wisata ke mata air

Wisata ke Mata Air Umbul Manten, Klaten⁣

Klaten, Jawa Tengah menyimpan tempat wisata yang lain dari yang lain. Wisata ke mata air, itulah yang akan kamu temukan di sini.

Nama mata air itu adalah Umbul Manten, tempat wisata keren yang hanya akan kamu temukan di Klaten. Penasaran seperti apa tempatnya? Yuk, kita wisata ke mata air Umbul Manten bareng.

Wisata ke mata air yang jernih

wisata ke mata air

@Tata Ta

Umbul Manten adalah salah satu dari tujuh mata air yang ada di Klaten. Keindahan mata air ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal diantara keenam mata air lainnya.

Yang menjadi daya tarik wisata ke mata air ini adalah airnya yang sangat jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat dasar dari mata air ini dengan mata telanjang. Bahkan, dengan kamera pun kamu bisa mengambil gambar yang cukup jelas lho. Soalnya, mata air ini tidak begitu dalam. Anak-anak pun bisa berdiri dan bermain dengan aman di mata air ini.

Maka dari itu, tempat wisata yang satu ini terkenal sebagai tempat yang sedang hits di Instagram. Kamu akan menemukan banyak foto keren dan cantik bertaburan di dunia maya. Salah satu yang paling populer adalah foto di bawah air.

Kamu bisa mendapatkan foto yang serupa dengan cara mengambil gambar dari atas pohon. Jernihnya air membuat tubuh kamu terlihat jelas di kamera. Cara lain adalah dengan menggunakan kamera bawah air.

Kamu bisa memposisikan kamera berada setengah di bawah dan setengah di atas air sehingga kamu bisa menghasilka foto yang unik dan instagramable.

Bersantai sepanjang hari

Kalau kamu sudah puas mengambil foto, kamu bisa berenang sepuasnya saat wisata ke mata air ini. Karena tidak ada ikan air tawar yang berenang di sepanjang mata air, kamu tidak perlu khawatir aktivitas kamu akan terganggu.

Akan tetapi, tidak semua mata air yang ada di sini bisa kamu gunakan untuk berenang dan berfoto-foto. Hanya ada satu titik yaitu umbul yang biasa digunakan wisatawan. Sisanya digunakan warga sebagai sumber mata air bersih mereka.

Suasana damai dan tentram juga akan kamu temukan saat wisata ke mata air Umbul Manten. Seain airnya yang meyejukkan, di sekeliling mata air kamu bisa melihat pohon-pohon yang rindang. Sekilas, pohon-pohon ini nampak seperti pohon beringin.

Akan tetapi, pohon-pohon tersebut adalah pohon ipik yang juga terkenal dengan nama beringin palsu. Kalau kamu tidak tahu jenis-jenis pepohonan, pasti sulit untuk membedakan yang mana beringin yang mana ipik. Yang jelas, kehadiran pohon ini membuat nuansa wisata ke mata air Umbul Manten semakin menyegarkan.

Jika kamu ingin bersantai saat wisata ke mata air Umbul Manten, Bob sarankan untuk membawa peralatan masing-masing. Alat-alat seperti hammock atau pelampung tidak akan kamu temukan di sini karena belum adanya tempat penyewaan.

Sebelum kamu wisata ke mata air Umbul Manten, kamu harus memerhatikan peraturan yang diterapkan di sana. Salah satunya adalah kamu tidak boleh membawa makanan dan minuman.

Hal ini dilakukan agar Umbul Manten tetap terjaga kebersihannya. Kalau kamu lapar dan haus, kamu harus pergi ke warung-warung yang tidak jauh letaknya saat wisata ke mata air.

Kamu bisa menemukan bermacam kuliner khas Jawa Tengah seperti nasi pecel, cenil dan opor bebek. Makanan-makanan tersebut siap mengisi perut kamu yang kosong setelah seharian wisata ke mata air Umbul Manten.

Mitos di balik Umbul Manten

Seperti tempat-tempat unik lainnya di Indonesia, Umbul Manten juga memiliki mitos di balik namanya. Umbul dalam bahasa Indonesia berarti sumber air dan Manten berarti pengantin.

Konon, nama ini diambil dari kisah hilangnya sepasang pengantin baru di mata air ini. Pasangan tersebut melanggar peraturan yang dipercayai masyarakat setempat, yaitu tidak boleh keluar rumah saat waktu magrib hingga 40 hari mereka menikah.

Akan tetapi, kedua pengantin baru tersebut tidak menggubris kepercayaan tersebut. Mereka pun keluar rumah setelah waktu Magrib.

Dikisahkan, keuda pengantin tersebut berjalan-jalan di sektitar hutan. Sang suami berada di depan sang istri dengan jarak yang tidak begitu jauh. Saat sedang menikmati suasana hutan, sang suami menoleh ke belakang hanya untuk mendapati sang istri menghilang dari pandangannya.

Hal yang sama pun terjadi pada sang istri. Ia tiba-tiba saja kehilangan sang suami di depan matanya. Dan tempat hilangnya kedua pengantin itu berada di dekat mata air yang sekarang terkenal dengan nama Umbul Manten.

Hingga sekarang, keberadaan kedua pengantin itu belum diketahui. Akan tetapi, mitos hanyalah mitos. Sebuah cerita yang berkembang dari mulut ke mulut. Siap membuktikan saat wisata ke mata air ini?

Fasilitas tempat wisata Umbul Manten

wisata ke mata air

@DeamRo Music

Karena tempat wisata ini masih dikelola oleh penduduk sekitar, belum ada fasilitas yang memadai yang bisa kamu temukan jika berkunjung wisata ke mata air Umbul Manten.

Tidak ada ruang untuk berganti pakaian. Jadi, kamu harus bersembunyi di balik sarung untuk berganti pakaian. Semoga saja kedepannya pemerintah lokal bisa mengambil alih dan membuat tempat wisata ini menjadi lebih baik.

Jalan wisata ke mata air Umbul Manten

Jika kamu ingin wisata ke mata air Umbul Manten, kamu akan menemukannya di tepi perbatasan Boyolali-Klaten. Alamat tepatnya yaitu di Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Untuk bisa wisata ke mata air ini cukup mudah. Kalau kamu datang dari luat Jawa, kamu bisa menjadikan Bandara Internasional Adi Sucipto sebagai patokan.

Dari sana, kamu bisa mengambil jalan menuju Solo. Telusuri jalan hingga pertigaan Pakis, Delanggu di Jalan Solo-Jogja. Setelah dari sana, ambil jalan ke arah Janti. Susuri Jalan Janti-Tegalgondo sampai kamu menemukan plang bertuliskan Umbul Manten.

Harga tiket wisata ke mata air Umbul Manten

Untuk bisa menikmati keindahan pesona alam yang satu ini, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp6.000 saja. Cukup murah bukan? Untuk kejernihan air seperti di Umbul Manten rasanya itu adalah harga yang pas.

Jika ingin wisata ke mata air Umbul Manten sebaiknya jangan saat musim liburan. Soalnya, kamu tidak akan menemukan ketenangan seperti yang Bob ceritakan karena banyaknya pengunjung yang datang.

Menginap di hotel kapsul yang unik

 

Wah, seru juga ya wisata ke mata air Umbul Manten. Tempatnya keren dan cocok untuk berswafoto. Kamu kapan nih main-main ke sana? Kalau belum sempat wisata ke mata air Umbul Manten, mampir aja dulu ke Bobobox untuk staycation. Nggak kalah seru lho.

Bobobox adalah hotel kapsul yang menggunakan konsep modern. Hal ini bisa kamu lihat dari desain kamarnya yang futuristik. Selain itu, teknologinya juga modern. Kunci kamarnya menggunakan QR code dan pemesanan kamarnya bisa kamu lakukan lewat aplikasi Bobobox.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles