Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wisata Alam ke Djawatan Perhutani Benculuk, Banyuwangi

Wisata alam

Musim liburan sudah di depan mata, kamu sudah punya rencana mau kemana? Untuk melepas penat kamu selama setahun belakangan ini, tidak ada salahnya kalau kamu kembali ke alam. Dengan berwisata alam, kamu akhirnya bisa menghirup udara segar yang dapat menyejukkan tubuh serta pikiran kamu.

Lokasi


Salah satu tujuan wisata alam yang dapat kamu datangi adalah Hutan De Djawatan yang terletak di provinsi Jawa Timur, tepatnya di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi. Hutan yang satu ini menawarkan kesejukan alam di bawah rimbunan pohon trembesi tua nan raksasa.

Wisata alam yang satu ini sebenarnya bukanlah sebuah hutan, melainkan bekas lahan penyimpanan kayu milik Jawatan Perhutani dan tempat pengelolaan kereta api. Maka dari itu, tempat ini dinamakan De Djawatan.

Karena pepohonannya yang besar dan rimbun layaknya di hutan, maka tak heran bahwa tempat ini dianggap sebagai sebuah hutan. Uniknya lagi, tempat wisata alam yang satu ini juga dijadikan sebagai daerah resapan air.

Tumbuhan paku-pakuan yang menjuntai dari cabang pohon menambah keunikan dan keindahan dari hutan ini. Berdiri di bawah pepohonan De Djawatan, kamu serasa berada di sebuah negeri dongeng dengan segala misterinya.

Selain pohon trembesi, di sini kamu juga akan mendapati jenis tanaman lainnya seperti pohon jati, tumbuhan wesah, jamur kepong, tumbuhan santinet, salak liar, dan pohon kelengkeng.

Akses menuju wisata alam yang satu ini juga cukup mudah karena lokasinya terletak tida jauh dar jalan raya. Jika kamu datang dar arah Banyuwangi kota, maka kamu akan menempuh waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke De Djawatan.

Nah kalau kamu menggunakan angkutan umum, kamu harus singgah ke terminal Karangente terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa naik bus jurusan Banyuwangi-Jember dan turun di lampu merah. Setelah itu, kamu hanya perlu berjalan kaki dar lampu merah sekitar 100 meter.

Aktivitas

Selain menikmati keindahan dan kesejukan hutan, bagi kamu yang suka berfoto, tempat ini menyuguhkan spot-spot foto yang membuat hasil jepretan kamu terlihat magis dan instragamable banget.

Tak hanya itu, di sini pun kamu bisa melakukan aktivitas lain (dengan biaya tambahan) seperti memancing, arung jeram, tubing, ATV, flying fox, dan berkeliling dengan dokar.

Arung jeram dan tubing adalah wahana ekstrem yang cukup diminati pengunjung dan tersedia di sungai dekat Djawatan.
Nah buat kamu yang tidak ingin cape berjalan dan lebih memilih untuk menjelajahi dan menikmati keindahan hutan kecil ini dengan dokar, kamu hanya cukup merogoh kocek sekitar Rp 10.000 saja.

Atau, kamu bisa duduk-duduk santai sambil berpiknik dan merasakan udara sejuk yang menyelimuti hutan tersebut masuk ke dalam pori-pori kamu.

Bagi kamu yang sedang bingung mencari spot foto untuk pre-wedding, kamu juga bisa datang ke sini karena keindahan hutan ini layak kamu abadikan dalam rangkaian foto kisah cinta kamu.

Fasilitas

Untuk memasuki kawasan hutan ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp 5.000 plus biaya parkir bagi kamu yang membawa kendaraan.

Selain lahan parkir, tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang meliputi musala, toilet, Wi-Fi, lapangan bola, lapangan tenis, lapangan karate, minimarket, warung kopi, kantin, tempat sampah, dan sungai pemancingan.

Untuk masalah akomodasi, kamu tidak usah khawatir. Mampir saja ke Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini menyuguhkan kesederhanaan, kemudahan, kenyamanan, dan tentunya harga yang terjangkau. Bobobox dilengkapi dengan fiturkunci pintar, B-Pad, dan Wi-Fi. Yuk segera berkemas dan dapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan di Bobobox.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.