Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Ide Wisata Alam Bandung Anti-Mainstream, Cocok untuk Long Weekend!

Bingung pilih tempat liburan? Yuk, intip 10 rekomendasi tempat wisata di Bandung yang nggak akan nyesel untuk kamu kunjungi!

Pesona wisata alam di Bandung sepertinya memang tidak ada habisnya. Udaranya yang sejuk, dan pemandangan alam yang menyegarkan mata menjadikan tempat wisata alam Bandung merupakan destinasi yang paling pas untuk kamu yang ingin melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Berikut ini 10 tempat wisata alam anti mainstream yang sudah Bob rangkum untuk kamu. Check these out!

1. Stone Garden

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Wisata alam anti mainstream satu ini merupakan gunung kapur, yang dulunya adalah dasar laut. Dari puncak Stone Garden, kamu bisa menikmati keindahan dari perpaduan warna putih bukit kapur dan hijaunya pepohonan.

Di sini, kamu juga bisa berkemah dan menikmati indahnya matahari terbit. Tak hanya itu, banyak pula pengunjung yang menjadikan tempat wisata alam anti mainstream yang berlokasi di Cipatat Kabupaten Bandung Barat ini sebagai lokasi foto pre wedding, lho.

2. Situ Cileunca

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Danau buatan seluas 1.400 hektar yang berlokasi di Pangalengan Bandung ini merupakan tempat wisata alam anti mainstream yang cocok banget untuk mengisi libur long weekend kamu. Situ Cileunca Pangalengan yang ternyata digunakan sebagai sumber air untuk PLTA ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat rafting.

Selain itu, kamu juga bisa menaiki perahu untuk berkeliling danau sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Kamu juga bisa memetik buah stroberi dan arbei langsung dari kebunnya yang juga masih berada di kawasan Situ Cileunca. Harga tiket masuk ke tempat wisata alam anti mainstream ini juga murah banget, lho, mulai dari 2.500 sampai 5.000 rupiah saja per orangnya.

3. Ciwangun Indah Camp (CIC)

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Ciwangun Indah Camp atau CIC adalah tempat wisata alam anti mainstream selanjutnya untuk kamu yang ingin rekreasi dengan konsep petualangan alam dan outbound. Tempat wisata yang berlokasi di daerah Parongpong Kabupaten Bandung Barat ini menawarkan berbagai pengalaman seru bagi setiap pengunjungnya.

Di sini, kamu bisa berkemah, hiking, mengunjungi air terjun, piknik bersama keluarga, atau menggelar kegiatan outbound. Tiket untuk masuk ke tempat wisata alam anti mainstream ini juga sangat terjangkau, yaitu hanya 10 ribu rupiah per orang.

4. Hutan Pinus Batu Kuda

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Hutan Pinus Batu Kuda merupakan salah satu destinasi wisata alam anti mainstream yang paling banyak dicari oleh wisatawan saat hendak berlibur ke daerah Bandung Timur. Tempat seluas 20 hektar yang terletak di daerah Cileunyi Bandung ini menawarkan keindahan alam pegunungan yang asri dan rindangnya deretan pohon-pohon Pinus.

Tempat wisata alam anti mainstream ini cocok banget buat kamu yang ingin melepas penat dari kesibukan sehari-hari dengan menikmati udara pegunungan yang masih bersih, asri, dan adem. Tiket masuk ke Hutan Pinus Batu Kuda ini juga nggak mahal, kok, hanya 7.500-10.000 rupiah saja per orang.

5. Palintang

tempat wisata Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Bagi kamu yang ingin mencoba tempat wisata alam anti mainstream dengan medan yang menantang, maka Palintang adalah tempat yang paling pas untuk kamu. Kawasan yang kerap didatangi oleh para pehobi sepeda ini berlokasi di daerah Bandung Timur.

Bagi kamu yang hobi gowes pasti nggak akan nyesel, deh, untuk mengunjungi tempat wisata alam anti mainstream satu ini. Selain akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat asri dan hijau dari jejeran pohon Kina yang ada di kawasan tersebut, kamu juga bisa menikmati keindahan dua objek wisata yang juga ada di kawasan ini, yaitu Situ Sangkuriang dan Curug Batu Sangkur.

6. Gua Pawon

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Gua pawon merupakan salah satu wisata alam anti mainstream di Bandung yang sangat eksotis. Kamu akan langsung disambut oleh suara-suara dari kelelawar saat mulai memasuki gua peninggalan zaman prasejarah satu ini.

Di dalam gua, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan dari pilar-pilar batu paduan stalaktit dan stalagmit sepanjang belasan meter. Selain itu, terdapat pula beberapa lubang atau kamar-kamar peninggalan manusia prasejarah. Bahkan, peneliti menemukan satu kamar yang berisi sejumlah kerangka manusia purba era Pleistosen Akhir, artefak, fosil vertebrata, moluska, dan macam-macam bebatuan.

Untuk masuk ke tempat wisata alam anti mainstream yang berlokasi di daerah Cipatat Kabupaten Bandung Barat ini, kamu cukup menyiapkan uang sebesar 10 ribu rupiah saja. Cukup murah, bukan?

7. Situ Cisanti

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Kalau kamu sudah pernah mengunjungi danau-danau yang sangat terkenal di daerah Bandung seperti Situ Patenggang, maka nggak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Situ Cisanti sebagai alternatif tempat wisata alam anti mainstream di libur long weekend kali ini.

Danau yang merupakan titik nol atau hulu sungai Citarum ini lokasinya tidak begitu jauh dari kawasan perkebunan teh Pangalengan. Kawasan Situ Cisanti juga dikelilingi oleh beberapa gunung seperti gunung Wayang, gunung Malabar, gunung Bedil, dan gunung Rakutak.

Di tempat wisata alam anti mainstream ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam Situ Cisanti yang masih sangat hijau dan adem sambil berfoto. Namun, di Situ Cisanti, pengunjung tidak diizinkan membawa makanan dari luar, demi menjaga seluruh kawasan danau tetap bersih.

8. Sendang Geulis Kahuripan

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Sendang Geulis Kahuripan ini juga merupakan salah satu destinasi wisata alam anti mainstream yang belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan. Banyak penduduk sekitar yang juga menyebut tempat ini dengan Talaga Cikahuripan atau Sirah Cai Kahuripan.

Sendang Geulis Kahuripan merupakan sebuah mata air yang sangat cantik, sesuai dengan arti namanya yaitu “geulis” yang dalam bahasa Indonesia berarti cantik. Selain airnya yang sangat jernih, di sekitar mata air ini juga dikelilingi oleh tumbuhan hijau dan pepohonan yang rimbun. Kebayang, kan, berenang di sini pasti bisa menyegarkan badan dan pikiran kamu.

Mata air cantik ini berada di daerah Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Kamu tidak perlu khawatir kantong jebol jika memilih Sendang Geulis Kahuripan sebagai destinasi wisata alam anti mainstream untuk mengisi libur long weekend kamu, karena harga tiket masuknya hanya 10 ribu rupiah per orang.

9. Sanghyang Heuleut

wisata alam Bandung anti mainsteam

(Photo by: Instagram)

Kalau kamu ingin berwisata ke tempat wisata alam anti mainstream yang eksotis di daerah Bandung, maka Sanghyang Heuleut adalah tempat yang cocok banget untuk kamu. Walaupun namanya masih terdengar asing di telingamu, tapi dijamin, kamu nggak akan nyesel memilih tempat ini untuk mengisi liburan long weekend kamu.

Menurut mitos yang beredar, Sanghyang Heuleut ini dulunya merupakan tempat mandi para bidadari. Tempat yang merupakan peninggalan danau purba yang dahulu menggenangi Bandung ini adalah sebuah kubangan air besar dengan tebing dan pepohonan di sekitarnya.

Lokasi Sanghyang Heuleut terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, atau sekitar 1,5 jam dari Kota Bandung. Tiket masuknya pun terbilang cukup murah, yaitu 10 ribu rupiah per orang. So, Sanghyang Heuleut wajib banget ada di list destinasi wisata alam anti mainstream untuk mengisi liburan kamu.

10. Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey

wisata alam Bandung anti mainstream

(Photo by: Instagram)

Tempat wisata alam anti mainstream satu ini lebih dikenal sebagai salah satu bumi perkemahan di daerah Bandung. Di tempat ini kerap diadakan kegiatan camping berskala besar.

Jika tidak berminat untuk camping, kamu juga bisa mencoba kegiatan lain seperti outbound, mengunjungi penangkaran rusa, atau berendam di pemandian air panas yang ada di Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey. Harga tiket masuk tempat wisata alam anti mainstream di Bandung ini juga terbilang ramah di kantong, yakni mulai dari 15 ribu rupiah.

Bobobox! Pilihan tepat untuk long weekend kamu.

Cari penginapan untuk istirahat setelah puas wisata alam anti mainstream di Bandung? Tapi bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

hotel kapsul bobobo

You might also like