Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sambut Paskah dengan 7 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Dunia Berikut Ini, Meriah Loh!

Mana yang ingin kamu coba rayakan?

Bobobox.co.id – Hari Paskah identik dengan telur hias dan kelinci. Namun, tak hanya itu. Banyak negara memiliki tradisi unik perayaan paskah mereka sendiri.

Tradisi ini dirayakan sesuai dengan adat dan budaya masing-masing negara. Ada yang bersifat seremonial hingga festival.

Apa saja ya kira-kira tradisi unik perayaan paskah di berbagai belahan dunia? Simak di sini untuk informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Simak Fakta Seputar Jenis-Jenis Mimpi Berikut Ini! Mana Yang Pernah Kamu Alami?

Tradisi Unik Perayaan Paskah di Berbagai Negara

Australia

tradisi unik perayaan paskah
Pixabay/makabera

Kelinci Paskah adalah ikon yang sangat melekat dengan hari raya ini. Namun, Australia memiliki ikon mereka sendiri yaitu bilby.

Bilby merupakan hewan sejenis kelinci yang sudah ada di Australia sekitar 15 juta tahun lalu. Sayangnya kini keberadaannya terancam punah.

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang populasi bilby yang semakin berkurang, para pembuat cokelat di Australia membuat cokelat yang menyerupai bilby.

Tradisi unik perayaan paskah di Australia ini melibatkan perburuan di taman atau halaman belakang untuk menemukan telur cokelat yang dikirim oleh bilby.

Prancis

Pixabay/ivabalk

Tradisi unik perayaan Paskah selanjutnya datang dari Prancis, khususnya di kota kecil Bessières.

Sejak tahun 1973, setiap tahun pada hari Senin setelah Paskah, wargai Bessières membuat telur dadar raksasa. Tak tanggung-tanggung sebanyak 15.000 butir telur segar digunakan untuk membuatnya.

Konon, tradisi unik perayaan Paskah ini dimulai saat Napoleon dan pasukannya melakukan perjalanan melalui selatan Prancis.

Mereka menghabiskan satu malam di dekat Bessières dan Napoleon ingin makan telur dadar yang disiapkan oleh juru masak lokal.

Dia sangat menikmatinya sehingga memerintahkan penduduk kota untuk mengumpulkan semua telur di desa dan menyiapkan telur dadar raksasa untuk pasukannya keesokan harinya.

Hungaria

tradisi unik perayaan paskah
Photo by Paige Cody on Unsplash

Di Hungaria, Paskah erat kaitannya dengan musim semi, adat pacaran, kesehatan, dan kesuburan.

Tradisi unik perayaan Paskah di Hungaria biasanya dimulai dengan menghias telur yang dilakukan oleh wanita dan anak perempuan.

Telur tersebut kemudian mereka tawarkan kepada pria dan anak laki-laki yang datang pada hari Minggu Paskah bersamaan dengan secarik puisi pendek.

Dulu, tradisi ini diikuti oleh si laki-laki yang membawa perempuan ke sebelah sumur lalu mengguyurnya dengan seember air.

Namun, saat ini tidak lagi demikian. Mengguyur air sudah diganti oleh menyemprotkan parfum. Sebagai imbalannya, para perempuan memberikan telur yang telah diwarnai.

Kemudian, mereka akan menawarkan makanan dan minuman tradisional Hungaria yang khas dibuat saat perayaan Paskah.

Untuk perayaan di rumah, sejak pagi hari meja makan orang-orang Hungaria sudah dipenuhi dengan hidangan yang seperti scone, daging domba, ham asap, telur rebus, lobak, dan sedikit pálinka, minuman beralkohol Hungaria yang terkenal.

Finlandia

Photo by Leodgario Pescador on Unsplash

Tradisi unik perayaan Paskah di Finlandia adalah campuran dari kegiatan agama dan budaya yang berkaitan dengan kedatangan musim semi.

Paskah di Finlandia diwarnai oleh anak-anak kecil yang berdandan seperti penyihir. Pada hari Minggu sebelum Paskah anak-anak akan mendatangi rumah orang-orang dan meminta permen. Mirip seperti Halloween.

Sambil mengenakan pakaian tua berwarna-warni dengan riasan bintik-bintik di wajah mereka, anak-anak membawa ranting willow yang dihiasi dengan kertas krep dan bulu warna-warni.

Ranting itu merupakan persembahan sebagai berkah untuk mengusir roh jahat. Mereka kemudian diberi hadiah permen, uang receh, atau telur cokelat kecil sebagai imbalan.

Konon, tradisi tersebut berasal dari kepercayaan bahwa para penyihir akan terbang dan bermain-main dengan Setan.

Di sisi lain, para keluarga akan menikmati sajian Pasha saat Paskah. Itu merupakan makanan penutup tradisional yang terbuat dari keju manis, telur dan krim.

BACA JUGA: Hati-Hati! 7 Bahaya Minum Berdiri Ini Ancam Kesehatanmu

Yunani

tradisi unik perayaan paskah
Pixabay/anncapictures

Sebagai negara yang religius, Yunani memiliki tradisi unik perayaan Paskah yang dilakukan selama seminggu penuh dengan serangkaian kegiatan.

Perayaan itu disebut juga dengan Pekan Suci, atau Megali Evdomada. Pekan tersebut akan penuh dengan peristiwa simbolis, perayaan, dan tradisi yang diikuti oleh seluruh bangsa.

Pada hari Kamis, penduduk Yunani membuat roti  manis yang dikenal dengan tsoureki yang diikuti dengan mewarnai telur Paskah penuh dengan warna merah.

Pada hari Jumat, penduduk Yunani melakukann seremoni yang disebut Epitaphios. Di hari Sabtu, melakukan seremoni yang disebut Ressurection Service.

Hari Minggu adalah akhir dari 40 hari puasa yang mereka jalani. Tradisi unik perayaan Paskah ini diikuti dengan pesta makan dengan menu utama kambing panggang.

Norwegia

Photo by Sincerely Media on Unsplash

Norwegia tidak memiliki merayakan Paskah dengan kelinci seperti yang banyak ditemukan di negara-negara lain. Tradisi unik perayaan Paskah Norwegia justru melibatkan ayam dan telur Paskah.

Telur adalah simbol kelahiran kembali dan ayam adalah simbol kesuburan, itulah sebabnya keduanya merupakan simbol Paskah di Norwegia.

Tradisi unik perayaan Paskah lain yang hanya ada di Norwegia adalah crime time. Masih belum diketahui kapan tradisi ini dimulai namun orang Norwegia sangat suka membaca novel misteri saat Paskah.

Orang-orang di seluruh negeri melarikan diri ke kabin gunung mereka dan menghabiskan akhir pekan dengan membaca buku atau menonton acara televisi kriminal.

Selandia Baru

tradisi unik perayaan paskah
Photo by Gary Bendig on Unsplash

Di saat orang-orang di belahan dunia lain berburu kelinci dan telur Paskah di halaman rumah mereka, penduduk Otago, Selandia Baru benar-benar berburu kelinci saat Paskah.

Saat Paskah, para pemburu Otago mengambil senapan mereka lalu menembak ribuan kelinci yang mengancam keanekaragaman hayati serta pertanian daerah tersebut.

Tak hanya sekadar berburu, tradisi unik perayaan Paskah ini bahkan memiliki sponsor dan dilombakan. Pemenangnya akan mendapatkan hadiah yang cukup besar karena telah membasmi hewan yang dianggap hama di sana.

BACA JUGA: 7 Tips Self Healing Di Rumah, Nggak Perlu Jauh-Jauh!

Itulah beberapa perayaan Paskah paling unik yang ada di berbagai macam negara. Ternyata seru-seru ya. Ada yang religius dan ada juga yang fun. Kalau kamu gimana, merayakan dengan cara apa Paskah tahun ini?

Mau staycation buat healing? Menginap di Bobobox aja!

Lagi cari tempat buat healing? Tenang, staycation di Bobobox aja. Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres.

Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto. Healing jadi makin lengkap.

Nggak percaya? Jangan khawatir. Cobain virutal tour supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata.

Kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

***

You might also like