Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mari Menatap Masa Depan, Simak 7 Prediksi Tren Teknologi 2022 Ini

Teknologi bakal semakin canggih!

Bobobox.co.id — Kemajuan teknologi terjadi hampir setiap tahunnya. Hal tersebut pun berlaku untuk tahu ini di mana banyak pihak yang sudah memprediksi tren teknologi 2022 yang kemungkinan bersar terjadi.

Tren teknologi tersebut dipercaya bakal membawa kemajuan di dunia digital pada level yang belum dicapai sebelumnya. Hal ini pula yang bisa saja membuatmu semakin excited untuk menatap masa depan.

Nah, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 7 prediksi tren teknologi 2022 yang dipercaya bakal semakin marak ditemukan di kehidupan sehari-hari.

Daftar Prediksi Tren Teknologi 2022

1. AR dan VR

Prediksi tren teknologi 2022 pertama berkaitan dengan AR dan VR. Banyak pihak yang memprediksi AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) akan meningkat popularitasnya pada tahun ini.

Salah satu indikasinya tentu saja kemunculan Metaverse. Metaverse sendiri adalah tempat virtual yang bisa dieksplorasi oleh para pengguna internet tanpa berada pada ruang fisik yang sama satu sama lain.

Di samping itu, tren teknologi 2022 ini pun rasanya bakal semakin populer akibat pandemi. Pasalnya, interaksi tanpa bersentuhan lewat AR dan VR menjadi cara paling aman untuk berinteraksi di masa depan.

Walaupun begitu, peningkatan AR dan VR tersebut bisa dibilang masih belum terlalu signifikan karena belum meratanya teknologi. Namun, hal tersebut tentu tak menyurutkan antusiasme dari tren satu ini.

Virtual reality tren teknologi 2022
Virtual reality via pexels.com/@eren-li

2. AI Semakin Masif

Di samping AR dan VR, AI, atau Artificial Intelligence, pun diperkirakan bakal jadi tren teknologi 2022 lainnya. Saat ini, teknologi ini sudah terbukti dalam membantu banyak kehidupan masyarakat secara umum.

Tahun 2022 dipercaya bakal terlihatnya penerapan AI yang kian masif. Penerapan tren teknologi 2022 ini pun bakal terlihat lewat kehadirannya pada berbagai teknologi seperti gawai, aplikasi, dan lainnya.

Salah satu penerapan yang mulai marak untuk AI adalah chatbots. Chatbots sekarang ini bisa menjadi sarana komunikasi yang sudah setara dengan berkomunikasi dua arah dengan pegawan customer support.

Di samping itu, masih banyak lainnya yang indikasi yang mengarah pada masifnya penerapan AI. Dengan teknologi yang semakin mumpuni, rasanya AI yang semakin pintar pun tinggal menunggu waktu saja.

Artificial intelligence tren teknologi 2022
Artificial intelligence via pexels.com/@agk42

Baca Juga: Untuk Tunjang Produktivitasmu, Install 10 Rekomendasi Ekstensi Chrome Terbaik Berikut Ini


3. Teknologi Ramah Lingkungan

Ancaman pemanasan global menjadi isu yang kini hangat diperbincangkan. Ancaman nyata dari fenomena alam tersebut membuat banyak pihak yang meminta warga dunia untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Berbagai kampanye pun digalakan guna membuat masyarakat peduli. Untuk menunjang kampanye tersebut, kehadiran sejumlah produk yang lebih ramah lingkungan pun semakin kencang khususnya di sektor teknologi.

Produk daru ulang lewat prinsip repairing dan reusing bakal sering diaplikasikan pada teknologi di tahun ini. Tren teknologi 2022 ini pun bakal mewujudkan pengembangan teknologi yang berkelanjutan.

Alhasil, tren teknologi 2022 ini pun bakal membuat bahan material seperti low carbon dan biodegradable semakin banyak bermunculan. Bahan baku tersebut digunakan untuk menekan dampak negatif bagi ekosistem.

Teknologi ramah lingkungan tren teknologi 2022
Teknologi ramah lingkungan via unsplash.com/@myenergi

4. Keberadaan Jaringan 5G

Hampir dalam beberapa tahun sekali teknologi jaringan internet mendapatkan pembaruan. Setelah sebelumnya, kamu mendapatkan teknologi 3G dan 4G, teknologi 5G rasanya bakal jadi tren teknologi 2022.

Pada tahun 2021, teknologi tersebut sebenarnya sudah mulai diperkenalkan secara perlahan. Beberapa kota besar di berbagai negara pun sudah mulai menggunakan teknolgi terbaru di sektor komunikasi ini.

Lewat tren teknologi 2022 ini, berbagai aspek rasanya bakal mendapatkan dampak positif dari kehadirannya. Koneksi yang lebih stabil tentu membuat video conference untuk bekerja pun semakin stabil.

Semakin meluasnya jaringan 5G ini pun bakal membantu AR dan VR untuk semakin marak digunakan. Tak heran jika keduanya bakal saling berkesinambungan untuk menjadi tren teknologi terbaru.

Jaringan 5G tren teknologi 2022
Jaringan 5G via pexels.com/@z-z-2157359

Baca Juga:Wah, Gawat! Ini Dia Risiko Data Pribadi Bocor di Internet


5. Mobil Listrik Tanpa Awak

Tahun ini bisa dibilang menjadi tahunnya Tesla. Bagaimana tidak, kendaraan listrik yang mereka produksi dianggap sebagai tren yang bakal melejit di masa depan dengan kecanggihan teknologi yang dibawa.

Oleh karena itu juga, mobil listrik bakal tetap menjadi headline sebagai tren teknologi 2022. Bahkan, popularitas dari mobil listrik ini bakal semakin pesat dengan semakin majunya juga teknologi di masa depan.

Tak hanya soal mobil listrik saja, kendaraan listrik tanpa awak pun disinyalir bakal semakin banyak. Beberapa pihak bahkan memperkirakan bahwa dua tahun ke depan menjadi titik awal dari tren teknologi ini.

Kendaraan tanpa awak tersebut dapat menjalankan fungsi layaknya pengemudi dengan mengerem dan mengemudi otomatis. Tak hanya itu, mereka pun dapat melakukan perubahan jalur yang dilalui.

Mobil listrik tren teknologi 2022
Mobil listrik via pexels.com/@screenpost

6. WFH Jadi Work From Anywhere

Pandemi virus corona bisa disebut sebagai katalis dalam menjadikan work from home sebuah kebiasaan umum. Nah, tren teknologi 2022 lainnya masih berkaitan dengan kebiasaan baru dalam bekerja tersebut.

Banyak pihak yang memperkirakan bahwa work from home bakal berekspansi menjadi work from anywhere. Pasalnya, teknologi yang semakin maju memungkinkan banyak orang untuk bekerja dari mana saja.

Tak hanya bergantung di rumah saja, para pekerja di berbagai sektor mampu bekerja dengan optimal tanpa harus ke kantor. Asalkan ada koneksi internet stabil, pekerjaan pun bisa diselesaikan.

Untuk itu, jangan terkejut jika work from anywhere seperti tinggal sementara di sebuah kota bakal jadi tren teknologi 2022. Bahkan, tren teknologi satu ini rasanya sudah mulai dilakukan oleh banyak orang.

Work From Anywhere tren teknologi 2022
Work From Anywhere via pexels.com/@polina-kovaleva

Baca Juga: Bermimpi Menjadi Digital Nomad? Simak 10 Tips Memulai Menjadi Digital Nomad


7. Autentikasi Tanpa Kata Sandi

Prediksi tren teknologi 2022 terakhir berkaitan dengan kata sandi. Kata sandi kini dinilai mulai kurang nyaman untuk digunakan. Kasus pembobolan kata sandi ini yang menjadi pemicu utamanya.

Hal tersebut yang mendorong tren teknologi 2022 di mana konsep autentikasi tanpa kata sandi pun lahir. Teknologi tanpa adanya kata kunci bakal semakin marak di perangkat mobile dan perangkat lainnya.

Teknologi autentikasi tanpa kata sandi ini pun dinilai tidak membuat ribet pengguna. Pasalnya, pengguna kerap menggunakan kata sandi rumit yang justru sulit untuk diingat saat akan digunakan.

Lewat teknologi passwordless, waktu yang dibutuhkan pun tak akan terlalu lama. Tak hanya itu, penggunaan autentikasi ini pun bakal meningkatkan produktivitas dan juga keamanan siber yang lebih baik.

Autentikasi kata sandi tren teknologi 2022
Autentikasi kata sandi via unsplash.com/@danny144

***

Itulah tadi 7 tren teknologi 2022 yang dipercaya bakal semakin marak penggunaan atau pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya.

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Jadikan Staycation di Bobobox sebagai Salah Satu Resolusimu!

Belum pernah staycation? Bingung untuk pilih tempat menginapnya? Tak usah ragu untuk memilih Bobobox. Malahan, kamu bisa menjadikan staycation di Bobobox ini sebagai salah satu resolusimu tahun ini!

Fasilitas futuristik bakal memanjakan dan membuat momen tahun baru rasanya bakal semakin mengasyikkan.

Untuk pemesanan, kamu bisa melakukannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

promo bobobox

You might also like