Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Manfaat Travelling untuk Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan tubuh luar dan dalam

Kesehatan mental adalah kondisi yang perlu kamu jaga. Banyak orang yang hanya fokus pada fisik saja namun lupa dengan kesehatan mental.

Supaya kamu tetap memiliki kesehatan mental yang baik, kamu bisa melakukan berbagai cara seperti konsultasi dengan pakar. Atau, kamu bisa menjaga kesehatan mental kamu dengan sesuatu yang lebih menyenangkan seperti travelling.

Travelling bukan hanya kegiatan senang-senang. Ternyata selain bagus untuk fisik, travelling juga bagus untuk kesehatan mental kamu.

Nah, kira-kira manfaat apa aja ya dari travelling yang bisa diberikan untuk kesehatan mental kamu? Simak terus di sini ya. Jangan ke mana-mana!

1. Travelling adalah pereda stres yang mujarab

Stres akibat pekerjaan dan kegiatan sehari-hari yang menumpuk bisa membuat kamu tidak bersemangat dan membebani jiwa kamu. Maka dari itu, rehat sejenak dari kesibukan kamu bisa membuat pikiran kamu rileks. Salah satunya adalah dengan travelling.

Travelling bisa menghasilkan kesenangan dan ketenangan, sehingga membuat pikiran kamu istirahat dari kerja kerasnya. Travelling juga bisa menyebabkan tingkat kortisol dalam tubuh kamu menurun. Kortisol adalah hormon yang akan meningkat saat kamu stres. Meningkatnya hormon kortisol dapat menyebabkan kadar gula dalam darah naik.

Dengan menurunnya kadar stres dalam diri kamu, kamu jadi bisa berpikir lebih jernih dan mengurangi resiko memiliki kesehatan mental yang buruk.

5 Cara Keliling Dunia Gratis Yang Anti Mainstream

2. Menemukan jati diri kamu kembali

Kesehatan mental yang kurang baik bisa membuat kamu lupa siapa diri kamu sebenarnya. Hal ini bisa dilihat dari kurangnya kepercayaan diri.

Dengan travelling, kamu bisa menemukan kembali bagian dari diri kamu yang hilang tersebut. Pengalaman travelling membuat kamu berpikir tentang banyak hal, termasuk tujuan hidup.

Jika kamu pergi ke tempat yang memiliki kebiasaan yang berbeda dengan yang biasa kamu jalani seperti luar negri, akan ada perspektif baru yang membuka cakrawala pikiran. Perbedaan ini bisa membantu kamu mengevaluasi kembali diri kamu.

Kamu jadi bisa menerima diri kamu apa adanya dengan menukan hal-hal baru sehingga kesehatan mental kamu jadi lebih terjaga.

3. Meliburkan diri dari rutinitas

Terperangkap di tempat yang sama dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan kegelisahan. Misalnya, kamu adalah seorang pekerja kantoran yang jarang sekali berlibur dan mengambil cuti. Ini bisa berbahaya buat kesehatan mental kamu.

Kamu perlu berksplorasi, mengenal ruang baru, mengenal tempat baru agar rantai yang membelenggu diri kamu bisa kamu patahkan.

Mengeksplorasi tempat baru dan lari dari rutinitas berpengaruh terhadap kebahagiaan kamu, yang nantinya akan mempengaruhi kesehatan mental kamu.

4. Melatih mental

Saat travelling kamu tidak hanya diahadapkan dengan kesenangan, tapi juga ancaman dalam waktu yang sama. Bepergian ke tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sama sekali bisa membuat kamu risau. Maka dari itu, travelling berguna untuk melatih kesehatan mental dan emosi kamu.

Selain itu, menghadapi permasalahan di lingkungan dan dengan orang yang tidak kamu kenal memaksa kamu untuk beradaptasi, keluar dari zona nyaman. Apalagi jika kamu harus berhadapan dengan kejadian-kejadian yang tidak bisa kamu kontrol.

Hal ini bisa menolong kamu di kehidupan nyata untuk menghadapi hal yang serupa. Saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu sudah menjadi orang yang lebih sabar dan kuat.

5. Meningkatkan kreativitas

Memiliki kesehatan mental yang kurang baik terkadang membuat kamu terjebak dalam pikiran yang itu-itu saja. Rasanya kamu jadi tidak kreatif dan sulit berkembang.

Dengan travelling, kamu bisa melihat peluang-peluang baru yang bisa menstimulasi pikiran kamu agar menjadi lebih kreatif. Menurut Adam Galinsky, seorang profesor di Columbia Business School, mengunjungi negara lain dan terlibat dalam kegiatan lokal penduduknya dapat meningkatkan fleksibilitas kognitif dan kedalaman serta integritas berpikir.

Dengan menjadi lebih kreatif, kamu bisa menjadi orang yang juga lebih produktif. Tak hanya untuk kesehatan mental kamu, kreativitas dan produktivitas kamu juga akan bermanfaat untuk lingkungan kerja.

Tips Packing; 5 Cara Mengisi Tas Ransel Secara Efisien

6. Menemukan peluang baru

Kamu pernah merasakan tidak menemukan jalan keluar di kota tempat kamu tinggal? Jika iya, kamu harus berhati-hati karena kalau kamu tidak segera menemukan obatnya, kesehatan mental kamu bisa terganggu.

Dengan travelling, kamu bisa menemukan jawaban yang selama ini kamu cari-cari. Ada banyak sekali pilihan kota dan negara yang bisa kamu kunjungi untuk mencari tahu solusi atas permasalahan kamu.

Bisa saja jika kamu sedang bingung karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan, dengan berkunjung ke negara atau kota lain kamu justru mendapatkan pekerjaan. Dunia ini terlalu luas untuk tidak memberikan kamu jawaban.

Maka dari itu, cobalah untuk travelling jika kamu merasa kesehatan mental kamu terganggu akibat stres karena tidak punya pekerjaan. Mudah-mudahan kamu akan menemukannya di lain tempat.

7. Memahami makna kembali

Masalah yang mengganggu kesehatan mental kamu tidak hanya datang dari pekerjaan saja. Keluarga dan teman pun bisa menjadi sumbernya. Jika kamu merasa kamu butuh jarak dengan orang-orang yang kamu cintai, ini adalah saat yang tepat untuk travelling.

Dengan menjelajahi kota atau negara lain, kamu bisa berdamai dengan diri sendiri, memahami kesalahan yang kamu buat. Hal ini membuat kamu bisa lebih memaafkan orang lain dan mengerti bahwa selalu ada tempat kembali yang menanti.

Menerapkan hasil travelling untuk kesehatan mental yang lebih baik

Tidak ada gunanya kamu travelling jika pengalaman yang kamu dapatkan saat menjelajah kamu lupakan begitu saja. Cobala untuk merekam perjalanan kamu ke dalam sebuah tulisan, gambar, atau lagu.

Hal ini membantu untuk mengingatkan kamu tentang hal-hal baik saat kamu travelling. Nantinya, saat kamu merasa kesehatan mental kamu memburuk, kamu bisa menjadikan karya kamu sebagai penenang.

Selain itu, kamu juga bisa mengingat hal-hal menarik saat kamu travelling dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kamu mencicipi makanan enak saat kamu travelling. Kamu bisa mencoba belajar cara memasak makanan tersebut.

Nah, kamu sudah tahu manfaat travelling untuk kesehatan mental kamu. Sekarang saatnya beranjak dan mulai berpetualang!

Menginap di hotel kapsul yang nyaman

Bobobox; Penginapan Murah Dan Berkualitas Di Bandung!

Saat travelling, tempat menginap kamu juga penting lo. Apalagi untuk kesehatan mental kamu. Tidak perlu tidur di hotel-hotel yang mahal dan eksklusif. Kenyamanan bisa didapatkan dari hotel kapsul yang satu ini.

Yap, di mana lagi kalau bukan Bobobox? Hotel ini cocok banget untuk traveler karena konsepnya memang ditujukan untuk para pelancong.

Kamarnya tidak memiliki banyak furnitur namun dilengkapi dengan kasur ukuran king untuk kenyamanan maksimal. Ada juga communal space yang bisa kamu gunakan untuk bercakap-cakap dengan para traveler lain.

Hotel kapsul yang satu ini juga modern lo. Pemesanannya bisa melalui situs ataupun aplikasi Bobobox. Aplikasi ini nantinya tidak hanya berfungsi untuk memesan kamar, tapi juga untuk kunci kamar yang menggunakan QR code dan pengatur lampu led.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like