Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Tujuan Rekreasi Akhir Pekan di Jakarta yang Sudah Kembali Buka

Yuk, intip tempat rekreasi mana saja di Jakarta yang sudah buka untuk mengisi akhir pekanmu!

Setelah ditutup selama kurang lebih 3 bulan karena pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta telah mengizinkan beberapa tempat rekreasi di Jakarta untuk dibuka kembali.

Meski masih dibuka secara bertahap dan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang wajib dipatuhi, namun beberapa tempat rekreasi ini sudah bisa kamu kunjungi untuk mengusir kebosananmu yang dari kemarin di rumah aja.

Berikut Bob sudah rangkum untuk kamu beberapa tempat rekreasi akhir pekan di Jakarta yang sudah buka kembali. Check these out!

1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Salah satu tempat rekreasi akhir pekan di Jakarta yang sudah mulai buka kembali adalah Taman Mini Indonesia Indah. Kamu nggak perlu ragu untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan kamu di sini, karena pihak TMII telah menyiapkan protokol kesehatan bagi karyawan, pengunjung, serta fasilitas yang ada di sana.

Untuk kamu yang berniat pergi ke TMII sebagai tempat rekreasi akhir pekanmu, sekarang kamu wajib membeli tiketnya terlebih dahulu secara online. Selain tidak lagi menerima pembayaran tunai, kebijakan baru TMII di era new normal ini adalah pengunjung dibatasi sebanyak 20.000 orang per hari.

Pengunjung juga wajib menggunakan masker dan melewati prosedur pemeriksaan kesehatan di setiap pintu masuk. Jam opeasional TMII pun sekarang telah berubah, yakni hanya buka mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore setiap harinya.

2. Taman Impian Jaya Ancol

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Bagi kamu yang kangen banget pergi ke Ancol untuk rekreasi akhir pekan kamu, ada berita bagus nih! Yap, Ancol sudah buka kembali.

Kawasan wisata yang ditutup sejak 14 Maret 2020 ini sudah mulai beroperasi kembali, namun dengan beberapa kebijakan baru bagi pengunjung. Kebijakan tersebut di antaranya yaitu, pengunjung diwajibkan membeli tiket secara online serta melakukan reservasi terlebih dahulu, memakai masker, menjalani pemeriksaan suhu tubuh, dan tetap melakukan physical distancing.

So, Ancol bisa banget, ya, masuk ke dalam daftar tempat rekreasi akhir pekan kamu di Jakarta saat new normal ini.

3. Ragunan

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Salah satu tempat rekreasi akhir pekan di Jakarta yang selalu ramai pengunjung adalah Taman Margasatwa Ragunan. Setelah sempat ditutup selama kurang lebih 3 bulan, Ragunan sudah mulai buka kembali, lho. Namun, ada beberapa kebijakan yang wajib dipatuhi karena semua masih dalam masa transisi.

Sama seperti tempat wisata lainnya, Ragunan juga mewajibkan pengunjung membeli tiket secara online dan mengikuti semua protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19. Pihak Ragunan juga melakukan pelarangan kunjungan sementara untuk anak usia 0-9 tahun, ibu hamil, dan lansia, karena mereka lebih rentan terpapar.

Di era new normal ini, jam operasional Ragunan juga dibatasi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 1 siang. Jadi, untuk kamu yang berniat memilih Ragunan sebagai tempat rekreasi akhir pekan kamu, jangan lupa untuk selalu mengikuti semua aturan di atas, ya.

4. Taman Ismail Marzuki

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Taman Ismail Marzuki merupakan salah satu tempat rekreasi akhir pekan di Jakarta yang sudah bisa kamu kunjungi di era new normal ini. Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di tempat wisata yang berlokasi di Cikini Jakarta ini, contohnya menonton pementasan drama, tari, musik, teater, pembacaan puisi, dan lain-lain.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi Planetarium, perpustakaan, galeri seni, dan toko buku antik yang berada di kawasan TIM. Nah, untuk kamu yang berencana ke TIM untuk rekreasi akhir pekan kamu, jangan lupa untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan physical distancing, ya.

5. Kota Tua

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Salah satu tempat rekreasi akhir pekan di Jakarta yang sudah bisa kamu kunjungi di masa new normal ini adalah kawasan Kota Tua. Pihak Kota Tua juga telah memberlakukan beberapa kebijakan baru, seperti wajib memakai masker, melakukan pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan, dan menjaga jarak minimal 1 meter.

Bagi kamu yang hendak mengunjungi Kota Tua sebagai tempat rekreasi akhir pekan kamu di Jakarta, ada beberapa perubahan jam operasional museum yang perlu kamu catat. Jam operasional museum untuk masa new normal ini hanya dari jam 11 sampai jam 2 siang. Bahkan, dalam satu minggu, beberapa museum tidak buka setiap hari.

6. Monumen Nasional

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Untuk kamu yang sedang mencari ide tempat rekreasi akhir pekan bersama keluarga di Jakarta, kamu bisa coba untuk datang ke Monas. Seperti tempat wisata lainnya, pihak Monas juga menerapkan beberapa kebijakan seperti wajib memakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter, dan tidak diperkenankan duduk-duduk berkerumun.

Meski pertunjukan air mancur dan kereta wisata masih belum beroperasi, kamu masih bisa mengunjungi museum dan melakukan aktifitas mobile lainnya. Kamu juga bisa melakukan olahraga jogging atau jalan sehat dengan mengikuti trek yang telah ditentukan. Ini akan menjadikan acara rekreasi akhir pekan kamu seru dan juga menyehatkan.

7. Museum MH Thamrin

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Tempat rekreasi akhir pekan selanjutnya yang sudah bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Museum MH Thamrin. Di sini, kamu bisa melakukan rekreasi akhir pekan sambil mengenang salah satu sosok pahlawan nasional MH Thamrin yang sangat berjasa dalam menyejahterakan Batavia di zaman kolonial Belanda.

Kamu bisa melihat-lihat beberapa koleksi peninggalan MH Thamrin yang menjadi saksi bisu perjuangannya, seperti radio jadul, diorama, blankon, delman, dan kereta jenazah. Selama mengunjungi museum, jangan lupa untuk tetap mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku, ya.

8. Museum Taman Prasasti

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Tempat wisata sejarah satu ini sudah mulai buka kembali sejak 8 Juni 2020, dan bisa kamu jadikan alternatif tempat rekreasi akhir pekan yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Museum Taman Prasasti adalah cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda yang berlokasi di Jalan Tanah Abang.

Di tempat ini juga terdapat makam dari tokoh mahasiswa yang terkenal, yaitu Soe Hok Gie. Selain cocok untuk dijadikan destinasi tempat rekreasi akhir pekan yang unik, museum ini juga sering dijadikan tempat pre-wedding, lho, karena banyak spot foto di sini yang keren-keren.

9. Museum Sejarah Jakarta

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Museum lainnya yang juga sudah mulai buka pada masa new normal ini adalah Museum Sejarah Jakarta. Kamu bisa mengunjungi museum ini sebagai pilihan tempat rekreasi akhir pekan kamu.

Museum yang berlokasi di Tamansari Jakarta ini juga menerapkan beberapa kebijakan untuk menyambut era new normal, seperti wajib memakai masker, pembatasan jam kunjungan, serta mengurangi kapasitas pengunjung. Jadi, ingat selalu untuk stay safe dan stay healthy selama acara rekreasi akhir pekan kamu, ya!

10. Museum Joang 45

tujuan rekreasi akhir pekan Jakarta

(Photo by: Instagram)

Museum selanjutnya yang sudah kembali buka dan cocok untuk dijadikan tempat rekreasi akhir pekan adalah Museum Joang 45. Museum ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore setiap harinya. Seperti tempat wisata lainnya, pengelola Museum Joang 45 juga kini menerapkan protokol kesehatan Covid-19 bagi para pengunjung dan petugas.

Di museum yang berlokasi di daerah Menteng ini terdapat sejumlah lukisan, diorama, dan arsip-arsip tentang peristiwa seputar proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. So, tempat ini cocok banget untuk kamu yang ingin rekreasi akhir pekan sambil belajar sejarah.

Bobobox! Pilihan tepat untuk liburan kamu.

Cari penginapan untuk istirahat setelah puas rekreasi akhir pekan di Jakarta? Tapi bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!