Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

YouTube Rewind Dihentikan, Ini Dia Video Terbaik Hingga Terburuk!

Kamu setuju dengan urutannya?

YouTube Rewind adalah agenda tahunan yang dilakukan oleh para content creator. Dimulai sejak tahun 2010, Rewind ditujukan sebagai kilas balik untuk melihat apa saja isu yang sedang hangat di tahun tersebut.

Akan tetapi, tidak selamanya YouTube Rewind mendapatkan tanggapan yang positif. Beberapa video justru mendapatkan banyak hujatan dari penonton.

Melalui akun Twitter-nya, pihak YouTube menyatakan, Rewind akan ditiadakan. Berawal dari pandemi Covid-19 di tahun 2020, agenda ini dinilai tidak dapat mencerminkan seluruh komunitas creator di YouTube.

Nah, berhubung video tahunan ini resmi dihentikan, kita kilas balik, sejenak yuk. Ini dia video YouTube Rewind dari yang terbaik hingga yang terburuk.

YouTube Rewind 2013

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Tahun 2013 adalah masa-masa kejayaan Rewind. Lagu-lagu seperti “What Does the Fox Say”, “Blurred Lines”, “Harlem Shake”, dan “Wrecking Ball” merajai trending musik YouTube.

Video arahan Kai Hasson ini mendapatkan penerimaan yang sangat baik dan menjadi awal mula kemunculan logo YouTube Rewind. Selain itu, PewDiePie sebagai kreator yang di-subscribe paling banyak di tahun 2013 menutup akhir video yang epik ini.

Hingga saat ini Rewind 2013 telah disaksikan oleh 136 juta penonton, disukai oleh 1,6 juta orang dan tidak disukai oleh 89 ribu orang.

BACA JUGA: Bikin Merinding, Tonton Gratis 7 Rekomendasi Film Pendek Horor Di YouTube Ini!

YouTube Rewind 2012

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Tahun 2012 adalah saat tradisi tahunan ini mulai diakui. Diberi judul Rewind YouTube Style, video ini didominasi oleh lagu “Gangnam Style” yang sangat populer di tahun itu.

Video ini diawali dengan penampilan Walk off The Earth yang terkenal karena memainkan satu gitar bersaa lima orang. Kemudian, video ini diakhiri dengan mash-up Gangnam Style dan Call Me Maybe.

Selain itu, YouTuber, video musik, dan video berita terkin dan meme juga ikut memeriahkan video garapan Seedwell ini.

Hingga saat ini, YouTube Rewind 2012 telah disaksikan oleh 194 juta orang, disukai oleh 1,5 juta orang, dan tidak disukai oleh 91 ribu orang.

YouTube Rewind 2015

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Tahun 2015 adalah tahun yang penting bagi YouTube. Pasalnya, perusahaan video raksasa ini baru saja menginjak satu dekade.

Momen ini pun tak mereka sia-siakan. YouTube Rewind 2015 terlihat cukup solid dengan kilas balik Shia LaBeouf dengan pidato fenomenalnya “Just Do It”, “Lean On”, “I Can’t Feel My Face”, dan lain-lain.

Video yang diproduksi oleh YouTube dan Portal A Interactive ini telah ditonton oleh 154 juta orang, disukai oleh 3 juta orang, dan tidak disukai oleh 217 ribu orang.

YouTube Rewind 2014

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Guardians of The Galaxy adlah film yang mencuri perhatian 2014. Itulah mengapa video tahun ini dimulai dengan Awesome Mix Tape yang dikeluarkan oleh sosok bertudung yang merupakan PewDiePie.

DJ Earworm yang bertugas mengisi lagu video ini pun menggabungkan sepuluh lagu yang populer tahun sebelumnya, termasuk “Shake It Off”, “Happy”, dan tentu saja “Let It Go”.

Namun, Rewind 2014 bukan hanya soal musik. Flappy Bird dan Ice Bucket Challenge, menjadi sorotan video garapan YouTube dan Portal A Interactive tersbut.

Hingga saat ini, video tahun 2014 telah disaksikan oleh 135 juta orang, disukai oleh 1,7 ribu orang, dan tidak disukai oleh 87 ribu orang.

YouTube Rewind 2016

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Budaya pop dan challenge mengisi penuh YouTube Rewind 2016. Running Man, The Witness, Street Fighter V, Pokemon Go, dan Carpool Karaoke hanya sedikit saja referensi yang akan kamu lihat di video garapan YouTube dan Portal A Interactive tersebut.

Hingga saat ini video yang diberi judul The Ultimate 2016 Challenge ini telah ditonton oleh 241 juta orang, disukai oleh 4 juta orang, dan tidak disukai oleh 586 ribu orang.

BACA JUGA: Ingin Mendalami Dunia Fashion? Ini Dia Rekomendasi Youtuber Fashion Pria Yang Harus Kamu Ikuti

YouTube Rewind 2011

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Tahun 2011 adalah tahun kedua YouTube Rewind. Videonya menampilkan 10 teratas video yang paling banyak ditonton di tahun 2011 dengan Rebecca Black sebagai pembawa acara.

Saat itu, YouTube belum menjadi platform yang besar seperti sekarang. Para content creator masih merekam video dengan apa adanya dan jenis videonya pun masih terbatas.

Video yang memiliki durasi 2 menit 19 detik ini ditonton oleh 12 juta orang, disukai oleh 136 ribu orang, dan tidak disukai oleh 94 ribu orang.

Oh iya, yang menduduki peringkat pertama Rewind 2011 adalah Rebecca Black yang menjadi pembawa acara dengan lagunya yang berjudul Friday.

YouTube Rewind 2010

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Tahun 2010 adalah pertama kali tradisi ini dimulai. Belum semegah tahun-tahun berikutnya. Formatnya masih menggunakan 10 teratas video yang paling banyak ditonton.

Videonya hanya berdurasi 1 menit 26 detik dan menampilkan iklan, video musik, dan penampilan lain yang populer pada saat itu. Saat ini, video tersebut telah ditonton oleh 6 juta orang, disukai oleh 111 ribu orang, dan tidak disukai oleh 8 ribu orang.

YouTube Rewind 2019

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

YouTube Rewind 2019 adalah video terakhir yang dibuat untuk tradisi ini. Setelah mendapatkan hujatan pada tahun 2018, YouTube berjanji akan memberikan hal yang berdeda. Namun, nampaknya hal ini tidak berhasil.

YouTube kembali menggunakan format 10 video teratas dan ini belum bisa mengembalikan kepercayaan penonton. Alih-alih, video ini terlihat seperti mengejek penonton YouTube karena mengatakan “kalian lebih baik dalam ini daripada kami”.

Saat ini, Youtube Rewind 2019 telah ditonton oleh 117 juta orang, disukai oleh 3,4 juta orang, dan tidak disukai oleh 9,5 juta orang.

YouTube Rewind 2017

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Tahu 2017 adalah saat di mana YouTube Rewind mulau kehilangan sentuhannya. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, video tahun 2017 terlihat tidak diniatkan untuk dibuat.

Video ini ditonton oleh 238 juta orang, disukai oleh 4,6 juta orang, dan tidak disukai oleh 2,3 juta orang.

YouTube Rewind 2018

youtube rewind
Tangkapan gambar YouTube

Semua orang sepakat, 2018 adalah tahun terburuk bagi YouTube Rewind. Bahkan, video ini mendapatkan predikat video dengan dislikes paling banyak di YouTube dengan total hingga saat ini 19 juta dislikes dengan hanya 3 juta orang yang menyukai.

Banyak yang mengatakan bahwa Rewind 2018 sangat membingungkan dan tidak relevan. Dari suasana meriah, video tiba-tiba berubah menjadi sesi curhat di hutan yang kurang begitu jelas arah dan tujuannya.

BACA JUGA: Mystery Addict Wajib Tahu! Ini Dia 10 Rekomendasi Channel YouTube Mystery Terbaik Versi Bob

Cari tempat staycation yang nyaman dan terjangkau? Menginap di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like