Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mau Liburan? Inilah 5 Wisata Aman yang Wajib Kamu Kunjungi!

Yuk kunjungi wisata aman ini tanpa perlu khawatir keamanan dan kebersihannya!

Wisata aman menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk pergi berlibur di masa new normal ini. Setelah beberapa bulan terkurung di dalam rumah karena menjalankan himbauan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) banyak masyarakat yang menanti pemberlakuan new normal. New normal atau era kelaziman baru bukan berarti masa pandemi di Indonesia telah selesai.

Di era new normal pun bukan berarti kamu bisa beraktivitas biasa seperti sebelum masa pandemi terjadi. New normal adalah sebuah kebijakan cara beraktivitas dengan berbagai kebiasaan baru untuk memutus rantai penyebaran infeksi virus corona yang mungkin terjadi.

Begitu pula dengan masalah pergi liburan, saat new normal dimulai bukan berarti kamu bisa sembarangan datang ke tempat wisata. Kamu perlu memastikan apakah tempat wisata tersebut aman dan mengikuti protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah dan tenaga medis? Lalu wisata aman apa sajakah yang bisa kamu kunjungi? Yuk simak informasi berikut ini!

1. Wisata Aman: Taman Mini Indonesia Indah

Saat pandemi virus corona mewabah di Indonesia banyak tempat wisata yang kemudian ditutup tak terkecuali TMII atau Taman Mini Indonesia Indah. Memasuki era new normal ini pengelola TMII akan kembali membuka tempat wisata ini sebagai destinasi wisata aman dengan membatasi jumlah pengunjung. Selain itu wisata aman ini pun akan mengalami perubahan jam operasional.

Jika sebelum pandemi virus corona waktu operasional TMII dibuka hingga pukul 22.00 WIB maka pada era new normal pelayanan penjualan tiket dibuka pukul 08.00-16.00 WIB. Secara operasional TMII akan ditutup pada sore hari pukul 18.00 WIB. Dibukanya TMII memberikan angin segar kepada masyarakat yang sudah mulai jenuh berdiam diri di rumah dan membutuhkan rekreasi dengan berkunjung ke tempat wisata aman.

Jika kamu bukan waga Jakata kamu tak perlu khawatir karena wisata aman ini tidak memiliki peraturan khusus bahwa pengunjung harus memiliki KTP DKI Jakarta. Sebagai upaya pencegahan penyebaran infeksi virus maka kebijakan social distancing tetap akan diberlakukan di tempat wisata aman ini. Selain itu pihak pengelola pun akan membatasi jumlah wisatawan yang datang yaitu hanya sebanyak 50 persen dari total kapasitas tampung wisatawan sekitar 60 ribu orang.

@BeritaSatu.com

2. Wisata Aman: Taman Margasatwa Ragunan

Wisata aman selanjutnya adalah Taman Margasatwa Ragunan. Sama halnya dengan TMII, Taman Margasatwa Ragunan pun menerapkan perubahan waktu operasional menjadi pukul 08.00-13.00 WIB. Penjualan tiket masuk pun diberlakukan secara online dan bisa dibeli mulai H-1. Wisata aman ini pun memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung dengan maksimal 1.000 pengunjung.

Pembelian tiket secara online ini pun dapat memudahkan pihak manajemen untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. Selain itu jumlah pengunjung yang terkontrol dapat mempermudah pengelola dalam hal pengawasan aspek physical distancing. Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan maka kamu harus memerhatikan beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum melakukan pembelian tiket.

Taman Margasatwa Ragunan melarang pengunjung dengan kriteria ibu hamil, anak-anak usia di bawah 9 tahun, dan lansia usia 60 tahun. Selama berwisata di Ragunan pada pembukaan fase pertama, pengunjung wajib mengikuti sejumlah aturan di antaranya protokol kesehatan. Jangan lupa untuk senantiasa menggunakan masker dan membawa serta hand sanitizer. Pastikan juga kamu dalam kondisi yang sehat dengan suhu tubuh tidak lebih dari 37,5 derajat celcius.

Saat berada di kawasan Taman Margasatwa Ragunan semua pengunjung tidak diperbolehkan bergerombol lebih dari lima orang pada satu titik. Oleh karena itu pastikan untuk tetap menjaga jarak fisik. Yuk tunggu apalagi ajak keluarga terdekat kamu untuk berlibur ke sini!

@dream.co.id

3. Wisata Aman: Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol pun dikabarkan akan kembali dibuka dengan tetap berpatokan pada protokol kesehatan selama PSBB masa transisi. Oleh karena itu pihak manajemen kemudian memutuskan untuk membatasi jumlah pengunjung  sebanyak 50 persen dari kapasitas normal. Pihak manajemen pun melarang masuk anak dibawah 5 tahun, ibu hamil, dan lansia (usia 50 tahun dan di atasnya) ke dalam kawasan rekreasi Ancol dengan alasan keamanan.

Seperti yang kita ketahui bersama ibu hamil, anak-anak dibawah 5 tahun, dan lansia masuk ke dalam kategori rentan terkena penularan virus corona. Bagi kamu yang teratrik untuk mengunjugi wisata aman ini kamu bisa melakukan pembelian tiket secara online yang telah dibuka sejak 13 Juni 2020 yang lalu. Kamu pun diwajibkan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum melakukan kunjungan.

Pembukaan Taman Impian Jaya Ancol menjadi sebuah permulaan sebelum pembukaan beberapa unit rekreasi lainnya. Pembukaan unit rekreasi akan dilakukan secara bertahap mulai dari kawasan Pantai, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Dunia Fantasi (Dufan), Ocean Dream Samudra, dan Sea World Ancol. Pembukaan secara bertahap pun berlaku dengan beberapa restoran yang berada di dalam kawasan itu.

4. Wisata Aman: Pantai Baron

Bagi kamu yang berada atau akan mengunjungi Kota Yogyakarta maka tempat wisata ini patut untuk kamu kunjungi. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta telah melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Salah satu tempat wisata yang dibuka untuk umum adalah Pantai Baron.

wisata aman
@Pantainesia

Pantai Baron berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul dengan jarak sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta. Hal yang membuat Pantai Baron istimewa dan diminati banyak pengunjung adalah keindahan sungai bawah tanah yang mengalir deras ke arah lautan. Meskipun sungai ini berada sangat dekat dengan laut namun air sungai bawah tanah tersebut rasanya tidak asin dan tetap memperahankan ketawarannya.

Bagi kamu yang tidak tertarik bermain di bibir pantai karena ombaknya yang besar kamu bisa bermain air dan berenang di aliran sungai tersebut. Selain keindahannya yang memesona, wisata aman ini pun dikenal memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat pelelangan ikan, wahana bermain anak-anak, perahu bermesin, dan juga toko cinderamata.

5. Wisata Aman: Telaga Sunyi

Wisata aman yang terakhir adalah tempat wisata di kawasan Baturraden. Saat new normal mulai diberlakukan terdapat sejumlah wisata aman yang siap dibuka. Baturraden merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah yang siap membuka pintu bagi kamu dan wisatawan lainnya yang ingin datang berkunjung. Salah satu wisata aman yang akan dibuka adalah Telaga Sunyi. Sesuai dengan namanya, Telaga Sunyi merupakan wisata aman yang sunyi dan tenang di Baturraden.

Kesunyiannya membuat wisata aman ini banyak diminati wisatawan karena cocok untuk menghilangkan penat terutama setelah berbulan-bulan berdiam di rumah. Telaga Sunyi hanya satu diantara banyak surga alam tersembunyi di Indonesia. Yuk jelajahi indahnya alam Indonesia dan mulai berpetualang!

Bobobox kini sudah hadir di beberapa kota di Indonesia, lho! Bob dengan senang hati menemani misi penjelajahan surga tersembunyi di Indonesia dengan menawarkan pengalaman menginap yang seru dan nyaman! Yuk unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk mendapatkan promo menariknya!

bobobox