Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengintip Keindahan Wisata Alam Air Terjun Ciastana Cianjur Jawa Barat

Pesona terpendam di pelosok Cianjur

Indonesia sebagai negara yang terdiri dari berbagai macam pulau memiliki wisata alam yang menakjubkan. Dari mulai pantai hingga gunung, semuanya ada.

Salah satu tempat yang sedang ramai diperbincangkan belakangan ini karena wisata alam yang indah adalah Air Terjun Ciastana. Tepatnya terletak di Cianjur, Jawa Barat. Kali ini, Bob akan mengajak kamu untuk berkeliling melihat air terjun tersebut. Kira-kira seperti apa ya keindahan wisata alamnya? Daripada penasaran, simak terus di sini ya!

Wisata Alam di Pelosok Cianjur

Kepopuleran wisata alam di Cianjur memang sudah tak diragukan lagi. Sebut saja destinasi-destinasi yang sudah tidak asing dikunjungi seperti Taman Nasional Gunug Gede, Taman Botani Cibodas, Cipanas, dan masih banyak lagi.

Banyaknya tempat wisata alam di Cianjur salah satunya adalah karena Cianjur memiliki kontur alam perbukitan dan udara yang sejuk. Oleh karena itu, Cianjur menjadi tempat yang sering diserbu wisatawan dan tak heran kalau mereka sering kembali lagi.

Akan tetapi, dibalik tempat-tempat populer yang sering dikunjungi wisatawan tadi, ada satu tempat wisata alam yang masih belum tersentuh oleh banyak orang. Yap, tempat itu adalah Air Terjun Ciastana.

Air terjun yang indah ini terletak di Cianjur Selatan. Tingginya 50 meter. Untuk ukuran sebuah air terjun, Air Terjun Ciastana terbilang cukup tinggi lho. Selain itu, yang menjadi daya tarik dari air terjun yang satu ini adalah kolamnya yang terdiri dari dua tingkat.

Air terjun utama yang membentuk kolam yang kemudian jatuh akibat patahan tanah sehingga menghasilkan air terjun yang lebih pendek. Kolam pertama memiliki kedalam kurang lebih 5 meter dan tidak disarankan untuk digunakan berenang.

Sedangkan kolam kedua memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Di sinilah biasanya pengunjung beraktivitas seperti berenang atau hanya bermain air.

5 Tips Mengadakan Acara Tahun Baru 2020 Di Kota Bandung

wisata alam
okezone.com

Fasilitas Air Terjun Ciastana

Karena tempat wisata alam ini belum dikelola secara profesional, fasilitas yang ada pun masih sedikit. Tempatnya belum tertata dengan rapi dan jalannya pun masih belum bagus. Karena belum banyak sentuhan tangan manusialah yang membuat tempat wisata alam Air Terjun Ciastana ini terasa alami.

Meskipun fasilitas umum yang disediakan di sini belum banyak, kamu tetap bisa mengadakan acara seperti family gathering lho. Tempat wisata alam ini menjadi pilihan yang unik dan jarang dipikrkan banyak orang sebagai tempat kumpul-kumpul, terutama karena aksesnya yang sulit.

Untuk konsumsi, penginapan, dan kebutuhan yang kamu perlukan untuk beraktivitas di tempat wisata alam ini, warga siap menyediakannya. Jadi, kamu nggak usah repot-repot membawa banyak barang bawaan. Kamu cukup membayar sejumlah uang dan warga sekitar akan menyiapkannya untuk kamu.

Menginap di Tempat Wisata Alam Air Terjun Ciastana

Kalau kamu ingin menikmati tempat wisata alam Air Terjun Ciastana lebih lama, ada rumah warga yang bisa kamu sewa dengan biaya Rp70.000 per malam.

Namun hanya ada itu saja. Tidak ada pilihan tempat penginapan lain di daerah sekitar air terjun. Maka dari itu, kamu harus berkendara agak jauh lagi dari tempat wisata alam ini untuk menemukan tempat bermalam untuk melepas lelah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Ciastana

Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata alam Air Terjun Ciastana ini, kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Cukup dengan Rp2.000 kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Gimana, murah banget kan?

Siap Basah-Basahan? Inilah 4 Rekomendasi Waterboom Yang Seru Di Bali!

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Ciastana

Air Terjun CIastana beralamat di Wargasari, Sinar Muda, Bojongkasih, Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Untuk bisa sampai ke tempat wisata alam yang satu ini, kamu membutuhkan fisik yang kuat.

Soalnya, lokasinya berada di pedalaman dan jalannya pun bukan aspal. Selain itu, cukup banyak tanjakan berbatu. Jadi, kamu harus sangat berhati-hati.

Air Terjun Ciastana untuk saat ini hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua. Dari Cianjur, ada beberapa rute yang bisa kamu lewati seperti Warungkondang, Cibeber, Campaka, Sukanagara, Pasirnangka, Sukasari, Purut, dan Sinarmuda. Waktu tempuhnya yaitu sekitar 3,5 jam.

Kalau kamu datang dari Kabupaten Cianjur, kamu bisa mengambil jalan lewat Jalan Raya Cibinong atau Jalan Raya Sindang Barang. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari tempat wisata alam Air Terjun Ciastana dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Untuk sepeda motor, kamu bisa memarkirkannya di dekat air terjun. Meskipun belum ada tempat parkir khusus yang luas, warga menyediakan lahan mereka untuk dijadikan tempat parkir. Biaya parkirnya hanya Rp2.000 saja.

Sedangkan untuk mobil, kamu harus parkir di Kampung Rawajambu sebelum Sinarmuda karena mobil tidak bisa masuk ke sana. Dari sana, kamu harus berjalan kaki sepanjang 900 meter selama kurang lebih 20 menit untuk tiba di Air Terjun.

Air Terjun Lain di Sekitar Tempat Wisata Alam

wisata alam
explorewisata.com

Selain Air Terjun Ciastana, kamu juga mengunjungi air terjun lain lho. Lokasinya juga tidak jauh dari tempat wisata alam ini. Sekitar 3 kilometer dari Air Terjun Ciastana, kamu bisa melihat keindahan Air Terjun Cigadung. Alamatnya yaitu di Neglasaru, Kadupandak, Cianjur, Jawa Barat. Kamu cukup berjalan dari Airt Terjun Ciastana dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Tak jauh dari Air Terjun Cigadung, ada juga Air Terjun Cigado yang beralamat di Bojongkasih, Kadupandak, Cianjur, Jawa Barat. Jaraknya kurang lebih 2,5 kilometer dari tempat wisata alam Air Terjun Ciastana.

Selain itu, masih ada dua air terjun lagi yang bisa kamu nikmati yaitu Air Terjun Citalahab dan Air Terjun Cipetir. Air Terjun Citalahab berjarak 1.5 kilometer dari Air Terjun Ciastana dan Air Terjun Cipetir berjarak 1.6 kilometer dari Air Terjun Cigaru.

Melihat Indahnya Pulau Tegal Mas, Maladewa Versi Indonesia

Hotel kapsul yang kekinian

Wah, ternyata tempat wisata alam yang ada di Cianjur keren banget ya. Bob jadi nggak sabar ingin jalan-jalan ke Air Terjun Ciastana musim liburan nanti. Pastinya bakal seru deh. Eh, tapi kalau macet Bob mendingan diem aja deh di rumah. Apa? Kamu mau dateng ke rumah Bob? Boleh banget lho.

Bobobox adalah hotel kapsul modern yang nyaman dan unik. Kamar-kamarnya dirancang seperti pods yang sering kamu lihat di film-film dengan tema masa depan.

Kecanggihan hotel kapsul ini tidak hanya ditunjukkan dari desainnya saja lho. Fiturnya pun menggunakan teknologi kekinian seperti untuk pemesanan kamar. Kamu harus melakukannya lewat situs atau aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi sebagai alat pemesanan kamar saja. Fasilitas kamar seperti lampu led-nya bisa kamu ubah warnanya sesuai keinginan kamu melalui aplikasi.

Selain itu, kamar yang ada di Bobobox menggunakan kunci kamar QR code yang bisa kamu akses melalui aplikasi setelah pemesanan.

Jadi, gimana? Daripada penasaran, coba sendiri sensasi menginap di Bobobox!