Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Urban Legend Indonesia yang Bikin Kamu Takut Tidur Sendirian

Masih banyak yang memercayainya lho!

Bobobox.co.id — Dari dulu hingga zaman sekarang di mana teknologi sudah semakin maju, hal-hal berbau mistis memang sudah melekat di banyak lapisan masyarakat. Salah satunya adalah soal urban legend Indonesia.

Urban legend Indonesia sendiri sebenarnya merupakan mitos yang seringkali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran. Kebanyakan berkaitan dengan horor dan biasanya disebarkan dari mulut ke mulut.

Masih banyak orang yang membahas soal urban legend Indonesia di saat seperti sekarang ini. Kebanyakan dari mereka masih percaya bahwa ada makhluk-makhluk tersebut walaupun di zaman yang sudah relatif modern ini.

Nah, bagi kamu yang penasaran apa saja sih urban legend Indonesia yang pernah heboh, berikut merupakan 10 urban legend yang sudah Bob rangkum. Pasti ada beberapa yang sudah pernah kamu dengar sebelumnya.

Nenek Gayung

Urban legend Indonesia pertama dibuka oleh Nenek Gayung. Urban legend satu ini pernah booming pada medio 2011 dan 2012. Saking terkenalnya, mitos satu ini pun diangkat kelayar lebar yang dibintangi Nikita Mirzani.

Sebenarnya, tidak tahu asal muasal ataupun siapa sebenarnya Nenek Gayung. Hal jelas yang jadi perbincangan adalah kemunculannya yang tiba-tiba di pinggir jalan dengan penampilan sederhana seperti seorang nenek.

Namun, hal yang membedakannya adalah ia membawa gayung dari batok kelapa dan sebuah tikar yang biasa digunakan untuk memandikan jenazah. Tak hanya itu, Nenek Gayung pun mengenakan kebaya serba hitam.

via wowmenariknya.com

Mister Gepeng

Mister Gepeng adalah urban legend Indonesia selanjutnya yang bisa bikin kamu takut tidur sendirian. Mitos dari makhluk satu ini beredar dari mulut ke mulut hingga menjadi perbincangan pada tahun 90an.

Mister Gepeng sendiri diyakini selalu muncul di toilet-toilet gedung pencakar langit atau sekolah. Urban legend Indonesia ini memiliki penampilan wajah bule namun dengan kondisi mukanya yang hancur dan gepeng.

Menurut kisah yang beredar, Mister Gepeng adalah seorang pria kaya raya yang mengalami kecelakaan di lift yang membuat tubuhnya menjadi gepeng. Ada yang bilang kamu bisa memanggilnya lewat teleponmu lho!

via indozone.id

Pastor Tanpa Kepala

Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut merupakan salah satu lokasi di Jakarta yang terkenal akan keangkeran dan cerita mistisnya. Pastor Tanpa Kepala adalah urban legend Indonesia paling terkenal yang beredar di lokasi ini.

Penampakan sesosok pastor berjubah hitam tanpa kepala biasa dipercaya berkeliaran di Taman Pemakaman Umum Jeruk Perut. Ia pun diyakini tak sendiri saat berkeliaran karena diikuti oleh seekor anjing hitam.

Menurut cerita yang beredar, pastor tersebut terbunuh secara tragis pada zaman Belanda. Ia pun berjalan-jalan mencari makamnya sambil menenteng kepalanya. Anjing hitam tadi dipercaya sebagai penuntun arwah pastor.

via hipwee.com

Wewe Gombel

Urban legend Indonesia bisa jadi masih ditakuti hingga saat ini oleh banyak orang. Makhluk satu ini sendiri dipercaya mengincar anak-anak yang luput dari perhatian dan tak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya.

Sosok urban legend Indonesia ini adalah Wewe Gombel. Wewe Gombel digambarkan sebagai seorang wanita berambut panjang. Mitos cerita ini sendiri kebanyakan beredar di banyak daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Mitos ini sendiri sebenarnya memberikan pelajaran penting bagi orang tua pada umumnya. Orang tua seyogyanya untuk memberi kasih sayang dan perhatian yang cukup bagi anak-anaknya agar bisa tumbuh dengan baik.

via tanahnusantara.com

Kolor Ijo

Awal 2000an atau tepatnya Oktober 2003, Bekasi diguncangkan dengan fenomena kasus pemerkosaan yang dilakukan oleh sesosok lelaki besar berbulu dengan celana pendek berwarna hijau. Sosok tersebut adalah Kolor Ijo.

Kolor Ijo akhirnya menjadi cerita urban legend Indonesia viral pada tahun tersebut. Kasus pemerkosaan viral ini sendiri terjadi di Kampung Cijengkol, Kecamatan Setu, Bekasi. Kabar ini pun menyebar dengan cepat.

Seperti halnya sebuah virus, dari kampung ke kampung mulai bermunculan kasus serupa. Banyak yang menduga kalau sosok urban legend Indonesia ini merupakan orang yang sedang menyempurnakan ilmu hitamnya.

via rakyatku.com

Nyi Roro Kidul

Bisa jadi sosok mitologis satu ini merupakan urban legend Indonesia yang tidak hanya viral dalam suatu waktu tertentu. Pasalnya, hingga saat ini, cerita mengenai urban legend Indonesia masih tetap saja populer.

Nyi Roro Kidul sendiri seringkali dikaitkan dengan Pantai Selatan. Tak heran jika banyak cerita-cerita mistis yang tersebar di kalangan masyarakat khususnya di daerah-daerah Pantai Selatan seperti Sukabumi dan Jogja.

Beberapa mitos yang berkaitan dengan Nyi Roro Kidul adalah sang ratu Pantai Selatan ini mendiami kamar nomor 308 Hotel Inna Samudera dan larangan untuk memakai pakaian berwarna hijau di Pantai Selatan.

urban legend Indonesia nyi roro kidul
via krjogja.com

Si Manis Jembatan Ancol

Jika berbicara soal urban legend Indonesia mana yang paling terkenal, Si Manis Jembatan Ancol tak boleh sampai terlewatkan. Pasalnya, kisah mitos ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda atau sekitar tahun 1800an.

Soal ceritanya, urban legend Indonesia ini memiliki banyak versi yang beredar di masyarakat. Salah satu yang paling terkenal adalah Maryam yang kabur dari kawin paksa namun akhirnya harus tewas di Jembatan Ancol.

Kematiannya yang tidak wajar inilah yang dipercaya membuat arwah Maryam gentayangan. Konon kamu harus membunyikan klakson tiga kali untuk meminta izin untuk melewati daerah kekuasaan Si Manis Jembatan Ancol.

via kronologi.id

Kuyang

Kebanyakan dari urban legend Indonesia memang berasal dari Pulau Jawa, namun nyatanya ada urban legend Indonesia yang berasal dari luar Jawa. Cerita sosok hantu satu ini berasal dari Pulau Kalimantan.

Sosok yang dimaksud adalah Kuyang. Kuyang sendiri merupakan sosok hantu wanita. Hal yang membuatnya semakin menyeramkan adalah ia gentayangan ke sana ke mari dengan organ bagian dalam yang terlihat jelas.

Kuyang dipercaya terbang untuk meneror wanita yang sedang hamil. Konon, sosok satu ini akan memakan janin agar bisa menyempurnakan ilmu hitamnya. Hingga saat ini, sosok ini pun masih sering berkeliaran.

via hot.liputan6.com

Kakek Cangkul

Setelah sebelumnya sempat Bob singgung soal Nenek Gayung, kali ini urban legend Indonesia ‘dilengkapi’ oleh sosok hantu berwujud kakek-kakek. Namun, kakek satu ini membawa cangkul saat ia muncul.

Banyak cerita yang beredar jika Kakek Cangkul ini adalah suami dari Nenek Gayung. Ia gentayangan karena jasadnya yang tidak terkubur dengan layak saat ia meninggal. Oleh karena itu, sosok ini membawa cangkul.

Walaupun pernah heboh dan menjadi sebuah film layar lebar, banyak yang menyangsikan bahwa keaslian urban legend Indonesia ini. Mereka percaya bahwa sosok Kakek Cangkul hanyalah rekayasa belaka.

via kapanlagi.com

Nenek Gerondong

Urban legend Indonesia ditutup oleh sosok Nenek Gerondong. Urban legend Indonesia ini seringkali ditemukan di permainan anak-anak 90an yang dulu cukup sering dilakukan sehabis pulang sekolah.

Sosok yang dimaksud adalah Nenek Gerondong. Nenek Gerondong digambarkan sebagai seorang nenek tua miskin yang sering datang mengunjungi satu rumah ke rumah lainnya untuk meminta sesuap nasi.

Berbeda dengan cerita urban legend Indonesia lainnya, sosok satu ini sendiri hanya akan menjadi seram dan kasar bagi orang yang menolak memberinya makanan. Bagi yang memberi, ia akan menjadi orang yang baik hati.

via yukepo.com

Tak perlu Takut Tidur saat Baca Urban Legend Indonesia di Bobobox

Setelah membaca beberapa ceritanya di pods Bobobox, kamu mungkin bisa takut untuk tidur sendiri. Namun, kamu tak usah khawatir karena kamu tidak akan tidur sendiri di Bobobox karena konsep shared living yang diusung.

Jadi, banyak orang kok yang ada di luar pod yang sedang kamu inapi. Oleh karenanya, kamu pun bisa tidur nyenyak tanpa takut akan kesendirian yang datang.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba menginap di Bobobox, unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjutnya ya!

kamar bobobox

You might also like