Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kepanasan di Jakarta? Yuk Ngadem di 7 Wisata Air Terjun Jakarta Wajib Dikunjungi

Mana yang kamu pilih untuk dikunjungi?

Bobobox.co.id — Sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, Jakarta memang terkenal akan banyaknya destinasi yang bisa dipilih saat liburan. Namun, cuaca yang relatif panas seringkali membuat wisatawan sering kepanasan.

Hal ini tentu membuat beberapa pengunjung lebih menyenangi destinasi wisata dekat alam yang nantinya bisa bikin mereka adem. Nah, salah satu destinasi wisata yang bisa bikin adem adalah tempat wisata air terjun Jakarta.

Air terjun Jakarta ini sendiri sebenarnya tidak benar-benar ada di Jakarta melainkan di beberapa kota terdekat khususnya Kota Bogor. Walaupun begitu, perjalanannya yang tak terlalu jauh akan membuat air terjun Jakarta worth it untuk dikunjungi.

Dari beberapa air terjun atau curug yang wajib dikunjungi, berikut ini merupakan 7 tempat wisata air terjun Jakarta yang bisa bikin adem dan bisa menjadi tempat untuk melepas penat dari suasana kota yang penuh dengan kendaraan.

Curug Nangka

Alamat: Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor

Air terjun Jakarta pertama adalah Curug Nangka. Air terjun di sini memiliki daya tarik tersendiri karena terbagi ke dalam tiga bagian yang di mana masing-masing mempunyai ketinggian mulai dari 10 hingga 20 meter.

Nama air terjun Jakarta ini diambil dari banyakan pohon nangka yang tumbuh di sekitar tempat wisata ini. Konon katanya bahkan ada pohon nangka yang berada dekat air terjunnya yang buahnya tidak pernah habis saat diambil.

Berada di sekitar kaki Gunung Salak, udara di sekitar Curug Nangka ini pun terasa begitu segar dan menyejukkan. Jangan heran jika suhu rata-ratanya berkisar di antar 22 hingga 24 derajat Celcius. Cocok untuk jadi gateawaymu lho!

Soal tiket masuk, kamu hanya harus membayar sebesar Rp7.500 di loket pertama dan Rp 15000 rupiah di loket kedua. Tambahan lainnya datang dari biaya parkir di mana untuk motor sebesar Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

air terjun Jakarta curug nangka
@antonardyanto via lovelybogor.com

Curug Balong Endah

Alamat: Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Bogor

Air terjun Jakarta selanjutnya yang wajib dikunjungi untuk ngadem adalah Curug Balong Endah. Salah satu tempat wisata yang populer dan ramai dikunjungi di Bogor karena harga tiket yang murah dan tentunya bisa buat ngadem.

Lokasinya yang berada di atas perbukitan membuat tempat wisata ini juga memiliki hawa sejuk yang menenangkan dan mampu menghilangkan penat dalam sekejap. Dengan begitu, kamu mampu melupakan sejenak masalahmu di sini.

Air terjun Jakarta ini memiliki debit air yang cukup deras dan cukup tinggi. Deburan air yang cukup deras ini coba nikmati dengan cara memejamkan matamu. Oleh karenanya, suasana  yang ada jadi cukup riuh dan menenangkan.

Untuk jam operasionalnya, Curug Balong Endah dibuka untuk hanya pada hari Sabtu dan Minggu mulai pada pukul 8 pagi hingga 3 sore. Selain itu, Bob sarankan untuk kamu mengunjungi Curug Baling Endah di luar musim hujan.

@harryharyanto_10 via rutemu.com

Curug Leuwi Hejo

Alamat: Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor

Curug Leuwi Hejo merupakan air terjun Jakarta selanjutnya yang mampu memberikan ketenangan yang kamu butuhkan. Airnya yang biru dengan kolam sedalam lima sampai tujuh meter siap menambah keseruanmu di tempat wisata ini.

Kolam renang inilah yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang datang ke tempat wisata Bogor ini. Ditambah dengan adanya bebatuan, kamu bisa menguji adrenalinmu untuk terjun ke kolam tersebut dari bebatuan tersebut.

Untuk bisa sampai ke air terjun Jakarta ini, kamu perlu menempuh tracking kurang lebih dua kilometer dari titik awal masuk. Perjalanan ini tidak terasa lama karena pemandangan alam di perjalanannya yang begitu indah.

Berbicara soal tiket masuknya, harga yang dipatok pun tergolong murah meriah. Kamu harus membeli tiket masuk sebesar Rp10.000 ditambah dengan biaya parkir Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk mobil.

@jelajah Indonesia via dolanyuk.com

Curug Leuwi Lieuk

Alamat: Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor

Masih berada satu Kecamatan dengan Air Terjun Jakarta sebelumny, kamu bisa mengunjungi Curug Leuwi Lieuk. Air terjun Jakarta ini memang tengah naik daun dan menjadi salah satu tempat wisata renang kekinian sering dikunjungi.

Tak mengherankan karena sensasi wisata renang di Bogor satu ini memang terasa mengasyikkan. Bebatuan tinggi yang disebut-sebut mirip Grand Canyon menjadi pemandanganmu selama berenang atau bermain air di Curug Leuwi Lieuk.

Untuk menikmati keindahan alam yang asri dengan bersenang-senang di air curugnya, kamu hanya perlu membayar tiket masuk yang dibanderol sebesar 10 ribu rupiah. Harga yang terbilang murah meriah untuk keindahan alam yang ada.

Selain tiket masuk, kamu pun perlu membayar parkir kendaraanmu. Parkirnya sendiri hanya dengan 5 ribu bagi kamu yang membawa sepeda motor dan 10 ribu bagi kamu yang datang ke air terjun Jakarta ini dengan  kendaraan roda empat.

via ftp.triptrus.com

Curug Cikaracak

Alamat: Desa Cinagara, Kec. Caringin, Bogor

Kawasan Taman Nasional Gede Pangrango pun memiliki air terjun Jakarta yang wajib dikunjungi. Air terjun di kawasan ini memiliki masing-masing ketinggian berkisar pada ketinggian 40 meter dan 20 meter yang di mana airnya jernih sekali.

Saking jernihnya, air yang ada di air terjun Jakarta ini bisa diminum. Air terjun yang dimaksud kali ini adalah Curug Cikaracak. Namun, ada hal yang perlu kamu perhatikan untuk bisa menikmati keindahan air terjun satu ini.

Kamu harus melewati pesawahan, hutan Taman Nasional Gede Pangrango, hingga menyebrangi sungai hingga akhirnya bisa sampai ke Curug Cikaracak. Walaupun melelahkan, bersiaplah untuk terrecharge sesampainya di air terjunnya.

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang beragam di tempat wisata ini, kamu perlu membeli tiket masuk seharga Rp2.000. Selain itu, kamu pun perlu membayar tiket parkir motor ataupun mobil yang dipatok Rp5.000.

via backpackerjakarta.com

Curug Parigi

Alamat: Desa Cikiwul, Kec. Bantar Gebang, Bekasi

Berbeda hal dibanding air terjun Jakarta lainnya yang berada di Bogor, kali ini air terjun rekomendasi Bob berada di Bekasi. Nama dari air terjun Jakarta yang berada di Bekasi ini adalah Curug Parigi.

Lokasi dari Curug Parigi ini sendiri berada di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi. Oleh karenanya, perjalanan untuk bisa sampai ke air terjun Jakarta ini akan memakan waktu yang relatif lama karena kemacetan.

Curug Parigi memilki aliran air yang begitu deras yang datang dari Kali Bekasi. Soal ketinggian, air terjun di sini memiliki ketinggian yang hanya tiga meter saja. Tak heran jika banyak pengunjung yang bisa bermain air di air terjunnya.

Menyangkut biaya yang harus kamu keluarkan, Curug Parigi sendiri tidak memerlukan biaya yang mahal kok. Cukup keluarkan biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk mobil, Rp5.000 untuk motor, dan Rp2.000 untuk sepeda.

@Om Cayip via travelspromo.com

Curug Bidadari

Alamat: Desa Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Bogor

Air terjun Jakarta terakhir yang recommended dan wajib untuk dikunjungi adalah Curug Bidadari. Banyak yang bilang bahwa Curug Bidadari ini merupakan curug terlengkap yang dimiliki oleh kota hujan, Bogor.

Debit airnya yang begitu deras dengan sekeliling daerahnya yang begitu asri tentu merupakan kombinasi yang tepat untuk melepas penat dari rutinitas yang biasa membelenggumu mulai dari Senin hingga Jumat.

Selain air terjun dengan kolam renangnya, kamu pun akan dimanjakan dengan hiburan lainnya yang bisa kamu coba. Beberapa hiburan permainan di sini antara lain flying fox, perahu, dan masih banyak lainnya.

Harga tiket masuk ke Curug Bidadari ini pun cukup terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp25.000 untuk weekday dan Rp40.000 di akhir pekan. Parkir kendaraan dipatok Rp10.000 untuk mobil dan Rp4.000 untuk motor.

@Erika Sempana via rubikwisata.com

Menginap Sehabis Ngadem di Air Terjun Jakarta? Ya di Bobobox

Sehabis ngadem di air terjun Jakarta, tak lengkap rasanya jika tidak menginap di penginapan rekomendasi Bob. Pasalnya, penginapan Bob ini siap memberikan kenyamanan yang kamu butuhkan setelah lelah seharian.

Penginapan yang Bob rekomendasikan adalah Bobobox. Fasilitas yang mumpuni seperti pod yang luas ditambah dengan lampu LED yang bisa diubah sesuka hati menjadi beberapa fasilitas yang akan menemani momen menginapmu.

Penasaran dengan pengalaman menginap di Bobobox? Kamu bisa  intip pods Bobobox lewat 360° virtual tour untuk gambaran yang lebih nyata.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa didapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

kamar bobobox

You might also like