Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tujuan Wisata Religi 2021 yang Membuat Ramadan Terasa Meriah!

Tujuan wisata religi 2021 ini dijamin bikin ramadhan kamu makin berwarna!

Tujuan wisata religi 2021 berikut ini bisa jadi referensi bagi kamu yang sedang ingin berlibur sekaligus memperluas wawasan kamu tentang sejarah Islam di Indonesia. Indonesia faktanya tak hanya kaya akan wisata alamnya saja tapi juga wisata religinya.

Dari berbagai pilihan destinasi wisata religi mulai dari wisata religi buddha, hindu, kristiani, dan konghuchu, Indonesia memiliki segudang pilihan destinasi wisata Islami yang unik. Agar ramadhan tahun 2021 ini lebih berkesan sekaligus memenuhi hasrat kamu untuk melakukan perjalanan spiritual kamu bisa coba kunjungi beberapa tujuan wisata religi berikut ini!

1. Tujuan Wisata Religi 2021: Masjid Raya Baiturrahman

gempa bumi terbesar dalam sejarah
Photo by Sangga Rima Roman Selia on Unsplash

Tujuan wisata religi 2021 yang pertama adalah Masjid Raya Baiturrahman yang ada di Aceh. Masjid ini menjadi masjid kebanggaan masyarakat Aceh yang berhasil bertahan kokoh meskipun diterjang bencana Tsunami pada tahun 2004 yang lalu. Masjid Raya Baiturrahman ini dibangun sejak era Kesultanan Aceh kemudian dibangun kembali pada 1879 – 1881 karena sempat hancur atas serangan dari Belanda.

2. Tujuan Wisata Religi 2021: Masjid Cheng Ho

Tujuan wisata religi 2021 selanjutnya adalah Masjid Cheng Ho. Kamu mungkin sudah cukup familiar dengan nama seorang pelaut asal daratan Tiongkok bernama Laksamana Cheng Ho. Cheng Ho merupakan salah seorang pelaut yang turut berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Nusantara. Dalam mengenang dan menghargai jasanya inilah kamu bisa menemukan banyak sekali masjid di Indonesia yang berdiri yang didedikasikan sebagai penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho.

Salah satu masjid ini adalah Masjid Cheng Ho yang berlokasi di Surabaya. Masjid Cheng Ho ini banyak dikunjungi wisatawan karena bentuk bangunannya yang unik dan tidak menyerupai bentuk masjid pada umumnya. Masjid ini memiliki gaya aristektur khas bangunan-bangunan kuil di Tiongkok dan dilengkapi dengan ornamen dan dekorasi bernuansa Islami. Selain di Surabaya,kamu juga bisa menemukan Masjid Cheng Ho lainnya salah satunya di Palembang. Masjid Cheng Ho di Palembang juga memiliki tampilan yang unik dengan arstektur perpaduan unsur Cina, Melayu, dan juga Nusantara.

3. Tujuan Wisata Religi 2021: Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

mereview masjid
@aditnfrog

Tujuan wisata religi 2021 berikutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang terletak di Semarang. Masjid ini berdiri pada tahun 2006 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid ini terlihat megah karena berdiri di atas lahan 10 hektar. Gaya arsitekturnya pun unik karena merupakan perpaduan gaya arsitektur khas Jawa, Islam, dan juga Romawi. Tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah ini juga memiliki fungsi sebagai Museum Kebudayaan Islam.

Museum Kebudayaan Islam ini terletak di lantai 2 dan 3. Saat proses pembangunan, Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang ini memang telah dipersiapkan sebagai obyek wisata religi di Indonesia. Oleh karena itu jangan kaget jika di sekitar Masjid Agung ini juga terdapat wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar. Wisma ini membuat para peziarah yang ingin bermalam di tempat ibadah ini sambil memanfaatkan fasilitas yang ada.

4. Tujuan Wisata Religi 2021: Kampung Ramadan Kauman

Tak kalah menarik dengan tujuan wisata religi 2021 di atas, tujuan wisata religi 2021 yang satu ini juga bisa jadi destinasi pilihan kamu di bulan ramadhan. Bicara mengenai bulan ramadhan rasanya kurang lengkap jika kamu tak pernah mencoba suasana berpuasa di Yogyakarta tepatnya di Kampung Ramadan Kauman. Tujuan wisata religi 2021 ini terletak sekitar 300 meter dari titik 0 Yogyakarta.

Kampung Ramadan Kauman merupakan kampung tertua di kota Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 1970. Di sini kamu akan menemukan banyak sekali aneka jajan takjil pada bulan puasa yang unik, nikmat, dan juga dibanderol dengan harga yang terjangkau. Salah satu jajanan unik yang bisa kamu temukan di sana adalah Kacang Umbon yang dibuat dari bahan dasar berupa kacang tanah.

5. Tujuan Wisata Religi 2021: Istana Maimun

Pernah mendengar sejarah keemasan kesultanan Deli? Jika iya kamu mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar nama Istana Maimun. Bob kunu akan mengajak kamu mengunjungi tujuan wisata religi 2021 di Medan, Sumatera Utara tepatnya di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Tujuan wisata religi 2021 ini dibangun pada tanggal 26 Agustus 1888 oleh keturunan ke 9 Kesultanan Deli, Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Istana Maimun ini berdiri megah dengan total 30 ruangan dan memiliki luas sebesar 2.772 m2. Setelah selesai dibangun, istana Maimun ini kemudian diresmikan pada tanggal 18 Mei 1891. Jika kamu perhatikan dengan seksama, Istana Maimun ini sangat unik karena memiliki gabungan gaya arsitektur antara budaya timur atau Melayu yang islami dan gaya Eropa. Selain itu di bagian interiornya ada banyak sekali ornamen bergaya Eropa seperti meja, lemari, kursi, lampu hingga pintu dorong.

6. Tujuan Wisata Religi 2021: Masjid Terapung

Tujuan Wisata Religi 2021
@pojokseni.com

Beralih ke Maluku Utara tepatnya di Ternate, Pantai Sewiring, di sana kamu juga bisa menemukan tujuan wisata religi 2021 yang unik. Tujuan wisata religi 2021 ini bernama Masjid Terapung Al-Munawar. Sesuai dengan namanya masjid ini terlihat mengapung di antara air di Pantai Sewiring. Coba bayangkan pengalaman melaksanakan salat dan membaca al-qur’an di tengah pantai, pasti menjadi pengalaman yang sangat unik, berkesan, dan tak terlupakan!

Tujuan wisata religi 2021 ini di bangun pada tahun 2003 di atas laut dan memiliki lahan seluas 6 hektar. Bangunannya pun terlihat sangat indah dan megah. Luasnya masjid ini bahkan dapat menampung sekitar 15.000 jamaah. Jika kamu perhatikan pada sisi-sisi masjid terdapat 4 menara menjulang tinggi yang membuat masjid ini terlihat megah. Latar Gunung Gamalama di belakang masjid Terapung Al-Munawar ini menambah cantik pemandangan sekitar masjid.

7. Tujuan Wisata Religi 2021: Masjid Istiqlal

Tujuan wisata religi 2021 yang terakhir adalah Masjid Istiqlal. Siapa sih yang tidak tahu dengan tujuan wisata religi 2021 yang satu ini? Masjid Istiqlal adalah salah satu masjid kebangaan masyarakat Jakarta. Berlokasi berdampingan dengan Gereja Katedral, hal ini menjadi wujud semangat persaudaraan, persatuan dan toleransi beragama sesuai dasar negara Indonesia, yakni Pancasila. Pemikiran mengenai letak Masjid Istiqlal yang berdampingan dengan Gereja Katedral ini merupakan pertimbangan dari Presiden Republik Indonesia kita yang pertama yaitu Presiden Soekarno. 

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Saat akan liburan, tentu kamu harus menyiapkan berbagai macam hal guna mendapatkan liburan yang asyik dan menyenangkan. Salah satunya tentu soal akomodasi penginapan di destinasi yang kamu pilih. Akomodasi penginapan ini tentu haruslah menunjang kualitas beristirahat yang mumpuni. Salah satu akomodasi penginapan yang recommended adalah Bobobox.

Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas keren yang siap memanjakanmu dan memberikan kualitas beristirahat yang mumpuni saat menginap di sini. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir karena harganya tergolong terjangkau. Untuk pemesanannya sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh melalui link ini. Jadi, tungu apalagi? Yuk, menginap di Bobobox.

You might also like