Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata di Semarang dengan Bujet 1,5 Juta, Murah!

Ingin wisata di Semarang tapi dengan anggaran tipis? Jangan khawatir, simak caranya di sini ya.

Kamu pasti berandai-andai untuk bisa liburan lagi kan selama New Normal ini? Nah, wisata di Semarang bisa menjadi pilihan. Terutama kalau semuanya sudah kembali normal. Nggak usah khawatir soal dana!

Bob, akan ngasih tahu kamu gimana caranya wisata di Semarang dengan bujet 1,5 juta saja! Murah kan? Daripada penasaran, mending langsung simak aja di sini ya!

Wisata di Semarang, kotanya para wisatawan

Semarang adalah kota dengan sejuta pesona. Tak heran setiap tahunnya banyak sekali pengunjung yang melakukan wisata di Semarang. Soalnya, ada beragam tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi.

Peninggalan sejarah bisa kamu temukan di sini. Gedung-gedung yang sudah ada dari zaman Belanda masih berdiri dan kamu nikmati untuk diambil pelajaran. Keindahan alamnya juga tak tanggung-tanggung. Dari mulai perkebunan hingga sungai ada di sini.

Tak lupa juga kulinernya, terutama makanan yang dijadikan julukan kota ini, lumpia. Makanan yang satu ini sudah menjadi legenda dan orang-orang datang dari berbagai penjuru Indonesia untuk mencicipinya.

Tempat wisata di Semarang yang bersejarah

wisata di semarang
Photo by khofifahmi annisa on Unsplash
Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan gedung bersejarah yang ada di Semarang. Dulunya, gedung ini adalah kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Gedung yang menjadi salah satu tujuan favorit wisata di Semarang ini disebut Lawang Seu karena pintu yang ada di gedung tersebut sangatlah banyak.

Lawang Sewu berarti seribu pintu dalam bahasa Jawa. Harga tiketnya pun sangat murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp10.000,00 untuk masuk. Jam operasional tempat wisata di Semarang ini adalah 07.00—21.00.

Museum Ranggawarsita

Jika kamu ingin mengunjungi tempat wisata di Semarang di mana kamu bisa belajar tentang budaya dan benda bersejarah Jawa, khususnya Semarang, Museum Ranggawarista adalah tempat yang tepat.

Terdapat sekitar 50.000 koleksi yang ada di sini. Ada koleksi tentang geologi, paleontologi, peninggalan Hindu-Buda, peninggalan Islam, kesenian, senjata, dan masih banyak lagi. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp4.000,00 saja.

Kota Lama Semarang

Kota Lama merupakan tempat wisata di Semarang yang tak boleh kamu lewatkan. Kawasan yang disebut juga dengan Little Netherland ini menyimpan sejarah panjang. Pasalnya, Kota Lama adalah pusat perdagangan yang aktif sejak abad ke-19-20. Ada sekitar 50-an bangunan jadul yang ada di tempat wisata di Semarang tersebut.

Bangunannya mengadopsi gaya Eropa tahun 1700-an. Kamu bisa melihat pintu-pintu dengan ukuran yang besar, jendela berwarna, dan bentuk atap yang unik. Hingga sekarang, bentuk bangunan tersebut masih dipertahankan.

Kota Lama dibuka untuk umum sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya. Hanya saja, mungkin kamu akan mengeluarkan uang untuk makanan yang dijual di sekitar tempat wisata tersebut.

Tempat wisata di Semarang versi kuliner

wisata di Semarang
Photo by Joshua Hoehne on Unsplash
Lumpia Gang Lombok

Rasanya tidak lengkap jika kamu wisata di Semarang tanpa mencicipi kulinernya. Apalagi makanan yang satu ini. Lumpia Gang Lombok sudah berdiri sejak tahun 1940-an. Lokasinya berada di Gang Lombok No.11, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Tempat wisata di Semarang ini selalu ramai pengunjung, baik dari yang muda hingga yang tua. Kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp15.000,00 saja untuk mencicipi kelezatan satu buah lumpia legendaris ini.

Nasi Gandul Pak Memet

Jika kamu merasa lapar setelah mengeliingi berbagai tempat wisata di Semarang, kamu bisa mengunjungi tempat makan yang satu ini. Tentu saja masih masuk ke dalam bujet yang murah.

Nasi gandul adalah makanan khas Pati. Namun, tidak ada salahnya kamu mencicipi Nasi Gandul Pak Memet jika kamu berkunjung ke Semarang. Lokasinya ada di Jalan Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang.

Nasi gandul adalah nasi putih yang disiram dengan kuah gandul, yaitu kuah daging yang mirip semur atau gulai. Kamu bisa menambahkan berbagai macam lauk ke atasnya sesuai dengan yang disajikan seperti daging-dagingan dan jeroan. Seporsi nasi gandul biasanya disajikan di atas daun pisang.

Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp17.000,00 untuk mencicipi satu porsi Nasi Gandul Pak Memet di tempat wisata di Semarang ini. Perut kenyang, dompet pun senang.

Nasi Kucing Pak Gik

Kamu lapar tengah malam? Tenang, Nasi Kucing Pak Gik siap menyambut perutmu dengan senang. Warung nasi kucing yang berada di Jalan Inspeksi, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang ini buka dari pukul 11 malam hingga 4 pagi.

Di tempat wisata di Semarang ini kamu bisa menemukan banyak pilihan lauk seperti gorengan, mendoan, pangsit, tahu petis, sate bakso, dan lain-lain. Tentu saja nasi kucing yang disediakan pun beragam.

Ada nasi putih, nasi kering, nasi gurih, nasi babat, dan lain- lain. Selain rasanya yang enak, harganya pun sangat terjangkau. Kisaran harga makanan yang dijual di warung ini mulai dari Rp1.000,00-10.000,00.

Penginapan

bobobox

Biasanya, penginapan adalah salah satu hal paling krusial dalam liburan kamu. Uang yang dikeluarkan untuk penginapan juga biasanya lumayan besar. Sayangnya, karena kamu wisata di Semarang untuk menyusuri kotanya, penginapan hanya dijadikan tempat transit saja.

Padahal, kamu sudah mengeluarkan cukup banyak uang untuk bagian ini. Nah, oleh karena itu kamu harus menemukan tempat menginap yang murah dan sesuai dengan tujuan kamu: travelling.

Akan tetapi, jangan hanya mencari yang murah, cari juga yang nyaman dan aman. Memangnya ada, Bob tempat yang kaya gitu? Oh, tentu saja ada. Di mana lagi kalau bukan di Bobobox!

Hotel kapsul ini dibuat untuk kamu yang hobi jalan-jalan. Terlebih, Bobobox dikhususkan untuk kamu yang mengingnkan tempat menginap untuk transit yang murah tapi tetap nyaman. Desainnya yang modern membuat kamu merasa seperti sedang tidak berada di hotel dengan harga yang terjangkau.

Dengan New Normal Experience yang menjamin kebersihan dan keamanan kamu selama menginap disini! Dengan menggunakan teknologi yang canggih. Kamu cukup menggunakan aplikasi pada smartphone kamu untuk melakukan berbagai aktivitas di Bobobox.

Mulai dari pemesanan, check-in, hingga mengatur lighting di pods berada tepat di genggaman kamu. Soal keamanan juga kamu nggak perlu khawatir. Kunci kamarnya juga menggunakan aplikasi, dengan sistem QR-code yang terintegrasi dengan pod-nya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal kebersihan dan keamanan selama menginap di Bobobox! Tinggal unduh aplikasinya dan lakukan prosesnya di sana.

Bobobox juga sudah hadir di Kota Lama, Semarang. Cocok banget untuk dijadikan tempat kamu menginap selama menjelajahi kota Semarang!

Total pengeluaran bujet wisata di Semarang

Dengan mempertimbangkan destinasi wisata dan tempat menginapnya, kamu bisa menghabiskan waktu hingga dua atau tiga malam di Semarang.Jika lebih sedikit waktunya, kamu bisa lebih hemat.

Pembagian ini terdiri dari biaya penginapan sebesar Rp420.000,00 (3 malam), Rp600.000,00 untuk biaya makan (selama 4 hari, bisa lebih sedikit tergantung pengeluaran), dan sisanya bisa untuk oleh-oleh, sewa kendaraan, atau transportasi umum.

Jadi, tunggu apa lagi? Bob tunggu kamu untuk wisata di Semarang ya!