Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata ke Curug Nangka, Air Terjun di Bogor yang Indah

Yuk yang di Bogor merapat!

Banyak tempat wisata alam di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi pada saat liburan, salah satunya berada di Bogor. Satu tempat wisata alam yang indah yang sedang populer adalah Curug Nangka. Jika kamu termasuk penggemar air terjun pasti akan suka dengan keindahan curug ini.

Tentu saja masa liburan adalah waktu yang selalu ditunggu-tunggu. Terutama bagi orang yang bosan dan lelah dengan rutinitas seperti bekerja, sekolah, atau mengurus rumah. Meluangkan waktu untuk liburan tentu perlu untuk me-refresh pikiran dan badan, baik juga untuk kesehatanmu.

Berlibur bisa kamu lakukan baik dengan berjalan-jalan di kota atau wisata alam. Tentu setiap orang memiliki preferensinya masing-masing. Bagi kamu yang suka berwisata di alam terbuka, kamu bisa menjadikan gunung, pantai, atau air terjun sebagai referensi tujuan wisatamu.

Curug Nangka

curug nangka
bogor.net

Bagi kamu yang suka dengan wisata alam yang sejuk dan deburan air terjun, kamu wajib kunjungi Curug Nangka di Bogor ini. Curug Nangka adalah tempat wisata air terjun yang menarik untuk kamu kunjungi saat berlibur. Air terjun ini memiliki daya tarik memiliki tiga bagian yang masing-masingnya mempunyai ketinggian 10 meter hingga 20 meter.

Nama Curug Nangka diambil dari dikarenakan banyaknya pepohonan nangka yang tumbuh di sekitar air terjun. Menurut cerita, konon dahulu di dekat air terjun ini terdapat pohon nangka yang buahnya tidak pernah habis. Cerita tersebut menyebar dan pendahulu kemudian menamakan air terjun ini dengan sebutan Curug Nangka.

Curug Nangka berada di sekitar kaki Gunung Salak sehingga udara di curug ini terasa sejuk seperti di pegunungan. Air terjun ini terletak di ketinggian 750 mdpl dengan suhu rata-rata 22 hingga 24 derajat celsius. Dengan udara yang sejuk dan tempat yang tenang, air terjun ini cocok untuk kamu yang ingin mengistirahakan telingamu dari bisingnya kota.

Lokasi dan Rute

curug nangka
tempatwisata.com

Curug Nangka berlokasi di Sukajadi, Tamansari, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh dengan melalui Ciapus yang berjarak 25 km dari pusat Kota Bogor. Waktu yang ditempuh untuk sampai ke kawasan ini sekitar kurang lebih 30 menit sampai 45 menit.

Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi jangan khawatir karena rute yang akan kamu lalui sangat umum. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi menuju lokasi Curug Nangka. Kamu bisa bertanya ke warga sekitar atau menyewa kendaraan umum yang biasa digunakan untuk ke tempat wisata ini.

Naiklah kendaraan umum dari terminal Ramayana Bogor, lalu carilah kendaraan dengan jurusan Bogor – Ciapus. Setelah itu, kamu harus turun di pertigaan terakhir sebelum pintu gerbang masuk Curug Nangka. Kamu harus berjalan kaki menuju gerbangnya. Jarak dari pertigaan menuju gerbang masuk Curug Nangka sekitar 700 meter.

Bagi kamu yang tidak mau berjalan kaki, kamu bisa menaiki ojek yang ada di pangkalan pertigaan tersebut menuju gerbang. Setelah sampai di gerbang masuk Curug Nangka, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju air terjun dengan berjalan kaki.

Kamu tidak perlu khawatir karena sekarang jalan setapak yang harus kamu lalui untuk sampai ke curug sudah dibuat senyaman mungkin. Tapi tetap saja jangan sampai salah pakai alas kaki ya walaupun medannya tidak sulit untuk dilalui. Sepanjang jalan menuju air terjun, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang alami.

Pemandangan Sekitar

Pepohonan pinus yang berjajar di sepanjang jalan menuju air terjun membuat udara di sekitar menjadi sejuk dan nyaman. Pemandangan area pesawahan dan pegunungan juga menambah keasrian udara di sekitar jalan setapak. Jadi kamu bisa berjalan sambil menghirup udara bersih yang ada.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa bertemu beberapa kera liar yang bergelantungan di pepohonan sekitar area. Selanjutnya medan yang kamu lalui berupa jalan bebatuan ketika sudah mendekati area air terjun. Kamu harus menyusuri sungai sepanjang kurang lebih 50 meter dengan kedalaman setinggi betis orang dewasa dan aliran yang tenang.

Sampailah kamu di air terjun Curug Nangka. Kesegaran airnya, suara deburan air terjun, dan vegetasi yang tumbuh di sekitar air terjun akan membayar rasa lelahmu setelah trekking. Mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu di dekat air terjun Curug Nangka juga bisa membuatmu lupa akan rutinitas yang melelahkan.

Harga Tiket Masuk

curug nangka
travelspromo.com

Berwisata ke Curug Nangka tidak akan membuatmu harus merogoh kocek yang dalam. Tempat wisata ini merupakan wisata yang sangat terjangkau. Kamu hanya harus membayar sebesar Rp 7.500 di loket pertama dan Rp 15.000 rupiah di loket kedua. Kemudian Rp 150.000 bagi wisatawan asing.

Tambahan lainnya adalah jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Harga yang kamu bayarkan tidak sebanding dengan pemandangan indah dan pengalaman berlibur yang akan kamu dapatkan di tempat wisata Curug Nangka ini.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di kawasan wisata ini cukup lengkap karena dikelola oleh Pemerintah Bogor. Beberapa fasilitas yang ada di kawasan air terjun disediakan untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan yang berkunjung. Berikut adalah fasilitas yang tersedia:

  • Pos jaga
  • Tempat parkir
  • Gardu Pandang
  • Tempat duduk
  • Toilet
  • Pusat Informasi
  • Tempat sampah
  • Warung

Kawasan wisata Curug Nangka juga sering digunakan sebagai tempat kegiatan berkemah karena tersedianya camping ground. Tempat ini juga cocok dimanfaatkan untuk kegiatan hiking. Dengan fasilitas yang tersedia dan keindahan alam yang disuguhkan kamu akan bisa menikmati liburanmu dengan tenang.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Curug Nangka

curug nangka
travelspromo.com

Selain menikmati pemandangan air terjun dan alam sekitarnya, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas di Curug Nangka. Saat liburan ke tempat yang indah, tentu saja kamu harus mengabadikan momen berliburmu dong. Banyak spot foto yang bisa kamu eksplor di tempat wisata ini.

Jika kamu ingin berenang, kamu bisa lakukan di kolam kecil atau aliran sungai di dekat air terjun. Kamu akan merasakan segar dan dinginnya air dari air terjun ini. Kamu juga bisa hanya bermain air saja dengan duduk duduk di pinggiran sungai. Atau menikmati pemandangan sambil berpiknik di sekitar air terjun.

Bagi kamu yang belum puas menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa menginap loh. Kamu bisa memasang tenda di area camping ground atau menginap di penginapan dan villa sekitar kawasan wisata. Curug Nangka juga menyediakan fasilitas glamping yang dilengkapi dengan shower dan toilet.

Relax Bersama Bobobox

Bosan dengan rutinitas? Butuh liburan tapi budget pas-pasan? Bobobox solusinya! Dapatkan kenyamanan menginap di hotel kapsul berupa pods dengan fasilitas lengkap dan harga yang ramah di kantong. Lepaskan kebosananmu akan pekerjaan dengan staycation di Bobobox.

hotel kapsul untuk keluarga

 

Dengan teknologi LED yang tersedia di setiap kamar dan speaker bluetooth untuk memutar lagu kesukaanmu, dijamin akan membuatmu betah deh. Pesan pods -nya sekarang di aplikasi bobobox atau klik di sini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.