tren kesehatan viral berbahaya

7 Tren Kesehatan Viral Berbahaya yang Tak Boleh Dilakukan di Rumah

Bobobox.co.id — Perkembangan zaman membuat info kesehatan bisa didapat dari tren di media sosial. Namun, tak semua tren kesehatan baik karena beberapa di antaranya termasuk tren kesehatan viral berbahaya.

Tren kesehatan viral berbahaya tersebut bahkan mendapatkan kecaman dari para ahlinya. Hal tersebut bisa dimaklumi mengingat para ahli berusaha untuk menjawab kekeliruan yang terjadi akibat tren kesehatan tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sudah Bob rangkum tujuh tren kesehatan viral berbahaya yang sempat booming di media sosial. Jangan iseng untuk mencobanya di rumah, ya!

Daftar Tren Kesehatan Viral Berbahaya

1. Memutihkan Gigi dengan Bleaching

Tren kesehatan viral berbahaya pertama adalah memutihkan gigi dengan bleaching. Tren satu ini dilakukan oleh salah satu pengguna TikTok yang mengoleskan giginya dengan kapas yang dibasahi cairan pemutih.

Dengan banyaknya orang yang ingin memutihkan gigi mereka dengan mudah dan cepat, tren tersebut pun langsung viral. Banyak orang yang akhirnya mencoba untuk menirukan cara memutihkan gigi tersebut.

Sayangnya, memutihkan gigi dengan bleaching termasuk tren kesehatan viral berbahaya. Bahaya dari tren kesehatan tersebut datang dari hidrogen peroksida pada cairan pemutih yang bersifat sangat keras.

Viralnya tren tersebut membuat dokter gigi resah. Pasalnya, penggunaan bleaching hanya bisa dilakukan melalui prosedur medis. Potensi bahaya yang mungkin ditimbulkan antara lain merusak gusi dan membuat gigi sensitif.

tren kesehatan viral berbahaya

via dailymail.co.uk

2. Mengikis Tahi Lalat

Soal kepercaya dirian, tak semua orang merasa percaya diri dengan terlihat tahi lalat yang mereka miliki. Tak heran jika beberapa orang rela melakukan prosedur medis seperti laser dan bedah untuk menghilangkan tahi lalat.

Oleh karenanya, menghilangkan tahi lalat butuh prosedur yang terbukti secara ilmiah. Namun, beberapa waktu lalu, ada tren kesehatan viral berbahaya yakni cara untuk mengikis tahi lalat yang dilakukan sendiri.

Sejumlah pengguna TikTok membagikan cara untuk menghilangkan tahi lalat. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka atau chemical peeling. Setelah itu, barulah mengaplikasikannya ke bagian tahi lalat.

Sontak tren kesehatan viral berbahaya tersebut membuat dokter kulit khawatir. Pasalnya, cara tersebut berpotensi menimbulkan iritasi parah. Bahkan, konsekuensi paling buruknya adalah bisa memicu kanker.

tren kesehatan viral berbahaya

via buzzfeed.com


Baca Juga: Viral! Inilah Beberapa Cara Unik Menebalkan Bibir Ala Kylie Jenner


3. Diet Keto

Berbagai cara dilakukan guna membuat berat badan tetap ideal. Salah satunya adalah dengan diet keto. Diet ini dilakukan dengan cara menerapkan pola makan pada makanan endah karbohidrat namun tinggi lemak.

Metode diet satu ini semakin populer berkat banyaknya postingan di berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok. Walaupun begitu, diet keto sendiri termasuk salah satu tren kesehatan viral berbahaya lainnya.

Secara teori, tren kesehatan viral berbahaya ini memaksa tubuh menuju keadaan ketosis metabolik. Kondisi tersebut akan bergantung pada energi daripada karbohidrat. Cara tersebut terlihat mudah dan baik dilakukan.

Sayangnya, kenyataan tak seindah teori untuk metode diet populer tersebut. Membatasi dan bahkan membatasi kelompok makanan utama seperti karbohidrat justru dapat berbahaya karena dapat merusak kesehatanmu.

Diet Kato tren kesehatan viral berbahaya

Diet Kato via istock

4. Benadryl Challenge

TikTok kerap melahirkan berbagai challenge yang terdengar tak masuk akal bagi pengguna media sosial pada umumnya. Dari sekian banyak challenge, Benadryl challenge termasuk tren yang terbilang berbahaya.

Bagi kamu yang tak tahu, Benadryl challenge adalah tantangan di mana para pengikutnya diminta untuk meminum obat alergi merk Benadryl sampai halusinasi. Setelah itu, rekam reaksi dari meminum obat tersebut.

Sontak, tren kesehatan viral berbahaya tersebut menuai kecaman banyak orang. Viralnya salah satu tren kesehatan viral berbahaya justru memakan korban. Chloe Phillips, rema berusia 15 tahun jadi korban.

Ia ditemukan meninggal setelah melakukan tren berbahaya tersebut. Hal tersebut terjadi karena mengonsumsi Benadryl melebihi dosis justru dapat memicu gangguan jantung, halusinasi, koma, hingga kematian.

tren kesehatan viral berbahaya

via farmasetika.com


Baca Juga: Wah! Ternyata 7 Tren Kecantikan Yang Sempat Viral Ini Berbahaya, Lho!


5. Mengikir Gigi dengan Pemotong Kuku

Pada September 2020 yang lalu, sebuah tren kesehatan viral berbahaya ramai diperbincangkan di TikTok. Pada tren tersebut, para pengikutnya mengikir ujung gigi yang tak rata dengan menggunakan pengikir kuku.

Tak pelak, naiknya popularitas dari tren tersebut justru membuat para dokter gigi was-was. Pasalnya, mengikir gigi dengan pengikir kuku termasuk salah satu tren kesehatan viral berbahaya yang tak boleh dilakukan.

Pasalnya, mengikir gigi justru dapat menyebabkan berbagai kerusakan saraf yang ada di dalam gigi. Bahkan, akibat fatal yang mungkin saja terjadi adalah gigi yang tak bisa tumbuh lagi setelah dikikir.

Oleh karenanya, bagi kamu yang sempat menonton tren ini, ada baiknya untuk mencobanya di rumah. Kamu bisa datang ke dokter gigi terdekat jika kamu ingin berkonsultasi masalah gigi yang mungkin kamu alami.

tren kesehatan viral berbahaya

via nypost.com

6. Membuat Gigi Vampir dengan Superglue

Vampir merupakan karakter fiksi yang masih eksis hingga saat ini. Gigi taring runcing adalah karakteristik yang paling mudah dikenali dari karakter fiksi tersebut dan biasa menjadi aksesoris untuk perayaan Halloween.

Hal tersebut pula yang menjadikan tren membuat gigi vampir populer menjelang perayaan Halloween. Sejumlah pengguna TikTok membuat salah satu tren yakni membuat gigi vampir palsu dengan superglue.

Walaupun langsung populer, membuat gigi vampir palsu tersebut justru termasuk tren kesehatan viral berbahaya. Pasalnya, banyak risiko berbahaya yang mungkin akan diderita oleh pengikutnya.

Salah satunya adalah kerusakan pada gigi. Dokter gigi memperingatkan untuk tidak melepas taring secara mandiri pada tren kesehatan viral berbahaya ini. Hal tersebut justru membuat gigi patah, pecah, atau lepas sepenuhnya.

tren kesehatan viral berbahaya

via insider.com


Baca Juga: Dari Kopi Dalgona Hingga Croffle, Berikut Ini Adalah Tren Di Masa Pandemi


7. Juice Cleanse

Tren kesehatan viral berbahaya terakhir di daftar Bob ini adalah juice cleanse. Salah satu cara diet ini menganjurkan orang yang sedang diet untuk hanya mengonsumsi jus dan mengurangi asupan lainnya.

Secara teori, diet tersebut tampak seperti metode yang sempurna untuk menghilangkan racun dari tubuh. Tak hanya itu, metode kesehatan tersebut pun dirasa baik untuk kembalikan vitamin ke dalam tubuh.

Nyatanya, juice cleanse justru menjadi tren kesehatan viral berbahaya lainnya. Faktanya adalah metode diet tersebut justru dapat membuat tubuh seseorang kekurangan serat-serat penting yang dibutuhkan.

Saat mengonsumsi jus saja, tubuh akan merasa kelaparan dan kehilangan serat penting. Jus pun sering kali mengandung gula dan kalori yang justru meningkatkan risiko obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan.

tren kesehatan viral berbahaya

via vegansbaby.com

Itulah tadi tujuh tren kesehatan viral berbahaya yang sebaiknya kamu hindari. Jangan juga iseng untuk mencobanya karena risiko yang mungkin ditimbulkan tak baik untuk kesehatan dirimu.

Cek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Kabur Sebentar Untuk Dapatkan Ketenangan di Bobocabin

Ingin menenangkan diri yang berkualitas di tengah padatnya tugas pekerjaan? Coba dengan staycation di Bobocabin. Berdekatan dengan alam dengan teknologi mumpuni bakal membuat pikiranmu kembali segar.

Informasi lebih lanjutnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Interior Bobocabin

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles