Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Trik Berbisnis Kuliner Minim Modal untuk IRT

Bisnis

Di tengah laju pertumbuhan ekonomi yang makin pesat, kesempatan untuk membuka bisnis juga semakin luas. Tidak terkecuali ibu-ibu rumah tangga yang juga ingin mencoba peruntungan membuka usaha kecil-kecilan tanpa harus mengorbankan pekerjaan rumah tangga.

Nah, kali ini, Bob akan memberikan tips bagi kakak-kakak yang sudah menjadi ibu rumah tangga dan ingin mencoba kesibukan baru dengan memulai usaha kuliner dari rumah dengan modal yang minim. Bagaimana sih caranya? Yuk, kita simak tips dan triknya dibawah ini.

Komitmen

Bisnis

Yang paling pertama dan wajib dilakukan dalam memulai usaha adalah komitmen. Tips yang pertama ini memang tidak khusus bagi ibu rumah tangga saja namun juga untuk semua penggiat bisnis lain. Kenapa sih komitmen itu penting?

Proses memulai dan menjalankan usaha memang kadang tidak mudah, apalagi dengan naik turunnya permintaan pasar. Maka dari itu, niat yang kuat sangat diperlukan supaya kakak siap dengan segala tantangan bisnis yang akan kakak hadapi.

Selalu ingat pepatah ini ya, kak, semakin tinggi pohon, semakin kencang angin berhembus. Makin maju bisnis kakak, makin banyak pula tantangannya. Tapi jangan takut, dengan komitmen yang kuat untuk menjalankan usaha, apapun tantangannya, kakak pasti akan sanggup hadapi. Semangat terus yaa.

Riset Kecil-kecilan

Bisnis

Sebelum memulai usaha, riset kecil-kecilan sangat diperlukan. Dari mulai menentukan target pasar, perhitungan bahan baku, sumber daya, dan modal harus diperhitungkan matang-matang. Duh, pusing banget gak sih?

Tenang kak. Untuk mempermudah proses riset ini, kakak bisa membuat bisnis model kanvas. Untuk cara membuatnya, kakak bisa mencari informasi di internet. Tinggal ketik saja Bisnis Model Kanvas, kakak langsung akan menemukan metode ampuh untuk berbisnis.

Dalam bisnis model kanvas, kakak akan diarahkan untuk menuliskan semua yang penting dan harus dipertimbangkan dalam memulai usaha seperti, nilai usaha, partner, distribusi produk, target konsumen, penghitungan modal, dan lain-lain. Pokoknya lengkap deh. Semua itu demi kesiapan dan kelancaran kakak memulai usaha.

Maksimalkan Sumber Daya yang Ada

Karena kakak akan membuka usaha kuliner rumahan, nah jangan sia-siakan kesempatan ini untuk menggunakan secara maksimal sumber daya yang ada di rumah. Kakak bisa menggunakan peralatan masak yang sudah tersimpan di dapur untuk memulai usaha kakak.

Positifnya, nanti setelah bisnis berjalan lancar dan keuntungan sudah banyak, kakak bisa melengkapi peralatan masak di dapur dengan peralatan yang lebih baru yang bisa menunjang bisnis kakak kedepannya.

Promosi Terbaik dari Mulut ke Mulut

Bisnis

Yang tidak boleh terlupakan dari sebuah bisnis adalah proses pemasaran. Bagaimana konsumen yang membutuhkan produk kita bisa tahu kalau kita menyediakan produk tersebut.

Nah, bagi kakak-kakak yang tidak punya waktu untuk melakukan pemasaran produk kakak, ada loh cara pemasaran yang paling mudah dengan modal yang paling sedikit. Kakak bisa mulai menjual produk kuliner kakak ke orang-orang terdekat, dari keluarga dan tetangga di sekitar rumah juga boleh.

Kakak juga bisa memasarkan produk kakak ketika ada acara di sekitar tempat kakak tinggal, seperti arisan, pengajian, kegiatan PKK, dan lain-lain. Silaturahmi dapat, pemasaran produk pun dapat.

Evaluasi

Oh ya, kak, yang terakhir dan sering dilupakan adalah proses evaluasi. Proses evaluasi ini penting sekali loh kak. Supaya kakak tahu sudah seberapa maju usaha kakak dan apa saja hambatan dan potensi dari usaha kakak kedepannya.

Kakak juga bisa tahu apa saja yang harus dipertahankan, apa saja yang harus dikurangi atau ditinggalkan, dan apa saja yang harus ditambah dan diperbaharui dari usaha kakak. Dengan begitu, Bob jamin deh, bisnis kakak akan tetap bertahan dan bahkan lebih maju lagi.

Lelah dengan Urusan Bisnis? Istirahat Dulu!

Bisnis

Urusan bisnis ini seakan tidak ada habisnya, pesanan seakan tidak mau berhenti. Para pelaku bisnis juga butuh istirahat yang berkualitas supaya bisa tetap fokus menjalankan bisnisnya. Nah, kalau sudah urusan istirahat, kakak bisa serahkan ke Bob.

Tenang saja, kakak-kakak bisa melepas penat dan lelah di Bobobox. Di dalam pods Bobobox, kakak bisa beristirahat tanpa harus ribet, hanya melalui aplikasi di handphone kakak, kakak bisa langsung beristirahat dengan nyaman.

Bagaimana kalau anak mau ikut? Tenang kak, pods Bobobox bisa untuk dua orang. SambIl melepas lelah, bercengkrama dengan anak bisa banget di Bobobox.

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah siap membuka bisnis? Jangan lupa juga buka aplikasi Bobobox disini dan nikmati istirahat super berkualitas dengan orang terdekat hanya di Bobobox.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.