Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Isolasi Mandiri Tetap Seru dengan 5 Trik Berlibur di Rumah Ini!

Trik berlibur di rumah yang sederhana supaya kamu nggak bosan!

Menyebarnya virus Corona secara cepat membuat seluruh dunia kocar-kacir. Selain dampaknya yang sangat berbahaya bagi kesehatan diri, virus ini juga bisa ditularkan dengan cepat. Dilansir dari CDC, virus tersebar melalui droplet penderita saat ia batuk atau bersin. Orang lain tertular jika droplet tersebut masuk ke mulut atau hidung, dan masuk ke paru-paru. Selain itu, seseorang juga bisa terserang COVID-19 saat memegang barang yang terkena virus, kemudian memegang mulut atau matanya.

Jumlah penderita virus Corona di Indonesia makin meningkat. Seperti dilaporkan oleh CNN Indonesia, pada tanggal 29 Maret 2020 ada 1.285 kasus positif. Korban meninggal mencapai angka 118 orang, dan 64 penderita sembuh. Duh! Tambah ngeri, nih! Berbagai tindakan preventif dilakukan pemerintah. Dilansir dari Radar Bandung, beberapa ruas jalan utama di Bandung ditutup sejak Sabtu malam. Selain itu. portal Suara Jawa Tengah melaporkan bahwa 49 ruas jalan di Tegal pun ditutup mengikuti isolasi wilayah yang diterapkan.

trik berlibur di rumah
Sumber foto: Pacific Standard

Nah, untuk skala individu, sebenarnya ada banyak tindakan pencegahan yang bisa kita lakukan. Beberapa campaign seperti cuci tangan dan physical distancing sudah dilakukan sejak dua minggu terakhir. Selain itu, kita juga bisa melakukan self-quarantine dan isolasi. Kalian pasti nggak asing dengan kedua istilah itu sekarang. Namun, sebenarnya kedua langkah tersebut memiliki prosedur yang berbeda, lho!

Apa Perbedaan Self-Quarantine dan Isolasi Mandiri?

Kamu mungkin sering melihat kedua istilah tersebut di internet dan beragam portal berita. Keduanya terdengar mirip, tetapi sebenarnya berbeda. Dilansir dari CDC dan HHS.gov, isolasi dilakukan untuk memisahkan individu yang positif terjangkit virus dari orang-orang lain yang masih sehat. Sementara itu, karantina sendiri membatasi pergerakan orang-orang yang berada atau beraktivitas di area penyebaran virus. Tujuannya adalah mengetahui apakah orang-orang tersebut menunjukkan gejala-gejala virus atau tidak.

Secara singkat, perbedaan ada pada kepastian positif atau negatifnya seseorang. Untuk individu yang terbukti positif terjangkit virus Corona, isolasi perlu dilakukan. Sementara itu, kalau kamu tinggal di kota atau kawasan penyebaran virus, tetapi tidak atau belum terbukti positif, karantina sangat dianjurkan. Portal One Medical menyebutkan bahwa self-quarantine dan pembatasan fisik disarankan dilakukan selama 14 hari.

trik berlibur di rumah
Sumber foto: Forbes

Sementara itu, isolasi bisa dilakukan di instansi kesehatan seperti rumah sakit atau secara individual. Untuk isolasi diri, One Medical menyebutkan bahwa penderita diharuskan tinggal di rumah, menjaga jarak dengan anggota keluarga, dan mengenakan masker. Oh, ya! Isolasi juga tidak hanya dilakukan oleh penderita, tetapi juga anggota keluarga penderita.

Saat melakukan isolasi mandiri, pasti kamu akan merasa bosan. Nggak bisa pergi ke luar rumah dan harus menjaga jarak dengan orang lain tentunya membuat frustrasi. Seperti halnya kesehatan fisik, kondisi mentalmu harus terawat selama masa-masa ini. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menikmati liburan di rumah.

Ada Trik Berlibur di Rumah, Lho!

Liburan tidak harus selalu dilakukan di tempat lain atau luar kota. Dalam situasi seperti ini, liburan di rumah adalah pilihan yang paling tepat. Namun, saat melakukan isolasi diri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain itu, untuk kamu yang sedang dalam masa pemulihan atau menjaga jarak, tentunya harus lebih pintar dalam memilih aktivitas. Eh, don’t worry! Bob punya 5 trik berlibur di rumah supaya kamu nggak bete!

1. Bangun Atmosfer Liburan
trik berlibur di rumah
Photo credit: CDC

Trik berlibur di rumah yang harus kamu coba adalah membangun suasana yang tepat. Tentunya kamu nggak bisa menikmati liburan secara maksimal jika tempat tinggalmu kurang kondusif. Nah, manfaatkan momen ini untuk merapikan tempat tinggalmu dan membangun vibe yang diinginkan. Kamu bisa bersih-bersih kamar, merapikan area kerja, dan mengganti seprai dan sarung bantal. Ya, hitung-hitung sambil menjaga kebersihan tempat tinggal.

Setelah kamar atau tempat tinggalmu bersih, inilah waktunya membangun atmosfer liburan yang kamu mau. Ingin menikmati summer vibes? Coba putar playlist bergenre tropical house atau musik khas Hawaii. Butuh suasana cozy khas cottage di pegunungan? Pilih playlist indie folk dan seduh secangkir cokelat panas. Jika tersedia, pasang reed diffuser aroma citrus untuk sentuhan tropis. Kamu juga bisa menyalakan lilin dengan aroma kayu manis untuk sentuhan rustic cottage.

2. Manjakan Tubuh dengan Perawatan Kulit dan Hot Bath
trik berlibur di rumah
Photo credit: Roberto Nickson

Masa-masa karantina dan isolasi merupakan momen yang membosankan. Terkurung di rumah tentunya nggak asyik. Selain itu, momen seperti ini juga bisa memicu stres, terutama jika beban kerja kamu bertambah. Nah, trik berlibur di rumah berikutnya yang bisa dicoba adalah memanjakan tubuh. Untuk kamu yang work from home, kamu bisa menyisihkan waktu untuk merawat diri. Kerjaan tetap lancar, badan juga segar!

Jika kamu punya bathtub di kamar mandi, coba isi dengan air hangat. Kalau tersedia, gunakan bath salt atau garam aromaterapi. Dilansir dari The Saltbox, bath salt dapat meredakan stres, mengatasi insomnia, dan memberikan efek relaksasi. Selain berendam, kamu juga bisa merawat kulit menggunakan masker, seperti masker lumpur. Jangan lupa lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati. Dijamin wajah kamu akan jadi lebih sehat dan tampak glowing!

3. Siapkan Hidangan yang Lezat
trik berlibur di rumah
Sumber foto: Lifestyle Okezone

Biasanya saat berlibur ke luar kota atau negeri, kuliner khas menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Saat melakukan isolasi mandiri, kamu tentunya nggak bisa meninggalkan rumah begitu saja, apalagi untuk berwisata kuliner. Namun, jangan biarkan situasi yang ada merusak kebahagiaanmu. Meskipun diam di rumah, kamu tetap bisa melengkapi liburanmu dengan beragam sajian yang lezat.

Untuk kamu yang hobi memasak, trik berlibur di rumah yang satu ini cocok banget. Coba deh berkreasi dengan bahan-bahan yang tersedia. Cari resep dan video tutorial membuat hidangan yang kamu inginkan dari YouTube atau internet. Kamu juga bisa mencoba resep-resep sesuai tema liburanmu. Ingin sajian segar untuk melengkapi vibe liburan tropis? Coba buat mocktail menyegarkan seperti virgin mojito. Perlu teman menonton film? Siapkan nachos dan guacamole.

4. Tetap Berolahraga
trik berlibur di rumah
Photo credit: Jonathan Borba

Terkadang, saat berlibur kamu melewatkan kebiasaan yang satu ini. Padahal, kebugaran tubuhmu harus tetap terjaga selama liburan. Nah, meskipun kamu menikmati liburan di rumah, jadwal olahragamu jangan sampai terlewatkan. Pada masa self-quaratine atau isolasi mandiri seperti sekarang, kamu mungkin tidak bisa pergi ke gym. Namun, kamu masih bisa berolahraga di rumah dengan latihan-latihan sederhana.

Kamu bisa memanfaatkan perlengkapan yang ada di rumah. Alih-alih joging, coba deh latihan naik turun tangga sebanyak beberapa putaran. Kamu juga bisa melakukan push-up dan sit-up. Untuk kamu yang punya alat-alat seperti treadmill atau stationary bike, jangan biarkan perlengkapan tersebut nganggur. Latihan lain seperti yoga juga bisa kamu coba. Selain menjaga kebugaran tubuh, trik berlibur di rumah yang satu ini juga bisa mengisi waktu luangmu. Ya, lumayan lah supaya produktif.

5. Pilih Bacaan dan Tontonan yang Menghibur

Dalam kondisi seperti ini, kamu memang perlu mengetahui update perkembangan penyebaran virus Corona. Beragam portal dan media sosial menjadi sumber berita yang bisa kamu manfaatkan. Namun, tentunya pusing kalau setiap hari kamu harus melihat berita-berita negatif. Ditambah lagi, tidak semua berita terbukti kebenarannya. Liburan dan istirahatmu malah bisa terganggu hanya karena berita hoax.

Sebagai trik berlibur di rumah, coba deh perbanyak tontonan dan bacaan yang menghibur. Tutup dulu tab portal berita dan grup WhatsApp. Cari video-video lucu yang bisa bikin kamu ketawa. Kamu juga bisa menonton video-video edukatif. Untuk bacaan, mungkin ada novel yang dari dulu belum sempat terselesaikan. Nah, inilah waktu yang tepat buat menghabiskan bacaan tersebut. Dengan begini, liburanmu akan tetap terasa menyenangkan!

Kesimpulan

Itulah 5 trik berlibur di rumah dari Bob yang akan bikin momen liburanmu lebih maksimal. Walaupun kondisi sedang tidak memungkinkan untuk berlibur di tempat lain, rumahmu tetap bisa jadi destinasi liburan yang seru, kok! Untuk saat ini, prioritaskan dulu kesehatan dan keselamatanmu, ya. Semoga saja situasi bisa segera membaik. Bob juga mulai bosan nih di rumah terus.

Eh, bicara soal liburan, apa kamu sudah punya bayangan destinasi yang ingin dikunjungi? Sambil menunggu situasi kondusif, nggak ada salahnya kamu mulai mencari informasi tempat wisata untuk liburan. Anggap saja ini jadi salah satu trik berlibur di rumah untuk mengisi waktu luang. Yang jelas, jangan sampai lupa mempersiapkan hal-hal lain, seperti pilihan transportasi dan akomodasi. Nah, kalau soal akomodasi, Bob punya rekomendasi seru dan dijamin nggak akan bikin kantung bolong!

Ingin menginap di tempat yang nyaman dan terjangkau? Pilih Bobobox aja! Hotel kapsul unik ini hadir dengan interior pod yang Instagrammable dan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Lewat ponselmu, kamu bisa menyesuaikan pencahayaan dan mengakses pod. Oh, ya! Di dalam pod juga tersedia Bluetooth speaker sebagai fitur hiburan. Nggak bakal bete deh selama menginap!

Bobobox dilengkapi beberapa fasilitas seperti shared bathroom, pantry, dan musala. Ada juga communal space yang cozy untuk nongkrong bareng teman-teman. Sebelumnya, Bob sempat sebut aplikasi seluler. Nah, kamu bisa dapatkan aplikasi Bobobox ini secara gratis dari Google Play Store atau App Store. Lewat aplikasi ini, kamu bisa melakuan reservasi pod dan mendapatkan promo menarik. Jadi, daripada penasaran, langsung download aplikasi Bobobox dan pesan pod-mu, ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.