Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wajah Iritasi Karena Skincare Yang Salah? Ini Dia 5 Cara Menanganinya

Salah pakai skincare lalu iritasi? Tunggu dan simak dulu cara menangani iritasi di wajah ala Bob

Menemukan skincare yang pas dengan kulit wajahmu memang gampang gampang susah. Apalagi produk-produk skincare kini makin banyak dipasaran. Namun, ternyata memilih produk skincare tidak boleh sembarangan apalagi jika kamu terus berganti-ganti produk. Jika jenis kulitmu sensitif, kebiasaan berganti-ganti produk skincare akan berdampak pada kesehatan kulitmu.

Alergi dan iritasi pada wajah adalah maslah kulit yang paling sering ditemukan saat seseorang tidak cocok dengan skincare yang dipakainya. Lalu apa yang harus dilakukan jika kulitmu terlanjur alergi dan iritasi?

Kamu tidak perlu khawatir karena kali ini Bob akan membahas cara menangani iritasi di wajah akibat penggunaan skincare yang tidak tepat. Namun, sebelum kamu menentukan cara menangani iritasi di wajah, Bob akan membahas jenis-jenis iritasi pada kulit yang wajib kamu ketahui.

Alergi atau Iritasi?

cara menangani iritasi di wajah
via idntimes.com

Ciri-ciri kulitmu mengalami alergi atau iritasi bisa sangat beragam. Maka dari itu, sebelum mengetahui cara menangani iritasi di wajah, kamu perlu tahu dulu iritasi atau alergi yang kamu alami.

Jerawat dan komedo merupakan gejala alergi atau iritasi akibat skincare yang paling sering terjadi. Reaksi-reaksi skincare yang tidak cocok pada kulitmu menyebabkan jerawat dan komedo otomatis muncul di wajahmu.

Selain itu, munculnya ruam dan bentol disertai dengan rasa gatal juga menjadi penanda bahwa iritasi di wajahmu akibat skincare semakin parah. Apalagi jika rasa gatal tersebut bersamaan dengan rasa panas dan perih.

Reaksi terakhir jika iritasi sudah semakin parah adalah bengkak di sekitar wajah disertai rasa terbakar di sekitar kulit. Nah, jika kamu sudah mengetahui jenis-jenis iritasi yang mungkin terjadi karena salah skincare, sekarang saatnya membahas cara menangani iritasi di wajah.

Cara Menangani Iritasi di Wajah Akibat Skincare

Ada banyak cara untuk menangani iritasi di wajah akibat skincare. Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui adalah kamu harus mengenali produk apa yang menyebabkan iritasi di wajahmu.

Apalagi jika kamu memiliki lebih dari satu produk skincare. Hal ini membuat cara menangani iritasi di wajah menjadi lebih sulit karena kamu tidak tahu pasti produk skincare apa yang menyebabkan iritasi di kulitmu.

Mengunjungi Dokter Kulit

cara menangani iritasi di wajah
@jshoots.com via unsplash.com

Cara menangani iritasi di wajah yang paling tepat adalah dengan mengonsultasikan kondisi kulit wajahmu ke dokter kulit. Dengan datang ke dokter kulit, kamu akan tahu apa yang menyebabkan iritasi dan bagaimana cara menangani iritasi di wajah akibat skincare.

Biasanya dokter kulit akan memberikan obat antihistamin atau obat yang bisa menghambat reaksi alergi di wajahmu. Namun, cara menangani iritasi di wajah yang satu ini harus dengan resep dokter ya. Dengan mengonsumsi antihistamin, bengkak dan ruam pada wajah akibat iritasi akan berangsur menghilang.

Selain itu, dokter juga akan menyarankan produk-produk skincare yang aman untuk kulitmu dan memberitahukan cara menangani iritasi di wajah.

Gunakan Produk Skincare yang Ringan

Jika kamu sudah berkonsultasi pada dokter kulit dan sudah tahu apa yang menyebabkan iritasi di wajahmu, maka cara menangani iritasi di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan produk-produk skincare yang ringan.

Produk-produk skincare yang ringan biasanya tidak memiliki aroma. Maka dari itu, pilihlah produk-produk skincare seperti sabun wajah yang tidak berbau. Hal ini dikenal efektif sebagai salah satu cara menangani iritasi di wajah.

Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan pelembab dengan kandungan khusus seperti hypoallergenic dan hidrokortison sebagai cara menangani iritasi di wajah. kamu juga bisa menggunakan pelembab dengan bahan alami seperti aloe vera.

Perbaiki Pola Makan

@MariaDiLorenzo via unsplash.com

Iritasi pada wajah akibat skincare juga bisa dipicu dari dalam tubuh, lho, yaitu dari pola makan yang tidak sehat. Jika kamu memiliki kecenderungan kurang minum air putih dan sering mengonsumsi makanan pedas, bisa dibilang kamu akan rentan pada iritasi kulit wajah.

Maka dari itu, cara menangani iritasi di wajah dari dalam adalah dengan sering mengonsumsi air putih. Kandungan cairan tubuh yang cukup akan berpengaruh pada kesehatan kulit, lho.

Mengurangi makanan pedas dan berminyak juga bisa menjadi salah satu cara menangani iritasi di wajah. Kandungan minyak berlebih pada makanan pedas akan berpengaruh pada kulitmu dan menghambat proses penyembuhan iritasi.

Gunakan Bahan Alami

Jika kamu ingin mengurangi paparan zat kimia di wajahmu, maka cara menangani iritasi di wajah yang satu ini bisa kamu coba.

Pertama, kamu bisa coba kompres wajahmu dengan air dingin atau es batu. Cara menangani iritasi di wajah yang satu ini juga cukup efektif karena bisa mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman akibat iritasi.

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba mengoleskan minyak kelapa pada kulit yang iritasi, menempelkan timun, air mawar, madu, atau yoghurt yang menghasilkan efek yang berbeda pada kulit wajah yang iritasi. Berbagai cara menangani iritasi di wajah tersebut sangat manjur untuk mengurangi rasa gatal serta bisa menyegarkan kulit wajah.

Ekstra Hati-hati Lindungi Kulit Wajah

cara menangani iritasi di wajah
@LB via unsplash.com

Jika berbagai cara menangani iritasi di wajah sudah kamu lakukan, maka selanjutnya kamu harus lebih fokus lagi untuk menjaga kulitmu supaya perawatan iritasi bisa maksimal.

Saran Bob yang pertama adalah lindungi kulit wajahmu dari paparan sinar matahari langusng. Sinar UV dari matahari akan memicu alergi pada kulitmu wajahmu sehingga barbagai cara menangani iritasi di wajah yang sudah kamu lakukan tidak akan optimal.

Jika kamu ingin berpergian ke luar rumah, kamu bisa menggunakan masker atau topi supaya kulit wajahmu tidak terpapar sinar matahari langsung.

Cara menangani iritasi di wajah yang lainnya adalah dengan menahan diri untuk tidak menggaruk kulit yang gatal akibat iritasi. Meskipun Bob sangat mengerti bahwa godaan untuk menggaruk kulit yang gatal sangat besar, ada baiknya kamu tidak melakukan hal tersebut.

Jika kamu menggaruk iritasi atau alergimu, bakteri di tangan dan kukumu akan berpindah ke wajah dan malah membuat iritasi semakin parah.

Gonta-ganti Penginapan? Mending Bobobox Saja

cara menangani iritasi di wajah

Iritasi di kulit wajah akibat penggunaan skincare yang salah lazim terjadi. Apalagi jika kamu terus berganti produk perawatan kulitmu. Maka dari itu, lebih baik tetap setia menggunakan satu skincare yang jelas-jelas membuat kulitmu lebih sehat dan nyaman.

Begitu pun dengan penginapan. Jika kamu sudah nyaman menginap di Bobobox, untuk apa berganti-ganti penginapan lagi. Dengan menginap di Bobobox, kenyamanan dan keamananmu akan terjamin.

Meskipun berkonsep hotel kapsul, pods Bobobox cukup untuk berdua dan kenyamanannya pun setara dengan hotel bintang lima. Selain itu, Bobobox juga sudah terintegrasi IoT dimana kamu hanya bisa mengakses pods Bobobox dengan menggunakan smartphonemu saja. Aman bukan?

Bobobox juga dilengkapi fasilitas ruang bersama dimana kamu bisa berkumpul bersama teman dan keluarga ataupun menghabiskan waktu sendiri. Pokoknya, Bobobox menyediakan semua fasilitas yang bisa memenuhi semua kebutuhanmu selama menginap di hotel kapsul ini.

Jadi, masih ingin ganti-ganti penginapan? Cek dulu promo-promo Bobobox di sini.

 

 

 

 

You might also like