Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata ke Pantai Maron, Semarang

Wisata ke pantai sambil belajar

Semarang memiliki banyak tempat wisata yang layak untuk kamu kunjungi, salah satunya adalah wisata ke pantai.

Kamu bisa mulai dengan mengunjungi Pantai Maron yang terletak di sudut kota Semarang, tepatnya beralamat di Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Penasaran seperti apa Pantai Maron ini? Yuk simak informasinya!

@xiaomadefa

Keindahan dan Kegiatan di Pantai Maron

Pantai Maron terkenal dengan ombaknya yang cukup bersahabat karena terletak di kawasan pantai utara, cukup berbeda dengan pantai-pantai di kawasan selatan yang memiliki ombak besar dan ganas.

Maka dari itu, kamu bisa berenang dan bermain air, bahkan memancing di kawasan pantai ini. Selain itu, kamu pun akan menjumpai banyak tambak milik warga setempat yang membudidayakan udang serta ikan.

Hasil tambak tersebut kemudian akan dijual kepada pengepul untuk selanjutnya dijadikan berbagai macam olahan makanan, misalnya udang akan diolah menjadi terasi. Menariknya, kamu bisa melihat langsung cara bekerja para petani tambak tersebut serta hasil yang mereka dapatkan.

Jika tidak ingin berenang atau bermain air, kamu bisa duduk santai menikmati keindahan pantai dengan ditemani kelapa muda segar, suara deburan ombak yang menenangkan, serta angin sepoi khas pantai.

Kegiatan bersantai seperti ini tentunya akan menyegarkan pikiran serta tubuh kamu yang lelah akibat padatnya jadwal kamu.

Selain itu, ada juga sebuah jembatan batu yang bisa kamu gunakan untuk befoto. Sebagian orang bahkan memanfaatkannya untuk spot foto pre-wedding.

Menjelang sore, pantai ini biasanya akan ramai oleh para pengunjung yang berburu pemandangan matahari terbenam. Pemandangan ini akan sangat indah terutama di bulan Juli sampai September.

@anandaenni

Hutan Mangrove

Saat berwisata ke Pantai Maron, kamu pun bisa menikmati keindahan Hutan Mangrove Edupark yang merupakan bagian dari kawasan pantai ini.

Hutan mangrove ini pada awalnya merupakan hutan biasa. Namun sekarang hutan ini mulai menjadi daya tarik yang memikat pengunjung.

Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan hutan bagi kelangsungan hidup manusia.

Kawasan ini mulai dibuka sejak bulan Maret 2016 dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan terutama saat akhir pekan atau di hari libur.

Kawasan Hutan Mangrove Edupark ini memiliki luas lima hektare dengan udara yang sangat sejuk yang tentunya akan membuat kamu betah berlama-lama dalam kawasan ini.

Saat menjelajahi tempat ini kamu akan dibekali dengan informasi-informasi seperti pengenalan tanaman serta bagaimana cara menanam dan merawat mangrove.

Menarinya, saat sesi menanam tanaman, kamu bisa menukarkan tiket masuk kamu dengan bibit tanaman.

Informasi seputar mangrove ini akan membuat kamu sadar bahwa fungsi hutan mangrove bukan hanya untuk melindungi pantai dari abrasi dan pengikisan, tetapi juga untuk bahan makanan.

Sebagai contoh, warga setempat mengolah mangrove jenis Bruguiera dan Avicennia sebagai bahan makanan.

@rewian

Perjalanan Menuju Pantai Maron

Perjalanan kamu untuk mencapai lokasi Pantai Maron tidak akan membosankan.

Di sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani dengan pemandangan pepohonan hijau yang menyejukkan mata serta hamparan tambak milik para petani bandeng.

Selain itu, kamu pun akan menjumpai Kali Banger dengan airnya yang mengalir menuju Pantai Maron. Pemandangan ini sangat alami dan mungkin memberi kamu kesan yang menenangkan.

Akses menuju Pantai Maron sendiri bisa dibilang cukup mudah karena lokasinya yang dekat dengan Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, yakni hanya sekitar 10-15 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Lokasi Pantai Maron juga dekat dengan perumahan graha Krapyak. Bagi kamu yang suka berjalan kaki, kamu bisa mencapai lokasi dari perumahan tersebut dalam waktu 30 menit.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, harap berhati-hati karena kondisi jalannya masih berupa tanah dan berbatu.

Mungkin agak sulit bagi pengendara untuk melalui jalur ini, terutama saat musim hujan karena jalanan menjadi becek dan licin.

Untuk mencapai lokasi Pantai Maron, ada banyak rute yang bisa kamu pilih, tergantung dari arah mana kamu datang.

Dari arah bandara, kamu bisa mengambil rute ke barat laut, lalu lurus, belok kiri, kemudian belok kiri lagi dan setelah itu kamu akan sampai di lokasi wisata.

Pilihan Rute Lainnya Menuju Pantai

Sementara itu, jika kamu datang dari Terminal Bus Terboyo, kamu cukup mengikut jalan terminal Terboyo, kemudian mengambil Jalan Kudus-Semarang, Jalan Kaligawe Raya, lalu Jalan Pantura.

Setelah itu, kamu harus menuju ke arah Gisikdrono kemudian Tugurejo dan  kamu akan segera tiba di lokasi pantai.

Jika kamu datang dari arah Stasiun Tawang, kamu harus mengambil Jalan Komdor Laut Yos Sudarso kemudian ke Jalan Pantura.

Setelah itu, ambil Jalan Bandara Ahmad Yani kemudian ke Tugurejo. Selanjutnya, sampailah kamu di pantai.

Dari arah Stasiun Poncol, kamu harus mengambil Jalan Pemuda kemudian Jalan Mgr Sugiyopranoto.

Setelah itu, kamu mengambil Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Bandara Ahmad Yani, lalu menuju Tugurejo. Kemudian, kamu akan sampai di Pantai Maron.

Jika kamu datang dari arah UNNES, kamu harus mengambil Jalan Kelud Utara III  kemudian Jalan Kelud Utara V.

Lalu, kamu mengambil Jalan Pamularsih kemudian Jalan Bandara Ahmad Yani. Setelahnya, kamu menuju ke Tugurejo dan sampailah kamu di lokasi Pantai Maron.

Jika kamu datang dari Kudus, kamu bisa mengambil rute Jalan Gondangmanis, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Kudus-Pati, Jalan Pantura, Jala Raya Tuban-Semarang, Pasar Genuk, dan Jalan Tanjungmas-Srondol.

Setelah itu, kamu harus mengambil rute Jalan Komdor Laut Yos Sudarso, Jalan R. E. Martadinata, Jalan Yos Sudarso, Jalan Bandara Ahmad Yani, Tugurejo, dan sampailah di Pantai Maron.

Kalau kamu dari Yogyakarta, rutenya adalah Jalan Tukangan, Jalan Pakuningratan, Jalan Magelang, Jalan Magelang-Purworejo, dan Jalan Semarang-Yogyakarta.

Setelah itu, kamu akan mengambil rute Kopeng kemudian Bawen, lalu Jalan Tol Unggaran-Bawen, Jalan Tol Tembangan-Ungaran, Jalan Tol Jatingaleh, Krapyal, Jalan Bandara Ahmad Yani, Tugurejo dan Pantai Maron.

Jika kamu datang dari arah Malang, kamu akan mengambil rute Jalan Raya Malang-Surabaya, Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Pantura, Jalan Tol Surabaya-Gempol, Jalan Tol Surabaya-Gresik, dan Jalan Pantura.

Setelah itu, kamu akan mengambil rute Jalan Raya Tuban-Semarang, Jalan Kudus-Semarang, Jalan Bandara Ahmad Yani, Tugurejo dan sampailah kamu di Pantai Maron.

@putrilestaripu

Tiket Masuk

Untuk memasuki pantai ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Jika kamu datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, akan ada biaya tambahan untuk parkir sekitar Rp 2.000 sampai Rp 5.000.

Di sepanjang kawasan pantai, kamu akan menemukan banyak warung yang menjajakan berbagai macam makanan khas pantai dengan harga yang terbilang standar.

Kamu sedang mencari tempat staycation yang nyaman, murah, dan kekinian? Datang saja ke Bobobox!

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan kenyamanan serta kemudahan dalam proses booking hingga check-out. Jangan sampai lewatkan promo-promo menariknya!

Yuk segera unduh aplikasi Bobobox ke ponsel kamu!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.