bingung memilih akomodasi. Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuh book kamar kapsul pilihan kamu di Semarang. Ayo wisata kuliner di Semarang, Bob tunggu!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.