Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tragis, Ini Dia 5 Kecelakaan Pesawat Paling Mengerikan Sepanjang Sejarah

Mengerikan dan misterius!

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi yang paling aman di dunia. Banyak protokol keamanan yang telah diterapkan dan peratuan yang harus dipatuhi saat menaiki pesawat terbang demi keamanan dan kenyamanan penumpang serta crew pesawat. Walaupun begitu, layaknya moda transportasi lainnya, kecelakaan tetap terjadi. Sayangnya, kecelakaan pesawat yang terjadi sering kali cukup mengerikan. Mulai dari penyebab yang misterius, jumlah korban yang tidak sedikit, beberapa kasus hilangnya pesawat yang belum ditemukan hingga hari ini.

Buat kamu para aviation enthusiast maupun fans cerita misteri, Bob sudah rangkumkan 10 kecelakaan pesawat paling mengerikan versi Bob. Yuk kita simak sama-sama!

Thai Airways International Flight 311

Kecelakaan pesawat paling mengerikan yang pertama terjadi pada tahun 1992 silam di Nepal lebih tepatnya di pegunungan Himalaya. Thai Airways International Flight 311 yang berangkat dari Bangkok, Thailand menuju Kathmandu, Nepal ini membawa 113 orang yang terdiri dari penumpang dan crew pesawat. Pada awalnya, penerbangan Thai Airways International Flight 311 berjalan lancar dimana pilot terus berkomunikasi dengan pihak Air Traffic Control (ATC) untuk menginformasikan lokasi dan status penerbangan. Namun, keadaan berubah seketika saat pilot mengontak pihak ATC untuk meminta izin untuk melakukan pendaratan darurat karena terjadi gangguan teknis pada pesawat. Pada situasi darurat tersebut, pilot terus mengontak pihak ATC untuk meminta jalur penerbangan alternatif yang dapat dilalui.

Setelah beberapa lama berkomunikasi dengan pihak ATC, Thai Airways International Flight 311 hilang kontak. Pihak ATC pun segera melaporkan detil kejadian tersebut pada pihak otoritas terkait. Dalam percakapan terakhir, pihak ATC telah memberikan izin pada pilot pesawat untuk melakukan pendaratan darurat. Pesawat berada di ketinggian 11.000 kaki, namun kemudian pesawat menaikkan ketinggian menjadi 11.500 kaki dan tidak lama kemudian hilang kontak.Berdasarkan hasil penyelidikan ditemukan bahwa kerusakan teknis pada pesawat mengakibatkan gangguan pada sistem radar sehingga pada akhirnya pesawat Thai Airways International Flight 311 menabrak sisi gunung.

Tim pencari menemukan puing pesawat jenis Airbus A310-304 tersebut di daerah terpencil yang berjarak 50 mil dari Katmandu Selatan. Pesawat tersebut akhirnya ditemukan di lembah Palung, Kathmandu Selatan. Dikonfirmasi bahwa tidak ada korban selamat dari kecelakaan pesawat paling mengerikan ini.

Malaysian Airlines MH370

Malaysian Airlines MH370 yang dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014 merupakan salah satu kecelakaan pesawat paling meyeramkan berikutnya yang ada dalam daftar ini. Peswat yang berangkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia menuju Bandara Internasional Beijing, Tiongkok ini akhirnya dinyatakan mengalami kecelakaan dan seluruh penumpang serta crew pesawat dinyatakan meninggal pada 29 Januari 2015. Ketidakjelasan informasi dari pihak otoritas negara yang bersangkutan, hingga luasnya wilayah pencarian cukup menyulitkan proses pencarian. Posisi pesawat saat hilang kontak dengan pihak ATC yang berada diatas samudera Hindia menambah kesulitan tim pencari untuk menemukan puing-puing pesawat ini.

Komunikasi antara pilot pesawat MH370 dengan pihak ATC berjalan lancar, hingga pada suatu ketika pilot mengakhiri kalimat dengan mengatakan “good night“. Setelah itu pilot mematikan radio komunikasi dan memutar haluan ke arah yang berlawanan menuju Samudera Hindia dan ke luar jangkauan radar ATC. Setelah itu, pesawat MH370 ini benar-benar hilang seperti ditelan bumi. Tidak ada kontak apapun dari dalam pesawat tersebut baik dari pilot maupun, crew maupun penumpang. Sempat hilang begitu saja tanpa ada perkembangan yang berarti, puing-puing pesawat in akhirnya ditemukan di Samudera Hindia dan terdampar di pantai yang terletak di benua Afrika.

via Yong Chuan – Unsplash

Berbagai spekulasi mulai bermunculan pasca hilangnya Malaysian Airlines MH370. Mulai dari kerusakan mesin, human error, faktor kesengajaan, hingga pembajakan. Sampai saat ini belum ada kepastian apa yang menyebabkan pesawat kecelakaan pesawat paling mengerikan Malaysian Airlines MH370 ini.

British Airways Flight 9

Kecelakaan pesawat paling mengerikan berikutnya terjadi di wilayah udara Indonesia. Pada tahun 1982 pesawat British Airways yang berangkat dari Bandara Internasional Heathrow, London menuju Auckland, Selandia Baru ini mengalami kerusakan di keempat mesinnya saat melewati area udara Indonesia. Posisi tepat terjadinya kerusakan keempat mesin pesawat tersebut adalah 36.000 kaki di atas Pelabuhan Ratu, Jawa Barat.

Kerusakan keempat mesin pendorong pesawat tersebut ternyata diakibatkan oleh abu vulkanik dair letusan gunung Galunggung yang berada di Tasikmalaya, Jawa Barat. Sang pilot, Eric Moody, yang membawa penumpang sejumlah 263 orang belum mendapat kabar terkait letusan gunung tersebut. Ia pun segera mengambil inisatif untuk mengontak ATC untuk meminta izin pendaratan darurat di Bandara terdekat. Namun, keadaan semakin memburuk ketika peralatan elektronik mulai engalami gangguan, serta kaca bagian depan cockpit mulai buram akibat goresan yang timbul karena gesekan dengan abu vulkanik.

Saat keempat mesin pesawat tersebut mati, Eric Moody memanfaatkan momentum dan ketinggian pesawat untuk melakukan gliding sejauh mungkin ke arah Bandara terdekat yang terletak di Jakarta. Saat pesawat mencapai ketinggian 13.000 kaki tiga dari empat mesin pesawat tersebut berhasil kembali menyala dan pada akhirnya pesawat dengan nomor registrasi G-BDXH ini berhasil mendarat darurat di Jakarta.

BSAA Star Ariel

Kecelakaan pesawat paling mengerikan berikutnya adalah hilangnya British South American Airways (BSAA) Star Ariel. Hilangnya pesawat ini merupakan salah satu kisah misteri hilangnya pesawat yang paling melegenda di dunia. Hilang tepat di atas udara Segitiga Bermuda, British South American Airways Star Ariel mengangkut sekitar 20 orang crew dan penumpang. Pesawat ini berangkat dari Bermuda dengan tujuan Jamaica pada 17 Januari 1949. Pesawat ini lenyap begitusaja setelah satu jam berangkat dari bandara Bermuda. Tim pencari juga tidak dapat menemukan puing-puing pesawat model Avro Tudor Mark IV tersebut hingga saat ini. Begitu juga dengan penyebab terjadinya kecelakaan pesawat paling mengerikan yang menimpa British South American Airways Star Ariel ini.

via airteamimages.com

 Flight 19 – Segitiga Bermuda

Kecelakaan pesawat paling mengerikan yang terakhir di daftar Bob adalah yang dikenal sebagai Flight 19. Kecelakaan ini terjadi di area udara Segitiga Bermuda pada tahun 1945. Flight 19 merupakan salah satu armada tempur pesawat pengebom torpedo Angkatan Laut Amerika Serikat. Pada puku 14.10 di tanggal 5 Desember 1945, Flight 19 dibawah komando Letnan Charles Taylor, berangkat meninggalkan pangkalan udara Fort Lauderdale unuk melaksanakan misi latihan navigasi dan bombardir. Lima pesawat terbang lepas landas, dan sekitar 90 menit setelah lepas landas sang komandan melaporkan bahwa kompas di pesawat mereka tidak berfungsi.

Namun, hal-hal yang aneh mulai terjadi setelah kejadian tersebut. Komunikasi terakhir dengan komandan Letnan Taylor menyatakan bahwa mereka akan mengarahkan pesawat mereka menuju Miami. Tetapi, pada nyatanya mereka malah menuju ke Samudera Atlantik. Yang menjadi sebuah keanehan adalah pangalan angkatan laut Miami smepat mendapatkan sinyal dari skuadron tersebut sebelum kemudian lenyap.

via Wikipedia

Pada pukul 19.27, skuadron Flight 19 lenyap, dan pencarian dimulai di hari berikutnya. Para pencari tidak dapat menemukan puing-puing dari pesawat tersebut hingga saat ini, dan awak pesawat Flight 19 pun tidak pernah ditemukan.

Mempelajari Tentang Dunia Aviasi Sambil Staycation di Bobobox

Dengan internet yang super cepat di Bobobox, kamu dapat dengan mudah browsing segala informasi terkait dunia aviasi. Apalagi di pod-nya, dengan warna lampu yang bisa diatur sesuai dengan mood kamu, dijamin waktu menginapmu tak akan terlupakan!

Bobobox telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Semarang. Kamu pasti mendapatkan kesempatan istirahat yang berkualitas tanpa gangguan karena Bobobox merupakan hotel kapsul yang mengedepankan kenyamanan, keamanan dan didukung dengan integrasi dengan sistem berteknologi tinggi. Kamu bisa mendengarkan musik dengan bluetooth speaker, mengubah warna lampu pod-mu sesuai mood, bahkan streaming film tanpa gangguan dengan koneksi internet super cepat!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Yuk pesan pod kamu sekarang!

You might also like