Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata Baru Ke Eling Bening Saat Weekend

Semarang memang terkenal sebagai kota dengan tempat wisata sejarah dan religi seperti, halnya lawang sewu yang sudah dikenal hingga ke penjuru Indonesia. Namun, tahukah kamu jika di Semarang terdapat tempat wisata alam yang sangat menakjubkan yang bernama Eling bening. Lokasi wisata ini lebih tepatnya di sekitar Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Wisata Eling bening ini bisa kamu jadikan rekomendasi kedua setelah mengunjungi tempat wisata sejarah. Dengan keindahan yang sangat memukau, pikiran akan semakin fresh. Untuk menuju lokasi wisata ini, kamu bisa menempuhnya dengan berbagai rute. Untuk lebih jelasnya mengenai wisata Eling bening, simak ulasannya berikut ini. Karena pada ulasan kali ini akan dibahas mulai dari daya tarik Eling bening, fasilitas yang tersedia, lokasi wisata, rute menuju Eling bening dan tips berwisata di lokasi ini.

eling bening 1

Daya Tarik Eling Bening

Wisata Eling bening memang memiliki daya tarik tersendiri. Eling Bening bisa dibilang restoran di dataran tinggi yang mengusung konsep wisata keluarga, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat wisata unggulan di Ambarawa. Selain bisa menikmati makanan yang lezat, bisa juga menikmati pemandangan yang indah.

Tempat wisata Eling bening ini memiliki luas sekitar 10 hektar dengan lokasi objek yang tidak jauh dari wisata Rawa Pening. Karena dari wisata ini terlihat jelas Rawa Pening dari ketinggian. Selain itu, Ada juga bisa melihat pemandangan gunung Merbabu , gunung Andong dan Gunung Telomoyo yang berdiri gagah.

Wisata ini terbilang wisata baru, marena baru dibuka pada tahun 2015. Meski terbilang baru, wisata ini sekejap saja bisa menarik banyak wisatawan. Karena keindahan yang dimilikinya, selain Anda bisa menikmati makan bersama keluarga di wisata Eling bening ini, juga tersedia beberapa kegiatan seperti bermain outbound, hunting foto, mandi di kolam renang, tracking dan lain sebagainya.

Kini wisata Eling bening menjadi salah satu tempat wisata paling favorit di Semarang karena tersedianya fasilitas yang lengkap serta keindahan alamnya. Belum lagi lokasinya berada di dataran tinggi, sehingga udara di wisata ini cukup sejuk. Keindahannya juga terlihat jelas ketika di pagi hari dan sore hari.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, wsata Eling bening ini setiap harinya tak pernah sepi dari wisatawan. Kebanyakan pengunjung di wisata ini adalah kalangan muda yang mencari  background foto pemandangan alam. Dengan keindahannya tersebut, tak jarang juga banyak orang yang menjadikan Eling bening ini sebagai lokasi foto prewedding. Bahkan wisata ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pesta pernikahan.

Daya tarik lain di wisata Eling bening yaitu tiket yang kita beli sebelum masuk ini nantinya bisa ditukarkan dengan minuman. Setelah lelah mengambil banyak foto, kamu juga bisa mencicipi berbagai menu khas Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, tak hean heran jika wisata ini semakin banyak diminati wisatawan.

Fasilitas Tersedia di Eling Bening

eling being 3

Wisata Eling bening memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya anak-anak muda. Meski begitu, wisata Eling bening ini juga cocok dijadikan lokasi liburan keluarga. Adapun berikut ini fasilitas yang tersedia:

  • Outbound
  • Playground
  • Tempat parkir luas
  • Musholla
  • Restoran
  • Toilet
  • Camp ground
  • Kolam renang outdoor
  • Gardu pandang
  • Meeting room
  • Stage ceremonial and shows
  • Lokasi olahraga panahan
  • Hill tracking area
  • Wedding party
  • Flying fox
  • Rumah pohon dan lain sebagainya

Keunggulan dari wisata Eling bening ini tidak hanya terletak pada fasilitasnya. Namun harga tiket masuk wisata ini juga terbilang murah yaitu Rp15.000 per orang dan nantinya tiket ini bisa ditukarkan dengan minuman. Sedangkan untuk jam operasional wisata ini buka mulai pukul 9 pagi sampai jam 10 malam.

Tak hanya menyediakan tempat makan dengan harga yang murah serta pemandangan yang indah, wisata Eling bening ini juga menyediakan akomodasi atau penginapan. Bagi kamu yang ingin menginap di wisata ini juga diperbolehkan. Karena di sini tersedia lokasi camp ground untuk berkemah.

Lokasi Wisata Eling Bening

eling bening

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa wisata Eling bening ini berada di Semarang. Lebih tepatnya, wisata ini berada di Jalan Raya Bawen Ambarawa Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Untuk menuju wisata ini, sangatlah mudah. Karena hanya berjarak 36 km dari pusat Kota Semarang jika melalui jalan Semarang – Surakarta. Jika dari kota Salatiga, hanya berjarak 16 km elalui jalan nasional.

Rute Menuju Eling Bening

Untuk menuju wisata Eling bening, akses yang harus dilalui terbilang mudah. Ada 3 rute yang bisa anda gunakan untuk menuju wisata ini. Mulai dari kota Semarang, dari arah Grobogan Purwodadi, dari arah Salatiga Solo dan sekitarnya. Agar tidak salah pilih rute,  berikut ini rute menuju wisata Eling bening Ambarawa:

  • Rute dari Kota Semarang

Rute menuju wisata Eling Bening dari kota Semarang, kamu tinggal mengikuti rute dari Semarang – Tembalang – Gombel – Ungaran – Bawen – Ambarawa – Eling bening.

Lebih jelasnya setelah mengikuti rute Semarang hingga Ungaran, kamu akan bertemu dengan terminal yang berada di sebelum terminal Bawen. Setelah itu, ambil jalan ke kiri hingga menemukan pertigaan monumen Palagan dan ambil jalan ke kiri. Lanjut perjalanan hingga bertemu pertigaan lagi dan ikuti jalan tersebut hingga sampai Eling Bening.

  • Rute dari Grobogan Purwodadi

Rute menuju Eling Bening dari grobokan purwodadi, kamu bisa mengikuti  rute dari Grobogan – Godong – Kedung jati – Bringin – Tuntang – Bawen – Ambarawa – Eling Bening.

  • Rute dari arah Salatiga dan Solo

Rute menuju wisata Eling bening dari arah Salatiga dan Solo terbilang mudah, karena kamu hanya perlu mengikuti Jalan Surakarta sampai Semarang. Setelah sampai di terminal Bawen, kamu  akan bertemu dengan pertigaan, lalu ambil kiri ke arah Ambarawa atau Jogja.

Tips Berlibur ke Eling Bening

Setelah mengetahui informasi umum mengenai wisata Eling bening, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui sebagaimana berikut ini.

  • Untuk berkunjung ke wisata Eling bening, waktu yang tepat yaitu hari Senin sampai Jumat. Hal ini memberikan keuntungan tersendiri, pasalnya di hari libur tempat wisata ini banyak sekali yang mengunjungi.
  • Meski harga makanan di tempat ini terbilang terjangkau, namun kamu tetap bisa membawa bekal dari rumah agar bisa lebih hemat.
  • Untuk mengabadikan foto terbaik di Eling bening, alangkah baiknya kamu datang di waktu pagi dan sore hari.
  • Agar lebih mudah untuk menuju wisata ini, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Itulah ulasan mengenai wisata baru Eling bening ketika weekend. Bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata ini, sebaiknya menerapkan tips-tips tersebut agar tidak menyesal nantinya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa dibagikan kepada teman yang ingin mengunjungi wisata ini.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.