Capture

3 Hari 3 Malam Wisata di Kota Solo dengan Bujet 1,5 Juta

Bobobox.co.id — Liburan seringkali menjadi salah satu cara yang ditempuh guna mengisi waktu luang ataupun menyegarkan kembali pikiran yang penat akibat deadline pekerjaan atau tugas di periode tertentu.

Salah satu kota di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk liburan adalah Kota Solo. Banyak tempat wiisata di kota Solo yang bisa kamu kunjungi selama liburan.

Nah, jika kamu hanya menganggarkan bujet 1,5 juta untuk wisata di kota Solo untuk jangka waktu 3 hari 3 malam, berikut ini merupakan detil informasi lengkap soal apa saja yang bisa kamu dapat dengan bujet tersebut.

Transportasi yang Digunakan

Informasi pertama untuk liburan bujet 1,5 juta wisata di kota Solo adalah soal transportasi yang akan kamu gunakan saat menuju dan saat sedang berwisata di Solo.

Dengan dana yang relatif terbatas, bagi kamu yang berada di kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Bandung, Jakarta, dan Semarang, menggunakan kereta api untuk sampai di Solo merupakan hal yang cukup bijak.

Berikut ini merupakan harga tiket kereta api dari beberapa kota besar di Pulau Jawa untuk bisa wisata di Kota Solo.

  • Jakarta Kota – Solo Balapan (Jayakarta Ekonomi): 270 ribu
  • Bandung – Solo Balapan (Malabar Ekonomi): 90 ribu
  • Semarang Poncol – Solo Balapan (Joglosemarkerto Ekonomi): 47 ribu

transportasi wisata di kota Solo

Sedangkan saat ingin berkunjungi ke tempat wisata di Kota Solo, salah satu alternatif yang bisa kamu ambil adalah dengan menyewa sepeda motor per harinya.

Untuk menyewa sepeda motor, ada dua jangka waktu penyewaannya yaitu 12 dan 24 jam. Di salah satu tempat sewa motor di Solo, untuk 12 jam ditarif 50 ribu dan 24 jam ditarif 80 ribu untuk sepeda motor matic.

Walaupun bisa langsung menghabiskan hampir 250 ribu untuk 3 hari selama wisata di Kota Solo, namun dengan menggunakan sepeda motor, kamu bisa relatif tidak membuang waktu di jalan.

Tempat Wisata Wajib Dikunjungi

Soal tempat wisata di kota Solo, banyak sekali tempat wisata yang harga tiket masuknya sendiri dipatok dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan, beberapa di antaranya bisa sampai gratis.

Untuk yang gratis, beberapa tempat wisata di Kota Solo yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Cerdas, Alun-Alun Kidul, Monumen Pers Nasional, dan Kampung Batik Kauman.

Sedangkan untuk yang harga tiket masuknya terjangkau, ada dua jenis wisata di Kota Solo yang bisa kunjungi. Dua jenis wisatanya yaitu wisata alam seperti ke perkebunan dan wisata di tempat-tempat bersejarah seperti museum.

via wikimedia.org

Wisata Alam di Kota Solo

Soal wisata alam, di sekitaran Solo, ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi. Tempat-tempat wisata alamnya sendiri tentunya bisa memberikan rasa sunyi yang kamu butuhkan untuk melepas segala penat yang ada di pikiranmu.

Tak hanya itu, tempat wisata di kota Solo ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan cocok untuk kamu unggah ke media sosialmu seperti Instagram.

Beberapa tempat wisata Solo di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Grojogan Sewu (Karanganyar): 17 ribu
  • Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro I (Karanganyar): 5 ribu
  • Bukit Sekipan(Karanganyar): 7,5 ribu
  • Air Terjun Parang Ijo (Karanganyar): 7,5 ribu
  • Waduk Cengklik (Boyolali): 4 ribu
  • Waduk Gajah Mungkur (Wonogiri): 10 ribu (weekday) dan 12 ribu (weekend)

via perpus.jatengprov.go.id

Wisata Sejarah di Kota Solo

Jika kamu ingin menikmati wisata di Kota Solo tak hanya bersenang-senang tapi juga mendapatkan ilmu lebih, tempat wisata sejarah yang tempat yang cocok untuk dikunjungi.

Solo sendiri terkenal akan batiknya. Sehingga, wajar saja jika julukan kota batik melekat pada kota satu ini. Nah, untuk itu, museum batik menjadi tempat wisata di Kota Solo yang tidak boleh terlewatkan begitu saja.

Beberapa tempat wisata di kota Solo yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Museum Radya Pustaka: 15 ribu (pelajar) dan 35 ribu (umum)
  • Pura Mangkurenan: 10 ribu
  • Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat: 10 ribu (HTM) dan 3,5 ribu (untuk berfoto)
  • Museum Batik Danarhadi: 15 ribu (pelajar) dan 35 ribu (umum)
  • Museum Keris: 10 ribu (umum) dan 7,5 ribu (pelajar)

via pesona.travel

Wisata Kuliner Tidak Boleh Terlewatkan

Setelah menghabiskan waktu ke tempat wisata Solo, tidak ada salahnya jika untuk menyantap kuliner khas Solo. Dengan frekuensi liburan yang mungkin akan relatif jarang, menyantap kuliner khas harus menjadi salah satu top list-mu di wisata di kota Solo.

Untuk daftar wisata kulinernya ini, Bob akan membaginya ke dalam dua kategori yaitu wisata kuliner siang dan malam hari. Kedua kategori ini mempunyai jagoannya masing-masing.

Kelezatan baik di wisata kuliner siang dan malam tidak usah diragukan lagi. Sehabis menyantap kulinernya, kamu akan ketagihan dengan cita rasa dari kuliner yang sudah kamu santap.

Beberapa wisata kuliner siang di kota Solo yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Serabi Notosuman: 20 ribu (polos) dan 25 ribu (cokelat)
  • Timlo Sastro: 18 ribu (paket lengkap)
  • Selat Solo Mbak Lies: dari 14 hingga 21 ribu
  • Sambel Tumpang Pecel Bu Kis: 6 hingga 30 ribu
  • Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer: 30 hingga 50 ribu
  • Tahok Pak Citro di Pasar Gede: 8 ribu

via travel.kompas.com

Beberapa wisata kuliner malam di kota Solo yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno: kurang dari 15 ribu
  • Sate Kere Yu Rebi: 35 hingga 40 ribu
  • Soto Seger Mbok Ronggeng: 9 ribu
  • Soto Gading: 12 ribuan
  • Sate Kambing Asli Tambak Segaran: 45 ribu
  • Nasi Liwet Bu Wongso Lemu: 15 hingga 22 ribu
kuliner malam di Solo gudeg ceker

via travel.kompas.com

Akomodasi Penginapan yang Dipilih

Informasi terakhir ini berkaitan dengan akomodasi penginapan. Akomodasi penginapan di kota Solo yang dipilih haruslah sesuai bujet.

Dengan bujet liburan yang hanya 1,5 juta untuk 3 hari 3 malam membuat kamu harus memilih akomodasi penginapan yang memiliki harga inap per malamnya di bawah 300 ribu.

Beberapa akomodasi pilihan di kota Solo di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mandala Wisata Boutique Hotel: 180 ribu
  • Cakra Homestay: 150 ribu
  • Front One Cabin: 133 ribu
  • Victoria Guest House: 188 ribu

Menginap Saat Liburan Murah? Ya di Bobobox

Sehabis pulang dari liburan wisata di Kota Solo dan jika kamu berasal dari Jakarta, Bandung, ataupun Semarang, cobalah untuk menginap di Bobobox di ketiga kota tersebut.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik layaknya di masa depan. Selama menginap, Bobobox menyediakan beragam fasilitas-fasilitas keren yang siap memanjakan momen beristirahatmu.

Beberapa fasilitas-fasilitas keren di Bobobox di antaranya adalah lampu led, pengeras suara Bluetooth, QR Code untuk tiap podnya, koneksi WiFi, dan masih banyak lainnya.

Untuk pemesanan pod-nya, caranya gampang dan simpel. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Bobobox secara gratis untuk pengguna Android dan iOS melalui link ini.

Setelah terunduh, daftarkan diri atau login bagi yang sudah memiliki akun dan pesan pod yang kamu inginkan yang disesuaikan juga dengan durasi menginapmu di Bobobox. Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasinya dan selamat menginap di Bobobox.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles