bresel

Trip Bisnis Sambil Liburan Singkat? Siapa Takut!

Jangan dulu berpikir bahwa trip bisnis adalah sebuah bencana. Sebaliknya, justru ini bisa jadi kesempatan kamu untuk bersenang-senang. Di zaman yang menuntut orang untuk terus aktif ini muncul sebuah tren yang disebut dengan bleisure travel. Istilah tersebut berasal dari kata business dan travel di mana kamu mengambil liburan singkat disela-sela perjalanan bisnis yang kamu lakukan.

Mengapa harus bleisure travel?

Trip bisnis

Photo by Kyle Ryan on Unsplash

Trip bisnis dianggap sebagai suatu hal yang melelahkan. Kamu pergi ke sebuah tempat, bisa luar kota atau luar negri, menghabiskan waktu di sana untuk berpikir dan bekerja keras. Setelah itu pulang dan kembali ke rutinitas pekerjaan di kantor. Tentu saja badanmu akan terasa lelah dan loyo.

Dengan menambahkan sedikit jadwal liburan ke trip bisnis kamu, kamu bisa lebih memberi waktu istirahat untuk badan kamu.

Jika saat bleisure travel kamu tiba beberapa hari lebih awal, kamu bisa mengistirahatkan tubuhmu dari jet lag. Persiapanmu dalam menghadapi pekerjaan pun jadi lebih matang karena badan kamu sudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Selain itu, memiliki waktu untuk bersantai disela-sela perjalanan bisnis bisa membuat performa kerja kamu menjadi lebih baik. Kamu tidak perlu takut terlambat datang atau tertinggal pesawat saat pulang karena kamu memiliki cukup waktu untuk fokus pada pekerjaan kamu.

Bleisure travel juga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk pekerja saja lo. Perusahaan juga mendapatkan banyak manfaat dari bleisure travel.

Dengan menambahkan jadwal liburan ke trip bisnis, pekerja bisa bekerja lebih efisien karena tidak terburu-buru waktu. Hal ini pun membuat pekerja lebih puas dalama bekerja. Loyalitas dan kecintaannya terhadap perusahaan menjadi semakin besar tanpa perlu dipaksakan.

Tips agar liburan singkat kamu lebih nyaman

Jika kamu berencana melakukan liburan singkat saat trip bisnis, Bob bakal kasih kamu 6 tips yang bisa kamu coba nanti. Apa aja sih tipsnya? Yuk kita lihat sama-sama.

Jangan lupa izin

Jangan jadikan trip bisnis kamu seperti main kucing-kucingan. Sebelum kamu merencanakan liburan singkat, restu dari pemodal alias bos kamu sangatlah penting.

Bilang bahwa kamu akan menggunakan beberapa hari selama trip bisnis untuk liburan singkat. Kalau kamu tidak diberi izin, coba ajukan cuti supaya kamu tetap bisa liburan gratis.

10 Tips Rencana Cuti Liburan Untuk Kamu Pekerja Kantoran

Utamakan pekerjaan

tips Trip bisnis

Photo by Christin Hume on Unsplash

Meskipun kamu memiliki waktu untuk berlibur disela-sela waktu trip bisnis, pekerjaan kamu tetaplah yang utama. Jangan sampai kamu terlalu memikirkan liburan sampai-sampai kamu jadi tidak maksimal dalam bekerja.

Selesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu dan jauhkan diri kamu dari berbagai godaan seperti menonton travel vlog atau melihat Instagram. Semakin kamu terpapar informasi dari destinasi liburan kamu, semakin ingin rasanya cepat-cepat ke sana.

Namun tidak semua trip bisnis bisa kamu jadikan bleisure lo. Jika jadwal pekerjaanmu padat dari awal hingga akhir, lebih baik kamu berpikir dua kali sebelum merencakan liburan karena bisa jadi rencanamu itu malah mengganggu pekerjaanmu.

Atur jadwal kamu dengan baik

Trip bisnis

Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Liburan saat trip bisnis memang menyenangkan. Tapi kamu harus pintar-pintar mengatur waktu dengan baik. Akan lebih baik jika kamu membuat to-do-list selama kamu melakukan perjalanan bisnis sehingga kamu bisa memantau apa yang belum dan sudah kamu lakukan.

Untuk kapan sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk liburan, itu terserah kamu sendiri. Namun satu hal yang patut kamu pertimbangkan adalah hari Jumat hingga Minggu. Ketiga hari itu adalah waktu yang pas untuk kamu berlibur selama trip bisnis.

Jika kamu memilih untuk menyegarkan pikiran sebelum bekerja, akan lebih baik jika kamu datang ke tempat trip bisnis di hari Jumat. Akan tetapi jika kamu memilih untuk melepaskan stres setelah bekerja, akhiri trip bisnis kamu di hari kamis, sehingga kamu bisa bersantai selama 3 hari berikutnya.

7 Momen Libur Cuti Ini Siap Menyambutmu Di Tahun 2020!

Pilih tempat yang cocok

Trip bisnis

Photo by Bruno Wolff on Unsplash

Tidak semua tempat cocok untuk liburan singkat, terutama tempat-tempat yang dekat. Kalau kamu hanya melakukan trip bisnis ke tempat yang tidak membutuhkan waktu lama untuk dijangkau, lebih baik rencanakan liburan kamu di lain waktu. Tempat-tempat seperti itu bisa didatangi kapan saja.

Kamu cukup fokus ke tempat-tempat jauh seperti luar kota atau luar negri saja. Karena biaya ditanggung oleh perusahaan, kamu bisa menghemat tiket pesawat yang harganya lumayan mahal. Kapan lagi kamu bisa jalan-jalan jauh gratis?

Manfaatkan waktumu sebaik mungkin

Trip bisnis

Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Kalau kamu pergi ke tempat yang belum pernah kamu datangi sebelumnya, jangan sia-siakan kesempatan itu. Alih-alih menghabiskan waktu di kamar sambil menonton acara kesukaanmu, kunjungi tempat-tempat sekitar yang seru.

Kamu bisa melihat-lihat pemandangan sekitar dan datang ke tempat bersejarah. Selain bertujuan untuk menyegarkan pikiran, kamu bisa dapat pengetahuan baru tentang tempat trip bisnis yang kamu kunjungi.

Hal lain yang tidak boleh kamu lewatkan adalah kuliner. Setiap daerah tentunya memiliki keunikannya masing-masing dalam hal makanan.

Karena makanan biasanya merepresentasikan tempat pembuatannya, kamu jadi bisa tahu budaya dan ciri khas daerah tersebut. Siapa tahu juga kamu dapat makanan kesukaan baru kan pas lagi jalan-jalan.

Kegiatan favorit terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menghadiri festival setempat. Trip bisnis kamu harus bertepatan dengan waktu penyelenggaraan festival tersebut jika kamu ingin menikmatinya.

Ajak teman-temanmu

Trip bisnis

Photo by Zachary Nelson on Unsplash

Beberapa perusahaan mengizinkan kamu untuk membawa keluarga atau teman. Manfaatkan hal ini supaya liburan singkat kamu terasa lebih ramai. Selain menjadi teman perjalanan, akan ada selalu orang yang siap untuk kamu mintakan foto.

Kalau kamu tidak diperbolehkan untuk membawa teman atau keluarga tapi kamu tidak ingin liburan sendiri, kamu bisa ajak mereka untuk bertemu di sana. Siapa tahu teman kamu memang sedang ingin berlibur juga.

Trip bisnis ke Bandung?

Cari Hotel Yang Pas Untuk Kamu Liburan? Ini Tipsnya!

Kamu bisa melakukan banyak hal jika kamu berlibur saat trip bisnis ke Bandung. Ada tempat wisata yang keren, mal-mal yang megah, hingga tempat kuliner yang bikin perut lapar. Tapi kalau kamu cuma mau staycation saat kamu melakukan trip bisnis, Bobobox siap untuk menyambut kamu dengan hangat.

Di Bobobox kamu bisa beristirahat sejenak dari padatnya pekerjaan kamu. Suasananya sangat mendukung karena pod di Bobobox dirancang untuk memaksimalkan kenyamanan kamu dalam menginap.

Super Comfy Bobobox Pods

Selain itu desainnya yang modern memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel kapsul. Fasilitasnya lengkap dan kekinian. Suasana hati kamu lagi kurang enak? Tenang, ada lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan mood kamu.

Untuk pemesanan, kamu enggak perlu ribet. Pakai saja aplikasi Bobobox. Selain memudahkan kamu untuk memesan kamar, aplikasi ini juga hadir untuk kemudahan bertransaksi.

Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles