tradisi natal terunik

Yuk Lihat 7 Tradisi Natal Terunik di Seluruh Dunia!

Wih! Nggak terasa nih Natal sudah makin dekat! Benar-benar tinggal menghitung hari! Buat teman-teman Kristiani, tentunya udah nggak sabar untuk merayakan hari spesial yang satu ini. Apa saja nih rencana kalian buat Natal? Mungkin kamu berencana berkunjung ke rumah kerabat, atau justru excited karena akan dikunjungi saudara-saudara. Mungkin juga ada dari kalian yang masih sibuk menghias pohon Natal.

Setiap negara, budaya, bahkan keluarga pasti punya tradisi Natalnya tersendiri. Kalau tradisi Natal di keluarga atau budayamu apa nih? Nah, bicara soal budaya atau tradisi Natal, sepertinya nggak akan ada habisnya. Pasalnya, setiap tradisi punya keunikannya masing-masing. Mungkin ada tradisi yang terkesan aneh, ada juga yang justru terdengar seru. Ya, inilah indahnya keberagaman.

tradisi natal terunik

Sumber: https://www.pexels.com/photo/family-celebrating-christmas-dinner-while-taking-selfie-5778899/


Baca Juga: Tips Aman Perayaan Natal Tahun Baru di Tengah Pandemi


Dalam rangka menyambut Natal, Bob mau kasih tahu kalian 7 tradisi Natal terunik dari seluruh dunia. Tradisi-tradisi ini memang jarang atau tidak pernah dilakukan di Indonesia. Namun, mungkin ada beberapa tradisi unik yang kamu bisa coba buat. Ya, hitung-hitung memberikan warna baru untuk Natal kamu! Apa aja tradisi Natal terunik pilihan Bob? Langsung lihat dari nomor satu, ya!

1. Venezuela: Pesta Sepatu Roda

Tradisi Natal terunik yang satu ini tentunya nggak lazim di Indonesia. Namun, di Venezuela, terutama di Caracas, umat Kristiani menyambut Natal dengan bermain sepatu roda. Dilansir dari Just Focus, tradisi unik ini ternyata sudah ada sejak tahun 1960an. Dari tanggal 16 hingga 25 Desember, orang-orang akan mempersiapkan patinadas atau sepatu rodanya dan bepergian dengan sepatu tersebut.

tradisi natal terunik

Sumber: https://www.pexels.com/photo/3-women-in-yellow-and-black-shirt-and-pants-standing-on-gray-asphalt-road-7335270/

Uniknya lagi, mereka pun akan pergi ke gereja untuk mengikuti misa dengan bersepatu roda! Wih! Seru nih kayaknya! Bahkan, dilansir dari The Week, beberapa jalan di Caracas pun sengaja ditutup untuk mengakomodasi para roller skater. Jadi, mereka bisa bersenang-senang main sepatu roda dan bepergian dengan lebih aman, ya. Kalau di Indonesia, tradisi Natal terunik seperti ini akan banyak peminat atau nggak, ya?


Baca Juga: Meriahkan Perayaan Natalmu dengan 12 Hiasan Natal DIY Berikut Ini!


2. Slovakia: Lempar Makanan ke Langit-Langit

Nah, tradisi Natal terunik yang satu ini bikin Bob bingung sekaligus takjub. Lempar makanan ke langit-langit? Kok bisa? Ya, di Slovakia, ada tradisi unik ini. Dilansir dari C&C Travel Hub, anggota keluarga yang paling tua harus melemparkan satu sendok adonan loksa ke langit-langit. Oh, ya! Loksa sendiri adalah panganan seperti pancake yang terbuat dari kentang, tepung, dan garam. Adonan tersebut kemudian dipanggang. Hmm… Yummy!

tradisi natal terunik

Sumber: http://www.slovakcooking.com/2010/recipes/lokshe/

Dalam tradisi ini, makin banyak adonan yang menempel di langit-langit, makin banyak rezeki yang akan datang di tahun mendatang. Kalau adonan jatuh atau tidak menempel, katanya sih rezeki akan agak susah diraih. Jangan sampai gitu deh! Yang jelas sih, pada hari Natal di Slovakia, langit-langit dan lantai di rumah-rumah akan kotor karena adonan loksa. Aduh! Ini sih alamat ribet bersih-bersihnya nih!

3. Belarusia: Ramal Jodoh Lewat Ayam

Di Belarusia, ada tradisi Natal terunik bagi para jomblo. Menurut buku Winter Wonderland: A Holiday Collection, para wanita lajang di Belarusia akan berkumpul di malam Natal. Mereka akan berdiri membentuk lingkaran, kemudian menempatkan biji-biji jagung di kakinya. Setelah itu, akan ada ayam jantan. Siapa yang biji-biji jagungnya dimakan oleh ayam tersebut diprediksi akan jadi yang pertama menikah.

tradisi natal terunik

Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/3849100/foto-menikmati-suasana-natal-dan-tahun-baru-di-belarus

Urusan ramal jodoh di malam Natal ternyata nggak sampai di situ. Pada pesta atau perayaan malam Natal, puding beras spesial akan disajikan. Para wanita single kemudian memilih sendiri mangkuk berisi puding yang dihidangkan. Kalau ada yang menemukan kacang almon di dalam mangkuknya, dia diprediksi akan menikah di tahun depan. Aduh! Ramalannya ngeri-ngeri sedap gini ya!


Baca Juga: Untuk Sambut Natal dan Tahun Baru, Tonton Rekomendasi Netflix Desember Versi Bob Ini


4. Catalonia: Tió de Nadal

Catalonia atau Katalunya adalah sebuah daerah otonomi di Spanyol beribukota Barcelona. Daerah ini juga punya tradisi Natal terunik yang nggak kalah seru, lho! Setiap Natal, keluarga-keluarga di Catalonia akan membeli atau mempersiapkan Tió de Nadal atau batang kayu Natal. Dilansir dari Atlas Obscura, Tió de Nadal adalah batang kayu yang membawakan hadiah-hadiah Natal kecil. Batang kayu ini harus “diberi makan”, bahkan sampai diselimuti.

tradisi natal terunik

Sumber: http://jaimevicente.com/portfolio/tions-de-nadal/?lang=en

Uniknya (atau anehnya), Tió de Nadal juga dijuluki Caga Tió alias kayu pup. Ih! Kok namanya jorok begitu ya? Pasalnya, di malam Natal, kayu tersebut ditempatkan di perapian. Setiap anggota keluarga, terutama anak-anak, harus memukul kayu tersebut hingga “buang air besar” dan mengeluarkan hadiah. Nah, hadiah-hadiah tersebut berupa permen, wafer, hingga cokelat. Pukul-pukulan begitu, agak sadis, ya?

5. Finlandia: Sauna

Buat kamu yang rajin nge-gym, mungkin kamu nggak asing dengan nyantai di sauna. Nah, salah satu tradisi Natal terunik dari Finlandia berkaitan dengan budaya sauna. Dingin-dingin di musim dingin, tentunya asyik banget saat kita bisa menghangatkan diri di sauna. Dilansir dari Visit Jyväskylä, tradisi ini ternyata sudah ada sejak berabad-abad. Seluruh anggota keluarga akan berkumpul di sauna pada sore hari sebelum malam Natal.

tradisi natal terunik

Sumber: https://www.visitfinland.com/fr/article/15-saunas-a-connaitre-absolument-en-finlande/pohjanseita-spa-sauna-rukapalvelu-ruka-kuusamo-finland-2/

Nah, untuk membangun suasana, biasanya lilin dan lentera akan dinyalakan di dalam sauna. Minyak sauna dan handuk juga disiapkan. Sambil berkumpul, keluarga bisa membersihkan tubuh dan pikiran di sauna. Setelah itu, keluarga akan menikmati makan dan menerima hadiah Natal. Wah! Seru banget, ya! Oh, ya! Biasanya sebelum Natal, keluarga di Finlandia juga akan membersihkan sauna-sauna mereka.


Baca Juga: Cobain Deh Resep Hidangan Natal yang Mudah dan Enak Berikut Ini!


6. Filipina: Festival Lentera Raksasa

Negara tetangga kita juga punya salah satu tradisi Natal terunik di dunia, lho! Setiap bulan Desember, di kota San Fernando diadakan Giant Lantern Festival atau festival lentera raksasa. Dilansir dari situs resmi pemerintahan San Fernando, festival ini berawal dari ligligan parul atau kompetisi lentera yang diadakan kali pertama di tahun 1904. Kegiatan tersebut kemudian dikaitkan dengan novena sembilan hari sebelum Natal.

tradisi natal terunik

Sumber: https://outoftownblog.com/giant-lantern-festival-2019/

Pada awalnya, lentera-lentera yang dinyalakan di festival ini terbuat dari kertas origami Jepang dan bambu. Namun, lentera-lentera tersebut mengalami perubahan dan banyak yang terbuat dari plastik dan kerangka besi. Bahkan, lentera-lentera modern sekarang dipasangi sistem lampu yang lebih canggih. Buat kamu yang berencana berlibur ke Filipina saat Natal, festival ini sayang banget kalau terlewatkan!

7. Islandia: Kucing Natal

Tradisi Natal terunik yang terakhir datang dari Islandia. Negara beribukota Reykjavik ini punya legenda kucing Natal atau dikenal sebagai Yule Cat. Dilansir dari Medievalist, legenda kucing ini konon berasal dari puisi karya Jóhannes úr Kötlum. Kucing raksasa ini hanya datang setiap malam Natal dan akan memberi hadiah berupa pakaian kepada anak-anak yang bersikap baik selama setahun.

tradisi natal terunik

Sumber: https://www.pexels.com/photo/white-and-black-cat-beside-christmas-tree-with-string-lights-1645768/

Namun, tradisi Natal terunik ini ada horornya juga. Konon, anak yang nakal dan tidak mendapat hadiah justru akan dimakan oleh si kucing raksasa. Hiy! Ngeri banget! Menurut Holiday Extras, legenda ini dulu dimanfaatkan oleh para petani sebagai insentif untuk para pekerjanya. Namun, sekarang semua orang bisa mendapatkan pakaian baru untuk Natal. Ya, dong! Jangan sampai malah dimakan kucing!

Apa Tradisi Natal Terunik Menurut Kamu?

Mau rame-ramean atau suasana tenang dan syahdu di rumah, yang penting semangat Natal kamu nggak sampai pudar, ya! Jangan lupa tetap jaga kesehatan fisik dan mentalmu. Dan juga, tetap sebar kebaikan dan keceriaan Natal kepada orang-orang di sekitarmu. Jadi, esensi dari perayaan Natal itu sendiri nggak sampai menghilang. Selamat berlibur ya, teman-teman!

Dan buat kamu yang nggak merayakan Natal, kamu bisa memanfaatkan momen liburan ini buat bersantai sejenak. Yuk staycation asyik dan unik di Bobobox! Kamu bisa menikmati pengalaman menginap di hotel kapsul yang keren. Dengan teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler di setiap pod, liburan kamu bakalan antiribet deh! Apalagi banyak spot keren dan Insta-worthy yang kamu bisa temukan di Bobobox.

Fasilitas yang cukup komprehensif membuat kamu nggak akan kerepotan saat menginap di Bobobox. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Bobobox untuk berkomunikasi dengan staf, mengakses pod, hingga mengatur pencahayaan. Bobobox saat ini tersedia di Bandung, Toba Samosir,  Bekasi, Jakarta, Malang, Solo, Semarang, Tangerang, dan Yogyakarta. Yuk download aplikasinya sekarang dan nikmati liburan seru di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles