Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Wisata Alam di Gunung Kerinci yang Wajib Kamu Eksplorasi

Siap memberikan keseruan untuk liburanmu

Bobobox.co.id — Gunung Kerinci di Provinsi Jambi memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Maka, tidak mengherankan jika banyak wisatawan mencoba untuk mengunjungi tempat wisata alam tersebut.

Penasaran tempat wisata alam mana saja yang wajib kamu eksplorasi saat liburan di Gunung Kerinci? Berikut merupakan 10 tempat wisata alam yang merupakan rekomendasi dari Bob.

Rawa Bento

Alamat: Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung Tujuh, Kerinci

Tempat wisata alam pertama yang ada pada daftar ini adalah Rawa Bento. Terkenal sebagai salah satu rawa tertinggi di dunia, Rawa Bento berada di ketinggian 1300 mdpl dan mempunyai luas area rawanya yang mencapai kurang lebih 1000 hektar.

Untuk bisa menikmati keindahan alamnya yang mengagumkan, kamu perlu menaiki perahu kano yang bisa kalian sewa dari penduduk setempat. Saat berkeliling menggunakan kano, kamu bisa melihat keindahan alamnya yang mengagumkan dan juga berbagai jenis burung yang hidup di Rawa Bento.

wisata alam rawa bento
via travelingyuk.com

Danau Kaco

Alamat: Dusun Baru Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci

Selanjutnya, kamu pun bisa pergi ke Dusun Baru Lempur di mana Danau Kaco berada. Danau Kaco sendiri memiliki arti danau kaca pada bahasa lokal. Hal ini dimaksudkan terhadap air danaunya yang jernih sebening kaca. Tak heran jika banyak orang yang berfoto-foto di tempat wisata alam ini.

Untuk menikmati kecantikan air danaunya lebih maksimal, banyak yang menyarankan untuk datang di malam bulan purnama. Warna kebiruan dari danau ini dipercaya dapat memantulkan cahaya yang sangat indah dari pantulan bulan.

via kerinciparadise.com

Bukit Khayangan

Alamat: Desa Renah Kayu Embum, Kecamatan Kumun Debai, Sungai Penuh

Bukit Khayangan menjadi destinasi wisata alam selanjutnya. Dikelilingi oleh panorama alam yang hijau nan menawan, kamu bisa merasakan udara yang sejuk ditambah dengan suasana yang asri saat kamu berkunjung ke tempat wisata alam di Kerinci ini.

Bukit Khayang ini berada di ketinggian 2000 mdpl. Tak heran, jika di saat cuaca cerah, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan dengan jelas Kota Sungai Penuh dan Danau Kerinci dari Puncak Bukit Khayangan ini.

via pegipegi.com

Goa Kasah

Alamat: Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci

Jika kamu termasuk salah satu yang senang dengan petualangan ke gua-gua saat liburan, maka tempat wisata alam di sekitar Gunung Kerinci ini jadi jawabannya. Goa Kasah menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi.

Ditemukan pada tahun 1963, goa dengan panjang 150 meter ini menyimpan banyak peninggalan masa purbakala yang bisa kamu lihat secara langsung saat berjalan di dalam goa ini. Struktur goa ini sendiri layaknya lorong kamar.

via tempatwisata.pro

Perkebunan Teh Kayu Aro

Alamat: Desa Lindung Jaya, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci

Liburan ke dataran tinggi macam Gunung Kerinci, wisata alam di perkebunan teh menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Perkebunan Teh Kayu Aro adalah tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di sekitaran Gunung Kerinci. Panorama yang indah menjadi salah satu daya tarik perkebunan ini.

Perkebunan yang merupakan peninggalan Belanda dan yang pertama juga tertua di Indonesia ini menawarkan udara di sekitar kawasan perkebunan yang segar dan sejuk. Udara yang seperti ini tentu jarang kamu rasakan di perkotaan yang penuh dengan polusi udara dari kendaraan-kendaraan yang hilir mudik.

via travelingyuk.com

Air Panas Semurup

Alamat: Jalan Wisata Air Panas Semurup No. 1, Desa Koto Baru Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kerinci

Ke daerah wisata alam pegunungan yang berada di dataran tinggi tentu tidak afdal rasanya jika tidak mencoba untuk berendam di pemandian air panas. Di dekat Gunung Kerinci, kamu bisa merasakan sensasi tersebut di Air Panas Semurup.

Air Panas Semurup ini merupakan sumber mata air panas yang terbentuk karena aktivitas vulkanik. Saat akan berendam di sini, tanyakan terlebih dahulu kepada petugas setempat titik mana saja yang suhu airnya cukup hangat untuk berendam. Pasalnya, di beberapa titik tertentu, suhu airnya sangat panas yang berbahaya bagi manusia.

via ksmtour.com

Danau Kerinci

Alamat: Kecamatan Keliling Danau dan Kecamatan Danau Kerinci

Tempat wisata alam populer selanjutnya yang ada di sekitaran Gunung Kerinci adalah Danau Kerinci. Danau vulkanik ini menawarkan pengalaman menarik yang siap membuatmu semakin betah selama liburan di Kerinci, Jambi. Menikmati keindahan panorama dan kumpulan Burung Belibis menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.

Selain hanya bersantai-santai menikmati keindahan panoramanya, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas lainnya. Beberapa di antaranya adalah berenang, memancing, hingga berkemah di sekitar Danau Kerinci. Tak ketinggalan setelah beraktivitas, kamu bisa mencicipi kuliner khas Kabupaten Kerinci seperti Beras Payo, Gulai Ikan Semah, dan lainnya.

via kerincitime.co.id

Taman Nasional Kerinci Seblat

Alamat: Melintang di empat provinsi (Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu)

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) menjadi tempat wisata alam selanjutnya yang bisa kamu eksplorasi saat liburan ke Gunung Kerinci. Taman nasional yang berada di empat provinsi langsung ini menjadi habitat alami banyak hewan-hewan yang dilindungi seperti Harimau Sumatera, Gajah Sumatera, dan masih banyak lainnya.

Walaupun sudah diitasbihkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, masih banyak oknum-oknum jail yang menebang pohon-pohon yang ada di hutan di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Tak mengherankan jika keindahan alam di taman nasional ini semakin tahun semakin rusak karena ulah-ulah jail oknum tersebut.

via wikimedia.org

Air Terjun Telun Berasap

Alamat: Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kerinci

Tak puas dengan wisata alam di danau ataupun bukit, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi air terjun yang berada di Desa Telun Berasap. Sesuai dengan nama desa yang menjadi lokasi air terjun ini, Air Terjun Telun Berasap ini menawarkan pemandangan aliran air terjun yang memanjakan mata.

Bayangkan saja, saat berada di bawah sinar matahari, aliran air terjun ini akan memantulkan cahaya yang menghasilkan warna-warna yang indah. Hal ini ditambah dengan percikan-percikan dari aliran air terjunnya yang menyerupai kabut asap. Sebuah kombinasi yang ciamik dari alam di Kabupaten Kerinci ini.

via travelingyuk.com

Air Terjun Talang Kemulun

Alamat: di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat

Tempat wisata alam di sekitaran Gunung Kerinci yang wajib kamu eksplorasi adalah Air Terjun Talang Kemulun. Air Terjun Talang Kemulun ini digadang-gadang sebagai salah satu hidden gem yang ada di sekitar Gunung Kerinci karena keindahan aliran air terjunnya.

Untuk bisa sampai ke sini, kamu harus menyusuri jalan yang merupakan hutan di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan berjalan kaki. Waktu tempuhnya bervariasi tergantung seberapa cepat kamu berjalan dan seberapa lama kamu beristirahat. Namun, biasanya bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

via ayonongkrong.com

Menginap dengan Harga Terjangkau? Bobobox Jawabannnya

Bingung dalam memilih tempat menginap dengan harga terjangkau? Tak usah pusing karena Bob tahu jawaban yang kamu butuhkan. Jawaban tersebut adalah Bobobox.

Hotel kapsul ini menawarkan harga inap per malam yang murah namun dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni untukmu menginap. Mau memesan podnya? Tinggal unduh aplikasi Bobobox melalui link ini.

kamar bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.