Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Lombok, Contoh Sukses Pengembangan Wisata Halal di Indonesia

Tempat wisata yang ramah bagi muslim dan muslimah

Lombok berhasil mencapai peringkat pertama destinasi wisata halal terbaik di Indonesia versi IMTI (Indonesia Muslim Travel Index) di tahun 2019 ini.

Sedangkan pada tahun 2015, Lombok juga memenangi penghargaan World Best Halal Honeymoon di ajang kompetisi tingkat dunia yang diselenggarakan oleh World Halal Tourism Award.

Kedua penghargaan tersebut menunjukan bahwa Lombok adalah contoh sukses pengembangan wisata halal di Indonesia yang patut dipertimbangkan di mata dunia.

Terpilihnya Lombok sebagai destinasi wisata halal terbaik di Indonesia bukan tanpa bukti. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Lombok. Menurut Riyanto Sofyan, ketua Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI), pada tahun 2015 saja ada kenaikkan sebesar 30 persen.

Sedangkan tahun ini, deputi bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara untuk datang ke Lombok.

Pulau Komodo: Destinasi Yang Harus Dikunjungi Setidaknya Sekali Seumur Hidup!

Standar penilaian Lombok sebagai destinasi wisata halal terbaik di Indonesia

Lombok
Photo by Zainal Azrin Mohamad Saari on Unsplash

Standar yang digunakan dalam penilaian adalah standar GMTI (Global Muslim Travel Index). Ada empat kriteria yang digunakan untuk menilai Lombok, yaitu access, communication, environment, dan services (ACES).

Kriteria access meliputi visa requirements, air connectivity, dan transport infrastructure. Kriteria communication meliputi outreach, ease of communication, dan digital presence.

Kriteria environment meliputi safety and culture, visitor arrivals, dan enabling climate. Yang terakhir, kriteria services meliputi core needs (halal food and prayers), core services (hotels, airports), dan unique experiences.

Lombok berhasil mendapatkan skor 70 dari keseluruhan kriteria yang dinilai. Dalam kompetisi ini, Lombok bersaing dengan daerah lain di Indonesia yaitu Aceh, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Sumatera Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Malang Raya, Jawa Tengah, dan Makasar.

Liburan Ke Labuan Bajo Ala Backpacker, Berapa Bujet Yang Dibutuhkan?

Kendala yang dihadapi Lombok

Lombok
Photo by Dewi Poedjawati on Unsplash

Sebagai negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim, sudah sewajarnya Indonesia berupaya mengembangkan wisata halalnya untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara.

Akan tetapi, hal ini tidak mungkin terwjud tanpa bantuan dari berbagai macam pihak. Menurut penelitian yang dilakukan oleh A. Muchaddam Fahham, ada beberapa kendala yang harus dihadapi oleh Lombok agar bisa menjadi destinasi wisata halal yang lebih baik lagi.

Yang pertama, warga harus diedukasi tentang pentingnya pengembangan wisata halal di karena tidak semua warga NTB paham akan tujuan pengembangan wisata halal. Kedua, sumber daya manusia yang dimiliki harus kompeten karena wisata halal berbeda dengan wisata umum. Ada batasan syariah yang harus dipatuhi.

Ketiga, sertifikasi halal bagi hotel, restoran, industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus bisa didapatkan dengan lebih mudah. Keempat, harus adanya kerja sama antarpemangku kepentingan dalam proses sertifikasi halal. Yang terakhir, harus ada dukungan dari undang-undang yang mengatur wisata halal.

Bobobox, hotel yang aman untuk semua

bobobox

Bobobox Paskal; Banyak Fasilitas Dan Tempat Asik Di Sekitarnya!

Bicara soal tempat wisata pastinya tidak jauh dari penginapan. Untuk bisa dinilai sebagai penginapan yang muslim-friendly, penginapan tersebut haruslah bisa mengakomodasi kebutuhan umat muslim.

Meskipun bukan hotel berbasis syariah, di Bandung ada hotel kapsul yang bisa mengakomodasi kebutuhan dasar umat muslim. Yap, di mana lagi kalau bukan di Bobobox.

Bobobox adalah hotel kapsul yang aman bukan hanya untuk umat muslim tapi juga semua orang. Untuk tempat ibadah, Bobobox menyediakan musala yang rapi lengkap dengan sajadah, mukena, dan sarung.

Selain itu, faktor keamanan juga merupakan hal penting. Kamu tidak perlu khawatir, soalnya Bobobox menggunakan QR code sebagai kunci kamar yang hanya bisa diakses melalui telepon pintar kamu.

Untuk bisa menginap di Bobobox kamu bisa memesan kamarnya melalui situs atau aplikasi Bobobox. Pokoknya mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.