Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ramadan Akan Tiba! Inilah 5 Tradisi Unik Bulan Puasa di Indonesia yang Khas Banget!

Tradisi unik bulan puasa di Indonesia yang bikin para perantau kangen tanah air!

Suara petasan sudah mulai kedengaran. Iklan sirop yang ikonik sudah mejeng di televisi. Dekorasi-dekorasi di mal dan toko swalayan mulai berubah. Wah! Nggak kerasa bulan suci Ramadan sudah dekat! Akhirnya, bulan yang ditunggu-tunggu umat Muslim seluruh dunia tiba juga. Selama 30 hari, umat Muslim yang mampu diwajibkan berpuasa Ramadan dari subuh hingga petang. Bulan Ramadan juga jadi kesempatan yang berharga untuk mendekatkan diri dengan Tuhan dan bermetamorfosis menjadi sosok yang lebih baik.

Ramadan jadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia. Perayaannya pun jadi salah satu yang paling meriah dalam setahun. Nggak heran karena dilansir dari Nations Online, Indonesia merupakan negara dengan jumlah Muslim terbanyak di dunia. Jumlah Muslim di Indonesia mencakup sekitar 84% dari total populasi. Menurut British Council, ada 230 juta penduduk Muslim di negara dengan ekonomi terbesar ketujuh di dunia ini. Jadi, sudah pasti Ramadan menjadi momen yang spesial di Indonesia.

tradisi unik bulan puasa di indonesia
Credit: Midori via Wikimedia Commons

Ada banyak tradisi unik bulan puasa di Indonesia yang bikin kamu kangen sama bulan yang satu ini. Suasana atau vibe yang terasa bikin Ramadan menjadi begitu khas. Bahkan, vibe ini pun nggak hanya disukai oleh para Muslim saja. Semua warga Indonesia pun ikut menikmati suasana bulan Ramadan dengan segala kemeriahannya. Segarnya es teh manis yang dinikmati saat berbuka. Ramainya pembeli di warung-warung takjil. Playlist lagu Ramadan milik Opick yang diputar di mal dan toko swalayan. Duh! Vibe-nya khas banget!

Nah, di artikel ini, Bob akan bahas 5 tradisi unik bulan puasa di Indonesia. Tradisi-tradisi ini bikin para perantau dari Indonesia yang sedang ada di luar negeri kangen tanah air! Berhubung Ramadan sudah di depan mata, kamu pun nggak perlu nunggu lama untuk menyaksikan dan menjalani tradisi ini. Apa aja tradisinya? Cek dari nomor pertama, ya!

1. Munggahan

Kamu sepertinya sudah nggak asing dengan tradisi unik bulan puasa di Indonesia yang satu ini. Dilansir dari News Detik, tradisi munggahan pada awalnya dilakukan oleh masyarakat Sunda untuk menyambut bulan Ramadan. Saat munggahan, setiap keluarga biasanya membersihkan rumah dan tempat ibadah, serta makam keluarga. Konon, yang melakukan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah dan makam adalah para laki-laki. Sementara itu, para perempuan membuat hidangan yang lezat.

tradisi unik bulan puasa di indonesia
Credit: Adam Erlangga via SindoNews

Namun, munggahan tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Sunda, lho! Tradisi ini identik dengan ngumpul bersama teman atau keluarga sebelum Ramadan tiba. Ada yang berkumpul di rumah keluarga, ada juga yang melakukannya di tempat lain. Saat munggahan, tentunya makan-makan tidak boleh terlupakan. Untuk yang tidak kumpul-kumpul di rumah, bisa munggahan di tempat lain seperti kafe atau restoran. Meskipun mengalami perubahan, tradisi munggahan tetap bisa membawa kehangatan dalam kebersamaan!

2. Pasang Tirai di Restoran

Nah, kalau yang satu ini sebetulnya tergolong ke dalam peraturan. Namun, karena dilakukan di hampir semua tempat dan setiap Ramadan, akhirnya jadi semacam tradisi unik bulan puasa di Indonesia. Pasti kamu nggak kaget dengan tirai atau gorden yang dipasang menutupi jendela-jendela tempat makan. Dari restoran cepat saji sampai warteg, fenomena ini bukan hal yang asing di bulan Ramadan. Ini dilakukan untuk menghormati yang sedang berpuasa. Yang tidak berpuasa bisa tetap makan, dan yang puasa bisa menjalankan ibadah dengan lebih nyaman.

tradisi unik bulan puasa di indonesia
Credit: Bahrul Umum via Kompasiana

Nah, bicara soal tempat makan saat bulan puasa di masa pandemi, ada kabar baik nih! Untuk kamu yang tinggal di Bandung, nggak usah makan dengan buru-buru. Dilansir dari Kumparan, di bulan Ramadan ini restoran dan kafe mendapatkan perpanjangan waktu operasional hingga jam 11 malam. Kelonggaran jam operasional juga berlaku untuk restoran di Jakarta, seperti dilansir dari Kompas. Meskipun demikian, pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan dan menjaga jarak, ya!

3. Sahur, Sahur!

Wah! Kalau tradisi unik bulan puasa di Indonesia yang satu ini mungkin memicu dilema. Di satu sisi, kamu harus bersyukur karena ada yang bangunin kamu untuk sahur secara gratis. Di sisi lain, kalau yang berkelilingnya ngebangunin sahur dengan musik atau cara yang menyebalkan, yang ada kamu malah badmood. Meskipun demikian, tradisi berkeliling untuk membangunkan sahur jadi salah satu hal yang ngangenin dari bulan Ramadan. Pasti kamu tahu dong jingle ikoniknya? “Sahur… Sahur!”

tradisi unik bulan puasa di indonesia
Sumber: InfoPublik

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh anak laki-laki bersama teman-temannya. Namun, terkadang anak perempuan juga ikutan kok. Anak-anak dari usia SD hingga SMA akan berkeliling kompleks atau lingkungan tempat tinggal. Sambil berkeliling, mereka memainkan dengan berbagai alat, dari kentungan hingga gitar. Nah, sebuah artikel dari Liputan6 menyoroti cara baru sekelompok remaja untuk bangunin sahur-sahur. Bukannya “Sahur… Sahur”, mereka justru menyanyikan lagu-lagu K-Pop! Para iKONIC, Army, dan ONCE pasti langsung seger nih!

4. Sahur on the Road

Masih berhubungan dengan sahur, tradisi unik bulan puasa di Indonesia yang satu ini nggak kalah seru. Populer di kalangan remaja, sahur on the road jadi cara asyik buat menikmati sahur bareng teman-teman. Dilansir dari HTML Bogor, kegiatan ini didominasi oleh komunitas atau klub otomotif, terutama sepeda motor. Namun, siapa pun tetap boleh mencoba sahur on the road kok! Soal makanan, kamu bisa membawa bekal dari rumah, atau membeli langsung di tempat tujuan SOTR.

tradisi unik bulan puasa di indonesia
Sumber: HTML Bogor

Oh, ya! Selain jadi momen kebersamaan dengan sahabat, sahur on the road juga bisa jadi ajang berbagi rezeki, lho! Beberapa komunitas atau kelompok sering kali memberikan makanan gratis kepada mereka yang membutuhkan saat sahur on the road. Wah! Tentunya senang banget bisa berbagi keceriaan bersama orang lain. Sayangnya, karena pandemi yang belum sepenuhnya mereda, kegiatan sahur on the road masih belum disarankan, dilansir dari CNN. Duh! Semoga aja kondisi segera jauh lebih kondusif, ya!

5. Berburu Takjil

Ada yang nggak kalah seru dari buka bareng: berburu takjil! Tradisi unik bulan puasa di Indonesia yang satu ini biasanya dilakukan menjelang berbuka puasa. Bahkan, berburu takjil juga bisa dijadikan salah satu bentuk ngabuburit. Kamu sendiri pasti sudah nggak asing ‘kan dengan istilah ngabuburit. Ya, ngabuburit bisa diartikan sebagai menunggu waktu berbuka. Biasanya, kamu bisa ngabuburit dengan nongkrong di mal, taman, atau pusat kota sampai tiba waktunya adzan Magrib.

tradisi unik bulan puasa di indonesia
Sumber: InfoPublik

Bicara soal takjil, Indonesia punya banyak banget sajian yang menggugah selera. Dari hidangan manis seperti cendol dan kolak hingga gorengan yang renyah. Pokoknya enak banget! Apalagi pas dinikmati saat berbuka. Wih! Lapar dahaga saat puasa seharian seolah terbayarkan! Namun, ada baiknya kamu mengurangi makanan-makanan yang memicu dehidrasi. Setelah berpuasa seharian, tentunya cairan tubuh kamu berkurang. Jadi, pastikan kamu nggak sampai mengalami dehidrasi, ya!

Itulah tradisi unik bulan puasa di Indonesia yang bisa kamu saksikan setiap Ramadan. Gimana nih? Sudah siap menyambut bulan suci di tahun 2021 ini? Meskipun pandemi belum berakhir, semoga kita semua bisa tetap menjalani ibadah puasa dengan khusyuk dan lancar, ya! Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan kondisi tubuh. Oh, ya! Kondisi mental juga perlu dirawat, lho! Kalau pikiran sudah mulai penat, mungkin ini waktunya kamu refreshing. Kegiatan hobi dan liburan bisa jadi solusi yang tepat! Dan kalau kamu mau liburan terjangkau tanpa ribet, Bobobox jawabannya!

Liburan Antiribet di Bobobox

Bobobox bukan sembarang hotel kapsul, lho! Setiap pod di Bobobox didesain dalam gaya futuristik yang keren dan dilengkapi pencahayaan yang kamu bisa atur sesuka hati! Tekonologi dalam pod juga terintegrasi dengan aplikasi seluler. Pokoknya praktis banget! Mengakses pod, atur lampu, hingga menghubungi staf bisa dilakukan lewat HP kamu. Say no to ribet! Bobobox juga punya fasilitas seperti pantry, shared bathroom, musala, dan communal space. Dijamin nggak akan mati gaya deh!

Kamu bisa melakukan reservasi pod lewat aplikasi Bobobox. Aplikasi ini nggak hanya bisa dipakai untuk reservasi juga, lho. Kamu bisa mendapatkan notifikasi promo menarik yang sayang buat dilewatkan! Aplikasi Bobobox tersedia secara gratis untuk platform iOS dan Android. Ayo download aplikasinya sekarang!

You might also like