Wisata Penguji Adrenalin: Ini Dia Rute, Fun Facts, dan Potret Keindahan Wisata Alam Gumuk Reco Semarang

Wisata Penguji Adrenalin: Ini Dia Rute, Fun Facts, dan Potret Keindahan Wisata Alam Gumuk Reco Semarang

Semarang tak habis-habisnya menyuguhkan destinasi wisata alam yang seru dan menyenangkan. Selain pemandangan alam yang memukau, tempat wisata alam di Semarang juga kerap menawarkan fasilitas wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Salah satu lokasi yang wajib kamu datangi adalah Gumuk Reco Semarang. Destinasi wisata ini terletak di Dusun Kenongo, Desa Wisata Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sekitar 58 kilometer dari pusat Kota Semarang.

Gumuk Reco Semarang menawarkan daya tarik berupa wisata untuk memicu adrenalin dengan beragam wahana yang terletak di pinggir tebing. Tak hanya itu, pemandangan perbukitan yang sangat memesona serta hamparan sawah yang terlihat dari ketinggian juga sangat enak dipandang mata.

Letaknya yang berada di kaki Gunung Telomoyo juga membuat Gumuk Reco memiliki udara yang sejuk. Pemandangan dan udara ini tentu sangatlah cocok untuk kamu yang ingin refreshing sejenak dari hiruk-pikuk kota dan pekerjaan sehari-hari.

Lanskap khas perbukitan yang memanjakan mata ini juga sangat pas untuk menjadi latar foto yang sangat instagenic untuk dipajang di media sosialmu. Terbayang ‘kan betapa menarik, seru, dan instagrammable-nya destinasi wisata satu ini?

Hal itu pula-lah yang memancing antusiasme wisatawan untuk mengunjungi Gumuk Reco. Kendati baru dibuka Februari 2017 silam, Gumuk Reco langsung ramai dikunjungi. Bahkan, konten yang meliput destinasi wisata ini juga langsung viral karena sering diunggah oleh warganet.

Rute menuju Gumuk Reco Semarang

Rute perjalanan menuju Gumuk Reco sangatlah mudah. Jika kamu bertolak dari Kota Semarang, kamu hanya perlu menuju ke jalur Ambarawa. Dari pusat kota, arahkan kendaraanmu menuju pertigaan Bawen. Kemudian, belok kanan menuju Jalan Lingkar Ambarawa.

Ikuti jalan hingga kamu bertemu perempatan lampu merah pertama, lalu belok kiri. Ikuti jalan sampai kamu menemukan pertigaan yang berdekatan dengan Pasar Legi, lalu belok kiri. Tak lama, kamu akan sampai ke lokasi Gumuk Reco Semarang.

Selain rute tersebut, kamu juga bisa melewati Ungaran untuk sampai di Gumuk Reco. Dari Ungaran, terus ikuti jalan menuju ke arah Salatiga. Setelah melewati wisata Cimory, tetaplah lurus hingga melewati SPBU Bawen. Tak jauh dari SPBU Bawen, kamu akan menemukan pertigaan. Belok ke kanan, untuk menuju ke arah Magelang dan Yogyakarta.

Ikuti jalan sampai bertemu dengan pertigaan, lalu beloklah ke kiri dan menuju ke arah RSUD Ambarawa. Tetaplah ikuti jalur utama hingga kamu menemukan perempatan di dekat Gedung IPHI. Belok kiri, kemudian lurus hingga Pasar Gilang dan SDN 2 Tegaron. Setelah SD, belok kiri dan ikuti jalan sampai SDN Kebumen. Masuk di jalan tersebut, dan kamu akan sampai di lokasi Gumuk Reco.

Fun facts Gumuk Reco Semarang

Tak hanya lanskapnya yang memesona, Gumuk Reco Semarang juga memiliki fakta serta spot menarik andalan para wisatawan. Penasaran apa saja? Yuk, intip ulasannya berikut ini!

Peninggalan Kerajaan Majapahit

Dalam bahasa Jawa, Gumuk Reco bisa diartikan sebagai ‘bukit arca’. Hal ini bukan tanpa sebab, karena konon Gumuk Reco merupakan pahatan peninggalan Kerajaan Majapahit. Masyarakat setempat percaya bahwa Gumuk Reco dulunya hendak dipahat menjadi arca, namun tak selesai atau tak jadi dibangun karena alasan yang tak diketahui.

Jembatan Ondo Langit

Inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata Gumuk Reco. Jembatan Ondo Langit merupakan jembatan yang akan menjadi salah satu wahana yang memicu adrenalin. Bagaimana tidak, jembatan ini  terdiri dari susunan kayu yang menempel di pinggir tebing dan bisa membuat jantungmu berdegup kencang.

Namun, jangan khawatir, karena untuk menikmati wahana ini kamu akan dilengkapi dengan pengaman berupa helm dan tali pengaman yang dipasang di badan. Jembatannya juga aman kok, karena ada pembatas di pinggirnya yang bisa kamu jadikan pegangan.

Dari atas Jembatan Ondo Langit, kamu akan bisa melihat pemandangan perbukitan dan pesawahan yang memanjakan mata. Meski deg-degan, tapi dijamin worth it deh!

Ayunan Langit

Selain Jembatan Ondo Langit, Ayunan Langit juga menjadi wahana yang cocok untuk menguji adrenalin di Gumuk Reco Semarang. Di sini, kamu akan merasakan sensasi berayun di sebuah ayunan yang berada di atas ketinggian. Tak tanggung-tanggung, Ayunan Langit ini berada di ketinggian 800 meter, lo.

Jangan khawatir, saat berayun kamu akan disuguhkan dengan hijaunya perbukitan dan pemandangan alam yang indah. Pihak pengelola juga sudah menjamin keamanan wahana ini dengan peralatan keamanan yang memadai. Dijamin, kamu akan lupa rasa takutmu deh.

Wisata Penguji Adrenalin: Ini Dia Rute, Fun Facts, dan Potret Keindahan Wisata Alam Gumuk Reco Semarang

Aaron Lisandrio via Google Map

Rumah Pohon dan Jembatan Kepompong

Ada pula wahana Rumah Pohon yang terletak di tepi jurang dengan ketinggian 300 meter. Rumah Pohon ini merupakan spot menarik lain yang menawarkan pemandangan perbukitan dari ketinggian. Wahana ini bisa diakses dengan meniti jembatan sepanjang 13 meter dengan ketinggian 17 meter, yang dinamakan Jembatan Kepompong.

Memanjat tebing

Bagi kamu yang memiliki hobi ekstrem seperti panjat tebing, kamu bisa banget melakukannya di Gumuk Reco Semarang. Tak hanya menantang, tebing ini juga terlihat instagenic dengan kontur bebatuan yang cantik. Namun, meski dilengkapi dengan pengaman yang tersedia, baiknya kamu juga memiliki keahlian dalam memanjat tebing untuk menghindari risiko kecelakaan.

Spot foto dengan latar instagrammable

Selain wahana ekstrem, Gumuk Reco Semarang juga memiliki sejumlah instalasi spot foto dengan latar perbukitan yang memanjakan mata. Ada gardu pandang dan spot berbentuk sangkar burung yang bisa membuat fotomu makin instagenic.

Wisata Penguji Adrenalin: Ini Dia Rute, Fun Facts, dan Potret Keindahan Wisata Alam Gumuk Reco Semarang

Dewi Setyowati via setyodewi.com

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk untuk menikmati keseruan di Gumuk Reco Semarang terbilang cukup murah, yakni Rp5.000 saja, dengan tambahan biaya parkir sebesar Rp2.000.

Jika kamu ingin menikmati asyiknya berjalan di Jembatan Ondo Langit, kamu perlu membayar sebesar Rp25.000 (sudah termasuk fasilitas keamanan). Sedangkan, untuk menikmati wahana lainnya, kamu hanya perlu membayar Rp10.000 per wahana.

Potret keindahan Gumuk Reco Semarang

Tak lengkap rasanya jika Bob tidak memberikan gambaran keseruan dan potret keindahan destinasi wisata satu ini. Kamu bisa melihat beberapa foto di bawah ini agar kamu makin penasaran dengan Gumuk Reco Semarang!

Wisata Penguji Adrenalin: Ini Dia Rute, Fun Facts, dan Potret Keindahan Wisata Alam Gumuk Reco Semarang

@shintasafitri via Instagram

Setelah wisata uji adrenalin, jangan lupa menginap di Bobobox!

Asyik sekali ya menikmati keindahan alam sembari memacu adrenalin di Gumuk Reco Semarang. Jangan khawatir mencari tempat menginap yang seru di Semarang, karena kamu bisa langsung ke Bobobox Pods Kota Lama, Semarang.

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik. Fasilitas di Bobobox ini didukung oleh sistem IoT, yang bisa kamu hubungan dengan smartphone-mu, lo. Ada lampu LED yang warnanya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan mood-mu, serta kamu bisa menghubungkan smartphone dengan audio musik agar kamu bisa mendengar lagu favoritmu.

Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles