Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tumbuhan Obat yang Dipercaya Mencegah Kanker Payudara

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Bobobox.co.id — Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa kanker termasuk salah satu musuh bagi tubuh manusia. Banyak orang yang harus meregang nyawanya akibat kanker. Mulai dari kanker usus hingga kanker payudara. Apalagi kanker payudara sendiri terbilang memiliki cara pengobatan yang tidak bisa sembarang. Tak heran jika para ilmuwan berusaha sekuat tenaga guna menemukan obat yang mampu menyembuhkan kanker.

Nah, selain para ilmuwan yang sedang berusaha, International Cancer Control (ICC) pun bergerak lewat memelopori Hari Kanker Sedunia yang dirayakan setiap 4 Februari. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker, khususnya kanker payudara.

Berbicara soal pencegahan kanker payudara, seperti pepatah jaman dulu mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Dibandingkan mengobati, tentunya akan lebih baik jika kamu mencegahnya datang terlebih dahulu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi bahan alami dan obat herbal.

Walaupun belum ada penelitian lebih lanjut yang membuktikan obat herbal bisa menyembuhkan kanker payudara. Namun, banyak obat herbal atau tumbuhan yang dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh pada umumnya. Hal ini juga diyakini bisa mencegah munculnya sel kanker.

Bob sudah merangkum 7 tumbuhan yang dipercaya dapat mencegah kanker payudara. Nah, tumbuhan apa sajakah itu? Langsung saja simak ulasan singkat mengenai tumbuhan-tumbuhan tersebut berikut ini.

Mengkudu

Tumbuhan obat pertama yang ada di daftar ini adalah buah mengkudu. Buah mengkudu sering dikonsumsi karena terkenal akan segudang manfaat yang ditawarkan. Salah satunya adalah untuk mencegah kanker payudara. Nah, bagaimana bisa?

Walaupun baunya yang relatif menyengat, buah mengkudu ini mempunyai kandungan Dammachantel. Dammachantel sendiri merupakan zat antikanker yang mampu melawat sel abnormal yang sedang memasuki stadium pra kanker dan bahkan mencegah perkembangannya. Cukup peras dua hingga tiga mengkudu tambah dengan madu untuk cara konsumsinya.

mengkudu cegah kanker payudara

Keladi Tikus

Selanjutnya, kamu bisa memperbanyak konsumsi Keladi Tikus untuk mencegah kanker payudara. Keladi tikus ini disinyalir memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah untuk mencegah kanker payudara. Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Chris K.H Teo dari Yayasan Cancer Care di Penang sudah membuktikannya.

Walaupun sudah terbukti, namun penelitian tersebut mengambil sampel tikus betina berusia tiga bulan ini dan belum terbukti secara pasti hasil yang sama terjadi kepada manusia. Namun, kandungan ekstrak keladi tikus ini sendiri dianggap mampu menghambat penyebaran dan pertembuhan sel kanker.

via sarialamsukabumi.com

Mahkota Dewa

Buah satu ini seringkali disebut sebagai buah simalakama. Wajar saja jika buah mahkota dewa ini dijuluki dengan panggilan tersebut. Pasalnya, buah mahkota dewa merupakan salah satu buah beracun. Namun, buah ini juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan.

Salah satu khasiatnya adalah menghambat kanker payudara. Beberapa penelitian sendiri menunjukkan bahwa mahkota dewa memiliki kandungan flavonoid. Flavonoid diketahui sebagai antioksidan dengan efektivitas tinggi yang mampu menetralkan efek nefrotoksisitas cisplatin pada kemoterapi kanker serviks.

via hellosehat.com

Daun Sirsak

Tumbuhan obat selanjutnya yang bisa kamu konsumsi mulai dari sekarang adalah daun sirsak. Penelitian dari Oxidative Medicine and Cellular Longevity menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki senyawa astogenin dan alkaloid yang mampu mengurangi pertumbuhan kanker.

Hal ini semakin diperkuat dengan laporan dari wanita yang mengidap kanker payudara metastasis. Setelah rajin meminum hasil rebusan daun sirsak, penyebaran kankernya stabil selama 5 tahun yang menandakan bahwa sel kanker payudara yang wanita tersebut diderita tidak menyebar.

Kulit Manggis

Buah yang satu ini pernah masuk ke dalam sebuah lagu yang sempat ngehits pada jamannya. Ya, buah manggis atau lebih tepatnya kulit buah manggis termasuk salah satu tumbuhan obat yang dipercaya bisa mencegah kanker payudara. Di kulitnya, banyak sekali senyawa xanthon dan mengandung antioksidan yang banyak.

Untuk senyawa xanthon, kandungan ini dipercaya dapat mematikan agresitivitas sel kanker payudara. Sedangkan, antioksidan sendiri memang memiliki banyak manfaat. Salah satu di antaranya adalah menghambat pertumbuhan sel. Walaupun terbukti mencegah kanker payudara, namun penelitian lanjutannya sendiri menyangkal bahwa tumbuhan obat ini mampu mengobati kanker payudara.

Tapak Dara

Yang satu ini seringkali kamu lihat menjadi penghias pekarangan rumah. Bunga ini memang terlihat cantik dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai hiasan rumah. Namun, dibalik keindahannya, bunga satu ini memiliki manfaat yang dipercaya bisa menghambat atau mencegah kanker payudara.

Bunga yang dimaksud adalah bunga tapak dara. Mengandung senyawa alkaloid, bunga tapak dara dipercaya mampu mengobati sel kanker dan tumor ganas. Untuk cara mengonsumsinya, bunga dengan nama latin catharanthus roseus ini ditambah dengan kulit kayu pulasari dan buah adas untuk kemudian direbus dan disaring air hasil rebusannya. Setelah itu, konsumsi air tersebut secara rutin.

via tabloidbintang.com

Daun Dewa

Tumbuhan terakhir yang masuk daftar kali adalah daun dewa. Daun dewa ini termasuk salah satu yang termahsyur akan kemampuannya dalam memberikan manfaat bagi tubuh. Daun dewa mengandung peroksidase. Nah, protein satu ini sendiri bekerja untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Selain menghambat sel kanker payudara, daun dewa pun sebenarnya memiliki khasiat lain yang tidak kalah dahsyat. Beberapa manfaat lain dari daun dewa ini adalah mengobati herpes, diabetes, hipertensi, dan stroke. Namun, yang perlu diperhatikan adalah cara mengonsumsi daun dewa ini. Jangan sampai bukannya mencegah justru malah mengundang penyakit lainnya yang tidak terprediksi sebelumnya.

via hellosehat.com

Soal Inap Menginap? Ya di Bobobox Aja

Nah, jika tadi Bob sudah membahas tumbuhan obat apa saja yang dipercaya dapat menghambat kanker payudara, kali ini Bob akan membahas temuan lainnya yang bisa menghambat rasa bosan yang melanda. Temuan tersebut adalah dengan mencoba staycation.

Staycation atau stay vacation merupakan istilah yang digunakan untuk liburan di kotamu sendiri. Maksudnya adalah kamu tetap liburan ke tempat-tempat wisata yang ada dan menginap di akomodasi penginapan di kotamu. Hal ini sama seperti yang kamu lakukan saat liburan ke luar kota bahkan ke luar negeri.

Nah, tempat wisata yang kamu kunjungi bisa disesuaikan dengan apa yang kamu inginkan. Bisa ke pantai, ke gunung, atau ke wahana permainan. Soal inap menginap, rasanya tidak lengkap jika kamu tidak menginap di Bobobox untuk staycationmu kali ini.

Hotel kapsul satu ini siap memanjakanmu dengan beragam fasilitas-fasiltas menarik. Mulai dari lampu led yang bisa diubah sesuka hati hingga koneksi WiFi yang mampu diandalkan menjadi beberapa fasilitas unggulan yang tentu saja bisa kamu manfaatkan selama menginap di Bobobox.

Penasaran ingin mencoba menginap di Bobobox? Pemesanan podnya sangat mudah dan simpel. Kamu cukup unduh aplikasi Bobobox secara gratis di sini. Setelah mendaftarkan akunmu, kamu sudah bisa memesan pod yang kamu inginkan.

Bobobox rules

You might also like