Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

6 Tempat Wisata Backpacker Di Cirebon Yang Ngehits!

Bingung mau ngapain aja saat wisata backpacker di Cirebon? Berikut infonya!

Wisata backpacker menjadi salah satu alternatif yang dipilih sebagian besar orang agar dapat liburan secara hemat juga menantang. Salah satu kota di Indonesia yang banyak dipilih dan paling pas dituju para backpacker untuk melakukan travelling adalah Kota Cirebon. Selain memiliki banyak pilihan wisata backpacker, Kota Cirebon pun dikenal ramah wisatawan sehingga para backpacker tidak perlu khawatir menjelajahi wisata backpacker di Kota Cirebon.

Wisata backpacker pun akan semakin seru saat kamu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai budaya tempat yan kam kunjungi. Seperti yang kamu ketahui, Kota Cirebon kaya akan budaya juga kulinernya yang lezat. Kamu bisa manfaatkan kesempatan berlibur kamu di Kota Cirebon sambil mempelajari budayanya secara dekat sekaligus mencicipi ragam kulinernya yang menggugah selera.

Selain wisata kuliner dan budaya, Kota Cirebon juga memiliki beberapa pilihan destinasi wisata alam yang murah meriah. Lalu seperti apa saja spot wisata backpacker yang paling pas untuk dikunjungi di Kota Cirebon? Bob sudah merangkum beberapa tempat wisata dan kegiatan yang bisa kamu lakukan saat wisata backpacker di Kota Cirebon sepeti berikut ini!

wisata backpacker
@rahardi_b

1. Danau Setu Patok

Destinasi wisata backpacker yang pertama akan Bob bahas adalah tempat yang paling pas untuk para backpacker melepas penat dan lelah setelah perjlanan yang panjang. Danau Setu Petok merupakan salah satu wisata backpacker Kota Cirebon yang menawarkan pemandangan indah. Danau Seto Petok terdiri dari perairan luas yang menyejukkan dan juga pepohonan hijau nan asri.

Danau Seto petok berlokasi di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Waktu terbaik untuk kamu mengunjungi Danau Setu Petok adalah pada saat sore hari karena cuacanya tidak terlalu panas. Selain itu jika kamu mengunjungi Danau Seto Peto pada sore hari maka kamu mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam yang cantik dari tepi danau. Kurang menantang? Kamu bisa menyewa perahu motor di danau untuk mengelilingi area perairan Setu Patok. Seru banget!

2. Wisata Backpacker Kota Cirebon: Kura-kura Belawa

Wisata backpacker di Kota Cirebon selanjutnya adalah lokasi konservasi kura-kura yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Di tempat ini kamu bisa menambah pengetahuan mengenai kura-kura. Salah satu hal unik yang bisa kamu temui di tempat ini adalah spesies kura-kura yang berusia 150 tahun! Dengan usianya yang telah mencapai usia 150 tahun bisa dibayangkan bahwa kura-kura ini memiliki tubuh yang cukup besar.

Faktanya kura-kura berusia 150 tahun ini memiliki bobot tubuh mencapai 80 kilogram. Cangkang kura-kura ini memiliki lebar sekitar 1 meter. Wisata kura-kura Belawa ini berlokasi di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Selain mengabiskan waktu dengan mengamati kura-kura, mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitarnya yang masih bersih dan asri.

@gunung_ciremai

3. Taman Nasional Gunung Ciremai

Jika kamu termasuk salah satu backpacker yang senang bertualang maka wisata backpacker ini wajib banget kamu kunjungi saat berada di Kota Cirebon. Wisata backpacker Kota Cirebon yang menjadi surga para wisatawan untuk melakukan penjelajahan yang seru adalah Taman Nasional Gunung Ciremai. Jalur pendakian gunung satu ini cukup menantang, oleh karena itu jika kamu memiliki tujuan sampai mencapai puncak Gunung Ciremai jangan lupa lakukan beragam persiapan secara matang.

Jika kamu termasuk seseorang yang kurang menyukai agenda mendaki kamu juga tak perlu khawatir. Kamu juga bisa sekedar bersantai di sekitaran kaki Gunung Ciremai yang juga menawakan pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu bisa menemukan curug dan danau yang asri disekitar kaki Gunung Ciremai. Jangan lupa untuk ambil beberapa foto untuk kamu unggah ke sosial media!

4. Main Ke Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi merupakan salah satu adalah salah satu wisata backpacker Kota Cirebon yang cukup populer. Wisata backpacker ini Bob rekomendasikan untuk kamu kunjungi saat kamu berlibur ke Kota Cirebon. Lokasi Gua Sunyaragi yang berada tak jauh dari pusat kota Cirebon membuat wisata backpacker yang satu ini mudah kamu jangkau. gua Sunyaragi ini berlokasi di Jalan Brigjen AR Dharsono.

Wisata backpacker ini sangat menarik untuk kamu kunjungi. Wisata gua ini memiliki sedikit kemiripan dengan sebuah candi namun memiliki desain arsitektur yang benar-benar berbeda dengan candi di Jawa pada umumnya. Menurut salah satu penjelasan pemandu di sekitar kawasan wisata gua ini, arsitektur unik Gua Sunyaragi ini bisa terwujud karena pembuatnya tidak mau Gua Sunyaragi sama dengan bentuk candi Hindu dan Buddha.

Hal ini bekaitan dengan waktu pembangunan Gua Sunyaragi yang bertepatan dengan waktu kesultanan Cirebon yang menganut agama Islam memerintah. Pembuatan candi dengan relief yang menggambarkan makhluk hidup memang dilarang dalam ajaran agama islam.

Oleh karena itu, Gua Sunyaragi ini dibuat abstrak dan dibangun dengan bebatuan karang dari laut selatan. Bagi kamu penggemar wisata backpacker yang kaya akan sejarah dan juga pemburu foto Instagram, Gua Sunyaragi ini Bob jamin akan menjadi tempat wisata favorit kamu di Kota Cirebon!

@AyoCirebon.com

5. Mengagumi Koleksi Keraton Kasepuhan Cirebon

Jika kamu adalah seorang backpacker yang tidak memiliki cukup banyak waktu menjelajahi wisata backpacker Kota Cirebon maka wisata backpacker yang satu ini patut untuk kamu kunjungi. Koleksi Keraton Kasepuhan Kota Cirebon ini tak kalah keren dengan koleksi Keraton Yogyakarta atau Keraton Kasunanan Solo lho. Kamu bisa menyaksikan banyak koleksi keraton di tempat ini.

Beberapa contoh koleksi yang dipajang di Keraton Kesepuhan Cirebon ini diantaranya adalah koleksi keris, baju zirah buatan Portugis dan beberapa senjata perang. Kamu juga bisa menyaksikan langsung Kereta Kencana Sultan Gunung Jati yang dikenal harus “dimandikan” tiap satu syawal. Selain itu kamu juga bisa melihat lukisan Prabu Siliwangi bersama seekor macan yang menarik perhatian banyak pengunjung. Selain koleksinya yang keren, harga tiket masuknya pun cukup terjangkau. Tertarik main ke wisata backpacker yang satu ini?

6. Jalan-Jalan Sore Di Kota Cirebon

Kamu juga bisa mengahabiskan waktu berjalan kaki di sekitar kawasan Balai Kota Cirebon dan Masjid Agung Cirebon yang konon diceritakan dibangun hanya dalam waktu semalam saja. Trotoarnya yang luas membuat Kota Cirebon ramah untuk pejalan kaki. Kamu tak perlu takut berjalan kaki dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk mencoba beberapa jajanan dan kulinernya ya!

Hampir semua wisata backpacker di Kota Cirebon di atas dibanderol dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Tentunya tempat wisata Kota Cirebon ini sangat cocok untuk dikunjungi para backpacker yang ingin liburan hemat. Jika kamu masih ingin berhemat sambil liburan nyaman, kamu bisa memilih akomodasi yang juga ramah kantong namun tetap nyaman.

Bobobox merupakan salah satu akomodasi yang menawarkan pengalaman menginap yang nyaman dengan harga terjangkau.  Kamu bisa unduh aplikasi Bobobox untuk melakukan pemesanan. Bob pun cukup sering lho memberikan promo menarik di aplikasi Bobobox. Yuk unduh aplikasinya sekarang!

bobobox kota lama

You might also like