Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tradisi Unik Imlek Beserta Maknanya yang Perlu Kamu Ketahui

Dulu nggak tahu, sekarang kamu tahu

Tradisi unik Imlek adalah hal yang umum ada dalam rangka menyambut tahun baru Tionghoa. Tiap negara memiliki tradisi berbeda-beda dalam merayakannya.

Di Indonesia sendiri, perayaan Imlek adalah hal yang biasa dilihat. Penasaran seperti apa perayaan tradisi unik Imlek yang ada di Indonesia? Simak terus di sini ya.

1. Bersih-bersih rumah

tradisi unik imlek
Photo by Daniel von Appen on Unsplash

Membersihkan rumah saat ada acara penting, terutama jika akan ada banyak orang yang datang, adalah hal yang lazim. Rumah jadi lebih bersih dan lebih enak dipandang. Akan tetapi, tradisi unik Imlek ini memiliki makna tersendiri bagi orang Tionghoa selain kebersihan.

Membersihkan rumah yang kotor sebelum perayaan tahun baru dianggap bisa membuang sial. Oleh sebab itu, akan ada cukup ruang bagi keberuntungan untuk masuk.

Setelah rumah dibersihkan, peralatan bersih-bersih akan dijauhkan dari jangkauan pada hari perayaan. tradisi unik Imlek ini dilakukan supaya tidak ada yang bersih-bersih pada hari perayaan karena itu berarti sama saja dengan membuang keberuntungan yang sudah masuk.

11 Tempat Oleh Oleh Di Bandung Yang Wajib Kamu Datangi

2. Dekorasi berwarna merah

tradisi unik imlek
Photo by Henry & Co. on Unsplash

Perayaan Imlek pasti lekat dengan unsur warna merah, baik di ruang publik maupun di dalam rumah. Tradisi unik Imlek ini dilakukan bukan karena keindahan semata. Warna merah dalam tradisi unik Imlek dipercaya bisa mengusir makhluk bernama nian.

Nian adalah sejenis makhluk buas yang hidup di bawah laut atau gunung. Saat Imlek, makhluk ini akan keluar dari sarangnya dan mengganggu manusia, khususnya anak kecil. Namun nian datang tidak tanpa kelemahan.

Menurut kepercayaan, nian takut dengan warna merah. Hal ini menjelaskan mengapa tradisi unik Imlek lekat sekali dengan warna merah, baik dekorasi maupun pakaian.

3. Berkumpul keluarga

tradisi unik imlek
idntimes.com

Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan dengan merayakan hari besar dengan berkumpul bersama keluarga. Bagi orang Tionghoa, kegiatan ini pun menjadi tradisi unik Imlek yang wajib dilakukan.

Berkumpul bersama keluarga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga. Apalagi yang tinggal berjauhan dan jarang bertemu. Biasanya, acara kumpul keluarga ini dilakukan pada malam tahun baru.

4. Membagi-bagikan angpau

tradisi unik imlek
Photo by Easton Mok on Unsplash

Tradisi unik Imlek yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Amplop-amplop angpau banyak dijual baik di jalanan maupun di supermarket.

Bagi-bagi angpau adalah acara wajijb bagi orang tua dan pasangan yang sudah menikah. Uang yang dibagikan tidak perlu dalam nominal yang besar. Yang penting uangnya harus kertas dan masih baru.

Ini adalah salah satu tradisi unik Imlek yang dipercaya bisa memperlancar rezeki. Membagi-bagikan angpau juga merupakan lambang harapan orang tua agar anak mereka sukses di kemudian hari.

5. Tradisi unik Imlek makan yee sang

tradisi unik imlek
sea.mashable.com

Perayaan tahun baru tidak akan lengkap tanpa adanya makanan. Jika opor dan ketupat adalah makanan wajib saat Lebaran, yee sang adalah makanan wajib tradisi unik Imlek.

Yee sang adalah salad ikan segar yang dilengkapi dengan irisan sayuran seperti wortel dan lobak. Salad segar ini dibumbui dengan saus khas yang merupakan campuran dari minyak wijen dan buah prem atau jeruk.

Cara makannya pun cukup unik. Semua isi salad harus diaduk dengan rata menggunakan sumpit. Setelah itu, masing-masing anggota keluarga mengambil porsi masing-masing dan mengangkatnya tinggi-tingg ke langit. Dipercaya bahwa dalam tradisi unik Imlek ini, semakin tinggi salad diangkat, semakin baik pula keberuntungan yang menyertai.

6. Menyiapkan makanan khas

tradisi unik imlek
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Makanan yang khas juga merupakan bagian dari tradisi unik Imlek lho. Beberapa makanan yang wajib ada saat perayaan Imlek adalah kue keranjang dan jeruk.

Ada juga makanan yang dianggap memiliki keberuntungan seperti mi yang tidak dipotong dan kue bola berbentuk uang. Mi melambangkan umur panjang dan kue bola melambangkan kekayaan.

Selain makanannya, penyajiannya pun tidak kalah unik. Makanan-makanan tersebut harus disajikan di atas baki berbentuk segi enam, segi delaan atau bulat. Isinya juga bermacam-macam. Ada buah kering, biji-bijian, kacang, dan permen.

Tempat-Tempat Favorit Untuk Membeli Oleh-Oleh Di Jakarta

7. Tradisi unik Imlek minum teh

tradisi unik imlek
Photo by Alisher Sharip on Unsplash

Di samping makanan, tradisi unik Imlek juga dilengkapi dengan acara minum teh. Tradisi unik Imlek ini dianggap sebagai sebuah simbol permohonan maaf dari anak-anak muda kepada orang tua mereka. Di dalamnya juga terkandung bentuk hormat dan kemakmuran.

Teh dituang oleh yang lebih muda lalu disajikan ke orang yang lebih tua. Jenis teh yang digunakan dalam tradisi unik Imlek ini diantaranya adalah teh melati dan oolong.

8. Mengunjungi kelenteng

tradisi unik imlek
Photo by Melvin Tan on Unsplash

Berdoa adalah salah satu kegiatan yang termasuk tradisi unik Imlek. Orang-orang Tionghoa akan berkunjung ke kelenteng untuk melakukannya.

Dalam kepercayaan umat konghucu, penganutnya harus mengunjungi kelenteng setidaknya sebanyak dua kali. Yang pertama adalah saat awal tahun dan yang kedua adalah saat akhir tahun.

Setelah kelenteng dipakai untuk beribadah biasanya akan ada pertunjukan menarik yang ditampilkan untuk memeriahkan perayaan Imlek. Akan ada peragaan barongsai dan kegiatan meriah lainnya.

9. Pesta kembang api

tradisi unik imlek
Photo by Vernon Raineil Cenzon on Unsplash

Belum tradisi unik Imlek namanya kalau tidak dirayakan tanpa kemeriahan. Salah satunya adalah dengan kembang api. Kegiatan ini sangat populer saat Imlek.

Kemeriahan kembang api saat perayaan Imlek bukan tanpa makna. Suara gaduh yang disebabkan oleh letusan kembang api dianggap bisa mengusir makhluk jahat yang mengganggu manusia.

Menginap di hotel kapsul

bobobox

Bobobox Pods Alun-Alun; Hotel Dekat Alun Alun Bandung

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan unik. Di sini, kamu bisa merasakan suasana seperti di masa depan. Soalnya, desain kamarnya futuristik banget.

Selain itu, teknologi yang digunakan juga canggih. Untuk memesan kamar misalnya. Kamu bisa melakukannya melalui situs atau aplikasi Bobobox.

Aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai kunci kamar yang menggunakan sistem QR code dan pengatur lampu led di kamar kamu lho.

Kalau soal kenyaman nggak perlu ditanyakan lagi. Buang jauh-jauh kesan sempit saat kamu mendengar hotel kapsul. Di Bobobox, kasur yang digunakan berukuran king size! Mantap kan? Lega deh pokoknya.

Di Bobobox kamu bisa memilih dua jenis kamar. Ada yang earth dan sky. Untuk earth, kasur berada di bawah dan sky berada di atas yang bisa kamu jangkau dengan tangga.

Di Bobobox juga ada komunal space yang bisa kamu gunakan untuk nongkrong lho. Karena tema yang diusung adalah travel more, jadi kamu bisa bertemu rekan sesama traveler dan bertukar cerita.

Jadi, tunggu apa lagi? Isi liburan Imlek kamu kali ini dengan menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.