Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Akhir Pekan Di Bandung Tapi Bingung Mau Ke Mana? Intip Panduan Itinerary Lengkap Bob Ini!

Akhir pekan yang nggak mainstream di Bandung tuh yang kaya gimana sih?

Tempat wisata Bandung sebenarnya mencangkup banyak sekali aspek. Salah satu aspek yang digemari adalah tempat wisata yang berbasis lingkungan. Tapi jika kamu berencana untuk berkunjung ke Bandung dan bingung harus ke mana karena kendaraan yang terbatas, jangan khawatir! Bob sudah menyusun rencana wisata Bandung yang ‘nyeni’ dan anti-mainstream untuk dijadikan inspirasi. Dan tempat-tempat wisata Bandung ini tidak jauh dari pusat kota lho!

Itinerary Wisata Bandung Anti-Mainstream 

Mulai Wisata Bandung dengan Sarapan di Bubur Gibbas. Toppingnya Sampai Tumpah!
Bubur Gibbas – My Eat and Travel Story

Baik tim bubur diaduk maupun tidak, kunjungan wisata di Bandung tidak akan lengkap tanpa nyobain bubur legendaris ini! Bubur Gibbas yang terletak di Jl. Kebon Jati (di belakang mall Paskal 23) ini terkenal dengan topping dan porsi yang melimpah. Hanya dengan 25 ribuan saja kamu sudah bisa menyantap seporsi bubur spesial. Jika takut tidak habis, kamu juga bisa memesan setengah porsi saja, karena setengah porsi di Bubur Gibbas hampir setara dengan satu porsi penuh di bubur lain.

 

Menyusuri Jalan ABC dan Antri Koffie Fabriek Aroma yang Legendaris

Photoshoot di Jl ABC
Ikna & Hanny – Sorte Pictura

Setelah perut sudah penuh berkat Bubur Gibbas, waktunya mulai perjalanan wisata Bandung. Cobalah berjalan-jalan ke daerah Jalan ABC, yang berjarak hanya sekitar 15 menit dari Bubur Gibbas. Jika kamu beruntung untuk bisa datang pagi-pagi, kios dan toko-toko di sana masih tutup dan areanya lumayan sepi. Cocok banget jika kamu ingin foto-foto dengan konsep street photography di perjalanan wisata Bandung kamu tanpa harus ribet akan kendaraan lewat atau keramaian.

Kopi Aroma – minumkopi

Tidak jauh dari Jl. ABC, kamu bisa menemukan Fabriek Koffie Aroma, salah satu roaster kopi tertua dan ikonik di Bandung. Tempat Wisata di Bandung yang berdiri sejak 1930 ini terkenal dengan kopi mokka Arabika dan Robustanya. Hanya dengan harga Rp. 20.000,00, kamu sudah bisa mendapatkan 250 gram kopi mereka. Kamu pun bisa request tingkat kehalusan penggilingan, dengan menambah Rp. 5.000,00. Yang lebih menariknya adalah proses pengeraman biji kopi mereka yang bisa sampai 8 tahun lamanya. Mereka pun hanya melayani penjualan secara langsung dan membatasi pembelian kopi, dengan hanya 3 kg per pembeli.

 

Beli Roti Legendaris di Toko Sidodadi untuk Bekal Wisata Bandung

Toko Sidodadi – Travel Kompas

Tempat wisata Bandung selanjutnya termasuk salah satu toko kue dan roti yang berdiri sejak lama dan terkenal dengan reputasinya yang baik. Di Toko Sidodadi, kamu bisa menemukan segala macam roti dan kue-kue tradisional dengan harga murah. Soal rasa? Jangan ditanya deh. Coklat dalam roti coklatnya melimpah. Jika ingin roti yang asin, roti sosis mereka punya rasa yang bisa mengalahkan rasa bakerybakery di mal. Harga-harga roti mereka dimulai dari Rp. 5.000,00 saja!

 

Melepaskan Dahaga di Los Tropis

Los Tropis – Urban Radio Bandung

Ketika hari mulai panas, kamu bisa segarkan dirimu dengan pergi ke Los Tropis di Jl. Gempol, dekat dengan tempat wisata Bandung Kupat Tahu Gempol terkenal itu. Di sini, mereka menyediakan berbagai macam jus buah dengan buah yang berkualitas dan bisa kamu kombinasikan sesuai hati. Selain itu, mereka juga menyediakan buah potong jika kamu ingin ngemil sehat. Harga jus mereka hanya sekitar 20 ribuan saja.

 

Bercengkrama dengan Seniman di Sanggar Olah Seni Babakan Siliwangi

Sanggar Olah Seni – beritabaik

Jika kamu pergi ke dekat daerah ITB, tidak jauh dari sana terdapat sebuah tempat bernama Forest Walk Babakan Siliwangi. Jalan lebih dalam, terdapat Sanggar Olah Seni. Pada tempat wisata Bandung ini, kamu bisa menemui berbagai karya seniman-seniman keren asal Bandung. Selain itu, Sanggar Olah Seni pun sesekali sering mengadakan workshop-workshop keren seperti workshop melukis sampai sculpting. Tempat wisata Bandung ini pas banget untuk memuaskan sisi kreatifmu!

 

Makan Siang dengan Soul Food Khas Indonesia di Gang Nikmat

Gang Nikmat – Instagram

Jika mulai lapar dan ingin mencari hal yang beda atau yang tempat kuliner wisata Bandung yang hipster tapi tetap Indonesia banget, melipirlah ke daerah Cihapit. Dalam sebuah gang, terdapat hidden gem yang dinamai sesuai lokasinya, Gang Nikmat. Petunjuk dalam Google Maps akan sangat membantu jika kamu merasa tersesat mencari tempat wisata Bandung ini.

Teri Honje Telur Tempura Gang Nikmat – Instagram

Di Gang Nikmat, kamu bisa mencoba berbagai kuliner lokal dengan twist seperti Teri Honje Telur Tempura, Ayam Gulung Telur Asin dan Spicy Kailan Crispy untuk teman nasi. Selain itu, jika kamu pecinta kopi manis, kopi susu mereka worth to try juga. Menu mereka dimulai dari harga 20 ribuan saja.

 

Ngadem dan Melihat Karya Seni di Selasar Sunaryo

Selasar Sunaryo – hksidhartha

Jika suasana kota mulai panas, coba kabur ke wisata Bandung ini yang terletak di kawasan Dago Atas. Di Selasar Sunaryo, kamu bisa ngadem sambil melihat berbagai lukisan. Sesuai dengan namanya, galeri ini merupakan realisasi dari impian Sunaryo dan didirikan pada tahun 1998. Sunaryo sendiri terkenal atas karya-karya seninya baik lukisan maupun patung dan keramik yang bernada kontemporer. Selain menjadi galeri, Selasar Sunaryo juga menjadi sebuah residensi untuk banyak seniman-seniman muda.

Untuk mengunjungi galeri ini, kamu cukup membeli tiket seharga Rp. 25.000,00 saja. Selain galeri dan taman, tempat wisata Bandung ini pun punya coffee shopnya sendiri lho, namanya Kopi Selasar. Di Kopi Selasar, kamu juga bisa membeli berbagai macam cenderamata.

 

Mengintip Perjalanan Spiritual Seniman Lokal di Wot Batu

Wot Batu – Tara Basro

Baru-baru ini, tempat wisata Bandung ini ramai dibicarakan setelah menjadi venue pernikahan salah satu aktris terkenal, Tara Basro. Tempat wisata Bandung yang sama-sama didirikan oleh seniman terkenal Sunaryo ini terletak hanya beberapa meter dari Selasar Sunaryo. Untuk memasuki Wot Batu, kamu perlu reservasi tiketnya terlebih dahulu. Harga tiketnya Rp. 50.000,00 per orang.

Wot Batu

Di Wot Batu, kamu bisa menjumpai berbagai instalasi batu-batu yang merupakan visualisasi atas jembatan perjalanan spiritual sang seniman, Sunaryo. Terdiri dari 11 instalasi bebatuan yang berbeda, kamu bisa melihat filosofi terlahirnya manusia sampai akhir hayatnya. Art space ini punya vibe yang bener-bener tentram dan harmonis. Bener-bener penyegaran banget dari penatnya kesibukan kota.

 

Ngopi Sore di Kozi Coffee 2.0 x Budaraa

Kozi Coffee – Otten Coffee

Jika kamu ingin rehat sebentar, coffee shop yang terletak tidak jauh dari tempat wisata Bandung sebelumnya ini menyediakan ambience yang super nyaman. Kozi Coffee ini terkenal dengan kosangsu mereka yang unik. Kosangsu merupakan kopi dengan sirup pisang susu. Selain itu, kamu bisa request untuk tambahan pillow atau whipped cream diatasnya. Harga kopinya tidak lebih dari Rp.25.000,00an saja kok!

Ice Skating di Gardenice PVJ Bandung

Gardenice – Anggia Ningrum

Tempat wisata Bandung selanjutnya terletak di salah satu mal terbesar di Bandung, yaitu Gardenice PVJ Bandung. Dengan harga sekitar 100 ribuan, kamu sudah bisa merasakan pengalam ice skating. Jangan takut jika ini kali pertama skating karena di setiap sisinya dilengkapi railing untuk pegangan. Cocok banget untuk date night atau mengajak anak-anak kecil.

 

Wisata Bandung Malam Hari dengan Kulineran di Cibadak dan Sudirman Street

wisata bandung malam
Cibadak Culinary Night – Trip Canvas

Lanjutkan wisata Bandung kamu dengan menyisir Cibadak Culinary Night dan Sudirman Street. Di sana, kamu bisa menemukan berbagai macam street food mulai dari Bola Ubi Gardujati yang terkenal sampai Samcan Epenk yang gurih. Jika kamu punya nyali yang kuat, kamu juga bisa mencoba hidangan swike. Selain itu, Wedang Ronde Jahe Alkateri yang terkenal itu bisa kamu temukan di sini untuk menghangatkan perutmu dari dinginnya Bandung pada malam hari.

 

Mengakhiri wisata Bandung dengan Nginep di Bobobox Pods Dago

main lampu kuning bobobox
Bobobox Pods Hotel Dago

Akhiri wisata Bandung kamu dengan menghabiskan malam di hotel kapsul unik ini. Bobobox pods dilengkapi banyak fitur seperti bluetooth speaker dan adjustable light yang akan membuat pengalaman beristirahatmu jadi makin asyik. Jika kamu berencana untuk mencari jajanan pasar untuk sarapan, Bobobox Dago letaknya dekat dengan toko Sari-Sari yang legendaris. Yuk download aplikasinya sekarang untuk mendapatkan promo menarik!

You might also like