Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata Keluarga ke Kebun Raya Bogor? Kamu Wajib Kunjungi 5 Tempat Ini

Wisata Keluarga ke Kebun Raya Bogor

Berwisata bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan. Kalau kamu biasanya main ke mana? Rumah makan, mal, atau pantai? Itu sih biasa. Kali ini Bob mau ngasih tahu yang agak anti mainstream. Yap, berwisata ke Kebun Raya Bogor. Sekali-sekali kamu harus coba mengunjungi tempat bersejarah ini. Ada apa aja ya di dalamnya? Tenang, Bob bakal kasih tahu kamu.

Sejarah Kebun Raya Bogor

wisata keluarga

Foto: krbogor.lipi.go.id

Sebelum membahas tempat apa saja yang wajib kamu kunjungi di Kebun Raya Bogor bersama keluarga, Bob mau bahas sedikit nih tentang asal-usul Kebun Raya Bogor.

Sebelum menjadi kebun seperti sekarang, Kebun Raya Bogor merupakan halaman milik seorang letnan yang mendiami Istana Bogor, Thomas Stamford Raffles dan istrinya Olivia Mariamne Raffles.

Halaman tersebut lalu diubah menjadi sebuah kebun bergaya Inggris klasik oleh seorang botanis bernama William Kent. Desain inilah yang menjadi dasar denah Kebun Raya Bogor sekarang.

Prof. Caspar George Carl Reinwardt, seorang Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan di Pulau Jawa kemudian mengajukan kepada Gubernur Jenderal G.A.G.P. Baron van der Capellen untuk mendirikan kebun botani yang dulu diberi nama Buitenzorg. Sejak saat itu, Bogor dengan pesat menjadi pusat pengembangan pertanian dan hortikultura di Indonesia.

Pada mulanya, kebun ini hanya digunakan sebagai lahan percobaan bagi tanaman yang diperkenalkan di Hindia Belanda. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Kebun Raya Bogor berubah menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan alam di Indonesia.

Semenjak Indonesia merdeka, kebun ini sempat beberapa kali berganti nama menjadi Jawatan Penyelidikan Alam lalu menjadi Lembaga Pusat Penyelidikan Alam (LLPA).

Sekarang, Kebun Raya Bogor memiliki 213 famili, 1.202 genus, 3.156 spesies, dan 12.141 spesimen.

Griya anggrek

wisata keluarga ke bogor

Foto: krbogor.lipi.go.id

Tempat pertama yang bisa kamu lihat saat berkunjung ke Kebun Raya Bogor bersama keluarga adalah griya anggrek. Di griya anggrek ini kamu bisa menikmati bunga-bunga anggrek yang indah dan cantik dengan keluargamu. Spesiesnya pun beragam dari yang asli hingga yang hybrid. Kalau kamu datang ke sini bersama keluarga saat sedang musim berbunga, kamu beruntung banget.

Griya Anggrek ini didirikan sebagai upaya Kebun Raya Bogor untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap tanaman anggrek. Soalnya, Indonesia memiliki jenis anggrek yang sangat kaya dan indah.

Griya ini dibangun pada tahun 2000 dan diresmikan oleh presiden ke lima, Megawati Soekarnoputri pada 25 Mei 2002.

Pengalaman kamu menikmati anggrek tidak hanya berhenti di tempat. Kamu dan keluarga juga bisa membeli buah tangan berupa anggrek pot atau botolan yang diproduksi hanya di Kebun Raya Bogor.

Kuliner Bogor Yang Harus Banget Kamu Coba!

Taman Meksiko

tempat wisata bogor

Foto: krbogor.lipi.go.id

Kekayaan flora yang terdapat di Kebun Raya Bogor tidak hanya dari Indonesia lo. Ada juga tanaman yang berasal dari luar negri. Salah satunya adalah Taman Meksiko ini.

Tumbuhan yang dibudidayakan di Taman Meksiko ini adalah tumbuhan beriklim kering yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, termasuk Meksiko. Taman ini didesain sedemikian rupa agar menyerupai iklim aslinya. Ada lebih dari 100 jenis tumbuhan di sini mulai dari kaktus, agave hingga yucca.

Karena bentuknya yang menarik, tumbuhan yang ada di Taman Meksiko biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Cocok nih buat kamu atau keluarga yang sedang mencari referensi tanaman hias.

Taman obat

kebun raya bogor

Foto: krbogor.lipi.go.id

Tumbuhan yang ada di Kebun Raya Bogor bukan hanya tanaman-tanaman yang memanjakan mata lo. Karena Kebun Raya Bogor juga berfungsi sebagai tempat bagi para peneliti yang sedang melakukan riset, kamu dan keluarga akan disuguhi taman yang penuh dengan tanaman bermanfaat.

Salah satu taman yang sering dikunjungi sebagai referensi pelenitian adalah taman obat. Di sini ada berbagai macam jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan. Jenisnya bisa herbal ataupun medis.

Taman yang satu ini pas banget untuk kamu kunjungi bersama keluarga. Sambil berekreasi kamu bisa mempelajari jenis dan kegunaan tanaman obat yang bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Informasi mengenai kegunaan tanamannya bisa kamu temukan di papan-papan yang disediakan di dekat tanaman.

Oh iya, taman obat ini terbilang eksklusif karena disekelilingnya dipasangi pagar besi. Hal ini ditujukan untuk memisahkan mana tanaman biasa dan tanaman obat supaya tidak tercampur karena tanaman obat memiliki kegunaan yang berbeda dari tanaman biasa.

Serunya Wisata Liburan Ke Kebun Raya Bogor

Taman Araceae

tempat wisata keluarga

Foto: krbogor.lipi.go.id

Kalau kamu berasal dari keluarga pecinta ubi dan singkong, kayaknya kamu wajib mampir ke taman yang satu ini. Taman ini diisi khusus oleh tanaman talas-talasan (Aaraceae).

Tujuan didirikannya taman ini adalah untuk mengedukasi masyarakat tentang salah satu potensi alam terbesar yang dimiliki Indonesia. Dari segi ilmiah maupun ekonomi, tumbuhan talas-talasan memiliki pengaruh yang besar.

Pada tahun 2010, taman ini mulai dibangun secara bertahap. Hasil budi dayanya pun cukup banyak. Tapi spesies yang paling utama di kebun ini adalah Alocasia, Aglaonema dan Schismatoglottis.

Nah, daripada cuma makan produk jadinya, mendingan kamu dan keluarga mengenal lebih jauh tentang jenis tumbuhan yang satu ini. Siapa tahu pulang dari Kebun Raya Bogor kamu jadi ingin membangun bisnis keluarga di bidang talas.

Kolam gunting

wisata bogor

Foto: krbogor.lipi.go.id

Di Kebun Raya Bogor kamu enggak cuma bisa lihat yang hijau-hijau. Di sini juga ada kolam yang bisa kamu datangi bareng keluarga untuk sekadar bersantai.

Kolam yang dinamai gunting ini mendapatkan namanya karena jika dilihat dari atas bentuk kolamnya mirip seperti gunting. Di tengah-tengah kolam terdapat sebuah pulai kecil yang sering dikaitkan dengan bermacam mitos.

Konon, pada saat tertentu muncul penampakan seorang wanita Belanda. Banyak orang bilang bahwa wanita itu adalah Olivia Mariamme Devenish atau yang dikenal juga dengan Lady Raffles.

Air di kolam gunting ini berwarna hijau. Warna ini didapatkan dari lumut yang menyebar di dasar dan dinding kolam. Di pinggir-pinggir kolam tersedia kursi yang bisa kamu gunakan untuk bersantai bersama keluarga sambil melihat pemandangan.

Dari sana kamu dan keluarga bisa melihat Istana Kepresidenan Bogor yang megah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati burung pemangsa ikan yang sesekali mampir untuk makan karena di dalam kolam terdapat berbagai jenis populasi ikan air tawar.

Liburan bersama keluarga ke mana lagi?

Bobobox App; Jawaban Untuk Kemudahan Nginap Gak Pake Ribet!

Ah, ngomongin wisata keluarga Bob jadi kangen. Udah lama juga enggak keluar bareng keluarga. Tapi karena Bogor terlalu jauh, Bob mau ajak keluarga menginap di Bobobox aja deh.

Di Bobobox Bob bisa ngobrol santai bareng kelurga di pod-nya yang nyaman dan keren. Fasilitasnya juga lengkap. Di dalam kamar ada lampu led yang bisa diatur sesuai dengan suasana hati, bikin ngobrol jadi tambah seru.

Ada juga pengeras suara yang bisa kamu gunakan untuk memutar musik dari telepon genggam kamu. Selain itu, fasilitas lain seperti kantin, musola dan toiletnya juga bersih dan nyaman.

Bob juga enggak usah ribet pesan kamarnya karena Bobobox juga ada aplikasinya. Pesan kamar jadi enggak perlu jauh-jauh.

Jadi enggak sabar nih akhir pekan ini. Kamu gimana? Sudah siap bawa keluarga untuk menginap di Bobobox?

You might also like
Comments
Loading...