Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Resmi Gantung Helm. Simak 10 Fakta Valentino Rossi Pensiun, Pembalap dengan Julukan The Doctor Ini

Fans The Doctor pasti tahu!

Bobobox.co.id — Seri MotoGP Valencia 2021 menjadi penutup karier Valentino Rossi. Pada balapan tersebut, Valentino Rossi pensiun dari dunia yang sudah melekat dalam dirinya sejak terjun di dunia balap pada 1996.

Segudang prestasi berhasil ia ukir selama 25 tahun berkarier baik dari kelas 125 hingga MotoGP. Namun, banyak orang yang mengetahui fakta-fakta menarik lainnya dari pembalap yang dijuluki The Doctor tersebut.

Berikut ini adalah ulasan Bob mengenai 10 fakta Valentino Rossi pensiun yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Berikut adalah Fakta Valentino Rossi Pensiun

1. Mulai Karier pada Tahun 1996

Fakta Valentino Rossi pensiun pertama adalah tahun pertama kali The Doctor memulai kariernya. Pembalap asal Italia tersebut sendiri memulai karier sebagai pembalap di kelas 125cc di Grand Prix 1996 untuk Aprilia.

Saat itu, Rossi memulai balapan saat ia masih berusia 17 tahun. Namun, menilik ke belakang, kecintaan Rossi terhadap dunia balap memang sudah dipupuk sejak awal oleh ayahnya yang eks pembalap.

Tak pelak, Rossi menghabiskan banyak waktu untuk melatih skill balapnya. Ia kerap mengikuti balap liar skuter di ruas jalan yang menghubungkan Tavalia dan Montecchio guna asah kemampuan melahap tikungan tajam.

Rossi pada tahun 1996 valentino Rossi pensiun
Rossi pada tahun 1996 via motorsportmagazine.com

2. Bukukan Sembilan Gelar Juara Dunia

Sepanjang kariernya selama 25 tahun, Valentino Rossi dikenal sebagai pembalap dengan segudang prestasi. Mulai dari 125cc hingga kelas MotoGp, ia sendiri sudah membukukan sembilan gelar juara dunia.

Fakta Valentino Rossi pensiun ini dengan rincian sekali di kelas 125cc, sekali di 250cc, dan tujuh kali di kelas MotoGp. Alhasil, pembalap kelahiran 16 Februari tersebut disebut sebagai salah satu pembalap tersukses.

Untuk rincian yang lebih mendetil, tercatat bahwa Rossi sudah 235 kali naik ke podium MotoGp. Dari 235 kali tersebut, 115 di antaranya saat juara di posisi pertama, 67 di posisi kedua, dan 53 di posisi ketiga.

Rossi saat juara dunia valentino Rossi pensiun
Rossi saat juara dunia via motogp.com

3. Miliki Ritual Sebelum Balapan

Saat memulai sebuah pertandingan, ada beberapa atlet memiliki beberapa ritual tertentu. Atlet-atlet yang kerap melakukan ritual tersebut merupakan sugesti untuk menambah kepercayaan diri untuk raih kemenangan.

Valentino Rossi adalah salah satu atlet yang mempunyai ritual wajib sebelum melakukan balapan. Fakta Valentino Rossi pensiun ini biasanya akan dilakukan dengan jongkok di samping motornya sambil berdoa.

Tak hanya itu, ia pun terkadang menepuk atau mencium motornya, memperbaiki hlem, sarungan, dan wedgienya. Selama bertahun-tahun, baik saat naik turun kariernya, ia tak pernah melewatkan ritual sebelum balapan ini.

Ritual balapan Rossi valentino Rossi pensiun
Ritual balapan Rossi via Daniel Lo/cornerspeedphoto.com

Baca Juga: Bagi Yang Sedang Nonton, Kamu Wajib Tahu 7 Fakta Squid Game Yang Jarang Diketahui


4. Kerap Terlibat Perselisihan

Selain dikenal dengan segudang prestasi, Rossi pun dikenal pembalap dengan jiwa kompetitif yang begitu besar. Tak mengherankan jika ia beberapa kali terlihat tak bisa mengontrol emosinya pada lawan-lawannya.

Max Biaggi, Sete Gibernau, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Márquez adalah beberapa pembalap yang pernah bersitegang. Bahkan, dengan salah satunya, Rossi pun pernah memukul wajah sang pembalap.

Adalah Max Biaggi yang mendapatkan bogem mentah dari Valentino Rossi. Fakta Valentino Rossi pensiun terjadi setelah GP Barcelona 2001. Saat itu, Biaggi mengalami luka di bawah matanya akibat pukulan tersebut.

Rossi vs Biaggi valentino Rossi pensiun
Rossi vs Biaggi via AFP/Paul Crock

5. Miliki Selebrasi Nyentrik

Merayakan sebuah kemenangan dengan selebrasi adalah hal lumrah di berbagai pertandingan seperti balapan MotoGP. Namun, dari sekian banyak pembalap, Valentino Rossi adalah pembalap yang cukup berbeda.

Pasalnya, pembalap asal Italia tersebut mampu menyuguhkan berbagai selebrasi nyentrik setelah ia berhasil menjuarai sebuah seri balapan. Hal inilah yang kerap ditunggu-tunggu oleh para penggemar The Doctor.

Salah satunya adalah saat ia berpakaian seperti ayam. Selain itu, masih banyak selebrasi dari Rossi seperti merayakan dengan tujuh kurcaci, selebrasi bermain bowling, dan langsung menuju ke sebuah toilet.

Selebrasi Rossi valentino Rossi pensiun
Selebrasi Rossi via motogp.com

6. Seorang Pebisnis Handal

Setelah resmi gantung helm pada MotoGP Valencia 2021, rasanya Rossi tak akan terlalu merindukan dunia balap. Pasalnya, fakta Valentino Rossi pensiun lainnya berkaitan dengan bisnis yang kini tengah ia jalankan.

Pembalap berusia 42 tahun tersebut memiliki bisnis yang tak jauh dari dunia balap. Sebagaimana diketahui, ia sendiri memiliki tim MotoGP, Sky Racing Team VR46 yang bakal manggung pada musim depan.

Di samping itu, ia pun memiliki akademi yang ia dirikan. Akademi tersebut tentunya bertujuan untuk mencari bakat-bakat terpendam yang diproyeksikan mampu menggantikan kehebatan yang dimiliki oleh The Doctor.

Tim Sky Racing VR46 valentino Rossi pensiun
Tim Sky Racing VR46 via instagram.com/@skyracingteamvr46

Baca Juga: Sudah Siap Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia? Ini Dia Fakta-Fakta Kemerdekaan Indonesia!


7. Sempat Tersandung Kasus Pajak

Dari berbagai masalah yang pernah Rossi hadapi, rasanya insiden pada tahun 2008 adalah salah satu masalah terbesar. Pada tahun tersebut, ia terseret kasus pajak yang pastinya mengejutkan fans dari juga Rossi sendiri.

Rossi sempat masuk sebagai salah satu atlet dengan bayaran tertinggi dunia. Fakta Valentino Rossi pensiun tersebut membuat ia sukses meraup pendapatan dari sponsor dan penjualan merchandise miliknya.

Namun, kasus pajak menyeretnya saat Rossi tinggal di London. Ia dituding menyembunyikan barang-barang mewahnya. Sebagai akibat dari kasus tersebut, Rossi pun diharuskan membayar hingga 35 juta Euro.

Valentino Rossi valentino Rossi pensiun
Valentino Rossi via visordown.com

8. Mendirikan VR46 Academy

Seperti yang disinggung pada fakta Valentino Rossi pensiun sebelumnya, Rossi memiliki sebuah akademi. Akademi tersebut adalah VR46 Academy yang pembalap asal Italia tersebut resmi dirikan pada tahun 2013.

Akademi tersebut ia dirikan atas dasar mencari pembalap-pembalap muda asal Italia. Usut punya usut, ia merasa terusik hatinya saat melihat dominasi pembalap asal Spanyol yang semakin menjadi-jadi di MotoGP.

Tak pelak, ia pun akhirnya mendirikan VR46 Academy. Delapan tahun berselang, mimpi dari Rossi tersebut akhirnya menjadi sebuah kenyataan di mana banyaknya pembalap muda Italia di pentas grand prix.

VR46 Academy valentino Rossi pensiun
VR46 Academy via motosport.com

9. Rossi dan Lonceng Gereja Tavullia

Tavullia merupakan kampung halaman yang tak bisa dilepaskan dari sosok Valentino Rossi. Kota yang tak jauh dari sirkuit Misano tersebut memiliki sebuah gereja, Tavullia Church, yang memiliki keunikan tersendiri.

Keunikan tersebut adalah gereja ini bakal membunyikan lonceng setiap kali Valentino Rossi berhasil menjuari sebuah seri balapan. Lonceng yang dibunyikan tersebut bakal terjadi selama kurang lebih satu jam.

Fakta Valentino Rossi pensiun tersebut pun tak memperdulikan waktu baik pagi, siang, atau malam sekalipun. Hal terpenting adalah lonceng gereja tersebut seakan jadi simbol kebanggan dari Tavullia pada sosok Rossi.

Gereja Tavullia valentino Rossi pensiun
Gereja Tavullia via discoverplaces.travel

Baca Juga: 7 Fakta Wasabi Untuk Kamu Penggemar Sushi Dan Makanan Khas Jepang


10. Sempat Jajal Mobil F1

Fakta Valentino Rossi pensiun terakhir adalah pembalap tersebut sempat mengendarai mobil F1. Hal tersebut merupakan sebuah fakta umum  karena pembalap kelahiran 1979 ini berulang kali mencoba mobil F1.

Misalkan saja, pada tahun 2004, ia sudah empat kali berada di balik kokpit F1. Salah satunya adalah saat ia mencoba mobil Ferrari yang justru memicu rumor bahwa ia akan pindah haluan menjadi pembalap F1.

Namun, hal tersebut tak pernah terjadi hingga The Doctor memutuskan untuk pensiun pada tahun 2021. Pada Desember 2020, ia pun sempat melakukan test drive biasa bersama pabrikan lainnya yakni Mercedes.

Rossi jajal mobil F1 valentino Rossi pensiun
Rossi jajal mobil F1 via scuderiafans.com

Menginap dengan Aman? Datang saja Langsung ke Bobobox

Takut kehilangan barang-barang berharga selama liburan? Tak perlu khawatir karena ada Bobobox yang menawarkan sistem keamanan yang mampu mengatasi rasa takutmu tersebut.

QR Code yang menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bobobox inilah yang menjadi jawaban dari amannya barang-barang bawaanmu selama menginap di hotel kapsul ini.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like